Skip to main content

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester I IPS Kls 7

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi latihan soal atau try out pelaksanaan penilaian akhir semester ganjil IPS kelas VII tahun pelajaran 2017/2018. Soal ini sengaja saya susun sesuai dengan kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2017/2018.

Buat teman-teman guru IPS dari Lombok Timur yang berminat sangat dipersilahkan untuk menggunakan latihan soal ini di kelas masing-masing. Sedangkan buat teman-teman dari luar wilayah kerja Lombok Timur, yah hitung-hitung untuk dijadikan sebagai referensi.

Langsung saja dilihat perangkat latihan soal penilaian akhir semester ganjil di bawah ini

PENILAIAN AKHIR SEMESTER I IPS KELAS 7

A. SOAL PILHAN GANDA

    Pilihlah opsi A, B, C, atau D yang kamu anggap paling benar !

  1. Kondisi yang memperhatikan faktor jarak dan biaya dalam interaksi keruangan disebut...
    • A. kesempatan antara
      B. kemudahan transfer
      C. saling melengkapi
      D. untung-rugi

  2. Pernyataan berikut yang menunjukkan interaksi keruangan adalah...
    • A. Nelayan turun melaut pada waktu dini hari
      B. Seorang pegawai perusahaan setiap hari pergi kerja ke kota
      C. Petani sayur membagikan hasil panen sayurnya ke tetangga-tetangga
      D. Ayah biasanya memanfaatkan waktu luangnya dengan pergi memancing ke sungai

  3. Berikut adalah faktor yang mendorong perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan ... kecuali
    • A. pembangunan hanya terpusat di kota
      B. lahan pertanian yang semakin menyempit
      C. pendidikan masyarakat pedesaan masih rendah
      D. sarana dan prasarana di pedesaan lengkap

  4. Perhatikan bagan kesempatan antara (intervening Opportunity) berikut!

    • Kesempatan paling besar terjadinya interaksi keruangan adalah ...
      A. wilayah A dengan B
      B. wilayah A dengan C
      C. wilayah B dengan C
      D. wilayah A, B, dan C

  5. Aktivitas penduduk tidak terlepas dari konteks ruang dan waktu, artinya aktivitas tersebut ...
    • A. melibatkan manusia dari berbagai masa
      B. berlangsung sesuai waktu dan lokasi tertentu
      C. memerlukan ruang yang terbatas dan waktu tidak terbatas
      D. memerlukan pengetahuan dan kesejarahan agar dapat terlaksana

  6. Letak Indonesia secara astronomis adalah...
    • A. terletak di pertemuan 3 lempeng aktif dunia yaitu indo Australia, Eurasia dan Pasifik
      B. terletak pada 95 derajat BT – 141 derajat BT dan 6 derajat LU – 11 derajat LS
      C. Indonesia sebagai negara agraris dan maritim
      D. Diapit dua benua dan dua samudra

  7. Perhatikan gambar peta dunia berikut!
    • Deskripsi Gambar:
      Globe berisi keterangan batas-batas garis lintang.

      Pada peta di atas wilayah Indonesia dibatasi oleh lintang yaitu 23.5 derajat LU dan 23.5 derajat LS yang termasuk ke dalam wilayah tropis dengan ciri-ciri berikut... kecuali
      A. menerima penyinaran matahari sepanjang tahun
      B. banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi
      C. memiliki curah hujan yang rendah
      D. memiliki hujan hutan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi

  8. Berikut adalah dampak positif letak geografis Indonesia terhadap aspek ekonomi... kecuali
    • A. terbukanya lapangan pekerjaan bagi penduduk di sekitar pelabuhan
      B. mejadikan wilayah Indonesia beriklim tropis dengan suhu udara yang stabil
      C. mendapatkan berbagai macam jenis barang sebagai akibat perdagangan internasional
      D. letaknya yang strategis sehingga menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia

  9. Penyebab Indonesia memiliki tanah yang subur secara geologis adalah karena...
    • A. Indonesia dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul
      B. sering munculnya gunung api ditengah laut
      C. aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik
      D. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu flora dan fauna yang tinggi

  10. Simbol warna hijau kekuningan pada peta dinyatakan sebagai...
    • A. laut
      B. sungai
      C. pegunungan
      D. dataran rendah

    Baca juga latihan soal PAS IPS Kelas 7 Ganjil VERSI lainnya pada postingan berikut:

  11. Batas Indonesia dapat dilihat dari tiga aspek yaitu batas darat, batas laut, dan batas arah (utara, selatan, barat, timur). Berdasarkan batas arah, batas Indonesia di sebelah barat adalah ...
    • A. Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut Cina Selatan
      B. Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudera Hindia
      C. Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini, dan Samudera Pasifik
      D. Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia

  12. Daerah waktu Indonesia bagian Timur (WIT) meliputi...
    • A. Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau sekitarnya
      B. Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau disekitarnya
      C. Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,, dan pulau-pulau disekitarnya
      D. Kepulauan Kalimantan, Kepulauan Sulawesi dan pulau-pulau disekitarnya

  13. Pada gambar berikut garis koordinat ditunjukkan pada no...
    • Deskripsi Gambar:
      Gambar suatu peta dengan memberikan tanda panah pointer pada beberapa komponen peta misalnya:
      Pointer 1: Judul
      Pointer 2: Garis koordinat
      Pointer 3: Legenda
      Pointer4: Inset.


      A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4

  14. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat sumber daya laut adalah...
    • A. Hutan mangrove dapat melindungi terjadinya abrasi pantai
      B. menjadi sumber pembagkit listrik
      C. mengandung fosfat yang dapat dipakai sebagai bahan pupuk organik
      D. sumber eksploitasi ikan di laut

  15. Upaya memperbaiki kerusakan lingkungan hutan dapat dilakukan dengan cara berikut ini... kecuali
    • A. reboisasi atau penanaman kembali hutan yang sudah gundul
      B. memberikan izin pengelolaan hutan kepada swasta
      C. menerapkan sistem tebang tanam dalam penebangan hutan
      D. menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang hutan

  16. Pernyataan berikut merupakan salah satu manfaat batu bara, yaitu...
    • A. dapat digunakan sebagai pembangkit listrik
      B. berguna sebagai bahan keramik
      C. dapat digunakan untuk bahan bangunan
      D. merupakan sumber energi bioenergi

  17. Salah satu barang tambang terbesar yang dihasilkan pulau Lombok adalah ...
    • A. granit
      B. emas
      C. grafit
      D. aspal

  18. Hasil tambang bauksit dapat dimanfaatkan untuk pembuatan ...
    • A. perhiasan
      B. logam besi dan semen
      C. keramik, logam, dan kimia
      D. bahan bakar untuk memasak dan transportasi

  19. Manfaat ekologis terumbu karang adalah...
    • A. dapat menjadi daya tarik tersendiri sebagai obyek wisata
      B. mengurangi hempasan gelombang pantai yang berakibat terjadinya abrasi
      C. sumber perikanan yang dapat meningkatkan pendapatan bagi nelayan
      D. sumber bahan makanan bagi makhluk hidup

  20. Hutan mangrove berfungsi sebagai habitat/tempat hidup binatang laut misalnya tempat berlindung, mencari makan dan berkembangbiak. Fungsi hutan mangrove tersebut merupakan fungsi...
  21. Berikut yang merupakan dampak pertumbuhan penduduk yang cepat adalah ...
    • A. semakin banyak pengangguran
      B. Mengurangi terjadinya kemiskinan
      C. Menambah penghasilan penduduk
      D. Mengurangi angka beban ketergantungan

  22. Berikut ini adalah tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu negara ...kecuali
    • A.tingkat pendidikan
      B. tingkat kesehatan
      C. tingkat kesejahteraan
      D. tingkat kelahiran

  23. Musalaki merupakan nama rumah adat khas ...
    • A. Nusa Tenggara Barat
      B. Nusa Tenggara Timur
      C. Sulawesi Utara
      D. Papua

  24. Upaya untuk meratakan penduduk di Indonesia adalah dengan melaksanakan...
    • A. program migrasi
      B. program urbanisasi
      C. program transmigrasi
      D. program imigrasi

  25. Perhatikan gambar kesenian tradisional berikut!
    • Deskripsi Gambar:
      Di sajikan empat gambar grup kesenian tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia seperti:
      1: Rampak Gendang dari daerah Jawa Barat
      2: Karawitan dari daerah Jawa
      3: Gendang Beleq dari daerah NTB
      4: Rapai dari daerah Banda Aceh.


      Yang merupakan kesenian khas Lombok adalah...
      A. Rampak Gendang
      B. Karawitan
      C. Gendang Beleq
      D. Rapai

  26. Indonesia dikenal dengan keanekaragaman sosial budayanya. Kekayaan suku dan budaya ini sebenarnya merupakan aset bangsa yang tak ternilai harganya. Dampak positif dari keragaman sosial budaya di Indonesia adalah ...
    • A. Rawan terjadi konflik
      B. rasa persatuan dan kesatuan yang semakin kuat
      C. anggapan budaya sendiri yang lebih baik
      D. ingin memisahkan diri dari negara kesatuan

  27. Ciri-ciri rumah penduduk di daerah dataran rendah adalah...
    • A. Banyak memiliki ventilasi
      B. Atap rumah terbuat dari seng
      C. Sedikit memiliki ventilasi
      D. bahan dasar bangunan sebagian besar dari besi dan beton

  28. Gambar berikut yang merupakan jenis fauna tipe peralihan adalah ...
  29. Faktor penyebab berkembang pesatnya perdagangan Indonesia dengan negara asing adalah karena...
    • A. Indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia
      B. Indonesia merupakan negara dengan penghasil rempah-rempah terbesar dunia
      C. Pedagang-pedagang Indonesia mampu menguasai perdagangan dunia
      D. Pedagang Indonesia banyak bekerja sama dengan negara asing

  30. Terjadinya musim penghujan di Indonesia disebabkan adanya...
    • A. tekanan udara tinggi
      B. tekanan udara rendah
      C. angin muson timur
      D. angin muson barat

  31. Pada daerah perbukitan biasanya lahan pertanian bertingkat-tingkat atau berteras-teras dengan menggunakan sistem terasering. Hal ini disebabkan sistem terasering dapat...
    • A. memperbesar tingkat kemiringan lereng
      B. menampung dan menahan air pada lahan miring
      C. mengurangi resapan air hujan ke dalam tanah
      D. mempercepat aliran air di permukaan tanah

  32. Keuntungan akibat perubahan interaksi antarruang di bidang ekonomi khususnya pada pariwasata adalah...kecuali
    • A. alih fungsi lahan menganggur menjadi hotel
      B. lapangan pekerjaan meningkat
      C. tempat-tempat hiburan meningkat
      D. pendapatan masayarakat sekitar meningkat

  33. Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan, yaitu ...
    • A. membangun rumah ala nenek moyang menggunakan bahan kayu dan bambu
      B. Auliya berangkat kerja ke kota
      C. makanan khas Jepang banyak disukai di Indonesia
      D. banyak lahan pertanian berubah menjadi permukiman

  34. Dampak positif interaksi keruangan di bidang sosial budaya adalah...
    • A. dapat meningkatkan pendapatan masyarakat
      B. meningkatnya berbagai macam kebutuhan hidup
      C. Penerimaan budaya luar dengan menghilangkan nilai budaya sendiri
      D. masuknya budaya luar sehingga memperkaya keanekaragaman budaya lokal

  35. Dampak positif interaksi antarruang di bidang perdagangan adalah...kecuali
    • A. memiliki berbagai jenis pilihan barang kebutuhan
      B. memproduksi barang kebutuhan cukup dilakukan oleh daerah lain
      C. Memperoleh barang kebutuhan yang tidak diproduksi di daerah sendiri
      D. Meningkatkan pendapatan masyarakat

  36. Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif kepadatan penduduk di kota adalah...
    • A. banyak terjadi tindakan kriminalitas
      B. munculnya perkampungan kumuh (slum area)
      C. meningkatnya jumlah pengangguran
      D. meningkatnya jumlah kesempatan kerja
      (Catatan penulis: Soal no.36 di atas merupakan contoh soal yang tidak memenuhi syarat soal yang baik karena menggunakan kata negatif ganda yaitu kata bukan dan kata negatif)

  37. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial adalah...
    • A. tata tertib dan sopan santun
      B. proses sosial dan kontak sosial
      C. kontak dan komunikasi
      D. kebutuhan manusia dan lingkungan sosial

  38. Kegiatan berikut yang merupakan contoh terjadinya interaksi sosial yaitu ...
    • A. Putri sedang memasak di dapur
      B. Nabila sedang bermain tali sama Rani
      C. Hilmi sedang melihat foto ayahnya di dinding
      D. Rama berteriak-teriak sendiri

  39. Seorang anak sangat mengidolakan salah seorang tokoh nasional sehingga semua tingkah laku tokoh tersebut dilakukannya. Faktor yang mendorong perilaku anak tersebut dinamakan...
    • A. imitasi
      B. sugesti
      C. identifikasi
      D. simpati

  40. Perhatikan gambar proses sosial asosiatif berikut !
    • Deskripsi Gambar:
      Masyarakat yang sedang melakukan gotong royong.

      Bentuk interaksi di atas merupakan...
      A. toleransi atau saling menghargai
      B. bargaining atau tukar guling
      C. kompromi atau saling mengalah
      D. gotong royong atau kerukunan

  41. Telah terjadi perselisihan antara dua belah pihak. Teman-teman mencoba melerai dan menasehati mereka berdua namun tidak berhasil. Kemungkinan perselisihan ini sudah lama berlangsung. Akhirnya ketua kelas berinisiatif melaporkan kejadian ini kepada guru Bimbingan dan Konseling mereka dengan harapan ada titik penyelesaian.
    • Ilustrasi cerita tersebut merupakan bentuk akomodasi dalam bentuk...
      A. ajudikasi
      B. Arbitrasi
      C. mediasi
      D. koalisi

  42. Berikut adalah bentuk proses sosial asosiatif dan disosiatif
    • kerja sama
    • kompetisi
    • asimilasi
    • akomodasi
    • konflik

    • Yang termasuk proses sosial asosiatif adalah pada nomor...
      A. 1, 2, dan 3
      B. 1, 3, dan 4
      C. 2, 3, dan 5
      D. 3, 4, dan 5

  43. Manusia memenuhi kebutuhannya dengan melakukan interaksi sosial. Supaya terjadi keteraturan dan ketertiban dalam proses interaksi sosial maka perlu adanya...
    • A. lembaga sosial
      B. undang-undang
      C. polisi
      D. strata sosial

  44. Dalam upaya memenuhi kebutuhan pokoknya baik pangan, sandang, maupun papan manusia akan melakukan interaksi dan bekerja sama dengan manusia lain yang menyediakan alat pemuas kebutuhan. Interaksi ini akan berlangsung secara berulang-ulang sehingga mampu menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat yang mendorong munculnya lembaga sosial. Ilustrasi tersebut merupakan latar belakang terbentuknya lembaga ...
  45. Perhatikan gambar simbol lembaga sosial berikut!
    • Yang merupakan simbol lembaga kepolisian adalah nomor...
      A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4

  46. Lembaga yang berperan pertama dan utama dalam pembentukan kepribadian anak adalah...
    • A. pendidikan
      B. agama
      C. keluarga
      D. hukum

  47. Gambar berikut merupakan bentuk lembaga...
    • Deskripsi Gambar:
      Aktivitas perdagangan di pasar tradisional.

      A. ekonomi
      B. pendidikan
      C. hukum
      D. politik

  48. Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dari pendidikan informal adalah...
    • A. pendidikan berlangsung dalam lembaga pemerintah
      B. pendidikan berlangsung di keluarga
      C. terdapat kepemimpinan yang jelas
      D. adanya batasan lama studi

  49. Berikut ini yang bukan merupakan peran lembaga agama adalah...kecuali
    • A. Sebagai pedoman hidup bagi manusia
      B. pengatur tata cara hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhannya
      C. Tuntunan prinsip benar dan salah
      D. sarana untuk menguasai manusia atau sekelompok manusia

  50. Lembaga yang berfungsi sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan bathin serta sebagai pengatur tata tertib hubungan masyarakat adalah...
    • A. keluarga
      B. agama
      C. hukum
      D. politik

B. KUNCI JAWABAN

    SOALKUNCI JAWABANSKORNILAI
    PILIHAN GANDA
    1.A12
    2.B12
    3.D12
    4.B12
    5.B12
    6.B12
    7.C12
    8.B12
    9.C12
    10.D12
    11.D12
    12.B12
    13.B12
    14.D12
    15.B12
    16.A12
    17.B12
    18.C12
    19.B12
    20.B12
    21.A12
    22.D12
    23.B12
    24.C12
    25.C12
    26.B12
    27.A12
    28.B12
    29.A12
    30.D12
    31.B12
    32.C12
    33.B12
    34.D12
    35.B12
    36.D12
    37.C12
    38.B12
    39.C12
    40.D12
    41.B12
    42.B12
    43.A12
    44.C12
    45.C12
    46.C12
    47.A12
    48.B12
    49.D12
    50.C12
    JUMLAH PG50100

    Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik:

    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / Total Skor ) x 100

Demikian tadi latihan soal penilaian akhir semester I IPS kelas 7 semoga bermanfaat.

Berikut kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semester Ganjil IPS Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018 Kab. Lombok Timur

Silahkan klik di sini untuk membuka kisi-kisi soal

Update Kisi-kisi:
Buka revisi kisi-kisi

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar