Skip to main content

Mengisi TTS Materi Keruangan di Indonesia Kelas 7

Selamat berjumpa pengunjung SHMADYWEB. Pada kesempatan kali ini perangkat TTS yang akan Admin bagikan adalah membahas tentang "Keruangan di Indonesia" mapel IPS kelas 7.

Perangkat penilaian tes bentuk TTS ini baru dapat dipakai ketika peserta didik telah menyelesaikan proses pembelajaran pada Bab I: Manusia, Tempat, dan Lingkungan, Subbab A dan B tentang pengertian ruang dan interaksi antarruang dan Letak dan Luas Indonesia.

Baiklah, berikut contoh perangkat TTS yang mungkin bisa menjadi alternatif penggunaan perangkat penilaian di kelas. Admin juga telah menyediakan link download untuk form TTS ini beserta kunci jawabannya yang disematkan pada bagian bawah postingan.

Namun sebelumnya, silahkan dibaca paparan perangkat TTS berikut terlebih dahulu.

A. Form Teka Teki Silang Materi Keruangan di Indonesia

I. Mendatar

    Berikut pertanyaan mendatar:
    1. Letak suatu wilayah dilihat dari kenyataan di bumi, dan dibandingkan dengan posisi daerah lain
    4. Terjadinya interaksi keruangan dikarenakan adanya kekurangan dan kelebihan sumber daya yang dimiliki masing-masing wilayah
    7. Iklim suatu wilayah yang berada antara 23,5 derajat LU - 23,5 derajat LS
    11. Asal bangsa pembuat peta pertama pada bidang tanah liat yang datar
    12. Salah satu selat di Indonesia yang mejadi jalur utama perdagangan dunia
    15. Berisi keterangan semua objek yang ada atau muncul pada muka peta
    17. Samudera yang merupakan batas wilayah Indonesia di sebelah Selatan
    19. Interaksi melalui perpindahan barang atau energi
    21. Nama mata angin di dalam peta pada sisi bawah
    22.Interaksi melalui perpindahan penduduk
    24. Segala makhluk hidup yang saling terkait dan mempengaruhi satu sama lainnya
    28. Lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan disebut dengan .... Opportunity
    30. Lapisan gas yang melingkupi planet terhitung dari permukaan planet sampai jauh di luar angkasa
    34. Interaksi melalui pertukaran dan perpindahan gagasan dan informasi
    35. Letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur

II. Menurun

    Berikut pertanyaan menurun:
    2. Tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal disebut ....
    3. Letak astronomis
    5. Ketersediaan infrastruktur atau sarana dan prasarana sehingga mendorong terjadinya
    6. Salah satu bentuk simbol peta
    8. Samudera yang merupakan batas wilayah Indonesia di sebelah Timur
    9. Perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sebenarnya di lapangan
    10. Unsur ruang berupa lapisan kerak bumi yang mempengaruhi kehidupan
    13. Salah satu bentuk simbol peta
    14. Proses timbal balik sehingga mempengaruhi tingkah laku baik secara kontak langsung atau tidak langsung
    16. Salah satu bentuk simbol peta
    18. Unsur ruang berupa laut, sungai, dan danau
    20. Benua yang menjadi batas wilayah Indonesia di sebelah Barat
    23. Salah satu bentuk simbol peta
    25. Benua yang menjadi batas wilayah Indonesia di sebelah Selatan
    26. Salah satu negara di sebelah utara Indonesia
    27. Letak suatu wilayah berdasarkan struktur dan komposisi batuannya di dalam bumi
    29. Gambaran permukaan bumi pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala
    31. Peta kecil dalam sebuah peta untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan diantara lokasi lainnya yang lebih luas
    32. Orang yang dianggap sebagai Bapak Kartografi (ilmu tentang peta)
    33. Tanda khusus pada peta yang mewakili objek yang dipetakan

Kembali ke postingan :
Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.

B. Pedoman Penskoran

    Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
    Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 35 kunci jawaban masing-masing 15 mendatar dan 20 menurun maka skornya menjadi 35. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 35 ) x 100

C. Download Form TTS dan Kunci Jawabannya

Silahkan didownload form dan kunci jawaban TTS-nya di sini

Demikianlah tadi contoh TTS materi keruangan di Indonesia mapel IPS kelas 7, semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar