Skip to main content

RPP IPS Kelas 9 Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat

OK rekan guru IPS semuanya, berikut adalah perangkat RPP IPS kelas 9 sub materi pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. Perangkat RPP yang kesepuluh kali ini akan menghabiskan waktu 12 jam pelajaran atau akan tuntas dalam 6 kali pertemuan.

Seperti biasa pada postingan ini Admin akan menjelaskan beberapa poin penting yang terdapat di dalam RPP yang dibagikan yaitu pada bagian model pembelajaran dan penilaian.

A. Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan ada 2 macam yaitu model pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning dengan rincian penggunaan yaitu pertemuan ke-7 dan pertemuan ke-8 menggunakan Discovery Learning, dan pertemuan ke-9 s.d ke-12 menggunakan Project Based Learning.

Sintaks model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terdiri dari 3 kelompok kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Terdapat 6 langkah pembelajaran PjBL salah satunya adalah penyusunan jadwal pelaksanaan penelitian.

Berikut jadwal kegiatan membuat laporan penelitian tentang pusat keunggulan ekonomi di tempat tinggal peserta didik:

No.KegiatanWaktu
1.Merancang bahan persiapan untuk penelitian pusat keunggulan ekonomi80 menit (Pertemuan ke-9)
2.Melaksanakan penelitian tentang pusat keunggulan ekonomi berdasarkan bahan yang dipersiapkan80 menit (Pertemuan ke-10)
3.Menyusun laporan hasil penelitian tentang pusat keunggulan ekonomi80 menit (Pertemuan ke-11)
4.Mempresentasikan laporan hasil penelitian tentang pusat keunggulan ekonomi80 menit (Pertemuan ke-12

B. Penilaian

1. Penilaian sikap: Teknik penilaian adalah jurnal dengan bentuk penilaian adalah lembar jurnal.
2. Penilaian pengetahuan: Teknik penilaian yaitu memakai tes tulis dan bentuk instrumen yaitu soal uraian.
Berikut ini rubrik penilaian pengetahuan yang dapat rekan guru gunakan:

No.Kunci JawabanSkorNilai
1.Contoh pusat keunggulan ekonomi di Indonesia: 1) PT Freeport Indonesia, 2) Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN), 3) Batik Indonesia233,3
2.Yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi, antara lain: 1) Terus melakukan riset dan pengembangan potensi sumber daya alam, 2) Membangun infrastruktur yang dapat mendukung aktivitas ekonomi, 3) Meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dapat menghasilkan SDM yang kreatif dan inovatif.233,3
3.Manfaat pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan masyarakat antara lain: 1) Memperoleh barang yang dibutuhkan dengan mudah, 2) Memberikan peluang memperoleh suatu pekerjaan yang diinginkan, 3) Dapat berinteraksi dengan penduduk di daerah lain dengan cepat dan mudah.233,3
Total6100
3. Penilaian Keterampilan: Teknik penilaian yaitu memakai penilaian kinerja sedangkan bentuk instrumennya yaitu rubrik peniaian kinerja proses penelitian, diskusi, dan presentasi.

Baiklah, link unduhan RPP IPS kelas 9 sub materi pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat yang Admin mau bagikan kepada rekan guru IPS tersemat pada tautan berikut:
Di sini

Demikian penjelasan singkat berkaitan RPP IPS yang kesepuluh ini mudah-mudahan berkenan. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar