Skip to main content

Soal Mid Semester Genap IPS SMP/MTs Kls 8

Salam buat teman-temanku seprofesi guru IPS khususnya guru yang mengajar di kelas 8. Apakah teman-teman sudah mempersiapkan perangkat penilaian Mid semester tahun ini? Kalau belum teman-teman dapat menggunakan perangkat penilaian yang saya buat ini.

Pada postingan kali ini disajikan 10 butir soal uraian mid semester genap mata pelajaran IPS untuk SMP/MTs kelas 8 KTSP lengkap dengan kunci jawaban dan pedoman penskorannya.

Perangkat Penilaian Mid Semester Genap IPS Kelas 8 TP. 2016/2017

A. Soal Uraian
    Jawablah soal uraian di bawah ini dengan baik dan benar!
  1. Jelaskan latar belakang pembentukan BPUPKI oleh Jepang!
  2. Sebutkan 3 (tiga) tokoh yang menyampaikan pandangannya mengenai dasar negara Indonesia pada sidang pertama BPUPKI!
  3. elaskan perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia!
  4. Hasil rumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditulis langsung oleh tangan Ir. Soekarno sendiri terjadi beberapa perubahan setelah dilakukan pengetikan ulang oleh Sayuti Malik. Sebutkan beberapa perubahan tersebut!
  5. Jelaskan peran kantor berita "Domei" dalam penyebaran berita kemerdekaan Indonesia!
  6. Jelaskan perbedaan hubungan sosial asosiatif dengan hubungan sosial disosiatif!
  7. Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial!
  8. Jelaskan pengertian pranata sosial!
  9. Sebutkan fungsi pranata sosial!
  10. Tulislah 3 (tiga) contoh pranata yang berlaku dalam keluargamu!

B. Rubrik Penilaian Soal Mid Semester Genap IPS Kelas 8
    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
  1. Dalam tahun 1944, Jepang semakin terdesak di dalam perang Asia Timur Raya. Jepang banyak mengalami kekalahan perang melawan sekutu sehingga daerah-daerah yang sudah dikuasainya berhasil direbut oleh sekutu. Dalam mengahadapi situasi tersebut Jepang meminta bantuan kepada negara jajahannya termasuk Indonesia dengan imbalan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan di kemudian hari. Sebagai wujud keseriusannya, pada tanggal 1 Maret 1945 Jepang mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). (3) (15)
  2. Muh. Yamin, Prof. Dr. Mr. Soepomo, dan Ir Soekarno. (1) (5)
  3. Berita menyerahnya Jepang kepada sekutu telah didengar oleh Sutan Syarir salah satu tokoh pemuda melalui siaran radio Amerika (BBC). Waktu tersebut menurut Sutan Syahrir dan tokoh pemuda lainnya merupakan waktu yang tepat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun Soekarno menolak keinginan tersebut setelah mendengarkan penyampaian dari Sutan Syahrir. Karena menurut Soekarno, proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan melalui rapat PPKI terlebih dahulu. (2) (10)
  4. Beberapa perubahan teks proklamasi setelah diketik Sayuti Melik:
    a. Teks bertuliskan "tempoh" dirubah menjadi "tempo"
    b. Teks bertuliskan "wakil-wakil bangsa Indonesia" dirubah dengan "atas nama bangsa Indonesia"
    c. Teks yang bertuliskan "Djakarta, 17-08-'05" dirubah dengan "Djakarta hari 17 boelan 8 tahoen '05". (2) (10)
  5. Pada tanggal 17 Agustus 1945 sekitar pukul 18.30 WIB, wartawan Kantor Berita Domei Syahrudin menyampaikan salinan teks proklamasi kepada Waidan B. Panelewen. Ia segera memerintahkan kepada markonis (petugas telekomunikasi) F. Wuz untuk menyiarkan berita proklamasi tiga kali berturut-turut. (2) (10)
  6. Hubungan sosial asosiatif adalah proses interaksi yang mengarah pada terjalinnya kesatuan dan meningkatkan rasa solidaritas antar anggota kelompok, sedangkan hubungan sosial disosiatif adalah proses interaksi yang mengarah pada suatu permusuhan dan pertikaian. (2) (10)
  7. Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial, antara lain:
    a. Imitasi;
    b. Sugesti;
    c. Identifikasi;
    d. Simpati; dan
    e. Empati. (2) (10)
  8. Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. (1) (5)
  9. Fungsi pranata sosial dalam masyarakat secara umum, antara lain:
    a. Menjaga keutuhan masyarakat;
    b. Sebagai sosial control;
    c. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat. (1) (5)
  10. Contoh pranata keluarga:
    1) Setiap anggota keluarga memiliki tugas di rumah;
    2) Setiap keluar dari rumah harus meminta izin orang tua;
    3) Anggota keluarga bertanggung jawab menjaga lingkungan dan barang di sekitar rumah. (3) (15)

  11. Jumlah skor dan nilai peserta didik yakni masing-masing (20) dan (100).
    Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik:

    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 20 ) x 100
UPDATE:

Perangkat Penilaian Tengah Semester Genap IPS Kelas 8 TP. 2017/2018

A. Soal Uraian
    Jawablah soal uraian di bawah ini dengan baik dan benar!
  1. Jelaskan latar belakang terjadinya Peristiwa Rengasdengklok!
  2. Tuliskan 9 (sembilan) nama anggota Panitia Sembilan!
  3. Tuliskan minimal 2 (dua) makna rapat raksasa di Lapangan Ikada tanggal 19 September 1945 bagi bangsa Indonesia!
  4. Tuliskan minimal 2 (dua) ciri-ciri hubungan sosial!
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan pranata sosial!
  6. Jelaskan 2 (dua) fungsi pranata keluarga!

Baca juga soal Mid-Semester kurikulum 2013 kelas 8 semester genap berikut:
Instrumen Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 8 Semester Genap

B. Rubrik Penilaian Updated
    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
  1. Latar belakang terjadinya Peristiwa Rengasdengklok adalah berawal dari berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu membuat para pemuda tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Para pemuda menginginkan kepada Ir. Soekarno dan tokoh-tokoh tua lainnya agar segera memproklamairkan kemerdekaan Indonesia namun ditolaknya. Sehingga oleh para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta bersama dengan keluarga ke Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB. (3) (21)
  2. Anggota Paniti Sembilan terdiri dari:
    1) Ir. Soekarno;
    2) Drs. Mohammad Hatta;
    3) Mr. Muhammad Yamin,
    4) Mr. Achmad Soebarjo;
    5) A.A. Maramis;
    6) Abdul Kadir Muzakir;
    7) Wachid Hasjim;
    8) H. agus Salim; dan
    9) Abikusno Cokrosuyoso. (2) (14)
  3. Makna rapat raksasa untuk bangsa Indonesia yang diselenggarakan di Lapangan Ikada, antara lain:
    1) Terjadi pertemuan antara Pemerintah RI dan rakyatnya;
    2) Wujud kewibawaan pemerintah Republik Indonesia terhadap rakyatnya;
    3) Penanaman rasa percaya diri terhadap bangsa Indonesia bahwa ia mampu mengubah nasib dengan kekuatan sendiri;
    4) Pemerintahan yang baru terbentuk didukung rakyatnya. (3) (21)
  4. Ciri-ciri hubungan sosial antara lain:
    1) Pelaku minimal 2 orang;
    2) Ada komuninkasi;
    3) Ada tujuan;
    4) Ada dimensi waktu. (2) (14)
  5. Pranata sosial adalah sistem tata kelakuan dan hubungan yang terpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam kehidupan bermasyarakat. (1) (7)
  6. Fungsi pranata keluarga, antara lain:
    1) Fungsi perlindungan;
    2) Fungsi Reproduksi;
    3) Fungsi Afeksi;
    4) Fungsi Ekonomi;
    5) Fungsi Sosialisasi. (3) (21)

  7. Jumlah skor dan nilai peserta didik yakni masing-masing (20) dan (100).
    Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik:

    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 14 ) x 100

Demikian sajian soal midle semester genap untuk SMP IPS Kelas 8 ini, mudah-mudahan ada manfaatnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar