Skip to main content

Instrumen Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Selamat datang saya ucapkan buat teman-teman pengunjung blog Shmady Web. Sekarang ini teman-teman sedang membuka gambaran umum tentang label "PENILAIAN" di blog ini yang berisi kumpulan postingan tentang perangkat penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tingkat SMP/MTs mulai dari perangkat penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester yang dapat teman-teman gunakan di sekolah masing-masing.

Pengertian penilaian menurut yang tercantum pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pasal 1 ayat (2) menyebutkan bahwa penilaian adalah kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Lebih lanjut, pada Pasal 2 dinyatakan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah.

Instrumen Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Pendidik melaksanakan penilaian terhadap peserta didik pada tiga aspek yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan dengan tujuan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar. Jadi penilaian hasil belajar oleh pendidik tidak hanya difokuskan pada hasil, tetapi proses pembelajaran juga menjadi hal penting yang perlu diukur dan diperhatikan oleh pendidik sehingga pada saat melakukan pengambilan keputusan terhadap kegiatan penilaian dapat menemukan titik-titik kelemahan kemudian melakukan perbaikan-perbaikan yang sebenarnya baik pada peserta didik, sarana dan prasarana pendukung, maupun pada diri pendidik sendiri.

Pendidik dapat memakai teknik dan instrumen tertentu ketika melaksanakan penilaian. Misalnya pada penilaian pengetahuan dapat menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasan sementara instrumen yang bisa digunakan misalnya tes benar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, isian/melengkapi, uraian, tanya jawab, dan tugas individu atau kelompok.

Di bawah ini adalah contoh instrumen penilaian yang dapat menjadi referensi buat teman-teman, untuk itu silahkan langsung saja dibaca!

A. Instrumen Penilaian Kelas VII Semester Ganjil


B. Instrumen Penilaian Kelas VII Semester Genap


C. Instrumen Penilaian Kelas VIII Semester Ganjil


D. Instrumen Penilaian Kelas VIII Semester Genap

3. Penilaian Akhir Semester Genap

  • Belum tersedia

E. Download Format Analisis Penilaian


F. Pengolahan Nilai Raport

Demikianlah untuk sementara daftar isi postingan pada label "PENILAIAN" di blog ini mudah-mudahan ada manfaatnya. Halaman ini masih dalam tahap pengembangan untuk itu seiring waktu berjalan halaman ini akan terus di update.

Sampai jumpa pada postingan selanjutnya dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar