Skip to main content

Soal UN Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Buat adik-adik pelajar SMA/MA dan sederajat di bawah ini adalah contoh soal ekonomi mikro dan ekonomi makro. Admin ucapkan selamat berlatih menjawab soal-soal UN ekonomi. Namun sebelumnya silahkan membaca uraian materi berikut ini terlebih dahulu.

A. Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Ekonomi mikro adalah, cabang dari ilmu ekonomi yang secara khusus membahas perilaku individu dan perusahaan yang dihadapkan pada keterbatasan sumber daya. Ekonomi mikro mempelajari kegiatan-kegiatan ekonomi dari unit-unit ekonomi individual, yaitu individu sebagai konsumen, individu sebagai pemilik faktor produksi, dan individu sebagai produsen.

Dalam ekonomi mikro dipelajari bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori, setiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama dengan individu-individu lain akan menciptakan keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus. (Sumber:id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_mikro)

Ekonomi makro adalah, bidang ilmu yang mempelajari keseluruhan ekonomi dalam bentuk jumlah barang dan jasa yang diproduksi, total pendapatan yang dihasilkan, tingkat pengangguran, serta sifat-sifat umum harga barang. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan, seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja, dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Hingga tahun 1930 sebagian besar analisis ekonomi terfokus pada industri dan perusahaan. Ketika terjadi depresi besar pada tahun 1930-an, dan dengan perkembangan konsep pendapatan nasional dan statistic produk, bidang ekonomi makro mulai berkembang. Saat itu, gagasan-gagasan yang berasal dari John Maynard Keynes, menggunakan konsep aggregate demand untuk menjelaskan fluktuasi antara hasil produksi dan tingkat pengangguran. Gagasannya sangat berpengaruh dalam perkembangan bidang ini (disebut Ekonomi Keynesian). (Sumber:id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_makro).

B. Perbedaan Analisis Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Dari pengertian yang telah dibahas di atas, kita dapat membedakan sudut pandang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam melihat permasalahan ekonomi. Hal tersebut dapat dilihat dari pebedaan-perbedaan analisis ekonomi mikro dan ekonomi makro yang akan diuraikan di bawah ini.

Analisis Ekonomi Mikro

Analisis ekonomi mikro terdiri dari teori harga, teori produksi, dan teori distribusi. Hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.

  • Teori harga, antara lain membahas proses pembentukan harga oleh interaksi antara penawaran dan permintaan akan suatu barang dan jasa di dalam suatu pasar, faktor-faktor yang memengaruhi perubahan permintaan dan penawaran, hubungan antara harga permintaan dan penawaran, bentuk-bentuk pasar dan sebagainya.
  • Teori produksi,antara lain menganalisa masalah biaya produksi, tingkat produksi yang paling menguntungkan produsen, serta kombinasi faktor-faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen agar tujuan untuk mencapai laba maksimum tercapai.
  • Teori distribusi membahas faktor-faktor yang menentukan tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga yang harus dibayar karena penggunaan modal, dan tingkat keuntungan yang diperoleh para pengusaha.
  • Analisis Ekonomi Makro

    Ekonomi makro menganalisis keadaan keseluruhan dari kegiatan perekonomian. Ekonomi makro tidak membahas kegiatan yang dilakukan oleh seorang produsen, seorang konsumen atau seorang pemilik factor produksi, tetapi pada keseluruhan tindakan para konsumen, para pengusaha, pemerintah, lembaga-lembaga keuangan, dan negara lain serta bagaimana pengaruh tidakan-tindakan tersebut terhadap perekonomian secara keseluruhan.

    Permasalahan Ekonomi Makro

    Ada tiga masalah ekonomi makro jangka pendek yang harus diatasi setiap saat. Ketiga masalah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

    a. Masalah inflasi
    Inflasi merupakan salah satu masalah ekonomi yang banyak dialami oleh hampir semua negara. Yang dimaksud dengan inflasi adalah suatu keadaan kecenderungan kenaikan harga-harga secara umum dan terus-menerus. Oleh sebab itu, kondisi semacam itu dianggap sebagai masalah dan tidak diperlukan kebijakan khusus untuk mengatasinya. Walaupun tidak secara otomatis menurunkan standar hidup, inflasi tetap merupakan masalah, karena dapat mengakibatkan redistribusi pendapatan di antara anggota masyarakat, dapat menyebabkan penurunan efisiensi ekonomi, dan dapat menyebabkan perubahan output dan kesempatan kerja dalam masyarakat.

    b. Masalah pengangguran
    Pengangguran terjadi karena jumlah tenaga kerja atau angkatan kerja melebihi tingkat kesempatan kerja yang tersedia. Berdasarkan tingkat pengangguran, dapat diketahui apakah perekonomian berada pada tingkat kesempatan kerja penuh (full emplo ment)atau tidak. Secara teoretis perekonomian dianggap mencapai tingkat kesempatan kerja penuh apabila tenaga kerja yang tersedia seluruhnya digunakan. Di negara kita upaya untuk menekan tingkat pengangguran dilakukan melalui pengendalian tingkat pertumbuhan penduduk. Program keluarga berencana merupakan salah satu alternatif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Hal ini disebabkan pembangunan ekonomi tidak mempunyai arti jika dibarengi dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang terlalu tinggi.

    c. Masalah ketimpangan dalam neraca pembayaran
    Neraca pembayaran adalah neraca yang memuat ikhtisar dari segala transaksi yang terjadi antara penduduk suatu negara dan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu, dan biasanya satu tahun. Transaksi-transaksi yang terdapat dalam neraca pembayaran menyangkut barang-barang dan jasa, dalam bentuk ekspor atau impor, transaksi finansial, seperti pemberian atau penerimaan kredit kepada atau dari negara lain, penanaman modal di luar negeri dan transaksi-transaksi yang bersifat unilateral, seperti pembayaran transfer dari orang-orang yang tinggal di luar negeri. Ketidakseimbangan dalam neraca pembayaran suatu negara dapat dikatakan merupakan masalah apabila ketidakseimbangan tersebut cukup besar. Jika kenyataan itu terjadi, diperlukan kebijakan pemerintah untuk mengatasinya.

    Dalam jangka panjang permasalahan ekonomi makro menyangkut persoalan pertumbuhan di bidang ekonomi. Masalah ini pada dasarnya menyangkut bagaimana mengatur perekonomian agar terdapat keserasian antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas produksi, dan tersedianya dana untuk investasi.

    Dari uraian materi di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro adalah dari luas cakupan masalah yang dibahas. Ekonomi mikro mempelajari kegiatan-kegiatan ekonomi dari unit-unit ekonomi individual, yaitu individu sebagai konsumen, individu sebagai pemilik faktor produksi, dan individu sebagai produsen sedangkan ekonomi makro mempelajari keseluruhan ekonomi dalam bentuk jumlah barang dan jasa yang diproduksi, total pendapatan yang dihasilkan, tingkat pengangguran, serta sifat-sifat umum harga barang

    Berikut soal tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro atau masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi!

    1. Berikut adalah masalah-masalah ekonomi mikro dan ekonomi makro.
    1) Bagaimana menentukan harga barang/jasa yang menguntungkan
    2) Penyediaan lapangan pekerjaan bagi para penganggur
    3) Penggunaan dan pengkombinasian faktor-faktor produksi yang efektif dan efisien
    4) Menentukan tingkat produksi yang menguntungkan
    5) Bagaimana upaya menekan laju kenaikan harga barang/jasa secara umum

      Yang merupakan masalah-masalah dalam ekonomi mikro adalah ....
      A. 1), 2), dan 3)
      B. 1), 2), dan 4)
      C. 1), 3), dan 4)
      D. 2), 3), dan 4)
      E. 3), 4), dan 5)
      Jawaban C

    2. Yang merupakan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro adalah ....

      A. ekonomi mikro keuntungan perusahaan, sedangkan ekonomi makro perilaku konsumen
      B. ekonomi mikro pajak dan subsidi, sedangkan ekonomi makro pendapatan perkapita
      C. ekonomi mikro tingkat inflasi, sedangkan ekonomi makro neraca pembayaran
      D. ekonomi mikro bunga bank, sedangkan ekonomi makro sisa hasil usaha
      E. ekonomi mikro perubahan harga, sedangkan ekonomi makro tingkat Pengangguran
      Jawaban E

    3. Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro adalah ....

      A. ekonomi mikro harga produksi, sedangkan ekonomi makro pendaparan nasional
      B. ekonomi mikro kenaikan inflasi, sedangkan ekonomi makro harga produksi
      C. ekonomi mikro perilaku konsumen, sedangkan ekonomi makro permintaan barang
      D. ekonomi miko tingkat pengangguran, sedangkan ekonomi makro pendapatan pemerintah
      E. ekonomi mikro pertumbuhan ekonomi, sedangkan ekonomi makro harga penjualan
      Jawaban A

    4. Perbedaan ekonomi mikro dengan ekonomi makro dari ruang lingkupnya adaiah ....

      A. ekonomi mikro selera konsumen, sedangkan ekonomi makro permintaan dari perusahaan
      B. ekonomi miko biaya produksi perusahaan, sedangkan ekonomi makro harga pokok penjualan
      C. ekonomi mikro harga pasar, sedangkan ekonomi mako tingkat pengangguran
      D. ekonomi mikro pendapatan perkapita, sedangkan ekonomi makro perilaku konsumen
      E. ekonomi mikro mutu barang, sedangkan ekonomi makro meningkatkan hasil produksi
      Jawaban C

    5. Salah satu masalah yang dihadapi negara berkembang adalah tingkat investasi yang rendah. Cara yang paling tepat untuk memecahkan permasalahan ekonomi tersebut adalah ....

      A. mendatangkan tenaga dari luar negeri untuk melakukan produksi
      B. member modal usaha pengusaha unit usaha kecil dan menengah
      C. mengundang investor asing berinvestasi dan mempermudah prosedur perizinan
      D. mewajibkan masyarakat menabung agar tersedia modal untuk investasi
      E. mendirikan Badan Usaha Milik Negara dan meningkatkan partisipasi swasta
      Jawaban C

    Kembali ke : Kisi-Kisi UN Ekonomi IPS Jenjang SMA, MA, dan Sederajat

    Demikian tadi beberapa contoh soal tentang masalah ekonomi mikro dan ekonomi makro, semoga ada manfaatnya.

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar