Uji Coba Kelompok Kompetensi C IPS
Selanjutnya, pada kesempatan kali ini admin kembali akan berbagi soal latihan UKG IPS yang disusun berdasarkan hasil pemahaman admin selama mempelajari salah satu modul pelatihan guru mata pelajaran IPS SMP yaitu modul Kelompok Kompetensi C.
Fokus pembahasan pada setiap modul pelatihan guru mapel IPS SMP adalah dalam rangka mengembangkan kompetensi guru terutama pada ranah profesional dan ranah pedagogik.
Dalam Modul KK C ini kompetensi ranah profesional yang diharapkan dapat dikuasai oleh guru IPS adalah "Pengembangan konsep, sikap, dan keterampilan dalam IPS Terpadu", sementara pada kompetensi ranah pedagogik adalah menguasai "Media pembelajaran".
Admin telah menuntaskan mempelajari modul pelatihan guru KK C tersebut dan menyusun contoh soal sebagai baehan latihan untuk dibagikan di sini kepada guru atau calon guru mapel IPS dan PPKn. Soal latihan ini disusun berdasarkan apa yang Admin pahami setelah mempelajari modulnya, jadi silahkan dibaca contoh soal uji coba KK C di bawah ini.
Soal Profesional:
Pengembangan Konsep, Sikap dan Keterampilan Dalam IPS Terpadu
1. Pernyataan yang benar terhadap proses-proses berlangsungnya pemikiran berikut ini adalah ....
- A. proses pengajaran dengan hanya menekankan pada pengetahuan dan pemahaman dapat langsung mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
B. kemampuan berpikir tingkat tinggi sudah sedia ada bersamaan dengan berkembangnya pengetahuan dan pemahaman
C. proses berpikir tingkat tinggi diawali pada sesuatu masalah yang menuntut pemanfaatan pengetahuan dan pemahaman yang sudah dimiliki seseorang
D. kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dikembangkan tanpa melalui proses pengajaran pengetahuan dan pemahaman
2. Berikut adalah proses belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik yang belajar ilmu pengetahuan sosial pada tingkat aplikasi dan di atasnya, kecuali ....
- A. studi kasus
B. isu kontroversial
C. studi pustaka
D. pengajaran konsep
3. Cara yang tepat dalam mengajarkan dan atau melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan proses berpikir adalah ....
- A. dalam pembelajaran guru menghadapkan peserta didik pada suatu permasalahan
B. guru membekali peserta didik untuk memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan
C. guru mengajak peserta didik ke perpustakaan untuk melakukan studi literatur
D. guru memberikan tugas mandiri meringkas materi kepada peserta didik
4. Di bawah yang dimaksud dengan sikap adalah ....
- A. proses memberi reaksi terhadap sesuatu sttimulus dalam lingkungan yang bermanfaat bagi kehidupan seseorang
B. patokan atau atau standar pola-pola pilihan yang dapat membimbing seseorang atau kelompok ke arah pemenuhan dan kepuasan
C. standar tingkah laku, keindahan, efisiensi atau penghargaan yang telah disetujui seseorang yang dengannya ia berusaha untuk hidup dan bersedia mempertahankannya
D. suatu keadaan yang ada pada diri seseorang yang menggerakkan untuk bertindak yang dengannya menyertai seseorang dengan perasaan-perasaan tertentu
5. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan hubungan antara nilai-nilai, sikap, dan perilaku adalah ....
- A. penanaman nilai merupakan hal penting dalam rangka pembinaan sikap dan perilaku peserta didik
B. sikap dan nilai subjektif secara bersama-sama menentukan munculnya perilaku peserta didik
C. sikap lebih bersifat global daripada nilai karena merupakan hal yang mendasari pandangan hidup dan perilaku seseorang
D. perilaku adalah kegiatan lahir yang terwujud berdasarkan nilai dan sikap yang ternanam dalam diri peserta didik
6. Sikap manusia memiliki peran yang sangat signifikan dalam perilaku dan tindakannya karena ....
- A. sikap merupakan ukuran tentang baik dan buruk mengenai tatalaku yang telah mendalam dalam kehidupan masyarakat
B. sikap merupakan sebuah patokan atau standar pola-pola pilihan yang dapat membimbing seseorang ke arah saitsfaction, fulfilment, and meaning"
C. sikap ada dalam alam pikiran orang sebagai anggota masyarakat sehingga berperilaku sesuai dengan kondisi sosial yang terjadi dalam masyarakat
D. sikap manusia mampu merespon terhadap kondisi sosial yang dialami di dalam lingkungannya, baik secara positif maupun negatif, baik yang berkenaan dengan persetujuan maupun penolakan
7. Pernyataan berikut yang tidak benar terhadap proses berlangsungnya kesadaran berpikir adalah ....
- A. kesadaran merupakan kemampuan untuk menyadari dan mempersepsi sesuatu yang ada
B. kesadaran dapat dicapai dan dipertahankan melalui nasehat orang lain secara terus menerus
C. kesadaran berawal dari proses sensasi kemudian diintegrasikan menjadi kehendak
D. kesadaran manusia timbul dikarenakan interaksi terhadap dunia luar
8. Kesadaran manusia terhadap suatu permasalahan dengan mendasarkan pada persepsi pribadi yang sempit sehingga tidak dapat melihat suatu permasalahan secara makro disebut kesadaran ....
- A. magis
B. profetik
C. naif
D. kritis
9. Perhatikan peta tingkat kesadaran manusia dalam melihat sebuah bencana klimatik berikut!
- Budi menyadari bahwa bencana kekeringan yang melanda masyarakat merupakan ketentuan atau takdir Ilahi sehingga manusia tidak memiliki free will untuk merubahnya
- Usman menyadari bahwa bencana kekeringan yang melanda masyarakat merupakan ketentuan atau takdir Ilahi dengan tetap memposisikan diri sesuai dengan perintah-Nya untuk menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi
- Toyo menyadari bahwa bencana kekeringan yang melanda masyarakat disebabkan oleh masyarakat itu sendiri yang tidak menjaga alam ini dengan baik
- Septian menyadari bahwa bencana kekeringan yang melanda masyarakat merupakan akibat dari sistem dan kebijakan yang salah dalam pengelolaan alam
Yang memandang bencana klimatik dengan kesadaran profetik ditunjukkan oleh ....
A. Budi
B. Usman
C. Toyo
D. Septian
10. Keterampilan menggabungkan bagian-bagian menjadi sebuah bentukan atau susunan yang baru merupakan salah satu keterampilan berpikir kritis yang disebut ....
- A. menganalisis
B. mensintesis
C. menyimpulkan
D. mengevaluasi
11. Kemampuan seseorang untuk memahami dan menyadari akan proses berpikir dirinya, kekuatan dan kelemahan proses berpikir dirinya disebut ....
- A. sistem kognisi
B. pengetahuan kognisi
C. regulasi kognisi
D. metakognisi
12. Kenyataan dilapangan yang membuktikan bahwa salah satu kemampuan metakognisi ini berjalan lambat pada manusia karena hanya dilakukan oleh orang-orang/siswa dewasa tidak oleh anak-anak dan remaja adalah ....
- A. sistem kognisi
B. pengetahuan kognisi
C. regulasi kognisi
D. pengendali kognisi
13. Strategi belajar yang ditunjukkan peserta didik pada komponen pengetahuan kognisi prosedural adalah berkaitan dengan mengetahui ....
- A. apa
B. bagaimana
C. mengapa
D. kapan
14. Berikut adalah bentuk dari regulasi kognisi, kecuali ....
- A. perencanaan
B. kondisional
C. pengelolaan
D. evaluasi
15. Berikut adalah beberapa strategi belajar peserta didik!
- Penilaian diri
- Perencanaan dan penetapan tujuan
- Mengulang dan mengorganisasi apa-apa yang telah diajarkan setelah pembelajaran
- Meminta bantuan guru atau teman saat mengalami kesulitan
- Membuat ringkasan saat pembelajaran berlangsung
- Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung/produktif
Urutan jenis strategi belajar dari yang paling efektif adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-6-2-3-5-4
C. 2-1-6-3-5-4
D. 2-6-4-3-1-5
16. Penerapan pengajaran strategi belajar kepada peserta didik berikut yang dapat meningkatkan elaborasi (penggarapan secara tekun dan cermat) adalah ....
- A. Guru mengajarkan peserta didik mengaktifkan apa yang sudah diketahui oleh mereka yang dapat dilakukan baik dengan diskusi kelas sebelum pembelajaran, brainstorming, maupun dengan mengklarifikasi konsep-konsep yang abstrak
B. Guru mengajarkan peserta didik mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan terdahulu mereka dan menghubungkan materi tersebut dengan konteks mereka sehari-hari
C. Guru mendorong respon afektif peserta didik dengan menanyakan bagaimana pendapat mereka, apakah mereka setuju atau tidak setuju mengenai topik-topik tertentu
D. Guru mengajarkan peserta didik strategi belajar yang paling sederhana misalnya mengulang-ulang materi yang sudah diterima
Soal Pedagogik:
Sumber dan Media Pembelajaran
17. Yang dimaksud sumber belajar menurut Sujana dan Rivai adalah ....
- A. segala macam sumber yang ada di luar diri peserta didik dan yang memungkinkan/memudahkan terjadinya proses belajar
B. daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung atau secara tidak langsung, sebagian atau keseluruhan
C. segala aspek yang bisa mendatangkan manfaat atau mendukung dan menunjang individu untuk berubah ke arah yang positif atau menuju perkembangan
D. daya yang memungkinkan individu berubah dari tidak tahu menjadi tahu, tidak terampil menjadi terampil, dan bisa membedakan mana yang baik dan mana tidak baik
18. Dalam kondisi tertentu pendidik menggunakan bahan (materials) seperti modul atau menggunakan bahan elektronik seperti e-book dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Ilustrasi di atas sesuai dengan fungsi sumber belajar yaitu ....
- A. menimbulkan semangat belajar tinggi
B. memberi kesempatan mencari pengalaman-pengalaman langsung
C. memberi kesempatan untuk belajar mandiri
D. menghilangkan kekacauan penafsiran yang berbeda
19. Video, film, slide, model, audio cassete, transparansi, dan realita objek merupakan macam-macam sumber belajar berbentuk ....
- A. cetak
B. non cetak
C. fasilitas
D. kegiatan
20. Terkadang dalam suatu kelas guru mengalami hambatan dalam pengadaan sumber belajar. Buku penunjang yang seharusnya dimiliki oleh setiap peserta didik karena faktor tertentu seperangkat sumber belajar digunakan secara patungan. Hal ini sesuai dengan faktor yang mempengaruhi sumber belajar yaitu ....
- A. keadaan pemakai
B. keadaan ekonomi
C. perkembangan teknologi
D. nilai-nilai budaya setempat
21. Agar setiap komponen yang terdapat dalam proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa, sehingga seluruh komponen saling berinteraksi dan beratraksi secara sistematis maka pendidik perlu membuat ....
- A. pembagian kerja
B. pengarahan
C. perencanaan
D. pengawasan
22. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep media pembalajaran adalah ....
- A. alat yang menyampaikan dan mengantarkan pesan-pesan pengajaran
B. media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan informasi
C. alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal
D. pesan atau informasi yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk ide atau gagasan, fakta, pengertian, dan data
23. Berikut yang bukan merupakan fungsi media pembelajaran adalah ....
- A. menyajikan informasi
B. memotivasi minat atau tindakan
C. penyedia informasi
D. memberi instruksi
24. Media yang berbentuk lukisan, sketsa, kata-kata simbol, gambar tiruan yang menyerupai aslinya dan diagram disebut ....
- A. media cetak
B. media asli
C. media grafis
D. media dengar
25. Perhatikan kelebihan-kelebihan media berikut!
- 1. Mudah dibuat dan mudah digunakan
2. Dapat memanipulasi ukuran, kecepatan gerak, warna, dan animasi
3. Dapat menampilkan kejadian dalam waktu singkat
4. Dapat menyiarkan peristiwa atau objek secara langsung
5. Dapat menembus keterbatasan ruang dan waktu
Yang termasuk kelebihan media film adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 5
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
26. Dasar pemilihan atau penentuan media pembelajaran yang akan digunakan oleh guru adalah ....
- A. memenuhi kebutuhan dan membangkitkan motivasi peserta didik
B. tingkat kesulitan materi pelajaran yang akan disampaikan
C. tuntutan kurikulum yang berlaku dan diterapkan pada satuan pendidikan
D. keluasan materi yang akan dibahas pada proses pembelajaran
27. Perhatikan kelemahan media pembelajaran berikut!
- 1. Komunikasi bersifat satu arah
2. Isi pesan hanya didengar sehingga cepat dilupakan
3. Perlu perhatian dan kecermatan penyimpanan transparan agar tidak menjamur
4. Tidak dapat dikontrol dan sangat terikat dengan jadwal siaran
Yang termasuk kelemahan radio terdapat pada ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
28. Aplikasi media presentasi berikut yang memiliki kemudahan dalam penggunaannya bahkan oleh orang yang awam komputer sekalipun adalah ....
- A. Macropedia Flash MX
B. Macropedia Dreamweaver
C. Ms. PowerPoint 2013
D. Course Design
29. Berikut adalah keuntungan menggunakan komputer dalam membuat bahan ajar, kecuali ....
- A. memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja
B. lebih mudah dalam pembuatan dan menghemat biaya
C. menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas
D. mempermudah penyempurnaan dan peyimpanan materi pembelajaran
30. Langkah-langkah memasukkan suara ke dalam slide adalah ....
- A. Insert - Picture - from File
B. Insert - Picture - Clip Art
C. Insert - Movies and Sound - ClipArt
D. Insert - Movies and Sound - Sound from File
Demikian sajian latihan soal UKG IPS Kelompok Kompetensi C (KK C) pada kesempatan kali ini mudah-mudahan bermanfaat.