Skip to main content

TTS Materi IPS Kelas 7 Kegiatan Ekonomi

Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat TTS buat rekan guru IPS kelas 7 yang mungkin bisa menjadi alternatif penilaian di kelas dalam upaya memperkuat ingatan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari. Tema TTS kali ini adalah membahas tentang Kegiatan Ekonomi. Seperti biasa di bawah postingan ini Admin telah menyediakan link download perangkat TTS lengkap beserta kunci jawabannya.

Tapi sebelumnya silahkan dibaca-baca terlebih dahulu gambaran perangkat penilaian tersebut di bawah ini.

A. Form Teka Teki Silang Materi Kegiatan Ekonomi

I. Mendatar

    Berikut pertanyaan mendatar:
    3. Pemilik perusahaan yang merupakan faktor produksi penting dalam proses produksi.
    5. Baju seragam sekolah lebih banyak laku terjual pada saat memasuki tahun ajaran baru. Hal ini menunjukkan baju seragam sekolah memiliki penambahan nilai guna ...
    6. Usaha manufaktur atau kegiatan mengolah barang mentah/bahan baku menjadi barang setengah jadi dan menjadi barang jadi.
    7. Sebutan untuk faktor produksi modal dan kewirausahaan.
    8. Sebutan yang disematkan pada faktor produksi alam dan tenaga kerja.
    9. Rumah tangga sebagai pelaku ekonomi yang berperan memakai, menggunakan, menghabiskan, atau mengurangi nilai barang/jasa.
    12. Pelaku ekonomi yang bertindak mengatur dan mengontrol jalannya roda perekonomian.
    13. Kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang/jasa.
    16. Rumah tangga penghasil barang/jasa.
    19. Nilai guna yang ditunjukkan kerang setelah dibawa ke pengrajin cindera mata.
    20. Orang atau perusahaan perantara yang mengusahakan penjualan bagi perusahaan lain.
    21. Pengolahan barang mentah atau bahan baku menjadi kain.
    22. Pengolahan kain menjadi baju, kemeja, celana dan barang jadi lainnya.
    25. Utility yang ditunjukkan kacang kedelai setelah diolah menjadi tahu atau tempe.
    26. Pedagang besar yang kegiatannya membeli produk dalam jumlah besar dari distributor dan menjualnya kembali ke pengecer.
II. Menurun

    Berikut pertanyaan menurun:
    1. Lembaga atau perorangan yang melakukan distribusi.
    2. Masalah ekonomi yang dihadapi produsen terkait pertanyaan kepada siapa barang produksi tersebut didistribusikan.
    4. Nilai guna
    7. Tenaga kerja yang menempuh pendidikan formal.
    8. Faktor produksi berupa pemanfaatan lahan, air, udara, sinar matahari, dll dalam proses produksi.
    9. Penambahan nilai guna yang ditunjukkan alat musik gitar apabila dipegang oleh yang ahli memainkan gitar.
    10. Sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen disebut distribusi ... langsung.
    11. Cara menyalurkan barang/jasa tanpa melalui perantara misalnya pengusaha restoran.
    14. Permasalahan ekonomi yang harus dijawab oleh produsen terkait barang-barang apa saja yang akan dihasilkan dan bahan-bahannya apa saja.
    15. Kegiatan memakai,menggunakan atau menghabiskan kegunaan setiap barang baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis.
    16. Orang atau perusahaan yang menjual barang.
    17. Perantara atau perwakilan
    18. Tenaga kerja yang memiliki ketrampilan khusus.
    23. Faktor produksi berupa uang, alat, gedung dan atau mesin-mesin di dalam proses produksi.
    24. Bagaimana memilih faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang? Pertanyaan ini sesuai dengan salah satu dari tiga masalah yang dihadapi produsen yaitu ...

Kembali ke postingan :
Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.

B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi TTS Materi Kegiatan Ekonomi

    Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
    Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 30 kunci jawaban masing-masing 15 mendatar dan 15 menurun maka skornya menjadi 30. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100

Silahkan didownload perangkat TTS-nya: Di sini!

PRODUKSIUTILITASTEMPATWAKTUKEPEMILIKAN
FORMWHATHOWWHOMASLI
TURUNANTERLATIHMODALALAMTERDIDIK
SEMIKEWIRAUSAHAANDISTRIBUTORMAKELARLANGSUNG
AGENGROSIRPEDAGANGKONSUMSIKELUARGA
PERUSAHAANNEGARAINDUSTRITEKSTILGARMEN

Demikianlah tadi contoh TTS Materi IPS Kelas 7 Kegiatan Ekonomi, mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar