Skip to main content

Genap: Pelaksanaan Penilaian Harian 1 (PH-1) IPS Kelas VII

Kepada Bapak/Ibu rekan guru IPS kelas 7 yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sampai dengan sub-bab kegiatan ekonomi dan ada rencana melaksanakan penilaian, berikut perangkat penilaian harian I semester genap yang dapat Bapak/Ibu pakai di sekolah.

Cakupan materi yang diujikan antara lain tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia; jenis-jenis kebutuhan manusia; hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi; dan Kegiatan ekonomi.

Kali ini penilaian dibuat 2 versi, yaitu kalau yang versi pertama terdiri dari 25 soal PG dan 2 Uraian sedangkan versi kedua terdiri dari 15 soal Uraian.

PENILAIAN HARIAN VERSI 1

A. SOAL PILIHAN GANDA

    Pilihlah A, B, C, atau D yang kamu anggap paling benar!

  1. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan tersedianya alat pemenuhan kebutuhan disebut ...
    • A. kekurangan
      B. kemiskinan
      C. kelangkaan
      D. kesenjangan

  2. Yang bukan penyebab terjadinya kelangkaan adalah...
    • A. Tidak sebandingnya peningkatan kebutuhan manusia dengan alat pemuas kebutuhan
      B. Kondisi fisik antar wilayah yang berbeda sehingga sumber daya yang tersedia juga berbeda
      C. Terjadinya hama dan bencana alam
      D. Tidak putus-putusnya ditemukan sumber daya yang baru

    Baca juga:
    Penilaian Harian 1 IPS SMP/MTs Kelas 7 Semester Genap Tahun 2020

  3. Masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia adalah...
    • A. adanya kesulitan mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan
      B. sulitnya menemukan sumber daya baru dalam upaya meningkatkan persediaan barang dan jasa
      C. adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas dihadapkan pada alat pemenuhan pemenuhan yang terbatas
      D. adanya kebutuhan manusia yang terbatas sedangkan alat pemenuhan kebutuhan yang tidak terbatas

  4. Ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran merupakan pengertian dari...
    • A. Ilmu sosiologi
      B. Ilmu ekonomi
      C. ilmu sejarah
      D. Ilmu geografi

  5. Berikut adalah kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan!
    • (1) Membeli barang yang berkualitas
      (2) Menyisihkan uang untuk membeli kebutuhan mendadak
      (3) Membantu orang yang mengalami kesulitan
      (4) Membeli barang yang dianggap perlu dan penting
      (5) Memberi pinjaman uang tanpa mengambil bunga

      Yang merupakan kegiatan manusia sebagai makhluk ekonomi ditunjukkan oleh nomor...
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (2), dan (4)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (3), (4), dan (5)

  6. Pengertian kebutuhan adalah ...
    • A. keinginan terhadap barang dan jasa yang apabila tidak dipenuhi dapat mempengaruhi kehidupan
      B. keinginan akan suatu barang dan jasa yang apabila tidak dipenuhi tidak akan mempengaruhi kehidupan
      C. keinginan terhadap barang dan jasa yang tidak terlalu menuntut dalam pemenuhannya
      D. keinginan akan suatu barang dan jasa dengan tujuan meraih kesenangan hidup

  7. Di bawah ini daftar kebutuhan sekolah!
    1. Baju seragam
    2. Tas
    3. Buku tulis dan pulpen
    4. Sepatu
    5. Buku paket
    Urutan pemenuhan kebutuhan yang benar berdasarkan skala prioritas adalah...
    • A. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
      B. 1 - 4 - 2 - 3 - 5
      C. 3 - 5 - 1 - 4 - 2
      D. 5 - 3 - 1 - 4 - 2

  8. Budi lebih senang mengisi liburan dengan pergi jalan-jalan daripada Intan yang lebih memilih pergi kursus menari. Hal ini menunjukkan perbedaan...
    • A. Usia
      B. harga
      C. selera
      D. pendapatan

  9. Perhatikan bentuk hubungan suatu barang dengan barang lain berikut ini!
    • (1) Sepatu dan Kaos kaki
      (2) Ballpoint dan Pensil
      (3) Sepeda motor dan Bensin
      (4) Pasta dan Sikat gigi
      (5) Beras dan Singkong

      Yang merupakan barang komplementer adalah nomor...
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (3), dan (4)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (3), (4), dan (5)

  10. Jika membeli mobil untuk disewakan maka mobil termasuk jenis barang...
    • A. konsumsi
      B. produksi
      C. mewah
      D. bebas

    Baca juga:
    Penilaian Online: PH 1 IPS kelas 7 Semester 2 Tahun 2020

  11. Menurut subjek yang menggunakan lapangan basket termasuk kebutuhan...
    • A. jasmani
      B. rohani
      C. individu
      D. kolektif

  12. Faktor yang mendorong kegiatan ekonomi pada gambar berikut adalah ...
    • Gambar 1:
      A. motif berbuat sosial
      B. motif mendapat penghargaan
      C. motif memenuhi kebutuhan
      D. motif meraih kekuasaan

  13. Perhatikan gambar berikut!
    • Gambar 2: "Kegiatan gotong-royong mempersiapkan upacara kemasyarakatan"
      Peran yang dimainkan manusia dalam gambar di atas adalah...
      A. manusia sebagai makhluk ekonomi
      B. manusia sebagai makhluk sosial
      C. manusia sebagai makhluk beradab
      D. manusia sebagai makhluk individual

  14. Berikut adalah beberapa pengertian prinsip ekonomi, kecuali...
    • A. usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin
      B. dengan pengorbanan yang kita keluarkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan diharapkan
      C. dasar berpikir manusia yang digunakan untuk melakukan tindakan ekonomi
      D. berusaha dengan alat yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang seminimal mungkin

  15. Masita berkeliling di pasar untuk membeli tas. Terdapat empat toko yang menjual tas dengan kualitas sama yaitu toko Rama dengan harga Rp86.000,00, toko Lestari dengan harga Rp83.000,00, toko Fashion dengan harga Rp88.000,00, dan toko Sinar Jaya dengan harga Rp85.000,00. Sebagai orang yang mempunyai prinsip ekonomi maka Masita lebih memilih berbelanja di Toko...
    • A. Rama
      B. Lestari
      C. Fashion
      D. Sinar Jaya

  16. Produksi dalam arti luas adalah ...
    • A. Membuat barang dan jasa
      B. Mengambil barang langsung dari alam
      C. Menambah kegunaan barang dan jasa
      D. Menghasilkan dan meningkatkan nilai guna suatu barang dan jasa

  17. Berikut adalah faktor-faktor produksi, kecuali...
    • A. Alam
      B. Tenaga Kerja
      C. Barang dan jasa
      D. Modal

  18. Mengolah tanah, memilih bibit unggul, menyemai, menanam, merawat dan memberikan pupuk berimbang merupakan rangkaian kegiatan rutin petani.
    Ilustrasi di atas termasuk kegiatan...
    • A. produksi
      B. distribusi
      C. konsumsi
      D. seleksi

  19. Permasalahan ekonomi yang dihadapi produsen kaitannya dengan kepada siapa barang dan jasa harus didistribusikan adalah pertanyaan...
    • A. What?
      B. Whom?
      C. Why?
      D. How?

  20. Tujuan distribusi adalah...
    • A. Mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi dan menjadi barang jadi
      B. Menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen
      C. Menghabiskan nilai guna barang dan jasa
      D. Menghasilkan barang dan jasa

  21. Sistem distribusi melalui agen, grosir, pedagang kecil yang bertindak sebagai pedagang perantara merupakan distribusi...
    • A. langsung
      B. semi langsung
      C. tidak langsung
      D. skala besar

  22. Yang menjadi tujuan konsumsi adalah...
    • A. memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kepuasan
      B. membantu produsen menyalurkan barang
      C. untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya
      D. menghabiskan sumber daya

  23. Berikut ini yang merupakan konsumsi rumah tangga perusahaan adalah...
    • A. membeli beras, minyak goreng dan kebutahan pokok lainnya
      B. membeli rumah, lemari dan kulkas
      C. membangun sarana dan prasarana umum, menggaji pegawai
      D. membeli bahan baku, meminjam modal, mengangkat tenaga kerja

  24. Tujuan konsumsi rumah tangga negara adalah...
    • A. untuk memperoleh keuntungan
      B. untuk meningkatkan pungutan pajak
      C. untuk memperoleh kepuasan hidup
      D. untuk melayani kebutuhan masyarakat

  25. Jaket digunakan pada saat kedinginan dan payung digunakan pada saat hujan atau panas. Kegunaan jaket dan payung digolongkan ke dalam nilai guna...
    • A. Bentuk
      B. tempat
      C. waktu
      D. kepemilikan

B. SOAL URAIAN

    Jawablah soal uraian berikut dengan baik dan benar!

  1. Gilang mempunyai uang belanja sekolah sebesar Rp100.000,00. Macam-macam kebutuhan sekolah Gilang antara lain:
    • Uang jajan Rp18.000,00;
    • Buku paket Rp17.000,00;
    • Alat tulis (buku, pulpen, pensil, penghapus) seharga Rp32.000,00;
    • Transportasi Rp20.000,00;
    • Fotocopi LKS Rp13.000,00.

    • Menghadapi keterbatasan uang yang dimiliki dalam upaya memenuhi semua kebutuhan sekolahnya maka Gilang harus membuat skala prioritas. Bantulah Gilang untuk membuat tabel skala prioritas kebutuhan sekolahnya!

  2. Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi!

C. KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
    SOALKUNCI JAWABANSKORNILAI
    1.C13.2
    2.D13.2
    3.C13.2
    4.B13.2
    5.B13.2
    6.A13.2
    7.C13.2
    8.C13.2
    9.B13.2
    10.B13.2
    11.D13.2
    12.C13.2
    13.B13.2
    14.D13.2
    15.B13.2
    16.D13.2
    17.C13.2
    18.A13.2
    19.B13.2
    20.B13.2
    21.C13.2
    22.A13.2
    23.D13.2
    24.D13.2
    25.C13.2
    JUMLAH PG2580
  1. Urutan skala prioritasnya : 1) Alat tulis Rp32.000,00; 2) Buku paket Rp17.000,00; 3) Potokopi LKS Rp13.000,00; 4) transportasi Rp20.000,00; 5)Uang jajan Rp18.000,00 (3) (12)
  2. Barang ekonomis adalah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Misalnya tas, baju, sepatu. Sedangkan barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara dan air. (2) (8)

  3. Jumlah skor dan nilai soal uraian adalah masing-masing (5) dan (20).

    Jadi total skor dan nilai adalah masing-masing (30) dan (100).
    Sehingga rumus menghitung nilai peserta didik adalah:

    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100

PENILAIAN HARIAN VERSI 2

A. SOAL URAIAN

    Jawablah soal uraian berikut dengan baik dan benar!

  1. Jelaskan maksud manusia sebagai makhluk ekonomi! (1)
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan kelangkaan! (1)
  3. Jelaskan masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia! (2)
  4. Gilang mempunyai uang belanja sekolah sebesar Rp100.000,00. Macam-macam kebutuhan sekolah Gilang antara lain:
    • Uang jajan Rp18.000,00;
    • Buku paket Rp17.000,00;
    • Alat tulis (buku, pulpen, pensil, penghapus) seharga Rp32.000,00;
    • Transportasi Rp20.000,00;
    • Fotocopi LKS Rp13.000,00.

    • Menghadapi keterbatasan uang yang dimiliki dalam upaya memenuhi semua kebutuhan sekolahnya maka Gilang harus membuat skala prioritas. Bantulah Gilang untuk membuat tabel skala prioritas kebutuhan sekolahnya!(3)
  5. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kebutuhan manusia? (2)
  6. Kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya dibagi menjadi 3! Sebutkan. (2)
  7. Jelaskan perbedaan antara kebutuhan individual dan kebutuhan kolektif! Berikan masing-masing 2 contoh. (3)
  8. Sebutkan 4 macam motif ekonomi! (1)
  9. Sebutkan 2 contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi! (2)
  10. Jelaskan maksud mobil sebagai barang konsumsi dan mobil sebagai barang produksi! (2)
  11. Jelaskan pengertian produksi! (1)
  12. Jelaskan perbedaan antara tenaga kerja terdidik dan tenaga kerja terlatih! (2)
  13. Jelaskan tujuan distribusi! (1)
  14. Jelaskan yang dimaksud distribusi tidak langsung! (1)
  15. Jelaskan yang dimaksud kegiatan konsumsi! (1)

B. KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

  1. Manusia sebagai makhluk ekonomi artinya manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan, tentu saja dengan cara yang rasional sehingga dapat mencapai kesejahteraan. (1) (4)
  2. Kelangkaan adalah Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan. (1) (4)
  3. Adanya kebutuhan manusia yang terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas adanya. (2) (8)
  4. Urutan skala prioritasnya :
    1) Alat tulis Rp32.000,00;
    2) Buku paket Rp17.000,00;
    3) Potokopi LKS Rp13.000,00;
    4) transportasi Rp20.000,00;
    5)Uang jajan Rp18.000,00. (3) (12)
  5. Faktor-faktor perbedaan kebutuhan :
    1) Tingkat pedapatan;
    2) Tingkat pendidikan;
    3) Lingkungan tempat tinggal;
    4) Perbedaan selera;
    5) Kemajuan IPTEK;
    6) Status sosial. (2) (8)
  6. Jenisjenis kebutuhan berdasarkan intensitasnya:
    1) Kebutuhan primer;
    2) Kebutuhan sekunder; dan
    3) Kebutuhan tersier. (2) (8)
  7. Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perseorangan. Contohnya: makan, Buku tulis, dan lain lain.
    Sedangkan kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama. Contoh: Pasar, sekolah dan lain lain. (3) (12)
  8. Motif ekonomi yaitu:
    1) Motif untuk memenuhi kebutuhan;
    2) Motif untuk mendapatkan penghargaan;
    3) Motif untuk berbuat sosial;
    4) Motif untuk meraih kekuasaan. (1) (4)
  9. Prinsip ekonomi oleh konsumen:
    1) Membeli barang dengan memilih terlebih dahulu;
    2) Memilih barang yang kualitas bagus. (2) (8)
  10. Mobil sebagai barang konsumsi artinya mobil digunakan untuk transportasi pribadi dan keluarga sedangkan mobil sebagai barang produksi artinya mobil digunakan untuk memperoleh keuntungan misalnya dengan disewakan. (2) (8)
  11. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang/jasa. (1) (4)
  12. Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang menempuh pendidikan formal sedangkan tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang memiliki ketrampilan yang terlatih. (2) (8)
  13. Tujuan distribusi antara lain:
    1) Menyalurkan barang dari produsen kapada konsumen;
    2) Agar hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat;
    3) Kebutuhan masyarakat akan barang/jasa terpenuhi;
    4) Agar kontinuitas produksi terjamin. (1) (4)
  14. Distribusi tidak langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, pedagang kecil yang bertindak sebagai pedagang perantara. (1) (4)
  15. Konsumsi adalah setiap kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan setiap barang baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis. (1) (4)

  16. Jumlah skor dan nilai soal uraian adalah masing-masing (5) dan (20).

    Jadi total skor dan nilai adalah masing-masing (25) dan (100).
    Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 25 ) x 100

Demikianlah tadi sajian perangkat genap: pelaksanaan penilaian harian 1 (PH-1) IPS kelas VII mudah-mudahan ada manfaatnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar