Skip to main content

Pelaksanaan Penilaian Harian 2 (PH-2) IPS Kelas VII Semester Ganjil

Kali ini saya mau berbagi perangkat penilaian harian 2 (PH-2) IPS kelas VII semester ganjil. Bagi teman-teman guru yang sudah ada rencana melaksanakan penilaian, perangkat berikut ini dapat menjadi bahan atau referensi teman-teman semuanya.

Penilaian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik terhadap materi yang sudah dipelajari sebelumnya yaitu materi dinamika kependudukan Indonesia sampai dengan perubahan akibat interaksi keruangan.

Bentuk soal terdiri dari soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 15 butir dan soal Uraian sebanyak 4 butir. Cakupan materi yang diujikan antara lain tentang:

    1) Dinamika kependudukan Indonesia;

    2) Keadaan Fisik Wilayah:
    • Kondisi Geologi Indonesia,
    • Bentuk Muka Bumi,
    • Kondisi Iklim Indonesia;
    3) Flora dan Fauna:
    • Persebaran Flora di Indonesia,
    • Persebaran Fauna Indonesia:
      • a. Fauna Indonesia Bagian Barat,
        b. Fauna Indonesia Tengah atau tipe peralihan dan
        c. Fauna Indonesia Bagian Timur
    4) Perubahan akibat interaksi antarruang.

Langsung saja teman-teman dilihat perangkat penilaian yang dimaksud berikut ini.

PENILAIAN HARIAN 2 (PH-2) IPS KELAS VII SEMESTER GANJIL


A. SOAL PILIHAN GANDA

    Pilihlah opsi jawaban A, B, C, atau D yang kamu anggap paling benar!

  1. Indonesia menempati 10 kelompok negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yaitu pada urutan ...
    • A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4

  2. Beberapa daerah di Indonesia memiliki kepadatan penduduk yang tinggi sementara beberapa daerah yang lain jarang penduduknya. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah persebaran penduduk yang tidak merata ini adalah...
    • A. Transmigrasi
      B. Urbanisasi
      C. Transformasi
      D. Migrasi

  3. Perhatikan data penduduk berikut:
    • Usia 0-14 tahun berjumlah 5.000 jiwa
    • Usia 15-64 tahun berjumlah 12.000 jiwa
    • Di atas 65 tahun berjumlah 3000 jiwa

    • Pengelompokan penduduk tersebut didasarkan atas ...
      A. Interval usia tertentu
      B. Usia tunggal
      C. Usia produktif dan non produktif
      D. Usia masuk sekolah hingga pensiun

  4. Kegunaan pengelompokan penduduk berdasarkan (penduduk laki-laki/wanita) adalah dapat...
    • A. digunakan untuk memperkirakan bentuk pemberdayaan penduduk sebagai sumber daya manusia
      B. digunakan untuk membatasi angka kelahiran penduduk
      C. dipakai untuk mengetahui jumlah penduduk laki-laki yang menanggung hidup perempuan
      D. digunakan untuk menghitung beban angka ketergantungan.

  5. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk:
    • 1. kelahiran
      2. kematian
      3. emigrasi
      4. imigrasi

      Faktor yang mengurangi jumlah penduduk adalah nomor...
      A. 1 dan 2
      B. 1 dan 3
      C. 2 dan 3
      D. 2 dan 4

  6. Angka harapan hidup penduduk di suatu wilayah dapat dijadikan indikator tingkat...
    • A. kesehatan
      B. emigrasi
      C. kelahiran
      D. migrasi

  7. Faktor berikut yang bukan merupakan tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu negara adalah...
    • A. Pendidikan penduduk
      B. Kesehatan penduduk
      C. Kesejahteraan penduduk
      D. Pembangunan nasional

  8. Bagian permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi dari daerah sekitarnya disebut...
    • A. gunung
      B. dataran rendah
      C. dataran tinggi
      D. sungai

  9. Daratan yang ketinggiannya antara 0 - 200 m dpl dan biasanya berada di dekat pantai disebut ...
    • A. gunung
      B. dataran rendah
      C. dataran tinggi
      D. sungai

  10. Perhatikan Gambar Pembagian Iklim Matahari pada Bola Bumi dibawah ini !
    • Tentang gambar: Ditampilkan gambar globe yang dilengkapi pembagian iklim dan besar sudut garis lintangnya
      Iklim Tropis pada gambar bola bumi diatas berada pada wilayah ...
      A. 23,5 derajat LU - 23,5 derajat LS
      B. 23,5 derajat LU – 40 derajat LU
      C. 40 derajat LU – 66,5 derajat LU
      D. 66,5 derajat LU - 90 derajat LU

  11. Salah satu sebabnya Indonesia kaya dengan berbagai jenis hewan, baik yang hidup secara alami maupun yang secara sengaja diternakkan adalah ...
    • A. masyarakat Indonesia memang gemar berternak
      B. letak Indonesia yang strategis sehingga binatangnya beraneka ragam
      C. iklim yang menunjang perkembangan satwa diIndonesia
      D. tanah yang subur berbagai jenis tanaman penyedia makanan bagi berbagai jenis hewan

  12. Perhatikan gambar fauna berikut ini!
    • Tentang gambar: Ditampilkan 4 jenis hewan

      Yang bukan merupakan hewan tipe peralihan adalah ...
      A. Anoa
      B. Babi Rusa
      C. Harimau
      D. Komodo

  13. Anoa merupakan fauna khas yaug berasal dari...
    • A. Kalimantan
      B. Bali
      C. Sulawesi
      D. NusaTenggara

  14. Rumah adat di Nusa Tenggara Timur dikenal dengan nama ...
    • A. Lamin
      B. Banjar
      C. Honai
      D. Musalaki

  15. Terjadinya perubahan kecenderungan pekerjaan dari yang tadinya cenderung pada sumber daya alam, khususnya petani, menjadi pekerjaan lainnya merupakan perubahan interaksi antarruang dalam bentuk...
    • A. Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan
      B. Perubahan penggunaan lahan
      C. Perubahan orientasi mata pencaharian
      D. Berkembangnya sarana dan prasarana

B. SOAL URAIAN

    Jawablah soal uraian di bawah ini dengan baik dan benar!
  1. Persebaran penduduk Indonesia belum merata. Sebagian besar penduduk masih terpusat di Pulau Jawa. Bagaimanakah caranya agar terjadi pemerataan penduduk?
  2. Mengapa keanekaragaman hayati (flora dan fauna) di Indonesia tergolong sangat tinggi?
  3. Mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam?
  4. Jelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian!

C. RUBRIK PENILAIAN

    a. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran Soal Pilihan Ganda

    SOALKUNCI JAWABANSKORNILAI
    PILIHAN GANDA
    1.D15
    2.A15
    3.C15
    4.A15
    5.C15
    6.A15
    7.D15
    8.C15
    9.B15
    10.A15
    11.15
    12.C15
    13.C15
    14.D15
    15.C15
    JUMLAH PG1575
    b. Kunci Jawaban dan Pedoman penskoran Soal Uraian

  1. Dengan melalui program transmigrasi atau perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya. (0,5) (2,5)
  2. Besarnya keanekaragaman hayati di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhu dan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan. Mengapa demikian? Tumbuhan memerlukan air dan suhu yang sesuai. Semakin banyak air tersedia semakin banyak tumbuhan yang dapat tumbuh dan karena itu semakin banyak hewan yang dapat hidup di daerah tersebut. (1,5) (7,5)
  3. Keberagaman bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami berbagai lokasi yang tersebar. Antarsuku bangsa di Indonesia mempunyai berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia. (1,5) (7,5)
  4. Dampak dari interaksi keruangan banyak sekali antara lain:
    a. Lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah pemukiman dan fungsi lainnya.
    b. Perubahan orientasi mata pencaharian dari petani menjadi pegawai swasta.
    c. Latar belakang penduduk yang beranekaragam
    d. Perubahan yang terjadi pada nilai sosial dan budaya masyarakat. (1,5) (7,5)

  5. Jumlah skor dan nilai soal uraian yakni masing-masing (5) dan (25).
    Jadi total skor dan nilai PH-2 yakni masing-masing (20) dan (100).
    Sehingga rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 20 ) x 100

Demikianlah penyajian pelaksanaan penilaian harian 2 (PH-2) IPS kelas VII semester ganjil ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar