Skip to main content

Try Out Penilaian Akhir Semester Genap IPS Kelas VII

Jika suatu penilaian tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan gambaran mengenai efektifnya proses pembelajaran, itu disebut dengan penilaian formatif, maka penilaian yang tujuannya adalah untuk menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa, itu dinamakan dengan penilaian sumatif.

Penilaian formatif contohnya adalah kuis atau latihan soal atau bisa juga dengan lontaran sejumlah pertanyaan kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan penilaian sumatif contohnya adalah Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Ujian Sekolah (US), dan Ujian Nasional (UN).

Penilaian Akhir Semester merupakan tahapan proses penilaian paling akhir yang diberikan pendidik dan lembaga pendidikan terhadap siswa setelah melewati seluruh tahapan pembelajaran di dalam kelas selama kurang lebih 6 bulan atau satu semester. Penilaian akhir semester termasuk salah satu bentuk dari penilaian sumatif sebagaimana yang telah dijelaskan tadi di atas.

Sebagai persiapan menghadapi penilaian akhir semester genap yang tinggal beberapa hari, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi soal latihan kepada Bapak/Ibu guru untuk dapat dimanfaatkan di kelas masing-masing misalnya dengan membagikan soal ini kepada siswa dalam rangka melatihnya menjawab soal tentang materi-materi yang telah dipelajarinya itu.

Try Out Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap IPS Kelas VII

Pada kumpulan soal try out penilaian akhir semester genap mata pelajaran IPS Kelas VII ini memuat indikator penilaian dengan batas tingkatan berfikir siswa sampai 4 (empat) tingkat yaitu pengetahuan (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3), dan analisis (C4). Pada tiap-tiap 10 soal terakhir saya sertakan kunci jawaban di bawahnya serta di bagian akhir terdapat juga pedoman penilaiannya. Baiklah, silahkan langsung saja dibaca soalnya berikut ini:

    Soal Latihan No: 1 - 10

  1. Perbedaan letak geografis antar daerah dengan kondisi persebaran sumber daya alam yang tidak merata menyebabkan ketersediaan barang juga tidak merata antara daerah satu dengan daerah yang lain. Hal ini merupakan salah satu penyebab munculnya ... (C1)
    • A. keterbelakangan
      B. kelangkaan
      C. kemiskinan
      D. kesenjangan

  2. Kalau dilihat berdasarkan sifatnya, usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan akan makanan, minuman, kesehatan, dan olah raga disebut kebutuhan ... (C2)
    • A. pokok
      B. sekunder
      C. jasmani
      D. rohani

  3. Susi sedang belajar di ruang perpustakaan dengan serius pada sela-sela waktu istirahatnya guna persiapan menghadapi penilaian harian mata pelajaran IPS yang akan dilaksanakan tinggal 15 menit lagi. Susi memang anak yang tekun dan rajin belajar. Ia belajar dengan keras demi meraih cita-cita yang sudah melekat dan tertanam di dalam hatinya.
    • Berdasarkan waktu pemenuhannya jenis kebutuhan yang akan dipenuhi Susi yaitu kebutuhan ... (C4)
      A. individual
      B. rohani
      C. sekarang
      D. masa depan

  4. Di dalam pasar permintaan terhadap pakaian beragam jumlah dan jenisnya. Budi lebih banyak membeli pakaian yang panjang dan tebal untuk melindungi tubuh dari dinginnya kabut dan cuaca di pegunungan sementara Andi lebih banyak membeli pakaian dengan warna putih dan tipis guna melindungi tubuhnya dari terik panas matahari.
    • Perbedaan jenis kebutuhan seperti ilustrasi di atas dipengaruhi oleh faktor ... (C4)
      A. selera
      B. tingkat pendapatan
      C. tingkat pendidikan
      D. tempat tinggal

  5. Perhatikan kombinasi barang berikut!
    (1) spidol dan kapur tulis
    (2) sepeda kayuh dan sepeda motor
    (3) spidol dan whiteboard
    (4) sepeda motor dan bensin
    • Yang menunjukkan kombinasi barang substitusi terdapat pada ... (C3)
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)

  6. Berikut ini yang termasuk barang ekonomis adalah ... (C3)
    • A. sinar matahari untuk menjemur padi
      B. air hujan untuk mengairi sawah
      C. pupuk untuk perkembangan tanaman
      D. Iklim untuk mendukung kegiatan pertanian

  7. Abdul adalah pemilik sekaligus pengelola sebuah Panti Asuhan yang berusaha menampung anak-anak terlantar untuk diasuh dan dididik agar menjadi generasi penerus bangsa yang berguna.
    • Motif ekonomi dari Abdul mengelola panti asuhan adalah untuk ... (C3)
      A. memenuhi kebutuhan
      B. berbuat sosial
      C. mendapat penghargaan
      D. memperoleh kekuasaan

  8. Perhatikan daftar kebutuhan keluarga Siti berikut ini:
    1) Mengeluarkan biaya sekolah anak-anak
    2) Membeli beras dan minyak goreng
    3) Membeli kendaraan sebagai alat transportasi ke sekolah
    4) Membeli perabot rumah yaitu mesin cuci dan kulkas
    • Urutan pemenuhan kebutuhan yang tepat berdasarkan skala prioritas adalah ... (C3)
      A. 1 - 2 - 3 - 4
      B. 2 - 1 - 3 - 4
      C. 2 - 1 - 4 - 3
      D. 2 - 4 - 1 - 3

  9. Motif ekonomi dari kegiatan pada gambar berikut adalah ... (C3)
    Keterangan : Gambar seorang calon pemilihan kepala daerah membagikan bantuan dana pembangunan saluran irigasi kepada masyarakat.
    • A. memenuhi kebutuhan
      B. berbuat sosial
      C. mendapat penghargaan
      D. memperoleh kekuasaan

  10. Menghemat biaya pengangkutan barang, menyalurkan barang dengan memperhatikan sasaran, tempat, dan waktu secara tepat serta memberikan pelayanan yang baik dan santun kepada pelanggan. Perilaku di atas merupakan bentuk penerapan prinsip ekonomi yaitu oleh ...(C4)
    • A. produsen
      B. konsumen
      C. distributor
      D. pemerintah

    Kunci Jawaban Soal No: 1-10
    No.KunciNo.Kunci
    1.B6.C
    2.C7.B
    3.D8.B
    4.D9.D
    5.A10.C
    Soal Latihan No: 11-20

  11. Tukang cukur rambut termasuk tenaga kerja ... (C1)
    • A. terdidik
      B. terlatih
      C. kasar
      D. musiman

  12. Saluran distribusi yang digunakan perusahaan pabrik sepatu melalui penyalur khusus dari perusahaan sendiri disebut ... (C3)
    • A. distribusi langsung
      B. distribusi semi langsung
      C. distribusi tidak langsung
      D. distribusi tunggal

  13. Jumlah barang yang ingin dibeli masyarakat pada tingkat harga dan waktu tertentu disebut ... (C1)
    • A. permintaan
      B. penawaran
      C. motif ekonomi
      D. prinsip ekonomi

  14. Berikut ini pernyataan yang benar tentang bentuk kurva penawaran adalah ... (C3)
    • A. kurva bergerak dari kiri bawah ke kanan atas
      B. antara harga barang dan jumlah barang berbanding terbalik
      C. antara harga barang dan jumlah barang berbanding lurus
      D. terjadi hubungan yang bersifat negatif antara harga dan jumlah barang

  15. Yang merupakan sumber daya modal pada perusahaan industri tekstil berikut ini adalah ... (C3)
    • A. bahan baku
      B. tenaga kerja
      C. lokasi industri
      D. gedung pabrik

  16. Pembangunan jalan raya, jembatan, dan gedung sekolah merupakan bentuk konsumsi negara yang bertujuan untuk ... (C3)
    • A. memperoleh laba atau keuntungan
      B. melayani kebutuhan masyarakat umum
      C. meningkatkan pendapatan pajak
      D. mengambil simpati masyarakat

  17. Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ... (C3)

    Keterangan : Ditampilkan gambar aktivitas produksi.
    • A. produksi
      B. konsumsi
      C. distribusi
      D. institusi

  18. Ferdi memiliki tabungan siswa di sekolah sebesar Rp2.500.000,00. Ia akan menggunakan uangnya hanya untuk membeli sepeda gunung segera ketika tabungannya sudah dibagi pada akhir semester.
    • Berdasarkan daya beli, jenis permintaan Ferdi terhadap sepeda gunung termasuk bentuk permintaan ... (C4)
      A. kolektif
      B. efektif
      C. potensial
      D. absolut/mutlak

  19. Telah disepakati perjanjian kerjasama di bidang perdagangan antara pemerintah Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan luas daerah pemasarannya, perjanjian kerjasama tersebut termasuk jenis pasar ... (C3)
    • A. daerah
      B. nasional
      C. regional
      D. internasional

  20. Pembuat baju seragam sekolah akan meningkatkan jumlah produksinya ketika mendekati tahun ajaran baru. Usaha produsen meningkatkan jumlah penawaran baju seragam sekolah ini dipengaruhi oleh faktor ... (C3)
    • A. biaya produksi yang dikeluarkan
      B. tingkat teknologi yang digunakan
      C. harapan memperoleh keuntungan/laba
      D. kebijakan kementerian pendidikan

    Kunci Jawaban Soal No: 11-20
    No.KunciNo.Kunci
    11.B16.B
    12.B17.A
    13.A18.C
    14.C19.C
    15.D20.C
    Soal Latihan No: 21-30

  21. Perhatikan grafik permintaan dan penawaran berikut!

    Keterangan: Sajian gambar grafik transaksi beras.
    • Berdasarkan grafik di atas, harga keseimbangannya adalah sebesar ... (C4)
      A. Rp6.000,00
      B. Rp7.000,00
      C. Rp8.000,00
      D. Rp9.000,00

  22. Dampak negatif perkembangan IPTEK bagi kehidupan manusia adalah ... (C1)
    • A. Menimbulkan arus informasi berlangsung lebih cepat
      B. mempermudah proses dalam segala bentuk kegiatan
      C. menimbulkan pencemaran lingkungan yang kompleks
      D. menambah pengetahuan dalam segala bidang

  23. Di sebuah toko fashion terdapat banyak sisa barang yang tidak laku terjual karena ketinggalan mode. Untuk mengatasi masalah ini pihak manajemen mengambil keputusan untuk melakukan cuci gudang dengan memberikan potongan harga atau diskon kemudian menempelkan label besar diskonnya pada barang lama yang ketinggalan mode tersebut. Tindakan yang dilakukan pihak manajemen sesuai dengan fungsi pasar yaitu ...(C4)
    • A. promosi
      B. pembentuk harga
      C. distribusi
      D. produksi

  24. Doni punya cita-cita menjadi seorang pengusaha. Ciri-ciri seorang wiraswasta sudah mulai nampak pada diri Doni. Hal ini terlihat ketika diberi tugas oleh gurunya, ia selalu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu.
    • Ciri-ciri seorang wirausaha yang ditunjukkan Doni adalah ... (C4)
      A. Memiliki mental yang kuat
      B. Memiliki keterampilan wiraswasta
      C. Cekatan dalam mencari informasi
      D. Kepekaan terhadap arti lingkungan

  25. Masa dimana manusia belum mengenal tulisan merupakan arti dari masa ... (C1)
    • A. prasejarah
      B. nirleka
      C. praaksara
      D. kebodohan

  26. Berikut ini fase-fase proses perubahan bumi!
    1. Bumi mendingin dan terbentuk kerak bumi
    2. Mulai hidup binatang-binatang berukuran besar
    3. Bumi dalam keadaan panas dan pijar
    4. Jenis binatang Dinosaurus mulai punah dan diganti oleh binatang menyusui
    • Urutan proses perubahan bumi yang tepat dimulai dari nomor ... (C3)
      A. 1 - 2 - 3 - 4
      B. 1 - 3 - 4 - 2
      C. 2 - 4 - 3 - 1
      D. 3 - 1 - 2 - 4

  27. Masa dimulainya ada tanda-tanda kehidupan di bumi antara lain munculnya binatang-binatang kecil yang tak bertulang belakang, berbagai jenis ikan, amfibi dan reptil terjadi pada masa ... (C1)
    • A. palaeozoikum
      B. mesozoikum
      C. tertier
      D. kuartier

  28. Alat-alat kehidupan hasil peninggalan manusia pada masa pra-aksara disebut ... (C1)
    • A. Artefak
      B. prasasti
      C. fosil
      D. naskah

  29. Waktu berakhirnya masa pra-aksara di Indonesia yaitu pada masa ... (C1)
    • A. berburu
      B. mengumpulkan makanan
      C. bercocok tanam
      D. perundagian

  30. Perhatikan matriks aktivitas manusia berikut ini!
  31. ABC
    1. Hidup dari bercocok tanam dengan sistem berladang1. Hidup menetap di perkampungan-perkampungan secara teratur1. Menggunakan alat-alat kehidupan seperti kapak sumatera dan tulang sampung
    2. Hidup dari berburu dan mengumpulkan umbi-umbian2. Hidup menetap di gua-gua dan pinggir pantai2. Menggunakan alat-alat kehidupan seperti kapak perunggu dan kapak sepatu
    3. Hidup dari bertani, beternak, dan juga berdagang3. Hidup tidak menetap dan berpindah-pindah3. Menggunakan alat-alat kehidupan seperti kapak perimbas dan kapak penetak
      Berdasarkan matriks di atas, ciri-ciri kehidupan pada masa palaeolithikum adalah ... (C4)
      A. A1, B1, dan C1
      B. A1, B2, dan C2
      C. A2, B2, dan C3
      D. A2, B3, dan C3

    Kunci Jawaban Soal No: 21-30
    No.KunciNo.Kunci
    21.C26.D
    22.C27.A
    23.A28.A
    24.A29.D
    25.C30.D
    Soal Latihan No: 31-40

  32. Corak kehidupan ekonomi manusia masa palaeolithikum adalah berburu (hunting) dan mengumpulkan makananan (food-gathering) dengan alat-alat yang digunakan seperti ... (C3)
    • A. Kapak perimbas, kapak penetak
      B. kapak persegi, kapak lonjong
      C. Kapak sumatera, tulang sampung
      D. kapak corong, kapak sepatu

  33. Yang merupakan benda peninggalan masa megalithikum di bawah ini adalah ... (C3)
    • A. Tampilan Gambar kapak lonjong
      B. Tampilan Gambar nekara
      C. Tampilan Gambar sarkofagus
      D. Tampilan Gambar gelang batu

  34. Perhatikan benda peninggalan manusia berikut!
  35. ABC
    1. Menhir1. Nekara1. Moko
    2. Cendrasa2. Waruga2. Dolmen
    3. Pebble3. flake3. Chopper
      Berdasarkan tabel di atas, yang termasuk benda peninggalan masa megalithikum adalah ... (C3)
      A. A1, B1, dan C1
      B. A1, B2, dan C2
      C. A2, B2, dan C3
      D. A3, B3, dan C3

  36. Benda peninggalan berikut yang dihasilkan manusia pada zaman logam adalah ... (C3)
    • A. Kleinbeil
      B. Dolmen
      C. Walzenbeil
      D. Cendrasa

  37. Kapak peninggalan masa neolithikum yang pada salah satu ujung berbentuk lancip dan di ujung lainnya diasah sehingga menjadi tajam disebut kapak... (C3)
    • A. perimbas
      B. lonjong
      C. penetak
      D. sepatu

  38. Salah satu nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai pelajaran dan suri teladan bagi bangsa Indonesia terhadap kehidupan manusia pada masa pra-aksara adalah nilai musyawarah sebagaimana yang telah ditunjukkannya dengan ... (C1)
    • A. membangun rumah secara bersama-sama
      B. membagi tugas sesuai kemampuan dan keahlian
      C. dipilihnya pemimpin yang dianggap paling tua (sesepuh)
      D. mempercayai adanya kekuatan ghaib

  39. Asal-usul bangsa Indonesia dengan ciri-ciri rambut lurus, kulit kuning kecoklatan-coklatan, dan bermata sipit adalah ...(C1)
    • A. Polinesia
      B. Austroloid
      C. Vedda
      D. Melanesoid

  40. Proses kedatangan Proto Melayu ke Indonesia berlangsung melalui dua jalur yaitu jalur barat dan jalur timur. Bangsa Indonesia yang tergolong Proto Melayu ini tersebar di daerah berikut, kecuali ... (C3)
    • A. Mentawai
      B. Jawa
      C. Dayak
      D. Toraja

  41. Proses masuk dan berkembangnya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia berdasarkan teori arus balik seperti yang dikemukakan F.D.K. Bosch disebarkan oleh ... (C1)
    • A. para pedagang India
      B. kaum ksatria
      C. kelompok Brahmana
      D. bangsa Indonesia sendiri

  42. Perpaduan dua kebudayaan (akulturasi) yakni antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan Hindu-Buddha dapat dilihat hasilnya pada ... (C3)
    • A. bentuk bangunan candi yang berundak-undak
      B. sistem kepemimpinan berbentuk kerajaan
      C. bentuk patung-patung dewa dan Buddha
      D. bagian-bagian candi dan stupa

    Kunci Jawaban Soal No: 31-40
    No.KunciNo.Kunci
    31.A36.C
    32.C37.A
    33.B38.B
    34.D39.D
    35.B40.A
    Soal Latihan No: 41-50

  43. Kerajaan Kutai tepatnya terletak di ... (C3)
    • A. tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur
      B. tepi sungai Brantas, Jombang
      C. daerah pedalaman, Jawa Tengah
      D. tepi sungai Musi, Palembang

  44. Kerajaan Tarumanegara mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Purnawarman. Raja Purnawarman dikenal sebagai raja yang gagah berani, tegas, jujur, adil, dan bijaksana sehingga mampu menghantarkan rakyatnya menuju ke arah kemajuan terutama dalam bidang pertanian. Hal ini dibuktikan dengan peristiwa ... (C3)
    • A. dibangunnya sungai bernama Gomati
      B. raja memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana
      C. ditemukannya prasasti Canggal yang menyebutkan tanah Jawa kaya akan padi dan emas
      D. pembentukan armada angkatan laut yang kuat

  45. Berikut ini adalah raja-raja yang pernah duduk di singgasana kerajaan Sriwijaya, kecuali ... (C1)
    • A. Sri Sanggramawijayatunggawarman
      B. Mulawarman
      C. Balaputradewa
      D. Dapunta Hyang Sri Jayanaga

  46. Selain karena adanya serangan-serangan dari Sriwijaya ke Mataram, peristiwa dipindahnya pusat Kerajaan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur disebabkan oleh ... (C3)
    • A. perpecahan antara keluarga Sanjaya dan Keluarga Syailendra
      B. bencana meletusnya Gunung Merapi yang memporak-porandakan daerah Jawa Tengah
      C. terjadinya penyerangan Raja Wurawari kepada Dharmawangsa
      D. Keinginan Mpu Sindok untuk menjadi Raja menggantikan Sri Maharaja Rakai Wawa

  47. Kitab sastra peninggalan kerajaan Majapahit yang memuat kata-kata Bhinneka Tunggal Ika yang sekarang menjadi semboyan negara Indonesia adalah ... (C3)
    • A. Sutasoma
      B. Pararaton
      C. Smaradahana
      D. Negarakertagama

  48. Candi bercorak Buddha yang memiliki stupa di bagian atasnya adalah ... (C3)
    • A. Prambanan
      B. Pawon
      C. Gedongsongo
      D. Dieng

  49. Ketika para musafir dan pedagang baik yang berasal dari Arab, Persia dan Gujarat (India) datang di Indonesia dan memperkenalkan Islam, masyarakat dengan mudah tertarik dan bersedia masuk Islam. Hal ini disebabkan karena ... (C4)
    • A. Islam datang dengan membawa kemakmuran
      B. Islam mengajarkan kesetaraan antar manusia
      C. Para musafir dan pedagang bersikap ramah
      D. Ajaran Islam memiliki kesamaan dengan agama nenek moyang

  50. Teori yang menyatakan Islam masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat (india) sekitar abad ke-13 disampaikan oleh para ahli berikut, kecuali ... (C1)
    • A. Snouck Hurgronje
      B. Mouquette
      C. Antony H. Johns
      D. Marcopolo

  51. Dari peta berikut letak Kesultanan Demak ditunjukkan oleh nomor ... (C3)
    Keterangan : Sajian peta Pulau Jawa
    • A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4

  52. Naskah tanah Jawi yang berisi silsilah/garis keturunan raja-raja Jawa dari Nabi Adam termasuk salah satu jenis karya sastra hasil peninggalan masa Islam yang disebut ... (C3)
    • A. Hikayat
      B. Babad
      C. Suluk
      D. Syair

    Kunci Jawaban Soal No: 41-50
    No.KunciNo.Kunci
    41.A46.B
    42.A47.B
    43.B48.C
    44.B49.D
    45.A50.B

Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik

Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 50 ) x 100

Download kisi-kisi soal di atas pada:
Download Kisi-Kisi Soal Penilaian IPS Kelas 7

Demikianlah tadi perangkat try out penilaian akhir semester genap IPS kelas VII mudah-mudahan ada manfaatnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar