Skip to main content

Slide Presentasi Nenek Moyang Bangsa Indonesia Materi IPS Kelas 7

Slide pembelajaran yang akan Admin bahas kali ini adalah tentang "Nenek Moyang Bangsa Indonesia" materi Bab 4 IPS kelas 7 pertemuan ke-3 semester genap. Sebelumnya telah dipelajari materi tentang nilai-nilai budaya dan tradisi masa praaksara di Indonesia lalu sekarang dilanjutkan dengan pelajaran bagaimana asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Materi ini Admin kutip dari buku paket dan berbagai sumber di internet kemudian menyusunnya ke dalam bentuk slide presentasi dengan mendasarkan pada apa yang Admin pahami.

Di sini Admin mendapati berbagai pendapat dari para ahli terkait asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang disertai dengan alasan dan bukti-buktinya. Para ahli sejarah sudah pasti melakukan sebuah penelitian yang mendalam terkait asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ini. Mengenai perbedaan faham ataupun pendapat di antara mereka, itu manusiawi dengan keterbatasannya karena kebenaran hanya milik Tuhan.

  • Seberapapun tingginya ilmu yang dimiliki seorang manusia dibandingkan dengan ilmu Tuhan, itu hanya bak setetes air di lautan luas tak bertepi. Bahkan ilmu yang dimiliki manusia itu sendiri adalah rahman/kasih dari Tuhan. Sebagai makhluk beriman dan beragama, kita tetap harus berpedoman pada kitab suci yang telah diturunkan Tuhan. Dalam kitab suci secara gamblang menjelaskan manusia pertama yang diciptakan adalah nabi Adam. Jadi semua ummat manusia merupakan keturunan dari nabi Adam.
  • Kesimpulan terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia yang Admin tulis ini didasarkan pada proses kedatangan nenek moyang yang lebih awal masuk dan mendiami wilayah Indonesia yaitu dari zaman es terakhir sekitar tahun 70.000 SM hingga 0 M. Keberagaman ras dan etnis bangsa Indonesia yang kita saksikan sekarang ini, itu merupakan hasil dari proses migrasi dan asimilasi setelah masa berikutnya baik secara internal maupun eksternal.
  • Pahamilah bahwa keberagaman ras bangsa Indonesia merupakan anugerah Tuhan agar kita dapat saling kenal mengenal satu sama lain. Menjadikan perbedaan ras sebagai salah satu sumber kekayaan dan modal bangsa untuk membangun kekuatan negara, tidak lantas kemudian perbedaan ras dijadikan sebagai sumber perpecahan.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan mampu menyelidiki asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

B. Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Terdapat 3 (tiga) ras utama yang merupakan nenek moyang bangsa Indonesia, yaitu: dari Ras Negroid/Negrito (Papua Melanesoid), Weddoid/Veddoid, dan Mongoloid (Malayan Mongoloid).

  1. Ras Papua Melanesia (Austromelanesoid)

    Ras Papua melanesia merupakan ras tertua yang telah mendiami Indonesia. Di perkirakan ras ini bermigrasi sejak 70.000 SM saat zaman es terakhir. Ciri-ciri fisik sebagai penanda adalah berambut keriting, bibir tebal, dan kulit hitam. Keturunan saat ini adalah suku bangsa Asmat, Amungme, Tapiro dan ratusan suku lainnya yang ada di Papua dan sekitar Papua.

  2. Ras Weddoid/Veddoid (Vedda)

    Ras Veddoid diperkirakan mulai bermigrasi sejak 2.000 SM pada masa neolithikum tapi masih menjalani tradisi primitif. Ciri-ciri fisik adalah berambut berombak, kulit sawo matang, dan bertubuh kecil. Keturunannya adalah suku bangsa Sakai, Kubu, Lubu, Talang Mamak di Sumatra, dan Tomuna, Toala di Sulawesi.

  3. Ras Mongoloid (Proto Melayu)

    Masa kedatangan ras mongoloid ini ke Indonesia terjadi dalam dua gelombang dari Yunnan, China Selatan. Migrasi gelombang pertama berlangsung sekitar tahun 1.500 SM pada masa Neolithikum. Ciri-ciri fisiknya adalah rambut lurus, kulit kuning kecoklat- coklatan, dan bermata sipit. Keturunan saat ini adalah suku bangsa Toraja di Sulawesi Selatan, Dayak di Kalimantan, Sasak di Lombok, dan Batak, Nias, Rejang, dan Gayo di Sumatera.

  4. Ras Mongoloid (Deutro Melayu)

    Kemudian migrasi gelombang kedua terjadi sekitar tahun 400 SM di zaman perunggu. Ciri-ciri fisik sama namun membawa kebudayaan yang lebih maju. Keturunan sekarang ini yaitu suku bangsa Melayu di Sumatera dan Kalimantan, Jawa, Sunda, Madura di Jawa, Bali di Bali, dan Bugis di Sulawesi.

Untuk mempelajari lebih detail lagi silahkan dilihat video slide sekaligus link download format file ppt.nya di bawah ini:

C. Pertanyaan

  1. Jelaskan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia!
  2. Bagaimana caranya agar keragaman etnis/suku yang ada dapat menjadi kekuatan untuk membangun bangsa dan negara kita?

Kegiatan selanjutnya peserta didik dalam kelompoknya bekerja bersama-sama mengumpulkan informasi/data, mengolah, dan menganalisis data untuk memecahkan permasalahan terkait nenek moyang bangsa Indonesia.

Baca juga materi pertemuan kedua dalam postingan berikut:
Slide Presentasi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia Materi Kelas 7

Demikian tadi postingan "Slide Presentasi Nenek Moyang Bangsa Indonesia" Materi IPS Kelas 7 semester genap, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar