TTS Materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia IPS Kelas 8
Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat TTS buat rekan guru IPS kelas 8 yang mungkin bisa menjadi alternatif penilaian di kelas dalam upaya memperkuat ingatan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari. Tema TTS kali ini adalah membahas tentang Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia. Seperti biasa di bawah postingan ini Admin telah menyediakan link download perangkat TTS lengkap beserta kunci jawabannya.
Tapi sebelumnya silahkan dibaca-baca terlebih dahulu gambaran perangkat penilaian tersebut di bawah ini.
A. Form Teka Teki Silang Materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
I. Mendatar
- Berikut pertanyaan mendatar:
1. Kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait disebut ekonomi ...
3. Strategi yang dilakukan pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia melalui peningkatkan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia.
4. Kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa.
5. Rantai, gugusan, atau kumpulan dari pulau-pulau yang terbentuk secara tektonik.
7. Makanan
10. Fasilitas ekonomi maritim di ujung laut, sungai atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya.
11. Bahan Bakar Nabati, salah satu produk andalan agrikultur Indonesia.
12. Istilah yang dipakai untuk menyatakan peringkat pengelompokkan tumbuhan dibawah jenis/spesies.
15. Laut dan kelautan yang menjadikan asal mula munculnya bangsa Indonesia.
16. Salah satu produk agrikultur segar Indonesia.
20. ASEAN ... Bentuk kebijakan lain di bidang ekonomi maritim berupa upaya memperkuat keterhubungan antar wilayah negara anggota ASEAN.
22. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, sumber energi, atau untuk mengelola lingkungan hidupnya.
24. Rombongan (pasukan) kapal perang atau kapal-kapal dagang.
25. Salah satu daerah yang memiliki keindahan bawah laut yang sudah sangat mendunia dan menjadi spot menyelam.
26. Seseorang yang melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman.
27. Salah satu sarana dan prasarana pendukung yang dapat mempercepat pertumbuhan pada sektor pertanian.
II. Menurun
- Berikut pertanyaan menurun:
1. Mikroba, organisme hidup yang berukuran sangat kecil yang bisa dimanfaatkan dalam pengolahan keju dan tempe.
2. Profesi menangkap ikan atau biota lainnya yang hidup di dasar, kolom maupun permukaan perairan.
6. Satu kesatuan sistem yang terdiri atas angkutan di perairan, kepelabuhanan serta keselamatan dan keamanannya.
8. Sebuat tempat biasanya di dekat perairan dirancang sebagai lokasi memperbaiki atau membuat kapal yang menjadi salah satu sektor potensi ekonomi maritim Indonesia.
9. Bantuan pemerintah misalnya pemberian pupuk dan benih sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan agrikultur.
10. Produk Domestik Bruto
13. Pengairan
14. Potensi sektor perikanan Indonesia yang sangat besar misalnya usaha pemeliharaan sumber daya ikan yang dilakukan pada suatu area lahan tertentu untuk diambil manfaatnya.
15. Bubuk bakteri pengurai
17. Proses pengadaan, pergerakan, dan juga penyimpanan material suku cadang serta barang jadi dan aliran informasi terkait dengan organisasi melalui jaringan pemasarannya.
18. Upaya pelestarian atau perlindungan terhadap sumber daya alam.
19. Mengenai bagian wilayah atau daerah hukum suatu negara.
21. Sarana dan prasarana pendukung yang dapat mempercepat pertumbuhan pada sektor pertanian.
23. Buah-buahan
Kembali ke postingan :
Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.
B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi TTS Materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
- Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 30 kunci jawaban masing-masing 16 mendatar dan 14 menurun maka skornya menjadi 30. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100 |
Silahkan didownload perangkat TTS-nya: Di sini!
MARITIM | AGRIKULTUR | KELAUTAN | PELABUHAN | BUNAKEN |
KONSERVASI | GALANGAN | BUDIDAYA | KEPULAUAN | NELAYAN |
BAHARI | PELAYARAN | ARMADA | TERITORIAL | PDB |
LOGISTIK | CONNECTIVITY | PANGAN | MIKROORGANISME | BIOENZIM |
SUBSIDI | PETANI | BBN | FRUIT | SAYURAN |
VARIETAS | EKOFARMING | IRIGASI | LISTRIK | JALAN |
Demikianlah tadi contoh TTS Materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia IPS Kelas 8, mudah-mudahan bermanfaat.