Skip to main content

Unduh Perangkat Guru IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Beberapa Perangkat guru IPS dan PPKn kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs sudah Admin share pada postingan sebelumnya, di antaranya adalah perangkat guru IPS kelas 7 revisi tahun 2016, perangkat guru IPS kelas 8 revisi 2017, dan perangkat guru PPKn kelas 7 revisi 2016. Nah, pada postingan kali ini Admin akan berbagi perangkat guru IPS kelas 9 yang revisi 2018.

Banyak sekali jenis administrasi yang harus ada dan dipersiapkan guru sebagai bahan penunjang dalam melaksanakan tugasnya untuk mengajar dan mendidik di sekolah. Sudah ditulis pada postingan yang lainnya dalam blog ini mengenai berbagai macam administrasi yang harus dibuat seorang guru dengan jumlah sekitar 27 macam administrasi yang dikelompokkan ke dalam 4 jilid buku kerja guru pada mata pelajaran PPKn kelas 7.

Kali ini kembali Admin akan berbagi sejumlah perangkat administrasi tersebut buat teman-teman guru semuanya pada mata pelajaran IPS kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018. Untuk itu silahkan langsung saja diunduh perangkatnya di bawah ini.

Download Format Terbaru:
Kumpulan RPP 1 Lembar IPS SMP MTs Kelas 9 Semester Genap

BUKU KERJA 1

Pada "Buku Kerja 1" terdapat 4 jenis administrasi yang harus dimasukkan ke dalam jilidan yaitu: 1) SKL/KI/KD; 2) Silabus; 3) Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); dan 4) RPP.

BUKU KERJA 2

Pada "Buku Kerja 2" terdapat 10 macam administrasi guru, diantaranya adalah: 1) Kode Etik Guru; 2) Ikrar Guru Indonesia; 3) SK Pembagian Tugas dan Jadwal Pelajaran; 4) Tata Tertib Sekolah dan Guru; 5) Analisis Literasi dan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK); 6) Kalender Pendidikan; 7) Analisis Alokasi Waktu; 8) Program Tahunan (Prota); 9) Program Semester (Prosem) IPS Kelas 9 K-13 Revisi 2018 yaitu Prosem Ganjil dan Prosem Genap; dan yang terakhir adalah 10) Jurnal/Agenda Guru/Batasan.

BUKU KERJA 3

Sementara pada "Buku Kerja 3" ada 12 jenis administrasi, yaitu: 1) Buku Daftar Hadir; 2) Buku Daftar Nilai; 3) Penilaian KI 1 dan KI 2; 4) Analisis Penilaian Harian; 5) Buku Program Perbaikan dan Pengayaan; 6) Daftar Buku Pegangan Guru; 7) Jadwal Mengajar; 8) Buku Target Kurikulum dan Daya Serap; 9) Kumpulan Soal (Bank Soal); 10) Kumpulan Kisi-Kisi; 11) Analisis Butir Soal; dan 12) Hasil Perbaikan Soal-Soal.

BUKU KERJA 4

Sedangkan pada "Buku Kerja 4" berisi kelengkapan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang terdiri dari Daftar evaluasi diri kerja guru, dan Program tindak lanjut.

Sebagai salah satu bagian peran aktif guru mengikuti program PKB di atas silahkan dibaca juga latihan soal UKG berikut: Uji Coba Kompetensi Kelompok A IPS

Demikianlah beberapa perangkat guru IPS kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 yang dapat Admin bagikan buat Bapak Ibu rekan guru. Mudah-mudahan ada manfaatnya sehingga dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing, terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar