Skip to main content

TTS Materi Mengembangkan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi IPS Kelas 9

Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat TTS buat rekan guru IPS kelas 9 yang mungkin bisa menjadi alternatif penilaian di kelas dalam upaya memperkuat ingatan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari. Tema TTS kali ini adalah membahas tentang Mengembangkan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi. Seperti biasa di bawah postingan ini Admin telah menyediakan link download perangkat TTS lengkap beserta kunci jawabannya.

Tapi sebelumnya silahkan dibaca-baca terlebih dahulu gambaran perangkat penilaian tersebut di bawah ini.

A. Form Teka Teki Silang Materi Mengembangkan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

I. Mendatar

    Berikut pertanyaan mendatar:
    3. Perusahaan Tambang Minyak Negara
    8. Jenis pekerjaan sebagai Penyelia, sebuah jabatan penting dalam perusahaan yang merupakan pengaruh dari adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi.
    9. Prasarana transportasi laut untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya.
    10. Minyak bumi
    14. Bidang yang merupakan pengaruh dari adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi dan merupakan bagian terpenting dalam pembangunan nasional.
    16. Alat transportasi udara.
    17. Termasuk potensi pusat keunggulan ekonomi Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi berupa kain bergambar baik dengan cara ditulis, dicap, maupun dilukis.
    19. Alat transportasi laut.
    20. Lembaga yang bersifat tidak berorientasi pada perolehan keuntungan.
    21. Pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi berkaitan dengan perpindahan penduduk.
    22. Keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat.
    24. Analisis mengenai dampak lingkungan
    25. Bensin, salah satu produk utama perusahaan tambang minyak.
    26. Pabrik/Industri
    27. Lokasi sekaligus nama institut pertambangan di Papua yang dibangun untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap maupun perilaku yang profesional di bidang operasi dan penunjang pertambangan.
    28. Bidang yang merupakan pengaruh dari adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi.
    29. Perpindahan barang atau manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya menggunakan kendaraan tertentu.

II. Menurun

    Berikut pertanyaan menurun:
    1. Usaha pengolahan bahan mentah/bahan baku menjadi barang setengah jadi dan menjadi barang jadi.
    2. Nama perusahaan afiliasi dari McMoRan Copper & Gold Inc. yang beroperasi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Indonesia.
    4. Nama kota di Papua yang dibangun secara bertahap oleh Freeport dan sebutan nama tersebut dinamai Presiden Soeharto.
    5. Pembagian keuntungan kepada pemilik saham.
    6. Sejumlah dana yang dibayarkan atas penggunaan properti, seperti hak paten, hak cipta, atau sumber alam.
    7. Suku di Papua yang mendapat bantuan dari PT Freeport berupa pembangunan sekolah untuk pendidikan anak-anak di sana.
    9. Merupakan pengaruh adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi.
    11. Perusahaan BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.
    12. Lokasi unit pengolahan IV Pertamina yang memiliki fasilitas terlengkap dan kapasitas produksi terbesar yakni mencapai 348.000 barrel/hari.
    13. Prasarana transportasi darat.
    15. Penjelajahan atau pencarian misalnya pencarian untuk menemukan lokasi sumber barang tambang.
    18. Nama pekerjaan yakni sebagai Pemborong.
    23. Prasarana transportasi udara.

Kembali ke postingan :
Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.

B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi TTS Materi Mengembangkan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

    Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
    Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 30 kunci jawaban masing-masing 17 mendatar dan 13 menurun maka skornya menjadi 30. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100

Silahkan didownload perangkat TTS-nya: Di sini!

FREEPORTDIVIDENROYALTIAMDALPTMN
PETROLEUMGASOLINEKILANGPERTAMINAEKSPLORASI
CILACAPINDUSTRIBATIKPEMUKIMANMIGRASI
KAPALNIRLABAAMUNGMENEMANGKAWIKONTRAKTOR
SUPERVISORLEMBAGAPEKERJAANPENDIDIKANTRANSPORTASI
BANDARAPELABUHANPESAWATJALANTEMBAGAPURA

Demikianlah tadi contoh TTS Materi Mengembangkan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi IPS Kelas 9, mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar