Skip to main content

Kisi-Kisi UN Ekonomi IPS Jenjang SMA, MA, Sederajat

Assalamu'alaikum wr. wb. Salam sejahtera untuk kita semua.
Berikut ini Admin sajikan contoh soal ujian nasional (UN) ekonomi yang dikeluarkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK)-BALITBANG-KEMENDIKBUD pada penyelenggaraan UN tahun-tahun sebelumnya. Jadi soalnya Admin kumpulkan, dan dikelompokkan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi lulusan (SKL) dengan harapan siswa/pengguna dapat memahami karakteristik soal-soal UN Ekonomi dengan lebih mudah.

Pada kisi-kisi UN Ekonomi IPS SMA, MA, sederajat ini menguji kompetensi level kognitif pada tingkat berpikir peserta didi yaitu: pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2), Aplikasi (C3), serta penalaran dan logika (C4, C5, C6) dalam pokok bahasan: konsep ekonomi, konsep pembangunan, manajemen perekonomian internasional, akuntansi perusahaan jasa, dan akuntansi perusahaan dagang.

Informasi selanjutnya silahkan adik-adik pelajar untuk membaca kisi-kisi UN ekonomi IPS jenjang SMA/MA sederajat di bawah ini lengkap bersama soal dan pembahasannya.

Level Kognitif

1. Pengetahuan dan Pemahaman

Mendeskripsikan; Menjelaskan; Menentukan; Mengidentifikasi; Menyebutkan; Menunjukkan; Membandingkan; Membedakan; Memberi contoh.

1.1 Konsep Ekonomi

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

1.2 Konsep Pembangunan

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

1.3 Manajemen Perekonomian Internasional

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

1.4 Akuntansi Perusahaan Jasa

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

  • akuntansi sebagai sistem informasi.
    Contoh soal tentang akuntansi sebagai sumber informasi
  • persamaan dasar akuntansi dan mekanisme debit dan kredit.
    Contoh soal tentang persamaan dasar
  • Jurnal umum.
    Latihan Soal Pencatatan Transaksi Ke Jurnal Umum
  • Buku besar.
    Belum tersedia
  • Jurnal penyesuaian.
    Belum tersedia
  • Kertas kerja.
    Belum tersedia
  • Laporan keuangan perusahaan jasa.
    Belum tersedia

1.5 Akuntansi Perusahaan Dagang

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

  • Jurnal khusus.
    Cara Menganalisis Transaksi Menggunakan Mekanisme Debit Kredit
  • Buku besar utama.
    Belum tersedia
  • Buku besar pembantu.
    Belum tersedia
  • Harga pokok penjualan.
    Belum tersedia
  • Jurnal penyesuaian.
    Belum tersedia
  • Kertas kerja.
    Belum tersedia
  • Laporan keuangan perusahaan dagang.
    Belum tersedia
  • Jurnal penutup.
    Belum tersedia
  • Posting akhir.
    Belum tersedia
  • Neraca saldo setelah penutupan.
    Belum tersedia

2. Apklikasi

Menerapkan; Menginterpretasikan; Memprediksi; Menghitung.

2.1 Konsep Ekonomi

Peserta didik mampu mengaplikasi pemahaman tentang:

2.2 Konsep Pembangunan

Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang:

2.3 Manajemen Perekonomian Internasional

Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang:

2.4 Akuntansi Perusahaan Jasa

Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang:

  • Mencatat transaksi ke jurnal umum.
    Latihan Soal Pencatatan Transaksi Ke Jurnal Umum
  • Memposting jurnal umum ke Buku Besar.
    Belum tersedia
  • Mengiterpretasi jurnal penyesuaian.
    Belum tersedia
  • Menyusun rencana kerja.
    Belum tersedia
  • Menyusun laporan keuangan Perusahaan Jasa.
    Belum tersedia

2.5 Akuntansi Perusahaan Dagang

Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang:

3. Penalaran dan logika

Mensintesis; Mengevaluasi; Menyelesaikan masalah; Menyimpulkan; Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi factual.

3.1 Konsep Ekonomi

Siswa dapat menggunakan nalar dan logika dalam Menyelesaikan masalah tentang:

3.2 Konsep Pembangunan

Siswa dapat menggunakan nalar dan logika dalam Menyelesaikan masalah tentang:

3.3 Manajemen Perekonomian Internasional

Siswa dapat menggunakan nalar dan logika dalam Menyelesaikan masalah tentang:

  • Hubungan kurs valuta asing dengan neraca pembayaran.
    Belum tersedia
  • Hubungan perjanjian perdagangan bebas dengan Perekonomian nasional.
    Belum tersedia
  • Hubungan badan usaha, koperasi Dengan Permasalahannya.
    Badan Usaha, Koperasi dan Permasalahannya

3.4 Akuntansi Perusahaan Jasa

Siswa dapat menggunakan nalar dan logika dalam Menyelesaikan masalah:

  • Menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya.
    Belum tersedia

3.5 Akuntansi Perusahaan Dagang

    Siswa dapat menggunakan nalar dan logika dalam Menyelesaikan masalah tentang:


TUGAS POKOK SEORANG SISWA ADALAH BELAJAR; BELAJAR MERUPAKAN KUNCI SUKSES; SUKSES TIDAK AKAN DICAPAI KECUALI DENGAN KERJA KERAS. ADMIN MENGUCAPKAN SEMOGA "SUKSES UN EKONOMI"


REFERENSI:
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Sukardi. 2009. Ekonomi I untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Sri Nur Mulyani, dkk. 2009. Ekonomi I untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Mintasih Indriayu. 2009. Ekonomi I untuk SMA/MA Kelas X. . Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas

Agus Mahfudz, dkk. 2009. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Dewi Kusumawardani. 2009. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Ismawanto. 2009. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Sri Mulyanti, dkk. 2009. Ekonomi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas

Sukardi. 2009. Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XII. . Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Leni Noviani. 2009. Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XII. . Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Sukardi. 2009. Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XII. . Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas
Indrastuti, dkk. 2009. Ekonomi 3 (Ekonomi dan Kehidupan Untuk SMA/MA Kelas XII. . Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar