Skip to main content

Slide Presentasi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia Materi Kelas 7

Berikut ini merupakan slide pembelajaran tentang "Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia" materi IPS kelas 7 yakni pada pertemuan ketiga semester genap. Sebelumnya telah dipelajari materi tentang periodisasi masa praaksara lalu sekarang dilanjutkan dengan pelajaran bagaimana nilai-nilai budaya yang diwariskan oleh masyarakat masa praaksara di Indonesia.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan mampu menyelidiki nilai-nilai budaya dan tradisi masa praaksara di Indonesia.

B. Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia

Nilai budaya adalah nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam lingkungan masyarakat yang telah mengakar pada kebiasaan, kepercayaan (believe), dan simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang bisa dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan perilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.
(dosensosiologi.com).

Terdapat 6 (enam) nilai budaya dan tradisi yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dan suri teladan pada kehidupan masyarakat praaksara, yaitu:

  1. Nilai Religius (Kepercayaan)

    Di sini nenek moyang bangsa Indonesia telah meletakkan dasar-dasar suatu kepercayaan/keimanan kepada kita. Walaupun kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat praaksara masih dalam tingkatan rendah namun paling tidak mereka telah mengajarkan bahwa kekuatan ghaib memang ada, karena di atas dunia ini masih ada sekelompok manusia yang tidak beriman dengan adanya Tuhan.

  2. Nilai Gotong Royong

    Hal-hal yang menyangkut kepentingan bersama hendaklah dilakukan secara bersama-sama (gotong royong) dengan prinsip berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.
    (sumberbelajar.belajar.kemdikbud.id)

  3. Nilai Musyawarah

    Dalam urusan penting dan atau urusan yang menyangkut kelangsungan hidup orang banyak perlu dilakukan musyawarah terlebih dahulu dengan menampung pendapat-pendapat dari warga untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan, baru kemudian membuat keputusan. Hal ini merupakan bentuk implementasi asas demokrasi.

  4. Nilai Keadilan

    Masyarakat praaksara telah menunjukkan sikap yang adil karena setiap orang memperoleh hak dan kewajiban sesuai kemampuannya.

  5. Tradisi Bercocok Tanam

    Hingga hari ini bercocok tanam atau bertani merupakan pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh bangsa Indonesia. Indonesia sampai saat ini masih merupakan negara agraris yang menyerap tenaga kerja paling besar dibandingkan sektor lainnya.

  6. Tradisi Bahari (Pelayaran)

    Masyarakat praaksara menggunakan perahu bercadik untuk menangkap ikan. Perahu bercadik adalah perahu yang kanan-kirinya dipasang alat dari bambu dan kayu agar perahunya tidak mudah oleng.

Untuk mempelajari lebih detail lagi silahkan dilihat video slide sekaligus link download format file ppt.nya di bawah ini:

Kegiatan selanjutnya peserta didik dalam kelompoknya bekerja bersama-sama mengumpulkan informasi/data, mengolah, dan menganalisis data untuk memecahkan permasalahan terkait nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia.

Baca juga materi pertemuan kedua dalam postingan berikut:
Slide Presentasi Periodisasi Masa Praaksara Materi IPS Kelas 7

Demikian tadi postingan "Slide Presentasi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia" Materi IPS Kelas 7 semester genap, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar