Skip to main content

RPP IPS Kelas 9 Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi

Link unduh RPP IPS kelas 9 materi memanfaatkan persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa yang Bapak Ibu rekan guru cari akan segera didapatkan sebentar lagi.

Admin terlebih dahulu akan memberikan penjelasan singkat berkaitan isi sebagian dari RPP yang dimaksud. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS Kelas 9 yang ketiga ini direncanakan akan selesai dalam 2 kali pertemuan, sama dengan kedua RPP sebelumnya.

A. Model Pembelajaran

Model pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari lima langkah yaitu stimmulasi, hipotesis, mengumpulkan dan menganalisis data, pembuktian, dan terakhir menarik kesimpulan.

B. Penilaian

1. Penilaian sikap: Teknik penilaian adalah jurnal sementara bentuk penilaian adalah lembar jurnal.

2. Penilaian pengetahuan: Teknik penilaian yaitu memakai tes tertulis dan bentuk instrumen yaitu soal uraian.

Berikut contoh instrumen soal yang dipakai:

  1. Bagaimana keunggulan ekonomi itu dikembangkan oleh suatu negara?
  2. Faktor apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan keunggulan di bidang ekonomi?
  3. Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?
  4. Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional?
  5. Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat dapat diterima oleh pasar internasional?

Baiklah, link unduhan RPP IPS kelas 9 materi memanfaatkan persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa yang Admin mau bagikan kepada rekan-rekan dapat diakses melalui tautan berikut.
Di sini

Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran

No.Kunci JawabanSkorNilai
1.Keunggulan ekonomi suatu negara dikembangkan dengan melakukan spesialisasi dan efisiensi dalam memproduksi barang.220
2.Faktor yang diperlukan untuk mengembangkan keunggulan di bidang ekonomi, antara lain: 1) penggunaan sumber daya alam yang ramah lingkungan; 2) mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan bangsa sendiri; dan 3) adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia.220
3.Yang harus dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat adalah dengan memperhatikan kualitas barang dan harga barang yang murah, serta selalu mengadakan survey pasar.220
4.Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena disamping terus mengembangkan diri dalam keunggulan komparatif, Indonesia sudah jelas memiliki banyak keunggulan secara mutlak dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam dan tenaga kerja yang melimpah untuk menghasilkan produk yang bersaing di pasar internasional.220
5.Yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional adalah dengan memproduksi barang yang berkualitas tinggi, unik dan memiliki ciri khas sendiri, dan yang paling utama adalah perhitungan harga barang yang mampu bersaing atau murah.220
Total10100
3. Penilaian Keterampilan: Teknik penilaian yaitu memakai penilaian kinerja sedangkan bentuk instrumennya yaitu rubrik penilaian rubrik peniaian kinerja.

Demikian RPP IPS kelas 9 yang dapat Admin bagikan kali ini kepada rekan-rekan guru semuanya mudah-mudahan bisa berkenan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar