Skip to main content

Uji Coba Kompetensi Kelompok A IPS

Untuk dapat meningkatkan profesionalitasnya, guru sebaiknya turut berperan aktif dalam mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dicanangkan pemerintah. Misalnya dengan meluangkan sedikit waktu mempelajari Modul Pelatihan Guru di waktu senggang, dengan mengerjakan latihan-latihan soal tentang uji kompetensi pedagogik dan profesional guru, atau dengan cara-cara lainnya.

Modul Pelatihan Guru yang terdiri atas 10 macam kelompok kompetensi telah diterbitkan sebagai bahan belajar guru dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalnya.

Dalam Modul Pelatihan Guru kelompok kompetensi yang pertama atau disebut Kelompok Kompetensi A (KK A) mata pelajaran IPS yang akan dibahas pada kesempatan kali ini berisi tentang "Pembelajaran IPS SMP terpadu" untuk kompetensi profesional dan tentang "Belajar dan Pembelajaran" untuk kompetensi pedagogik.

Admin telah menuntaskan mempelajari modul pelatihan guru KK A tersebut dan menyusun soal-soal sebagai bahan latihan untuk dibagikan di sini kepada guru atau calon guru mapel IPS dan PPKn. Soal latihan ini disusun berdasarkan apa yang Admin pahami setelah mempelajari modulnya, jadi silahkan dibaca contoh soal uji coba KK A di bawah ini.

    Soal Profesional: Pembelajaran IPS SMP Terpadu

  1. Berikut ini yang tidak sesuai dengan konsep ilmu pengetahuan sosial adalah ...
    • A. pembelajaran IPS dirumuskan berdasar pada realitas dan fenomena sosial
      B. pembelajaran IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial
      C. adanya pemisahan yang jelas di antara ilmu geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah
      D. diorganisasikan dengan satu pendekatan yaitu interdisipliner, multidisipliner, atau transdisipliner

  2. Cabang ilmu yang berfungsi sebagai landasan atau flatform pada pembelajaran IPS terpadu adalah ...
    • A. Geografi
      B. Sosiologi
      C. Ekonomi
      D. Sejarah

  3. Dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan, pembelajaran IPS menggunakan pendekatan trans-disciplinarity dimaksudkan ...
    • A. untuk memudahkan pembelajaran IPS menjadi pembelajaran yang kontekstual diintegrasikan melalui konten
      B. untuk memperjelas batas-batas pada tiap disiplin ilmu geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah
      C. untuk memudahkan perumusan indikator-indikator pencapaian KI dan KD IPS
      D. mengusahakan supaya konsep-konsep dalam pembelajaran IPS mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik

  4. Berikut adalah konsep pembelajaran terpadu dalam IPS, kecuali ...
    • A. Proses pembelajaran IPS menggunakan pendekatan interdisipliner dengan memadukan KD dari ilmu-ilmu sosial
      B. Pengembangan pembelajaran IPS terpadu dilakukan dengan mengambil satu tema dari cabang ilmu tertentu dan diikuti tema yang berbeda pada cabang ilmu lainnya
      C. Tema yang diangkat dapat dilihat dan dipecahkan dari berbagai disiplin atau sudut pandang
      D. Melalui pembelajaran terpadu peserta didik dapat memperoleh pengalaman secara langsung

  5. Perhatikan aspek-aspek kajian materi berikut!
    • Berbagai sumber energi dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
    • Ruang dan konektivitas antar ruang dan waktu
    • Teknik pengolahan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
    • Jenis dan fungsi kelembagaan sosial, budaya, politik, dan ekonomi dalam masyarakat
    • Interaksi manusia dengan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dari waktu ke waktu
    Yang merupakan ruang lingkup IPS adalah ...
    • A. 1, 2, dan 3
      B. 1, 3, dan 4
      C. 2, 4, dan 5
      D. 3, 4, dan 5

  6. Alasan pentingnya mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ...
    • A. Merupakan pengetahuan dasar untuk mempelajari kajian-kajian ilmu sosial pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi
      B. Kesempatan memahami kondisi alam dan interaksi sosial sebagai jalan melakukan eksploitasi sumber daya
      C. Merupakan salah satu mata pelajaran wajib di tingkat SMP/MTs yang harus dikuasai peserta didik
      D. Kenyataan manusia yang hidup dalam masyarakat saling membutuhkan dan saling mempengaruhi satu sama lain

  7. Berikut ini adalah hakekat pembelajaran IPS, kecuali ...
    • A. Mata pelajaran IPS merupakan kumpulan materi dari beberapa kajian ilmu sosial yang disajikan secara terpisah-pisah
      B. Pendidikan yang mengarahkan peserta didik pada bagaimana menghayati hidup di masa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau manusia
      C. Pembelajaran yang memberikan bekal bagi peserta didik dalam menghadapi kompleksitas kehidupan dan kemajemukan masyarakat Indonesia
      D. Pembelajaran IPS berkaitan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya

  8. Perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki atau dikuasai oleh peserta didik sebagai capaian tujuan pembelajaran IPS adalah ...
    • A. Membentuk peserta didik yang mampu memanfaatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengelola sumber daya secara bebas
      B. Mengetahui dan memahami kemajemukan masyarakat Indonesia dengan menganggap suku, budaya, dan bahasa sendiri yang paling baik
      C. Memiliki nilai-nilai etik tinggi dan menjunjung tinggi nilai budaya bangsanya
      D. Memberikan bekal pada peserta didik bagaimana melakukan interaksi antar individu, kelompok, atau wilayah tertentu saja

  9. Guru diberikan keleluasaan untuk mengembangkan tema menjadi sub-sub tema pada kajian materi IPS asalkan ...
    • A. materi tidak terlalu luas
      B. dapat dengan mudah dipahami peserta didik
      C. materi memiliki keterhubungan dengan tema
      D. mendukung minat belajar anak didik

  10. Ketika guru mengembangkan tema dalam pembelajaran IPS hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip berikut ini, kecuali...
    • A. relevansi
      B. kompleksitas
      C. konsistensi
      D. kecukupan

    No.KunciNo.Kunci
    1.C6.D
    2.A7.A
    3.A8.C
    4.B9.C
    5.C10.B

  11. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan standar isi adalah ...
    • A. Sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik pada mata pelajaran tertentu yang dirumuskan dalam indikator pencapaian Kompetensi
      B. Ukuran, karakteristik, ciri-ciri, atau proses yang menunjuk pada ketercapaian KD
      C. Dasar perumusan indikator penilaian untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan
      D. Lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu

  12. Kriteria capaian kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas disebut ...
    • A. Standar isi
      B. Standar kompetensi lulusan
      C. Tingkat kompetensi
      D. Kompetensi inti

  13. Perkembangan psikologis anak, lingkup dan kedalaman materi, kesinambungan, dan fungsi satuan pendidikan merupakan kriteria-kriteria dalam perumusan ...
    • A. Standar Isi
      B. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
      C. Silabus
      D. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

  14. Maksud kompetensi inti berfungsi sebagai pengikat kompetensi dasar secara vertikal adalah ...
    • A. adanya keterkaitan kompetensi dasar antara satu kelas dengan kelas di atasnya sehingga terjadi suatu kesinambungan
      B. adanya keterkaitan kompetensi dasar antara satu kelas dengan kelas di atasnya sehingga terjadi saling memperkuat
      C. keterkaitan antara kompetensi dasar satu mata pelajaran dengan kompetensi dasar mata pelajaran lainnya dalam satu kelas yang sama sehingga terjadi kesinambungan
      D. keterkaitan antara kompetensi dasar satu mata pelajaran dengan kompetensi dasar mata pelajaran lainnya dalam satu kelas yang sama sehingga terjadi saling memperkuat

  15. Perhatikan pernyataan berikut!
    • KD dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti
    • Perumusan KD memperhatikan karakteristik peserta didik
    • Antara KD kelompok 3 dan kelompok 4 dikembangkan secara terpisah dalam proses pembelajaran
    • KD kelompok 1 dan kelompok 2 ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung
    • KD kelompok 3 dan kelompok 4 ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung
    Dari pernyataan di atas yang tidak sesuai dalam kompetensi dasar (KD) adalah ...
    • A. 1 dan 2
      B. 1 dan 3
      C. 3 dan 4
      D. 3 dan 5

  16. Berikut adalah fungsi indikator pencapaian kompetensi (IPK), kecuali ...
    • A. Sebagai pedoman dalam penyusunan silabus
      B. Sebagai pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
      C. Sebagai pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
      D. Sebagai pedoman dalam mengembangkan bahan ajar

  17. Berikut yang menjadi acuan utama dalam pengembangan standar isi, standar proses, standar pendidik dan kependidikan, standar pengelolaan, standar sarana dan prasaranana, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan adalah ...
    • A. SKL
      B. KI
      C. KD
      D. IPK

  18. Indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang dapat dikembangkan berdasarkan KD 3.1 "Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik" berikut ini adalah ...
    • A. Menyajikan hasil telaah pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang negara-negara di Benua Asia dan Benua lainnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi manusia
      B. Menganalisis pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang negara-negara di Benua Asia dan Benua lainnya terhadap keberlangsungan kehidupan sosial manusia
      C. Menganalisis hubungan antara ketersediaan sumber daya alam di Indonesia dengan praktik kolonialisme
      D. Menganalisis hubungan antara perdagangan internasional dengan migrasi penduduk, transportasi dan lembaga sosial/ekonomi

  19. Kompetensi dasar "Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indoensia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan bangsa." merupakan standar kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada domain ...
    • A. Sikap spiritual
      B. Sikap sosial
      C. Pengetahuan
      D. Keterampilan

    Soal Pedagogik: Belajar dan Pembelajaran

  20. Teori belajar dengan melihat aspek pada perubahan tingkah laku peserta didik sebagai hasil dari sttimulus dan respons adalah ...
    • A. Behaviourisme
      B. Kognitivisme
      C. Konstruktivisme
      D. Intuisionisme

    Baca juga contoh soal pretest seleksi pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPGJ) IPS berikut:
    Contoh Soal Pretest Seleksi PPGJ IPS

    No.KunciNo.Kunci
    11.D16.A
    12.C17.A
    13.B18.B
    14.A19.D
    15.D20.A

  21. Terjadinya perubahan tingkah laku peserta didik sebagai hasil dari proses berpikir yang sangat kompleks termasuk teori belajar ...
    • A. Behaviourisme
      B. Koneksionisme
      C. Kognitivisme
      D. Konstruktivisme

  22. Teori belajar dengan melihat aspek pada perubahan tingkah laku peserta didik sebagai akibat dari refleksi pengalaman untuk membangun dan menciptakan sendiri suatu pengetahuan adalah ...
    • A. Konstruktivisme
      B. Kognitivisme
      C. Intuisionisme
      D. Behaviourisme

  23. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut ini!
    • Peserta didik dengan tekun dan teliti melakukan pemecahan masalah berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari
    • Guru menunjukkan raut muka kecewa di depan peserta didik yang tidak fokus mengikuti pembelajaran
    • Peserta didik yang telah berhasil menyelesaikan presentasi di depan kelas mendapat aplaus dari guru dan teman-temannya
    • Sebagai anggota dalam Kelompok Asal, peserta didik menyalurkan pengetahuan kepada anggota lainnya atas hasil diskusi yang diperolehnya pada Tim Ahli
    Kegiatan yang sesuai dengan teori belajar Behaviourisme terdapat pada nomor ...
    • A. 1 dan 2
      B. 1 dan 3
      C. 2 dan 3
      D. 3 dan 4

  24. Dalam suatu pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning subtema pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan penduduk di dunia, guru meminta peserta didik menyebutkan bentuk perubahan ruang yang terjadi di desa maupun di kota setempat, menganalisis dampak perubahan ruang terhadap sebaran penduduknya, hingga menemukan pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan masyarakat.
    Rangkaian kegiatan peserta didik di atas termasuk ke dalam teori belajar ...
    • A. Konstruktivisme
      B. Kognitivisme
      C. Koneksionisme
      D. Behaviourisme

  25. Kegiatan peserta didik berikut yang menggambarkan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran IPS adalah ...
    • A. Peserta didik mengemukakan gagasan sendiri mengenai konsep materi yang sedang dipelajari
      B. Peserta didik mengidentifikasi berbagai fenomena alam atau kehidupan manusia pada lingkungan sekitar kemudian menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari
      C. Peserta didik dengan semangat dan bertanggung jawab mengerjakan tugas guna mendapatkan nilai pada saat melakukan presentasi nantinya
      D. Peserta didik secara rutin membuka pelajaran dengan bersama-sama berdoa supaya dapat dimudahkan dalam menerima pelajaran dan diberikan tambahaan ilmu

  26. Pengertian belajar yang paling tepat berikut ini adalah ...
    • A. proses ditemukannya suatu pengetahuan atas berbagai fenomena kehidupan melalui pengalaman pribadi seseorang
      B. proses perubahan cara berpikir seseorang setelah melakukan interaksi dengan lingkungan
      C. proses perubahan tingkah laku seseorang sebagai akibat dari interaksinya dengan lingkungan yang dapat menambah pengetahuan, keterampilan, dan sikapnya
      D. proses perubahan tingkah laku seseorang yang dihasilkan secara tidak sadar dan berlangsung alami

  27. Proses pembelajaran di luar sekolah yang terkait langsung dengan mata pelajaran disebut dengan kegiatan ...
    • A. intrakurikuler
      B. ekstrakurikuler
      C. kokurikuler
      D. kurikulum modern

  28. Pada awal kegiatan pembelajaran di kelas guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik melalui tayangan gambar yang berkaitan dengan tema yang dibahas untuk kemudian diminta membuat beberapa pertanyaan tentang gambar tersebut. Prinsip pembelajaran yang dipakai berdasarkan ilustrasi proses pembelajaran tersebut adalah ...
    • A. peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu
      B. pembelajaran yang menekankan pada jawaban yang memiliki kebenaran multi dimensi
      C. peningktan keseimbangan, kesinambungan dan keterkaitan antara hard skills dan soft skills
      D. pembelajaran yang mengutamakan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat

  29. Proses interaksi antara guru dan peserta didik yang memanfaatkan bahan pelajaran sebagai medianya merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran yaitu ...
    • A. metode pembelajaran
      B. sumber belajar
      C. kegiatan pembelajaran
      D. tujuan pembelajaran

  30. Usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pembelajaran merupakan pengertian dari ...
    • A. pembelajar
      B. pembelajaran
      C. belajar
      D. mengajar

  31. Rasio ideal buku teks pelajaran untuk peserta didik per mata pelajaran yang dipersyaratkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas adalah ...
    • A. 1 : 1
      B. 1 : 2
      C. 1 : 3
      D. 1 : 4

    No.KunciNo.Kunci
    21.C26.C
    22.A27.A
    23.C28.C
    24.A29.D
    25.A30.A

  32. Sebuah ilmu terapan yang berusaha menerangkan masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah ditentukan secara ilmiah disebut dengan ...
    • A. teori pendidikan
      B. standar pendidikan
      C. prinsip pendidikan
      D. psikologi pendidikan

  33. Berikut adalah topik-topik psikologi yang memiliki hubungan erat dengan pendidikan, kecuali ...
    • A. Perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama dalam belajar
      B. Signifikasi pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar
      C. Sampai sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar
      D. Hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dengan kualitas pelayanan satuan pendidikan

  34. Agar peserta didik mempunyai kecakapan hidup secara spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan maka pembelajaran di kelas seharusnya ...
    • A. memadukan antara tuntutan standar kompetensi dengan perkembangan psikologi peserta didik
      B. meningkatkan intensitas kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler pada peserta didik
      C. menerbitkan buku teks yang dapat mendorong berkembangnya kecakapan hidup peserta didik
      D. merancang kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan alat dan bahan belajar berteknologi baru

  35. Penerapan model pembelajaran yang mengarah pada pengembangan keterampilan peserta didik disesuaikan dengan perkembangan psikologisnya yaitu ...
    • A. Memiliki kemampuan berpikir abstrak dengan menggunakan simbol-simbol tertentu
      B. Kebutuhan untuk diterima dan dihargai sebagai pribadi yang mulai tumbuh dewasa
      C. Adanya rasa ingin tahu yang besar, emosi yang meluap-luap, dan keinginan berpikir secara kritis
      D. Memiliki kemampuan mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal yang tidak terikat oleh objek-objek konkret

  36. Alasan yang tepat pentingnya pemahaman tentang psikologi pendidikan pada seorang guru adalah karena ...
    • A. memahami tentang tugas dan fungsi pada guru itu sendiri
      B. dapat menciptakan iklim belajar yang kondusif di dalam kelas
      C. menjadikan peserta didik mampu dengan mudah meraih kelulusan di sekolah
      D. pemahaman terhadap arah dan tujuan pendidikan pada satuan pendidikan tempat guru mengajar

    No.Kunci
    31.D
    32.D
    33.A
    34.C
    35.B

Demikian sajian latihan soal UKG IPS KK A pada kesempatan kali ini mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar