Skip to main content

RPP IPS Kelas 9 Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah

Link unduh perangkat RPP IPS kelas 9 materi mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sedang Bapak atau Ibu rekan guru cari tersemat di bawah postingan ini. Namun Admin mau menjelaskan sebagian isi dari RPP ini terlebih dahulu.

A. Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang dipakai pada RPP ini adalah kombinasi antara model Problem Based Learning dan Student Team Achievement.

Model pembelajaran Student Team Achievement merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang paling sederhana yang menekankan peserta didik saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran. Sebenarnya terdapat lima komponen pokok dalam pembelajaran metode Student Team Achievement ini yaitu: 1) penyajian materi, 2) kegiatan kelompok, 3) kuis/Quiz, 4) skor kemajuan atau perkembangan individu, dan 5) penghargaan kelompok.

B. Penilaian

Rubrik penilaian pengetahuan dapat dipetik dari catatan berikut ini:

  1. Ekonomi kreatif (ekraf) adalah usaha mengembangkan kegiatan ekonomi yang mendasarkan pada ide dan karya kreatif dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama.
    Skor dan nilai (2) (25)
  2. Berikut adalah 14 subsektor industri kreatif: (1) periklanan; (2) arsitektur; (3) pasar seni dan barang antik; (4) kerajinan; (5) desain; (6) fashion mode; (7) film video, dan fotografi; (8) permainan interaktif; (9) musik; (10) seni pertunjukkan; (11) penerbitan dan percetakan; (12) layanan komputer dan piranti lunak; (13) radio dan TV; terakhir (14) riset dan pengembangan.
    Skor dan nilai (2) (25)
  3. Ekonomi kreatif sebagai suatu upaya pengembangan ide atau gagasan dan karya kreatif dari manusia dituangkan dalam aktivitas industri kreatif. Ekonomi kreatif merupakan ide, gagasan, dan pemikiran kreatif dari manusia sementara industri kreatif menjadi tempat, wahana, dan sarana penyaluran ekonomi kreatif.
    Skor dan nilai (2) (25)
  4. Beberapa upaya meningkatkan ekonomi kreatif, yaitu: (1) Memberikan insentif dalam rangka memacu pertumbuhan industri kreatif; (2) Memberikan perlindungan hukum bagi karya industri kreatif; (3) Menyelenggarakan berbagai festival ekonomi kreatif.
    Skor dan nilai (2) (25)

Baiklah, link unduhan perangkat RPP IPS kelas 9 materi mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat diakses melalui tautan berikut.
Di sini.

Demikian tadi penjelasan singkat sebagian isi dari perangkat RPP yang kedua pada mata pelajaran IPS kelas 9 ini mudah-mudahan ada manfaatnya bagi rekan guru IPS semuanya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar