Skip to main content

SOAL ULANGAN HARIAN TENTANG PROSES KEBANGKITAN NASIONAL

Pada bagian ini admin mau berbagi soal ulangan harian lisan materi Proses Kebangkitan Nasional Kelas VIII semester ganjil. Jika Bapak/Ibu rekan guru berminat melaksanakannya di kelas saya sediakan file-nya pada link download di bawah postingan ini.

Bagi Bapak/Ibu guru yang ingin menggunakan soal ulangan harian ini di kelas ada baiknya membaca penjelasan ini terlebih dahulu. Teknik penilaian ulangan harian ini menggunakan tes lisan. Tes dibagi menjadi 4 (empat) paket berisi materi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Jadi, peserta didik akan berada dalam suatu "kelompok peserta ulangan" yang beranggotakan 4-5 orang akan memilih satu dari empat paket tersebut sebagai bahan pertanyaan yang akan dibacakan oleh guru. Kelompok peserta ulangan ini dibentuk pada pertemuan sebelumnya dengan mengambil nomor yang telah disiapkan oleh guru. Selama proses ulangan lisan, satu kelompok peserta ulangan yang sedang melaksanakan tes lisan di dalam kelas kelompok peserta ulangan yang lain berada di luar kelas secara tertib dan tidak ribut.

Isi File Ulangan Harian Tentang Proses Kebangkitan Nasional

  1. Nomor
  2. Daftar antrian Kelompok Peserta Ulangan
  3. Paket soal (4 Paket Soal Ulangan Lisan dan 1 Paket Soal Cadangan)
  4. Amplop Soal
  5. Analisis Ulangan Lisan
  6. Kisi-kisi Soal

Berikut adalah isi soal setiap paket tersebut di atas.

PAKET A
MATERI KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH KOLONIAL

  1. VOC merupakan singkatan dari (Vereenigde ost Indische Compagnie) yaitu persekutuan/kongsi dagang Belanda yang bertujuan... 1 (Untuk menghindari persaingan di antara perusahaan dagang Belanda; Untuk memperkuat diri agar dapat bersaing dengan perusahaan dagang negara lain seperti Portugis dan Inggris).
  2. Oleh Pemerintah Belanda, VOC diberi hak-hak istimewa (hak Oktroi) seperti ... 2 (Hak monopoli dagang; Hak untuk membuat uang; Hak untuk mendirikan benteng; Hak untuk melaksanakan perjanjian dengan kerajaan di Indonesia; Hak untuk membentuk tentara).
  3. Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Gubernur Jenderal Daendels terhadap kehidupan rakyat antara lain... 3 (Pemberian gaji tetap kepada semua pegawai pemerintah dan larangan untuk melakukan perdagangan; Dilarang melakukan penyewaan desa, kecuali untuk memproduksi barang-barang ekspor seperti sarang burung, gula, dan garam; Melaksanakan contingenten, yaitu penyerahan hasil bumi sebagai pajak; Menetapkan aturan perdagangan verplichte leverantie, artinya rakyat wajib menjual hasil bumi kepada pemerintah Belanda dengan harga yang telah ditetapkan; Membangun beberapa pelabuhan dan kapal untuk pertahanan; Penjualan tanah rakyat kepada pihak asing.

    Apa arti contingenten ...4 (yaitu penyerahan hasil bumi sebagai pajak).

    Karena otoriter pemerintah Belanda menarik Daendels di Indonesia dan digantikan dengan Janssens. Ketika Inggris menyerang Pulau Jawa, Janssens menyerah dan menandatangani perjanjian di Tuntang tanggal 17 September 1811. Perjanjian tersebut dikenal dengan nama ...5 (Kapitulasi Tuntang)

    Apa Isi Kapitulasi Tuntang? ... 6 (Seluruh militer Belanda yang berada di wilayah Asia Timur harus diserahkan kepada Inggris dan menjadi tawanan militer Inggris; Utang pemerintah Belanda tidak diakui oleh Inggris; Pulau Jawa dan Madura serta semua pelabuhan Belanda di luar jawa menjadi daerah kekuasaan (EIC)).

  4. Sejak terjadinya Kapitulasi Tuntang tahun 1811 sejak itulah menjadi awal pendudukan kolonial Inggris di Indonesia. Kolonial Inggris di Indonesia bertahan hanya lima tahun yaitu sampai tahun 1816 yang dipimpin oleh ...7 (Thomas Stamford Raffles).

    Kebijakan pertama yang diterapkan Raffles adalah mengubah nama contingenten seperti yang dilakukan Daendels menjadi landrent atau ...8 (sewa tanah) yang berarti ...9 (Rakyat membayar pajak sebagai uang sewa atas tanah yang digarap karena tanah dianggap sebagai milik negara).

    Kebijakan Raffles lainnya adalah membagi wilayah Jawa menjadi ...10 (16 karesidenan).

    Setelah Belanda bebas dari kendali Prancis, Belanda dan Inggris mengadakan pertemuan di London dan menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam Convention of London 1814. Isinya Belanda memperoleh kembali daerah jajahannya yang dulu direbut Inggris. Karena itu penyerahan Hindia Belanda dari Inggris kepada Belanda terjadi di Batavia pada tanggal ...11 (19 Agustus 1816).

  5. Selanjutnya Belanda memberikan wewenang kepada ...12 (Gubernur Jenderal Van Den Bosh) untuk memimpin penjajahan di Indonesia. Gubernur Jenderal Van Den Bosch memberlakukan Cultur Stelsel yang berarti ...13 (Sistem tanam paksa) Tujuan diberlakukan tanam paksa adalah ...14 (memperoleh pendapatan sebanyak mungkin dalam waktu relatif singkat supaya utang-utang Belanda yang besar cepat diatasi). Untuk mempercepat tercapai tujuannya Van Den Bosch menerapkan Cultur Procenten yang artinya ...15 (hadiah bagi pelaksana pengumpul hasil panen yang dapat menyerahkan hasil melebihi dari ketentuan dan tepat waktu).
  6. Situasi politik di Belanda berubah setelah kaum liberal memenangkan parlemen. Terhadap tanah jajahan (Hindia Belanda) kaum liberal berusaha memperbaiki tarap kehidupan rakyat Indonesia. Keberhasilannya dibuktikan dengan dikeluarkannya ...16 (Undang-Undang Agraria tahun 1870) dan 17 (Undang-Undang Gula tahun 1870). Undang-Undang Gula (suiker Wet) bertujuan ...18 (memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pengusaha perkebunan gula.
  7. Politik pintu terbuka ternyata tidak membawa kemakmuran bagi rakyat Indonesia. Pemerintah Belanda hanya mementingkan kentungan besar tanpa memperhatikan nasib rakyat negri jajahannya. Oleh karena itu Van Deventer mengajukan politik yang membawa kesejahteraan rakyat. Politik ini dikenal dengan politiketis atau politik ...19 (balas budi). Politik etis berisi tiga hal sehingga sering disebut Trilogi Van Deventer yaitu ...20 (Edukasi, Irigasi, dan Transmigrasi).

PAKET B
PERLAWANAN MENENTANG KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA

  1. Perlawanan rakyat di Maluku mulai terjadi tanggal 16 Mei 1817 dengan tokoh utamanya adalah ...1 (Pattimura). Penyebab tejadinya Perlawanan Pattimura antara lain ...2 (Timbulnya kegelisahan, ketakutan, kekecewaan rakyat Maluku terhadap Belanda yang berkuasa kembali setelah Inggris; Peredaran uang kertas yang membingungkan; Didudukinya Benteng Duurstede oleh Belanda).
  2. Perang Padri terbagi dalam dua tahap. Apa beda antara keduanya ...3 (Perang tahap pertama terjadi antara kaum Adat dan kaum Padri sedangkan perang tahap kedua terjadi antara rakyat minangkabau dan Belanda). Tokoh-tokoh perlawanan perang padri antara lain ...4 (Tuanku Imam Bonjol, Sentot Prawirodirjo). Apa motif/yang mendorong terjadinya peperangan antara kaum Adat dan kaum Padri ...5 (Usaha kaum Padri untuk memurnikan ajaran Islam sesuai dengan Al-qur'an dan Al Hadis). Dalam perang Padri Belanda juga menerapkan politik devide et impera yang berarti ...6 (politik adu domba).
  3. Mengapa Perang Diponegoro dikenal sebagai perang Jawa ...7 (karena terjadi di pusat kerajaan Mataram). Apa saja sebab umum terjadinya Perang Diponegoro ...8 (Penderitaan rakyat sebagai akibat adanya berbagai macam pajak; Wilayah mataram dipersempit; Belanda ikut campur dalam urusan pemerintahan; Para bangsawan kecewa karena dilarang menyewakan tanahnya; Para bangsawan dan ulama kecewa karena peradaban Barat dimasukkan dalam keraton.). Sedangkan sebab khususnya adalah ...9 (pemasangan tiang pancang untuk membuat jalan menuju Magelang dan melewati tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro tanpa izin terlebih dahulu). Tokoh-tokoh lain yang membantu Pangeran Diponegoro adalah ...10 (Kyai Mbojo, Sentot prawirodirjo, Pangeran Mangkubumi, dan Kyai Kasan Basri). Untuk mengatasi perlawanan Diponegoro, Gubernur Jenderal Vander Capellen menugaskan H.M. De Kock. Ia menjalankan strategi benteng stelsel berarti...11 (Benteng didirikan ditiap tempa yang telah dikuasai, antarbenteng dihubungkan dengan jalan memudahkan komunikasi dan gerak pasukan).
  4. Salah satu sebab terjadinya Perang Jagaraga Bali adalah Belanda menolak adanya hukum "Hak Tawan Karang" yang artinya ...12 (Hak dari raja-raja Bali untuk merampas semua perahu asing yang terdampar di wilayah kerajaannya). Semangat Puputan rakyat Bali mempersulit gerak pasukan Belanda. Semangat Puputan berarti ...13 (bertempur habis-habisan sampai mati). Perang Banjar terjadi disebabkan antara lain karena ...14 (Kekecewaan rakyat dan para bangsawan karena Belanda turut campur tangan dalam urusan pemerintahan; Penangkapan terhadap Prabu Anom; Kekecewaan Pangeran Hidayat karena dibuangnya Prabu Anom ke Jawa). Tokoh-tokoh perlawanan perang Banjar adalah ...15 (Pangeran Hidayat dan Pangeran Antasari).
  5. Sebab Umum Perang Aceh antara lain ...16 (Belanda ingin menguasai Aceh; Pergantian Traktat London dengan Traktat Sumatera yang memungkinkan Belanda menguasai Aceh; Belanda tidak menyukai Aceh berhubungan dengan Turki, Amerika Serikat, Italia, dan Singapura). Sebab khusus ...17 (Aceh menolak tuntutan Belanda agar Aceh mengakui kekuasaan pemerintah Hindia Belanda). Peperangan melawan Aceh ini begitu sulit dirasakan oleh Belanda terbukti pada serangan Belanda pertama pada tanggal 5 April 1873 terjadi di Masjid Raya gagal dan Jenderal Kohler tewas. Pada tanggal 9 Desember 1873, Belanda melancarkan serangan kedua secara besar-besaran dibawah pimpinan Jenderal Van swieten dan berhasil merebut Masjid Raya. Belanda menganggap perlawanan rakyat telah berhasil, tetapi sebenarnya perlawanan justeru semakin besar, dan tampillah tokoh-tokoh perlawanan seperti ...18 (Habib Abdurrahman, Teuku Cik Di Tiro, Teuku Umar, Cut Nya' Dien, dan Cut Meutia). Kemudian Belanda melancarkan siasat baru yang disebut Konsentrasi Stelsel, yaitu ...19 (memusatkan pasukan di benteng-benteng kota), siasat inipun gagal, kemudian dengan siasat adu domba (devide et impera) gagal lagi. Akhirnya pada pada tahun 1904, Aceh terpaksa menandatangani Plakat Pendek yang berisi ...20 (Aceh harus mengakui kekuasaan Hindia Belanda).

PAKET C
PENGARUH KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH KOLONIAL DI BERBAGAI DAERAH
dan
PERSEBARAN AGAMA KRISTIANI, ISLAM, DAN AGAMA LAIN DI INDONESIA PADA MASA KOLONIALISME

  1. Semenjak pelaksanaan kebijakan-kebijakan oleh para pemerintah kolonialisme menimbulkan berbagai macam pengaruh terhadap tata kehidupan rakyat Indonesiabaik dibidang ...1 (politik, sosial-ekonomi, dan kebudayaan). Pengaruh dibidang politik antara lain ...2 (Penguasa pribumi hanya menjadi pegawai pemerintah Belanda yang ditugaskan dalam masalah administratif dan pemungutan pajak; Hal-hal yang telah ditinggalkan oleh adat menjadi hilang; Dikenalnya sistem penggajian; dan Upacara disederhanakan sehingga ikatan tradisi di lingkungan masyarakat pribumi menjadi lemah.). Pengaruh dibidang sosial-ekonomi ... 3 (kelaparan, kemiskinan, dan busung lapar diderita oleh anak-anak pribumi). Penderitaan rakyat yang berkepanjangan membuat timbulnya banyak perlawanan-perlawanan menetang kolonialisme di berbagai daerah, walaupun akhirnya perlawanan-perlawanan tersebut dapat dilumpuhkan oleh pemerintah kolonial. Pengaruh di bidang kebudayaan ...4 (Cara bergaul, gaya nidup, cara berpakaian,bahasa, dan pendidikan barat mulai dikenal di kalangan istana dan golongan bangsawan serta orang-orang kaya di berbagai daerah di Indonesia. Dalam bidang kesenian misalnya seni bangunan, seni music, seni sastra, seni tari, seni rupa dan seni film. Musik keroncong salah satunya, berdirinya Kantoor Voor De Volkslectur ( Komisi Bacaan Rakyat) pada tahun 1908 dan berubah menjadi Balai Pustaka pada tahun 1917 yang sampai sekarang banyak menerbitkan buku-buku bermutu. Seni film, dan film pertama yang diputar di Indonesia berjudul Loetoeng Kasaroeng tahun 1926 oleh Heuveldorp (Belanda) dan Kruger (Jerman)).
  2. Masuknya agama Kristen ke Indonesia seiring dengan masuknya bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia. Agama Khatolik masuk ke Maluku dirintis oleh saudagar bernama ...5 (Gonzalo Veloso) dan seorang Pastor bernama ...6 (Simon Vas). Missi adalah sebuah lembaga yang bertugas ... 7 (Menyebarkan agama Kristen Khatolik) berpusat di Vatikan, Roma negara Italia. Sejak kapan perkembangan agama Kristen Khatolik menunjukkan kemajuan yang pesat ...8 (sejak rohaniawan Portugis yang bernamaFransiscus Xaverius dan Ignatius Layola melakukan kegiatan keagamaan di tengah-tengah masyarakat Ambon, Ternate, dan Morotai).
  3. Pada masa pendudukan Belanda kegiatan Missi Khatolik dilarang. Hal ini dikarenakan Belanda adalah penganut agama Kristen Protestan. Nama lembaga yang bertugas menyebarkan agama Kristen Protestan adalah ...9 (Zending). Tokoh-tokoh Zending Belanda di Indonesia seperti ...10 (Dr. Nomensen, Sebastian Dan Chaerts, dan Hernius). Kegiatan Zending Belanda yang ada di Indonesia antara lain ...11 (Mendirikan Nederlandsche Zendeling Genootscaph (NZG), yaitu perkumpulan yang menyebarkan agama Kristen Protestan; Mendirikan sekolah-sekolah yang menitikberatkan pada upaya-upaya ajaran Kristen Protestan). Tugas menyebarkan agama Kristen Protestan oleh NZG semakin setelah didukung oleh kelompok ...12 (LMS (London Missionary Society)). Pada masa pendudukan Inggris. Daerah-daerah yang menjadi sasaran penyebaran agama Kristen Protestan oleh Belanda dan Inggris adalah ...13 (Papua, Flores, Timor, Batak, Kalimantan, dan Sulawesi utara).
  4. Bagaimana dengan perkembangan agama lain seperti Islam, Hindu dan Buddha pada masa kolonial? Apakah lembaga penyebar agama Kristen tetap melakukan tugasnya di tempat agama lain? ...14 (Terhadap daerah-daerah yang menjadi basis agama lain, pemerintah kolonial menyatakan tertutup untuk kristenisasi). Misalnya ...15 (Banten, Aceh, Sumatera Barat yang merupakan basis agama Islam. Bali menjadi basis agama Hindu).
  5. VOC merupakan singkatan dari (Vereenigde ost Compagnie) yaitu persekutun/kongsi dagang Belanda yang bertujuan ...16 (untuk menghindari persaingan di antara perusahaan dagang Belanda; untuk memperkuat diri agar dapat bersaing dengan perusahaan dagang negara lain seperti Portugis dan Inggris).
  6. Oleh Pemerintah Belanda, VOC diberi hak-hak istimewa (hak Oktroi) seperti ...17 (Hak monopoli dagang; Hak untuk membuat uang; Hak untuk mendirikan benteng; Hak untuk melaksanakan perjanjian dengan kerajaan di Indonesia; Hak untuk membentuk tentara),
  7. Untuk pertanyaan selanjutnya yaitu no 18 -20 diambil dari pertanyaan Paket A di atas tepatnya pada No.3 (soal no 3-5).

PAKET D
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN BARAT DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA

  1. Pengaruh Perluasan Kekuasaan Kolonial dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya terhadap munculnya nasionalisme Indonesia ...1
    No.BidangPengaruh Perluasan Kekuasaan Kolonial
    1.Bidang PolitikPengaruh kekuasaan Belanda semakin kuat, sedangkan pengaruh kekuasaan pribumi seperti raja, sultan, adipati, dan lainnya semakin kecil.
    2.Bidang EkonomiPenguasa pribumi tidak lagi mendapat penghasilan dari tanag jabatan (lungguh) dan upeti tapi diganti dengan gaji karena kedudukan mereka telah berubah menjadi aparat pemerintah kolonial.
    3.Bidang SosialKarena dianggap sebagai aparat pemerintah kolonial derajat kehormatan sebagai pemuka masyarakat menurun.
    4.Bidang BudayaSedikit demi sedikit mulai terasa masuknya pengaruh tata kehidupan barat dalam masyarakat Indonesia
  2. Siapakah yang pertama kali memiliki kesadaran akan nasib bangsanya dan memunculkan pergerakan nasional Indonesia? ...2 (Kaum elit terpelajar).
  3. Apakah perbedaan perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 dan sesudah tahun 1908? Ciri-ciri perjuangan sebelum tahun 1908: ...3 (Sifat perjuangan kedaerahan; Perlawanan dilakukan secara terpisah-pisah; Menggantungkan perjuangan hanya pada pimpinan (apabila pempinan tertangkap, maka perjuangan terhenti); Persenjataan tidak memadai; Masih terdapat politik adu domba oleh Belanda (devide et impera). Ciri-ciri perjuangan sesudah tahun 1908: ...4 (Sifat pergerakan sudah nasionalis (kebangsaan); Sistem organisasi dalam pergerakan lebih modern dan demokratis, dan tidak tergantung kepada pimpinan; Perjuangan digerakkan oleh golongan terpelajar yang memiliki pemikiran luwes; Perjuangan bersifat nonfisik seperti gerakan sosial, ekonomi, dan pendidikan).
  4. Apa faktor-faktor yang menyebabkan munculnya pergerakan nasional Indonesia? Faktor dari Dalam Negeri: ...51 (penderitaan yang berkepanjangan; bermunculan golongan cendikiawan, dan sejarah kejayaan Sriwijaya dan Majapahit di masa lampau yang pernah dialami bangsa Indonesia). Faktor dari Luar Negeri: ...6 (Peristiwa kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905; pergerakan nasional dari negara-negara tetangga misalnya India dan Filipina; adanya paham-paham baru yang masuk misalnya demokratis dan nasionalisme).
  5. Apa nama organisasi pergerkan pertama yang di bentuk oleh kaum terpelajar ...7 (Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 sehingga kini diperingati sebagai hari kebangkitan Nasional).
  6. Apa saja yang berperan dalam menumbuhkan Nasionalisme? ...8 (kaum terpelajar, professional, dan pers).
  7. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 1928 di Jakarta. Apa Isi keputusannya? ...9 (Mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda; Menetapkan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan; Menetapkan sang Merah Putih menjadi Bendera Indonesia; dan Semua organisasi pemuda Indonesia dilebur menjadi satu dengan nama Indonesia Muda).

    Pada setiap tanggal berapa diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda? ...10 (28 Oktober).

    Pada setiap tanggal berapa diperingati sebagai hari Ibu? ...11 (22 Desember).

  8. Aktivitas organisasi-organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah dibagi menjadi tiga periode yaitu masa pembentukan, masa radikal dan nonkooperatif, dan masa kooperatif (moderat). Jelaskan perbedaan antara masa radikal/nonkooperatif dan kooperatif? ...12 (Radikal/Nonkooperatif artinya keras/tidak mau bekerjasama dengan pemerintah Hindia Belanda sedangkan kooperatif atau moderat artinya lunak dan mau bekerjasama dengan pemerintah Hindia Belanda).

    Sebutkan nama-nama organisasi yang lahir pada masa pembentukan! ...13 (Budi Utomo, Sarikat Islam, Indische Oartij (IP)). Semula Sarikat Islam bernama Sarikat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh Haji Samanhudi tahun 1911 di Surakarta. Dan pada tanggal 10 September 1912 SDI diubah menjadi Sarikat Islam (SI) atas anjuran ...14 (H.O.S. Cokroaminoto).

    Apa Tujuan Sarikat Islam ...15 (Mengembangkan jiwa dagang; Mempertebal rasa persaudaraan dan tolong menolong di antara anggotanya; Memajukan hidup menurut perintah agama dan menghilangkan paham-paham yagn keliru tentang Islam).

    Selain organisasi nasional berdiri pula organisasi keagaama seperti ...16 (Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU)).

    Sebutkan nama-nama organisasi yang lahir pada masa nonkooperatif! ...17 (Perhimpunan Indonesia, Partai Komunis Indonesia (PKI), dan Partai Nasional Indonesia (PNI)).

    Dimana, tanggal berapa, dan apa nama partai yang didirikan oleh Ir. Soekarno? ...18 (Bandung, 4 Juli 1927 Ir.Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI)).

    Tujuannya adalah ...19 (menuju Indonesia merdeka).

    Sebutkan nama-nama organisasi yang lahir pada masa kooperatif! ...20 (Persatuan Bangsa Indonesia (PBI), Parindra (partai Indonesia Raya), Gerindo (Gerakan Rakyat Indonesia, Gapi (Gabungan Politik Indonesia)).

Demikian sajian soal ulangan harian tentang kebangkitan nasional dan untuk isi perangkat lainnya silahkan download dokumennya dalam bentuk file docs disini.

Mudah-mudahan ada manfaatnya dan bisa dipakai di kelas.

You Might Also Like:

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar