Skip to main content

Soal PH-1 IPS Kelas 9 Semester Genap

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Rekan-rekan guru IPS semuanya, pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi satu perangkat penilaian formatif. Perangkat penilaian berikut merupakan instrumen penilaian harian (PH) pertama semester genap pada mapel IPS kelas 9.

Proses pembelajaran materi bab 3 IPS kelas 9 tentang "Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat" saat ini masih berlangsung. Rekan-rekan guru IPS mungkin belum sempat menyusun soal penilaian harian sebagai instrumen mengevaluasi hasil belajar peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu pada kesempatan kali ini Admin telah menyediakan alternatif instrumen penilaian buat rekan-rekan guru dan mungkin bisa dipakai di kelas.

Baiklah, silahkan dibaca contoh instrumen penilaian harian berikut ini:

A. Indikator Soal

I. Pilihan Ganda

  1. Menjelaskan pengertian ekspor (C1)
  2. Menentukan ciri-ciri perdagangan internasional (C3)
  3. Menentukan faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional (C3)
  4. Menentukan manfaat perdagangan internasional (C3)
  5. Mengidentifikasi dampak positif perdagangan internasional (C1)
  6. Menjelaskan dampak negatif perdagangan internasional (C2)
  7. Menentukan cara mengatasi dampak negatif perdagangan internasional (C3)
  8. Menjelaskan pengertian dumping (C1)
  9. Menjelaskan pengertian ekonomi kreatif (C1)
  10. Menentukan bagian subsektor industri kreatif yang termasuk produk abstrak (C3)
  11. Mengidentifikasi faktor yang mendukung pengembangan industri kreatif (C1)
  12. Menganalisis upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif (C4)
  13. Menjelaskan pengertian spesialisasi (C2)
  14. Membedakan jenis komoditas ekspor Indonesia dari hasil usaha industri (C2)
  15. Melalui sajian gambar peserta didik menentukan komoditas ekspor dari hasil kehutanan (C3)
  16. Menganalisis kriteria produk yang disukai oleh pasar atau masyarakat (C4)
  17. Mengidentifikasi peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional (C2)
  18. Menentukan strategi agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional (C3)
  19. Memberi contoh absolute advantage (C2)
  20. Memberi contoh produk yang dihasilkan pada salah satu pusat keunggulan ekonomi di Indonesia (C2)
  21. Menunjukkan kilang minyak yang menghasilkan produk dengan kapasitas paling besar (C2)
  22. Menentukan cara yang harus dilakukan untuk menciptakan keunggulan ekonomi (C3)
  23. Menentukan manfaat pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan budaya masyarakat (C3)
  24. Menjelaskan pengertian perdagangan bebas (C1)
  25. Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya perdagangan bebas (C1)
  26. Menentukan organisasi perdagangan bebas yang diprakarsai oleh Perdana Menteri Australia Bob Hawke (C3)
  27. Menjelaskan latar belakang berdirinya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (C2)
  28. Membedakan negara-negara yang termasuk the six state (C2)
  29. Mengidentifikasi negara yang ditangguhkan keanggotaannya dalam Uni Eropa (C1)
  30. Menjelaskan tujuan dibentuknya WTO (C2)
II. Essay
  1. Menguraikan kuota impor dapat menghambat perdagangan internasional (C2)
  2. Menjelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif (C2)
  3. Menganalisis cara pemerintah menciptakan keunggulan ekonomi (C4)

B. Soal Pilihan Ganda

1. Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut ....

    A. eksportir
    B. importir
    C. ekspor
    D. impor

2. Perhatikan ciri-ciri perdagangan berikut:

    (1) Pembeli dan penjual tidak bertemu langsung
    (2) Dikenakan bea masuk
    (3) Mata uang berbeda
    (4) Pembeli dan penjual cenderung bertemu
    (5) Biaya angkut lebih murah

    Yang termasuk ciri-ciri perdagangan internasional adalah ....
    A. (1), (2), dan (3)
    B. (1), (3), dan (4)
    C. (2), (3), dan (5)
    D. (3), (4), dan (5)

3. Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu disebabkan ....

    A. perbedaan upah dan biaya produksi
    B. perbedaan kualitas sumber daya manusia
    C. perbedaan budaya suatu bangsa
    D. perbedaan sumber daya alam

4. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara maju, memberi kesempatan pada generasi muda menjadi paham dan mahir dalam bidang teknologi.

    Dari Ilustrasi tersebut, manfaat perdagangan internasional adalah ....
    A. memperoleh devisa
    B. menstabilkan harga-harga
    C. memperluas kesempatan kerja
    D. mempercepat alih teknologi

5. Salah satu dampak positif perdagangan internasional adalah ....

    A. meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi
    B. meningkatkan ketergantungan terhadap barang asing
    C. masyarakat menjadi semakin konsumtif
    D. terdapat produsen dalam negeri gulung tikar

Baca juga versi Tes Daring-nya:
Tes Online PH 1 IPS Kelas 9 Semester Genap

6. Dampak negatif perdagangan internasional antara lain ....

    A. memperoleh devisa dari luar negeri
    B. barang konsumsi semakin beragam
    C. terikat dengan produk-produk asing
    D. terjadi perpindahan teknologi ke dalam negeri

7. Untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional dapat dilakukan dengan ....

    A. mempromosikan produk-produk luar negeri
    B. mendatangkan tenaga kerja luar negeri
    C. pemberian subsidi kepada industri-industri kecil
    D. mengimpor barang-barang bermerek

8. Kebijakan pengekspor menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada di dalam negeri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu ....

    A. proteksi
    B. kuota
    C. tarif
    D. dumping

9. Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu masyarakat disebut ....

    A. industri kreatif
    B. ekonomi kreatif
    C. produk kreatif
    D. tenaga kreatif

10. Bagian subsektor ekonomi kreatif berikut yang bukan termasuk produk abstrak adalah ....

    A. showbiz
    B. craft
    C. software
    D. advertising

11. Industri kreatif dapat berkembang pesat jika didukung faktor berikut, kecuali....

    A. jumlah penduduk
    B. keberagaman budaya
    C. ekonomi kreatif
    D. sumber daya alam

12. Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali....

    A. perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) masyarakat
    B. pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja
    C. menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri
    D. pembangunan pasar dan sarana promosi

13. Konsentrasi produksi pada jenis barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi oleh suatu negara disebut ....

    A. industri kreatif
    B. spesialisasi
    C. ekonomi kreatif
    D. industrilisasi

14. Salah satu komoditas ekspor Indonesia yang dihasilkan dari usaha industri adalah ....

    A. kayu lapis
    B. getah karet
    C. batu bara
    D. rotan

15.

16. Agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu ....

    A. patokan harga barang yang tinggi
    B. mengikuti trend dan selera masyarakat
    C. promosi barang yang lebih intensif
    D. kemudahan dalam memperoleh barang

17. Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh ....

    A. kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan budaya yang melimpah
    B. letak wilayah yang strategis sebagai jalur utama perdagangan internasional
    C. adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
    D. kemampuan melakukan efisiensi produksi sehingga memiliki daya saing tinggi

18. Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional, kecuali ....

    A. melakukan survey pasar
    B. melakukan promosi di berbagai media
    C. menghasilkan produk berkualitas tinggi
    D. patokan harga setinggi-tingginya

19. Indonesia mampu menghasilkan karet lebih besar daripada Amerika Serikat. Kondisi ini menunjukkan negara Indonesia memiliki kunggulan yang disebut ....

    A. maximum advantage
    B. average advantage
    C. absolute advantage
    D. comparative advantage

20. Pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berikut ini yang menghasilkan bijih mengandung tembaga, emas, dan perak adalah ....

    A. Kilang Pangkalan Brandan
    B. PT Freeport Indonesia
    C. Kilang Balongan
    D. Kilang Balikpapan

21. Di antara kilang minyak berikut yang memiliki kapasitas produksi paling besar adalah ....

    A. Dumai
    B. Cilacap
    C. Kasim
    D. Cepu

22. Cara yang harus dilakukan untuk menciptakan keunggulan ekonomi antara lain adalah ....

    A. mengembangkan potensi berbagai budaya daerah
    B. menghasilkan produk dalam jumlah besar
    C. mendorong eksploitasi sumber daya alam
    D. memproduksi barang yang belum tersedia di dalam negeri

23. Manfaat pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan budaya masyarakat adalah ....

    A. terjadinya integrasi dalam suatu kelompok masyarakat
    B. peningkatan pembangunan sarana dan prasarana transportasi
    C. bermunculan berbagai macam lembaga kemasyarakatan
    D. peningkatan jumlah lapangan pekerjaan yang akan diisi masyarakat

24. Kebijakan dimana pemerintah mengilangkan hambatan-hambatan dalam kegiatan ekspor dan impor disebut ....

    A. perdagangan bebas
    B. perdagangan antardaerah
    C. perdagangan umum
    D. perdagangan internasional

25. Faktor yang mendorong lahirnya organisasi perdagangan bebas berikut yang paling tepat adalah ....

    A. adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki antarnegara
    B. adanya diskriminasi oleh suatu negara dalam perdagangan internasional
    C. membuka jalan bagi suatu negara menguasai pasar internasional
    D. pengaturan akses informasi dan akses ke pasar

26. Nama organisasi perdagangan bebas yang diprakarsai oleh Perdana Menteri Australia Bob Hawke adalah ....

    A. APEC
    B. MEE
    C. WTO
    D. AFTA

27. Berikut ini yang bukan merupakan latar belakang berdirinya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah ....

    A. pentingnya pembentukan kawasan ASEAN yang stabil, makmur dan kompetitif
    B. perlunya negara-negara anggota ASEAN melindungi produsen dalam negeri
    C. cita-cita pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata
    D. mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antarnegara anggota ASEAN

28. Berikut adalah negara-negara yang termasuk (the six state), kecuali ....

    A. Prancis
    B. Jerman Barat
    C. Bulgaria
    D. Belgia

29. Negara yang ditangguhkan keanggotaannya dalam Uni Eropa adalah ....

    A. Bulgaria
    B. Rumania
    C. Turki
    D. Republik Ceko

30. Tujuan pembentukan WTO adalah ....

    A. meningkatkan perdagangan antarnegara anggota ASEAN
    B. integrasi Eropa dengan cara menjalin kerja sama ekonomi
    C. mendorong lebih terbukanya perdagangan dunia
    D. memperjuangkan kepentingan ekonomi di kawasan Asia Pasifik

C. Soal Uraian/Essay

  1. Jelaskan kuota impor dapat menghambat terjadinya perdagangan initernasional!
  2. Jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif!
  3. Apa saja yang dapat dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi?

D. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran

    Kunci Jawaban Pilihan Ganda
    No.KunciSkorNilai
    1.C12,5
    2.A12,5
    3.B12,5
    4.D12,5
    5.A12,5
    6.C12,5
    7.C12,5
    8.D12,5
    9.B12,5
    10.B12,5
    11.D12,5
    12.C12,5
    13.B12,5
    14.A12,5
    15.D12,5
    16.B12,5
    17.A12,5
    18.D12,5
    19.C12,5
    20B12,5
    21.B12,5
    22.A12,5
    23.B12,5
    24.A12,5
    25.B12,5
    26.A12,5
    27.B12,5
    28.C12,5
    29.C12,5
    30.C12,5
    JUMLAH PG3075
    Kunci Jawaban Uraian
  1. Biasanya suatu negara membatasi jumlah dan volume barang yang akan diimpor sesuai kebutuhannya. Apabila jenis barang yang diimpor sudah mencukupi maka suatu negara akan menghentikan pembeliannya. Kebijakan pembatasan jumlah (kuota) impor suatu negara inilah yang dapat menghambat terjadinya perdagangan internasional. (2) (5)
  2. Ekonomi kreatif tumbuh dari kekuatan ide atau gagasan masyarakat dan dituangkan dalam aktivitas industri kreatif. (4) (10)
  3. Hal-hal yang dapat dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi, al:
    1. Mengembangkan potensi budaya daerah masing-masing
    2. Membangun pusat-pusat produksi dan pusat-pusat penjualan
    3. Menyiapkan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.
    (4) (10)

  4. Jumlah skor dan nilai soal uraian adalah masing-masing (10) dan (25). Jadi total skor dan nilai PG dan uraian adalah masing-masing (40) dan (100).

    Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik

    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 40 ) x 100

Demikianlah tadi contoh soal penilaian harian 1 IPS untuk kelas 9 semester genap mudah-mudahan ada manfaatnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar