Skip to main content

RPP IPS Kelas 9 Proklamasi Kemerdekaan (1945-1950)

Berikut adalah RPP IPS Kelas 9 materi Proklamasi Kemerdekaan (1945-1950) yang dapat Bapak/Ibu rekan guru unduh sekarang juga. Perangkat RPP ini direncanakan akan tuntas selama 10 jam pelajaran atau 5 kali pertemuan. Model pembelajaran menggunakan Discovoery Learning dan Problem Based Learning.

Di sini, Admin akan menguraikan dua macam saja dari komponen RPP tersebut yaitu Tujuan Pembelajaran dan Penilaiannya.

A. Tujuan Pembelajaran

Melalui model Discovery Learning dan Problem Based Learning diharapkan peserta didik dapat:

  1. Menganalisis persiapan kemerdekaan Indonesia dengan kritis;
  2. Mengidentifikasi peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan dengan cermat;
  3. Menjelaskan perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan tepat;
  4. Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan kritis;
  5. Mengidntifikasi tokoh yang turut serta dalam persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan dengan cermat;
  6. Mengemukakan sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan tepat;
  7. Menganalisis terbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan kritis;
  8. Menjelaskan perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan tepat;
  9. Menjelaskan peristiwa perjuangan fisik dalam mempertahankan kemerdekaan dengan cermat;
  10. Menjelaskan peristiwa perjuangan diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan dengan cermat;
  11. Menjelaskan bentuk negara Republik Indonesia Sementara (RIS) dengan tepat;
  12. Menjelaskan perubahan bentuk negara dari RIS kembali menjadi NKRI dengan cermat;
  13. Menganalisis berbagai gangguan keamanan yang dihadapi Indonesia dengan kritis;
  14. Menganalisis perkembangan ekonomi Indonesia pada Masa Kemerdekaan secara kritis;
  15. Menjelaskan kehidupan masyarakat Indonesia pada Masa Kemerdekaan dengan tepat.

B. Penilaian

1. Penilaian sikap: Teknik penilaian adalah jurnal dan bentuk penilaian adalah lembar jurnal.
2. Penilaian pengetahuan: Teknik penilaian yaitu memakai tes tulis dan bentuk instrumen yaitu soal uraian.

a. Contoh Insrumen

  1. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Rengasdengklok?
  2. Jelaskan bunyi bagian kalimat teks proklamasi kemerdekaan yang merupakan sumbangan pemikiran dari Moh. Hatta dan Ahmad Subarjo!
  3. Dimana lokasi upacara pembacaan proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 berlangsung?
  4. Bagaimana sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia?
  5. Sebutkan hasil keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
  6. Jelaskan dampak hasil perundingan Renville bagi Indonesia!
  7. Jelaskan perubahan bentuk negara dari RIS kembali menjadi NKRI!
  8. Jelaskan tujuan pemberontakan PKI Madiun 1948!
  9. Jelaskan upaya pemerintah Indonesia dalam mengahadapi blokade laut Belanda!
  10. Bagaimana kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada Masa Kemerdekaan!

b. Rubrik Penilaian
No.Kunci JawabanSkorNilai
1.Berawal dari perbedaan sikap antara tokoh golongan muda dan tokoh golongan tua tentang waktu pelaksanaan proklamasi kemerdeaan. Golongan muda meminta Soekarno-Hatta agar segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia tanpa harus menunggu keputusan PPKI karena Sekutu akan menganggap kemerdekaan Indonesia sebagai suatu kemerdekaan hasil pemberian Jepang akan tetapi golongan tua menolaknya dengan alasan akan menunggu sampai dilaksanakannya sidang PPKI tanggal 24 Agustus 1945 sesuai maklumat Jepang serta kekuatan militer Jepang di Indonesia perlu diperhitungkan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Akhirnya para golongan muda bersepakat membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok, Jawa Barat guna menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang.110
2.Di malam perumusan teks proklamasi kemerdekaan, tanggal 16 Agustus 1945, tepatnya di rumah Laksamana Maeda. Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subarjo bekerja sama menyusun teks proklamasi kemerdekaan. Ahmad Subarjo menyumbangkan kalimat pertama yang berisi pernyataan kehendak Bangsa Indonesia untuk merdeka dan Moh. Hatta menyumbangkan pikiran pada kalimat kedua berisi pernyataan mengenai pemindahan kekuasaan.110
3.Upacara pembacaan proklamasi kemerdekaan berlangsung di halaman rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No.56 tepat pukul 10.00 WIB.110
4.Proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 disambut rakyat dengan rasa syukur yang begitu besar kepada TYME. Berbagai cara rakyat mensyukuri kemerdekaan ini baik yang dilakukan secara lisan maupun perbuatan. Selain itu para pemuda yang dipelopori oleh Komite van Aksi Menteng 31, merancang suatu pertemuan antara para pemimpin perjuangan kemerdekaan dengan rakyatnya untuk menjadikan hari kemerdekaan ini sebagai puncak perjuangan bangsa. Akhirnya setelah satu bulan kemerdekaan tepatnya pada tanggal 19 September 1945 di Lapangan Ikatan Atletik Djakarta (Ikada) berlangsung pertemuan besar-besaran antara para pemimpin perjuangan dengan rakyatnya.110
5.Hasil keputusan rapat PPKI tanggal 18 Agustus 1945, adalah: 1) Pengesahan UUD 1945; 2)Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden; 3) Pembagan wilayah Indonesia; 4) Pembentukan Kementerian; 5) Pembentukan KNIP; 6) Membentuk kekuatan pertahanan dan keamanan.110
6.Dampak hasil perundingan Renville bagi Indonesia adalah wilayah Indonesia menjadi sempit dan dikelilingi oleh wilayah-wilayah yang dikuasai Belanda.110
7.Bentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS) yang membagi-bagi wilayah Indonesia menjadi negara-negara bagian ternyata tidak sesuai dengan cita-cita kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia sehingga terjadi demonstrasi di berbagai negara bagian supaya kembali ke dalam NKRI. RIS resmi bubar dan berganti menjadi NKRI pada 17 Agustus 1950.110
8.Tujuan pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 adalah ingin mengganti dasar negara Pancasila dengan komunis serta ingin mendirikan Republik Indonesia Soviet.110
9.Upaya-upaya pemerintah menghadapi blokade laut Belanda, antara lain: 1) Melaksanakan program pinjaman nasional; 2) Melakukan diplomasi ke India; 3) Mengadakan hubungan dagang langsung ke luar negeri.110
10.Sebelum kemerdekaan terdapat diskriminasi rasial dalam masyarakat. Warga Eropa dan Jepang mendominasi kelas-kelas dalam masyarakat sementara warga pribumi hanyalah masyarakat rendahan yang menjadi pekerja bagi para bangsawan dan penguasa. Namun setelah Indonesia merdeka diskriminasi rasial tersebut dihapus sehingga semua warga Indonesia memiliki hak dan kewajian sama di segala bidang.110
Total10100
3. Penilaian Keterampilan: Teknik penilaian yaitu memakai penilaian kinerja sedangkan bentuk instrumennya yaitu rubrik peniaian kinerja proses diskusi dan presentasi.

Baiklah, link unduhan RPP IPS kelas 9 sub materi Proklamasi Kemerekaan (1945-1950) yang Admin mau bagikan kepada rekan guru semuanya tersemat pada tautan berikut:
Di sini

Demikian penjelasan singkat berkaitan RPP IPS ke-12 ini dan mudah-mudahan bisa berkenan. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar