Skip to main content

Penilaian Tengah Semester Ganjil IPS Kls 7

Bagaimana teman-teman guru IPS kelas 7 apakah sudah membuat perangkat penilaian mid semester ganjil yang sebentar lagi tiba? Kalau belum sempat membuatnya, soal berikut bisa menjadi bahan dan referensi bagi teman-teman semuanya.

Pada postingan kali ini disajikan soal penilaian tengah semester (PTS) ganjil pada mata pelajaran IPS kelas 7. PTS ini berbentuk soal uraian sebanyak 10 butir soal. Cakupan materi yang dinilai adalah pengertian ruang dan interaksi antar ruang; letak dan luas Indonesia; dan dinamika kependudukan Indonesia.

Pada postingan ini juga disediakan kunci jawaban dan pedoman penskorannya.

Perangkat Penilaian Tengah Semester Ganjil IPS Kelas 7

A. Soal Uraian

    Jawablah soal uraian di bawah ini dengan baik dan benar!

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan interaksi antarruang!
  2. Sebutkan letak Indonesia secara geografis!
  3. Jelaskan implikasi letak Indonesia secara geologis!
  4. Sebutkan 3 (tiga) usaha untuk memperbaiki kerusakan lingkungan hutan!
  5. Jelaskan maksud dari potensi lestari dalam penangkapan ikan!
  6. Jelaskan upaya pemerintah mengatasi masalah persebaran penduduk di Indonesia!
  7. Sebutkan dampak yang ditimbulkan akibat persebaran penduduk yang tidak merata!
  8. Sebutkan tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu negara!
  9. Sebutkan ciri-ciri rumah penduduk di daerah dataran rendah!
  10. Jelaskan terjadinya angin muson barat!

B. Rubrik Penilaian

    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
  1. Interaksi antarruang adalah hubungan timbal balik antara suatu ruang dengan ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. (1) (6)
  2. Letak Indonesia secara geografis adalah Indonesia berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudera yaitu samudera pasifik dan samudera hindia. (1) (6)
  3. Secara geologis, Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Keuntungan posisi Indonesia secara geologis adalah Indonesia memiliki banyak gunung api sehingga terdapat beragam potensi sumber energi dan mineral. (2) (12)
  4. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan hutan, antara lain:
    1) Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul;
    2) Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang;
    3) Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon;
    4) Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan;
    5) Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan. (2) (12)
  5. Potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan regenerasi hingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasi ikan. (1) (6)
  6. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah persebaran penduduk di Indonesia adalah dengan melalui program transmigrasi atau perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya. (2) (11)
  7. Persebaran penduduk yang tidak merata berdampak terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat. Dampak yang dapat ditimbulkan antara lain:
    1) Pada aspek ekonomi, dapat menimbulkan banyak pengangguran dan tingkat kemiskinan tinggi terutama pada daerah yang padat penduduknya karena sulitnya mendapatkan pekerjaan. Sementara itu, di daerah yang jarang penduduknya banyak terjadi lahan menganggur karena sudah ditinggalkan pemiliknya pergi merantau ke kota.
    2) Pada aspek sosial dan budaya, terdapat perkampungan kumuh disebabkan padatnya jumlah penduduk di kota dan sering terjadi tindakan kriminalitas karena persaingan hidup yang terlalu tinggi. (2) (12)
  8. Yang menjadi tolak ukur kuaitas sumber daya manusia suatu negara adalah tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan tingkat kesejahteraan penduduknya. (2) (11)
  9. Rumah-rumah di dataran rendah dirancang supaya memiliki banyak ventilasi atau lubang angin dan atap dibuat dari genting tanah untuk mengurangi suhu yang panas. (2) (12)
  10. Angin muson barat bertiup dari bulan Oktober sampai Maret, saat kedudukan semu matahari di belahan bumi selatan. Hal ini menyebabkan tekanan udara maksimum di Asia dan tekanan udara minimum di Australia, maka bertiuplah angin dari Asia ke Australia (tekanan tinggi ke rendah). Karena angin melalui Samudra Hindia, maka angin tersebut mengandung uap air yang banyak, sehingga di Indonesia terjadi musim penghujan. (2) (12)

  11. Jumlah skor dan nilai peserta didik yakni masing-masing (17) dan (100).
    Sehingga rumus menghitung nilai peserta didik adalah:

    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 17 ) x 100

Demikianlah tadi sajian tentang Penilaian Tengah Semester Ganjil IPS Kls 7, mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar