Try Out Penilaian Akhir Semester Genap IPS Kelas VII
Jika suatu penilaian tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan gambaran mengenai efektifnya proses pembelajaran, itu disebut dengan penilaian formatif, maka penilaian yang tujuannya adalah untuk menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa, itu dinamakan dengan penilaian sumatif.
Penilaian formatif contohnya adalah kuis atau latihan soal atau bisa juga dengan lontaran sejumlah pertanyaan kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan penilaian sumatif contohnya adalah Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Ujian Sekolah (US), dan Ujian Nasional (UN).
Penilaian Akhir Semester merupakan tahapan proses penilaian paling akhir yang diberikan pendidik dan lembaga pendidikan terhadap siswa setelah melewati seluruh tahapan pembelajaran di dalam kelas selama kurang lebih 6 bulan atau satu semester. Penilaian akhir semester termasuk salah satu bentuk dari penilaian sumatif sebagaimana yang telah dijelaskan tadi di atas.
Sebagai persiapan menghadapi penilaian akhir semester genap yang tinggal beberapa hari, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi soal latihan kepada Bapak/Ibu guru untuk dapat dimanfaatkan di kelas masing-masing misalnya dengan membagikan soal ini kepada siswa dalam rangka melatihnya menjawab soal tentang materi-materi yang telah dipelajarinya itu.
Try Out Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap IPS Kelas VII
Pada kumpulan soal try out penilaian akhir semester genap mata pelajaran IPS Kelas VII ini memuat indikator penilaian dengan batas tingkatan berfikir siswa sampai 4 (empat) tingkat yaitu pengetahuan (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3), dan analisis (C4). Pada tiap-tiap 10 soal terakhir saya sertakan kunci jawaban di bawahnya serta di bagian akhir terdapat juga pedoman penilaiannya. Baiklah, silahkan langsung saja dibaca soalnya berikut ini:
- Perbedaan letak geografis antar daerah dengan kondisi persebaran sumber daya alam yang tidak merata menyebabkan ketersediaan barang juga tidak merata antara daerah satu dengan daerah yang lain. Hal ini merupakan salah satu penyebab munculnya ... (C1)
- Kalau dilihat berdasarkan sifatnya, usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan akan makanan, minuman, kesehatan, dan olah raga disebut kebutuhan ... (C2)
- Susi sedang belajar di ruang perpustakaan dengan serius pada sela-sela waktu istirahatnya guna persiapan menghadapi penilaian harian mata pelajaran IPS yang akan dilaksanakan tinggal 15 menit lagi. Susi memang anak yang tekun dan rajin belajar. Ia belajar dengan keras demi meraih cita-cita yang sudah melekat dan tertanam di dalam hatinya.
- Di dalam pasar permintaan terhadap pakaian beragam jumlah dan jenisnya. Budi lebih banyak membeli pakaian yang panjang dan tebal untuk melindungi tubuh dari dinginnya kabut dan cuaca di pegunungan sementara Andi lebih banyak membeli pakaian dengan warna putih dan tipis guna melindungi tubuhnya dari terik panas matahari.
- Perhatikan kombinasi barang berikut!
(1) spidol dan kapur tulis
(2) sepeda kayuh dan sepeda motor
(3) spidol dan whiteboard
(4) sepeda motor dan bensin - Berikut ini yang termasuk barang ekonomis adalah ... (C3)
- Abdul adalah pemilik sekaligus pengelola sebuah Panti Asuhan yang berusaha menampung anak-anak terlantar untuk diasuh dan dididik agar menjadi generasi penerus bangsa yang berguna.
- Perhatikan daftar kebutuhan keluarga Siti berikut ini:
1) Mengeluarkan biaya sekolah anak-anak
2) Membeli beras dan minyak goreng
3) Membeli kendaraan sebagai alat transportasi ke sekolah
4) Membeli perabot rumah yaitu mesin cuci dan kulkas - Motif ekonomi dari kegiatan pada gambar berikut adalah ... (C3)
Keterangan : Gambar seorang calon pemilihan kepala daerah membagikan bantuan dana pembangunan saluran irigasi kepada masyarakat. - Menghemat biaya pengangkutan barang, menyalurkan barang dengan memperhatikan sasaran, tempat, dan waktu secara tepat serta memberikan pelayanan yang baik dan santun kepada pelanggan. Perilaku di atas merupakan bentuk penerapan prinsip ekonomi yaitu oleh ...(C4)
- Tukang cukur rambut termasuk tenaga kerja ... (C1)
- Saluran distribusi yang digunakan perusahaan pabrik sepatu melalui penyalur khusus dari perusahaan sendiri disebut ... (C3)
- Jumlah barang yang ingin dibeli masyarakat pada tingkat harga dan waktu tertentu disebut ... (C1)
- Berikut ini pernyataan yang benar tentang bentuk kurva penawaran adalah ... (C3)
- Yang merupakan sumber daya modal pada perusahaan industri tekstil berikut ini adalah ... (C3)
- Pembangunan jalan raya, jembatan, dan gedung sekolah merupakan bentuk konsumsi negara yang bertujuan untuk ... (C3)
- Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ... (C3)
Keterangan : Ditampilkan gambar aktivitas produksi. - Ferdi memiliki tabungan siswa di sekolah sebesar Rp2.500.000,00. Ia akan menggunakan uangnya hanya untuk membeli sepeda gunung segera ketika tabungannya sudah dibagi pada akhir semester.
- Telah disepakati perjanjian kerjasama di bidang perdagangan antara pemerintah Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan luas daerah pemasarannya, perjanjian kerjasama tersebut termasuk jenis pasar ... (C3)
- Pembuat baju seragam sekolah akan meningkatkan jumlah produksinya ketika mendekati tahun ajaran baru. Usaha produsen meningkatkan jumlah penawaran baju seragam sekolah ini dipengaruhi oleh faktor ... (C3)
- Perhatikan grafik permintaan dan penawaran berikut!
Keterangan: Sajian gambar grafik transaksi beras. - Dampak negatif perkembangan IPTEK bagi kehidupan manusia adalah ... (C1)
- Di sebuah toko fashion terdapat banyak sisa barang yang tidak laku terjual karena ketinggalan mode. Untuk mengatasi masalah ini pihak manajemen mengambil keputusan untuk melakukan cuci gudang dengan memberikan potongan harga atau diskon kemudian menempelkan label besar diskonnya pada barang lama yang ketinggalan mode tersebut. Tindakan yang dilakukan pihak manajemen sesuai dengan fungsi pasar yaitu ...(C4)
- Doni punya cita-cita menjadi seorang pengusaha. Ciri-ciri seorang wiraswasta sudah mulai nampak pada diri Doni. Hal ini terlihat ketika diberi tugas oleh gurunya, ia selalu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu.
- Masa dimana manusia belum mengenal tulisan merupakan arti dari masa ... (C1)
- Berikut ini fase-fase proses perubahan bumi!
1. Bumi mendingin dan terbentuk kerak bumi
2. Mulai hidup binatang-binatang berukuran besar
3. Bumi dalam keadaan panas dan pijar
4. Jenis binatang Dinosaurus mulai punah dan diganti oleh binatang menyusui - Masa dimulainya ada tanda-tanda kehidupan di bumi antara lain munculnya binatang-binatang kecil yang tak bertulang belakang, berbagai jenis ikan, amfibi dan reptil terjadi pada masa ... (C1)
- Alat-alat kehidupan hasil peninggalan manusia pada masa pra-aksara disebut ... (C1)
- Waktu berakhirnya masa pra-aksara di Indonesia yaitu pada masa ... (C1)
- Perhatikan matriks aktivitas manusia berikut ini!
- Corak kehidupan ekonomi manusia masa palaeolithikum adalah berburu (hunting) dan mengumpulkan makananan (food-gathering) dengan alat-alat yang digunakan seperti ... (C3)
- Yang merupakan benda peninggalan masa megalithikum di bawah ini adalah ... (C3)
- Perhatikan benda peninggalan manusia berikut!
- Benda peninggalan berikut yang dihasilkan manusia pada zaman logam adalah ... (C3)
- Kapak peninggalan masa neolithikum yang pada salah satu ujung berbentuk lancip dan di ujung lainnya diasah sehingga menjadi tajam disebut kapak... (C3)
- Salah satu nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai pelajaran dan suri teladan bagi bangsa Indonesia terhadap kehidupan manusia pada masa pra-aksara adalah nilai musyawarah sebagaimana yang telah ditunjukkannya dengan ... (C1)
- Asal-usul bangsa Indonesia dengan ciri-ciri rambut lurus, kulit kuning kecoklatan-coklatan, dan bermata sipit adalah ...(C1)
- Proses kedatangan Proto Melayu ke Indonesia berlangsung melalui dua jalur yaitu jalur barat dan jalur timur. Bangsa Indonesia yang tergolong Proto Melayu ini tersebar di daerah berikut, kecuali ... (C3)
- Proses masuk dan berkembangnya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia berdasarkan teori arus balik seperti yang dikemukakan F.D.K. Bosch disebarkan oleh ... (C1)
- Perpaduan dua kebudayaan (akulturasi) yakni antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan Hindu-Buddha dapat dilihat hasilnya pada ... (C3)
- Kerajaan Kutai tepatnya terletak di ... (C3)
- Kerajaan Tarumanegara mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Purnawarman. Raja Purnawarman dikenal sebagai raja yang gagah berani, tegas, jujur, adil, dan bijaksana sehingga mampu menghantarkan rakyatnya menuju ke arah kemajuan terutama dalam bidang pertanian. Hal ini dibuktikan dengan peristiwa ... (C3)
- Berikut ini adalah raja-raja yang pernah duduk di singgasana kerajaan Sriwijaya, kecuali ... (C1)
- Selain karena adanya serangan-serangan dari Sriwijaya ke Mataram, peristiwa dipindahnya pusat Kerajaan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur disebabkan oleh ... (C3)
- Kitab sastra peninggalan kerajaan Majapahit yang memuat kata-kata Bhinneka Tunggal Ika yang sekarang menjadi semboyan negara Indonesia adalah ... (C3)
- Candi bercorak Buddha yang memiliki stupa di bagian atasnya adalah ... (C3)
- Ketika para musafir dan pedagang baik yang berasal dari Arab, Persia dan Gujarat (India) datang di Indonesia dan memperkenalkan Islam, masyarakat dengan mudah tertarik dan bersedia masuk Islam. Hal ini disebabkan karena ... (C4)
- Teori yang menyatakan Islam masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat (india) sekitar abad ke-13 disampaikan oleh para ahli berikut, kecuali ... (C1)
- Dari peta berikut letak Kesultanan Demak ditunjukkan oleh nomor ... (C3)
Keterangan : Sajian peta Pulau Jawa - Naskah tanah Jawi yang berisi silsilah/garis keturunan raja-raja Jawa dari Nabi Adam termasuk salah satu jenis karya sastra hasil peninggalan masa Islam yang disebut ... (C3)
Soal Latihan No: 1 - 10
- A. keterbelakangan
B. kelangkaan
C. kemiskinan
D. kesenjangan
- A. pokok
B. sekunder
C. jasmani
D. rohani
- Berdasarkan waktu pemenuhannya jenis kebutuhan yang akan dipenuhi Susi yaitu kebutuhan ... (C4)A. individual
B. rohani
C. sekarang
D. masa depan
- Perbedaan jenis kebutuhan seperti ilustrasi di atas dipengaruhi oleh faktor ... (C4)
A. selera
B. tingkat pendapatan
C. tingkat pendidikan
D. tempat tinggal
- Yang menunjukkan kombinasi barang substitusi terdapat pada ... (C3)
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
- A. sinar matahari untuk menjemur padi
B. air hujan untuk mengairi sawah
C. pupuk untuk perkembangan tanaman
D. Iklim untuk mendukung kegiatan pertanian
- Motif ekonomi dari Abdul mengelola panti asuhan adalah untuk ... (C3)
A. memenuhi kebutuhan
B. berbuat sosial
C. mendapat penghargaan
D. memperoleh kekuasaan
- Urutan pemenuhan kebutuhan yang tepat berdasarkan skala prioritas adalah ... (C3)
A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 2 - 1 - 3 - 4
C. 2 - 1 - 4 - 3
D. 2 - 4 - 1 - 3
- A. memenuhi kebutuhan
B. berbuat sosial
C. mendapat penghargaan
D. memperoleh kekuasaan
- A. produsen
B. konsumen
C. distributor
D. pemerintah
Kunci Jawaban Soal No: 1-10
No. | Kunci | No. | Kunci |
1. | B | 6. | C |
2. | C | 7. | B |
3. | D | 8. | B |
4. | D | 9. | D |
5. | A | 10. | C |
Soal Latihan No: 11-20
- A. terdidik
B. terlatih
C. kasar
D. musiman
- A. distribusi langsung
B. distribusi semi langsung
C. distribusi tidak langsung
D. distribusi tunggal
- A. permintaan
B. penawaran
C. motif ekonomi
D. prinsip ekonomi
- A. kurva bergerak dari kiri bawah ke kanan atas
B. antara harga barang dan jumlah barang berbanding terbalik
C. antara harga barang dan jumlah barang berbanding lurus
D. terjadi hubungan yang bersifat negatif antara harga dan jumlah barang
- A. bahan baku
B. tenaga kerja
C. lokasi industri
D. gedung pabrik
- A. memperoleh laba atau keuntungan
B. melayani kebutuhan masyarakat umum
C. meningkatkan pendapatan pajak
D. mengambil simpati masyarakat
- A. produksi
B. konsumsi
C. distribusi
D. institusi
- Berdasarkan daya beli, jenis permintaan Ferdi terhadap sepeda gunung termasuk bentuk permintaan ... (C4)
A. kolektif
B. efektif
C. potensial
D. absolut/mutlak
- A. daerah
B. nasional
C. regional
D. internasional
- A. biaya produksi yang dikeluarkan
B. tingkat teknologi yang digunakan
C. harapan memperoleh keuntungan/laba
D. kebijakan kementerian pendidikan
Kunci Jawaban Soal No: 11-20
No. | Kunci | No. | Kunci |
11. | B | 16. | B |
12. | B | 17. | A |
13. | A | 18. | C |
14. | C | 19. | C |
15. | D | 20. | C |
Soal Latihan No: 21-30
- Berdasarkan grafik di atas, harga keseimbangannya adalah sebesar ... (C4)
A. Rp6.000,00
B. Rp7.000,00
C. Rp8.000,00
D. Rp9.000,00
- A. Menimbulkan arus informasi berlangsung lebih cepat
B. mempermudah proses dalam segala bentuk kegiatan
C. menimbulkan pencemaran lingkungan yang kompleks
D. menambah pengetahuan dalam segala bidang
- A. promosi
B. pembentuk harga
C. distribusi
D. produksi
- Ciri-ciri seorang wirausaha yang ditunjukkan Doni adalah ... (C4)
A. Memiliki mental yang kuat
B. Memiliki keterampilan wiraswasta
C. Cekatan dalam mencari informasi
D. Kepekaan terhadap arti lingkungan
- A. prasejarah
B. nirleka
C. praaksara
D. kebodohan
- Urutan proses perubahan bumi yang tepat dimulai dari nomor ... (C3)
A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 1 - 3 - 4 - 2
C. 2 - 4 - 3 - 1
D. 3 - 1 - 2 - 4
- A. palaeozoikum
B. mesozoikum
C. tertier
D. kuartier
- A. Artefak
B. prasasti
C. fosil
D. naskah
- A. berburu
B. mengumpulkan makanan
C. bercocok tanam
D. perundagian
A | B | C |
1. Hidup dari bercocok tanam dengan sistem berladang | 1. Hidup menetap di perkampungan-perkampungan secara teratur | 1. Menggunakan alat-alat kehidupan seperti kapak sumatera dan tulang sampung |
2. Hidup dari berburu dan mengumpulkan umbi-umbian | 2. Hidup menetap di gua-gua dan pinggir pantai | 2. Menggunakan alat-alat kehidupan seperti kapak perunggu dan kapak sepatu |
3. Hidup dari bertani, beternak, dan juga berdagang | 3. Hidup tidak menetap dan berpindah-pindah | 3. Menggunakan alat-alat kehidupan seperti kapak perimbas dan kapak penetak |
- Berdasarkan matriks di atas, ciri-ciri kehidupan pada masa palaeolithikum adalah ... (C4)
A. A1, B1, dan C1
B. A1, B2, dan C2
C. A2, B2, dan C3
D. A2, B3, dan C3
Kunci Jawaban Soal No: 21-30
No. | Kunci | No. | Kunci |
21. | C | 26. | D |
22. | C | 27. | A |
23. | A | 28. | A |
24. | A | 29. | D |
25. | C | 30. | D |
Soal Latihan No: 31-40
- A. Kapak perimbas, kapak penetak
B. kapak persegi, kapak lonjong
C. Kapak sumatera, tulang sampung
D. kapak corong, kapak sepatu
- A. Tampilan Gambar kapak lonjong
B. Tampilan Gambar nekara
C. Tampilan Gambar sarkofagus
D. Tampilan Gambar gelang batu
A | B | C |
1. Menhir | 1. Nekara | 1. Moko |
2. Cendrasa | 2. Waruga | 2. Dolmen |
3. Pebble | 3. flake | 3. Chopper |
- Berdasarkan tabel di atas, yang termasuk benda peninggalan masa megalithikum adalah ... (C3)
A. A1, B1, dan C1
B. A1, B2, dan C2
C. A2, B2, dan C3
D. A3, B3, dan C3
- A. Kleinbeil
B. Dolmen
C. Walzenbeil
D. Cendrasa
- A. perimbas
B. lonjong
C. penetak
D. sepatu
- A. membangun rumah secara bersama-sama
B. membagi tugas sesuai kemampuan dan keahlian
C. dipilihnya pemimpin yang dianggap paling tua (sesepuh)
D. mempercayai adanya kekuatan ghaib
- A. Polinesia
B. Austroloid
C. Vedda
D. Melanesoid
- A. Mentawai
B. Jawa
C. Dayak
D. Toraja
- A. para pedagang India
B. kaum ksatria
C. kelompok Brahmana
D. bangsa Indonesia sendiri
- A. bentuk bangunan candi yang berundak-undak
B. sistem kepemimpinan berbentuk kerajaan
C. bentuk patung-patung dewa dan Buddha
D. bagian-bagian candi dan stupa
Kunci Jawaban Soal No: 31-40
No. | Kunci | No. | Kunci |
31. | A | 36. | C |
32. | C | 37. | A |
33. | B | 38. | B |
34. | D | 39. | D |
35. | B | 40. | A |
Soal Latihan No: 41-50
- A. tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur
B. tepi sungai Brantas, Jombang
C. daerah pedalaman, Jawa Tengah
D. tepi sungai Musi, Palembang
- A. dibangunnya sungai bernama Gomati
B. raja memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana
C. ditemukannya prasasti Canggal yang menyebutkan tanah Jawa kaya akan padi dan emas
D. pembentukan armada angkatan laut yang kuat
- A. Sri Sanggramawijayatunggawarman
B. Mulawarman
C. Balaputradewa
D. Dapunta Hyang Sri Jayanaga
- A. perpecahan antara keluarga Sanjaya dan Keluarga Syailendra
B. bencana meletusnya Gunung Merapi yang memporak-porandakan daerah Jawa Tengah
C. terjadinya penyerangan Raja Wurawari kepada Dharmawangsa
D. Keinginan Mpu Sindok untuk menjadi Raja menggantikan Sri Maharaja Rakai Wawa
- A. Sutasoma
B. Pararaton
C. Smaradahana
D. Negarakertagama
- A. Prambanan
B. Pawon
C. Gedongsongo
D. Dieng
- A. Islam datang dengan membawa kemakmuran
B. Islam mengajarkan kesetaraan antar manusia
C. Para musafir dan pedagang bersikap ramah
D. Ajaran Islam memiliki kesamaan dengan agama nenek moyang
- A. Snouck Hurgronje
B. Mouquette
C. Antony H. Johns
D. Marcopolo
- A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
- A. Hikayat
B. Babad
C. Suluk
D. Syair
Kunci Jawaban Soal No: 41-50
No. | Kunci | No. | Kunci |
41. | A | 46. | B |
42. | A | 47. | B |
43. | B | 48. | C |
44. | B | 49. | D |
45. | A | 50. | B |
Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 50 ) x 100 |
Download kisi-kisi soal di atas pada:
Download Kisi-Kisi Soal Penilaian IPS Kelas 7
Demikianlah tadi perangkat try out penilaian akhir semester genap IPS kelas VII mudah-mudahan ada manfaatnya.