Skip to main content

Lengkap: Soal Tentang Pelaku Ekonomi dan Interaksinya dalam Circular Flow Diagram

Sebelum membahas soal tentang pelaku ekonomi dan interaksinya dalam perekonomian (circulair flow diagram), perlu kiranya Admin jelaskan apa pengertian dari Circulair Flow Diagram tersebut. Circulair Flow Diagram atau Diagram Arus Lingkar Pelaku Ekonomi adalah diagram atau pola yang menggambarkan hubungan timbal balik sehingga membentuk arus lingkar interaksi antar para pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.

Pada arus lingkar kegiatan ekonomi, masing-masing pelaku ekonomi mempunyai dua peran sekaligus yaitu yang pertama sebagai konsumen (firms) dan peran yang kedua adalah sebagai produsen (household). Apabila dua peranan tadi dihubungkan dalam satu diagram/pola maka akan terbentuk hubungan timbal balik.

Proses interaksi antar pelaku ekonomi ini dapat kita lihat di dalam pasar baik pasar barang/jasa (pasar output) maupun pasar faktor produksi (pasar input) seperti alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan. Di pasar inilah akan terjadi permintaan dan penawaran terhadap output dan input. Kemudian dari hasil tawar menawar tersebut akan terdapat dua jenis arus yaitu: 1) arus output dan atau input; dan 2) arus uang.

Dalam perekonomian, diagram interaksi pelaku ekonomi ada tiga macam yaitu diagram perekonomian dua sektor (perekonomian sederhana), diagram perekonomian tiga sektor (perekonomian tertutup), diagram perekonomian empat sektor (perekonomian terbuka).

Baiklah, selanjutnya mari kita mulai membahas soalnya satu persatu di bawah ini.

Soal tentang Pelaku Ekonomi dan Interaksinya dalam Perekonomian (Circulair Flow Diagram)

1. Perhatikan bagan interaksi antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen berikut ini :

    Berdasarkan bagan di samping yang merupakan adanya penawaran faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, tanah dan sebagainya adalah nomor ....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4
    E. 5

2. Perhatikan bagan interaksi antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen berikut ini :

    Berdasarkan bagan di atas yang merupakan adanya penawaran barang dan jasa adalah nomor ....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4
    E. 5

3. Perhatikan bagan berikut ini!

    Peran yang ditunjukkan nomor (4) adalah ....
    A. menerima uang atas barang dan jasa
    B. menyerahkan faktor produksi yang dimiliki
    C. menerima barang dan jasa yang dibeli
    D. menyerahkan uang atas faktor produksi
    E. menerima faktor produksi yang dibutuhkan

    Pembahasan Soal

    Diagram interaksi pelaku ekonomi yang terdapat pada soal no.1, no.2, dan no.3 merupakan bentuk perekonomian dua sektor (perekonomian sederhana). Diagram perekonomian dua sektor merupakan bentuk interaksi antara dua pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen.

    Mari kita lihat kembali bagan di atas!

    Interaksi Pertama:

    Interaksi terjadi di pasar input, yaitu tempat terjadinya permintaan dan penawaran faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal dan skill. Siapa yang melakukan permintaan faktor produksi? Dan siapa yang melakukan penawaran faktor produksi?

    Faktor produksi dibutuhkan (diminta) oleh RT Produsen sebagai alat untuk menghasilkan barang/jasa yang diperoleh dari RT konsumen (penawaran). Hal ini digambarkan dengan garis 1 dimana factor produksi mengalir dari RT konsumen kepada RT produsen, karena sebenarnya pemilik dari faktor produksi adalah RT konsumen. Dalam hal ini terjadi arus input.

    Sebagai balas jasa karena telah menggunakan faktor produksi maka RT Produsen membayar sejumlah uang kepada RT Konsumen selaku pemilik factor produksi. Dan ini menjadi sumber pendapatan RT Konsumen. RT Konsumen yang memiliki tanah mendapatkan balas jasa berupa sewa, pemilik tenaga kerja mendapat upah, pemilik modal mendapat bunga dan kewirausahaan mendapat laba. Hal ini digambarkan dengan garis 2 dimana uang balas jasa mengalir dari RT Produsen kepada RT Konsumen. Dalam hal ini terjadi arus uang.

    Interaksi Kedua:

    Interaksi kedua terjadi di pasar output, yaitu tempat terjadinya permintaan dan penawaran barang dan jasa. Siapa yang melakukan permintaan barang/jasa? Dan siapa yang melakukan penawaran barang/jasa?

    Barang/jasa yang dihasilkan oleh RT Produsen kemudian dijual kepada RT konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Penjualan atau penawaran barang/jasa ini digambarkan dengan garis 5 dimana barang/jasa mengalir dari RT Produsen kepada RT Konsumen. Dalam hal ini terjadi arus output.

    Kemudian oleh RT Konsumen akan mengeluarkan sejumlah uang atas pembelian barang/jasa dari RT Produsen. Hal ini digambarkan dengan garis 4 dimana uang dari pembelian barang/jasa tersebut diberikan oleh RT Konsumen kepada RT Produsen. Dalam hal ini terjadi arus uang.

    Jadi berdasarkan bagan tersebut dapat disimpulkan bahwa:

    1. Yang merupakan adanya penawaran faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, tanah dan sebagainya adalah pada garis 1.
    2. Yang merupakan adanya penawaran barang dan jasa adalah pada garis 5
    3. Peran yang ditunjukkan nomor (4) adalah RT Produsen menerima uang atas barang dan jasa
    Kunci Jawaban: 1.A, 2.E, dan 3.A

4.Perhatikan diagram interaksi pelaku ekonomi berikut ini!


    Keterangan: Soal diambil dari paket soal UN ekonomi A54 tahun pelajaran 2011/2012

    Pembahasan Soal

    Diagram interaksi pelaku ekonomi yang terdapat pada soal no.4 merupakan bentuk perekonomian tiga sektor (perekonomian tertutup). Perekonomian tiga sektor merupakan bentuk interaksi antara tiga pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, dan pemerintah.

    Mari kita lihat kembali bagan di atas!
    Pemerintah ikut serta dalam kegiatan ekonomi nasional yaitu melakukan berbagai macam transaksi dengan RT konsumen dan RT produsen.

    Hasil produksi pemerintah berupa jasa-jasa untuk kepentingan umum. Misalnya jalan raya, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hankam dan sebagainya. Jadi, ada arus jasa dari pemerintah kepada masyarakat. Jasa pemerintah sebagian besar tidak melalui pasar, karena jasa pemerintah tidak diperjualbelikan. Hal ini ditunjukkan oleh garis 3 dan garis 4.

    Dalam melaksanakan tugasnya pemerintah memerlukan faktor produksi serta berbagai macam barang dan jasa yang harus dibeli dan dibayar. Hal ini dtunjukkan oleh garis 1 dan garis 6.

    Pengeluaran pemerintah meliputi gaji tenaga kerja (belanja pegawai) dan belanja barang untuk pembayaran barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut dibeli dari para produsen, misalnya, mobil dinas, rumah dinas, peralatan kantor, dan perlengkapan perang untuk TNI. Hal ini dtunjukkan oleh garis 5 dan garis 7.

    Penerimaan pemerintah terutama berasal dari pajak. Pajak tersebut dipungut, baik dari RT konsumen maupoun RT produsen. Misalnya pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, Pajak Bumi dan Bangunan. Hal ini dtunjukkan oleh garis 2 dan garis 8.

    Jadi peran pelaku ekonomi (maksudnya pemerintah) yang ditunjukkan nomor 1 adalah mengeluarkan gaji atas tenaga kerja (maksudnya belanja pegawai) yang diperoleh.

    Jawaban B

5. Diagram interaksi pelaku ekonomi:


    Keterangan: Soal diambil dari UN ekonomi paket C78 tahun pelajaran 2011/2012

    Pembahasan Soal

    Bentuk perekonomian yang ditunjukkan oleh diagram arus lingkar pada soal nomor 5 di atas sama dengan soal nomor 4 yaitu perekonomian tiga sektor sehingga penjelasannya akan sama.

    Sebenarnya pemerintah bisa berperan sebagai RTK maupun RTP, namun secara umum pemerintah juga berperan sebagai pengatur dan pengendali kegiatan yang dilakukan oleh RTK dan RTP dalam suatu perekonomian. Pemerintah senantiasa berusaha mencapai suatu keadaan ekonomi yang stabil dengan cara memberikan subsidi kepada RTK dan RTP. Dengan bantuan pemerintah dalam bentuk subsidi ini akan mendorong peningkatan pendapatan masyarakat dan secara otomatis dapat meningkatkan penerimaan pajak.

    Jadi, berdasarkan diagram soal nomor 5 di atas, peran pemerintah yang ditunjuk huruf A adalah memberikan subsidi dan menerima pajak.

    Jawaban C

6. Perhatikan bagan 4 pelaku ekonomi berikut!

    Pembahasan Soal

    Masyarakat luar negeri berperan penting dalam perekonomian suatu negara. Masyarakat luar negeri dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan dengan masyarakat di dalam negeri melalui kegiatan ekspor dan impor. Dari kegiatan ekspor impor ini akan terjadi arus uang masuk dan keluar (kurs valas).

    Gambaran jelas mengenai peran masyarakat luar negeri ini dapat kita lihat pada bentuk diagram arus lingkar soal di atas. Pada gambar tersebut terlihat jalinan hubungan antara Masyarakat Luar Negeri dengan Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), dan Rumah Tangga Negara (RTN) atau Pemerintah.

    Kalau kita analisis penjelasan dari masing-masing nomor di atas akan tergambar sebagai berikut:

  • Nomor 1: RTP membayar gaji/upah, sewa, bunga, dan laba kepada RTK
  • Nomor 2: RTK membayar pajak penghasilan kepada negara
  • Nomor 3: RTN mengimpor hasil produksi dari masyarakat luar negeri
  • Nomor 4: RTP mengekspor barang/jasa kepada masyarakat luar negeri
  • Nomor 5: Masyarakat luar negeri membayar atas pemakaian faktor produksi kepada RTK.
  • Jadi berdasarkan analisis ini nomor 3 menunjukkan arus barang/jasa dari luar negeri (impor) oleh RTN.

    Jawaban D

Kembali ke : Kisi-Kisi UN Ekonomi IPS Jenjang SMA, MA, dan Sederajat

Demikian pembahasan yang bisa Admin uraikan. Kalau ada kesalahan mohon kritik dan sarannya. Terima kasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar