Skip to main content

RPP IPS Kelas 9 Perdagangan Internasional

Link download RPP IPS kelas 9 perdagangan internasional segera akan Bapak Ibu rekan guru dapatkan melalui tautan yang disematkan di bawah postingan ini. Namun sebelumnya Admin akan memberikan penjelasan singkat tentang isi dari perangkat RPP ini terlebih dahulu. RPP ini merupakan perangkat pembelajaran pertama pada mata pelajaran IPS kelas 9 semester genap yang direncanakan tuntas dalam 2 kali pertemuan.

Di sini yang perlu Admin sampaikan secara khusus adalah pada bagian model pembelajaran dan penilaian di dalam RPP. Karena pada bagian ini agak berbeda sedikit dari RPP sebelum-sebelumnya.

B. Model Pembelajaran

Model pembelajaran menggunakan model kombinasi antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS).

Model Two Stay-Two Stray (TS-TS) atau Dua Tinggal-Dua Tamu merupakan model pembelajaran yang dikembangkan oleh Spencer Kagan yang mengkondisikan peserta didik pada kegiatan pemecahan masalah bersama anggota kelompok selanjutnya berbagi tugas bahwa dua orang tetap tinggal untuk memberikan penjelasan kepada tamu dari kelompok lain kemudian dua orang lagi pergi bertamu ke kolompok lain untuk mencari informasi.

Baiklah, link download RPP IPS kelas 9 perdagangan internasional dapat rekan-rekan akses melalui tautan berikut:
Di sini

B. Penilaian

1. Sikap: Teknik penilaian yaitu observasi/jurnal, dan instrumen penilaian yaitu lembar jurnal (terlampir).

2. Pengetahuan: Teknik penilaian yaitu tes lisan dan penugasan menggunakan instrumen soal uraian dan jurnal.
Rubrik penilaian pengetahuan dapat dipetik dari catatan berikut ini:

  1. Perdagangan internasional adalah kegiatan tukar-menukar komoditas/barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.
    Skor dan nilai (2) (25)
  2. Faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional, antara lain: (1) perbedaan sumber daya alam; (2) perbedaan tingkat kualitas sumber daya manusia; (3) perbedaan IPTEK; (4) perbedaan kebudayaan; (5) perbedaan harga barang; (6) perbedaan biaya produksi; dan (7) perbedaan selera.
    Skor dan nilai (2) (25)
  3. Manfaat perdagangan internasional antara lain: (1) dapat memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa; (2) dapat mendorong kegiatan produksi; (3) memperoleh daerah pemasaran menjadi lebih luas; (4) meningkatkan pendapatan nasional setiap negara dari devisa hasil ekspor.
    Skor dan nilai (2) (25)
  4. Hambatan perdagangan internasional, antara lain: (1) harga barang dari luar negeri lebih murah daripada barang lokal; (2) politik dumping yang berarti pematokan harga barang yang dijual ke luar negeri lebih murah dibandingkan di dalam negeri; (3) kebijakan proteksi yang bertujuan melindungi produsen dalam negeri.
    Skor dan nilai (2) (25)
3. Keterampilan: Teknik penilaian yaitu nontes seperti penilaian kinerja dengan menggunakan lembar observasi pada kegiatan diskusi dan presentasi.

Demikian penjelasan singkat tentang RPP IPS kelas 9 materi perdagangan internasional mudah-mudahan ada manfaatya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar