Skip to main content

Pengertian dan Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial Materi Kelas 8

Setiap orang menginginkan kehidupan yang lebih baik daripada keadaannya yang sekarang ini. Namun dalam kehidupan nyata, di lingkungan sosialnya, seseorang akan menghadapi banyak persaingan. Oleh karena itu, seseorang harus memiliki kepribadian yang tangguh dan tekad yang kuat supaya meraih kesuksesan.

Dalam kisah tertentu, seseorang/sekelompok orang dapat meraih kesuksesan sehingga mampu meningkatkan kelas sosialnya. Kemudian dalam kisah lainnya, seseorang/sekelompok orang ternyata mengalami penurunan kelas sosial di dalam masyarakat. Fenomena sosial semacam ini disebut dengan Mobilitas Sosial.

Beberapa pertanyaan mendasar:
  • Apa yang dimaksud mobilitas sosial?
  • Apa saja bentuk mobilitas sosial?
  • Apa faktor-faktor yang mendorong terjadinya mobilitas sosial?
  • Apa faktor-faktor yang menghambat terjadinya mobilitas sosial?
  • Apa saja yang menjadi saluran terjadinya mobilitas sosial?
  • Apa saja dampak mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat?

Tujuan Pembelajaran

Diharapkan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian mobilitas sosial;
2. Menjelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial.

A. Pengertian Mobilitas Sosial

Apa itu mobilitas sosial?

Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Seseorang yang mengalami perubahan kedudukan (status) sosial dari suatu lapisan ke lapisan lain baik menjadi lebih tinggi maupun menjadi lebih rendah dari sebelumnya atau hanya berpindah peran tanpa mengalami perubahan kedudukan disebut mobilitas sosial.

Pengertian mobilitas sosial menurut para ahli:
  1. Paul B. Horton: Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.
  2. Kimball Young dan Raymond W. Mack: Mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial mencakup sifat hubungan antar individu dalam kelompok dan hubungan antar individu dan kelompoknya.
  3. Anthony Giddens: Mobilitas sosial menunjuk pada gerakan dari orang per orang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.
  4. Horton dan Hunt: Mobilitas sosial merupakan tindakan berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.
Berikut beberapa contoh mobilitas sosial dalam kehidupan masyarakat kita, misalnya:
  • Seorang pensiunan pegawai pemerintahan yang beralih menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.
  • Seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil, lalu membuka usaha lain, namun gagal dan akhirnya jatuh miskin.
  • Seorang pegawai perusahaan yang dipindahkan ke salah satu cabang di daerah lain dengan tetap menjadi pegawainya di sana.
B. Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial

Bagaimanakah bentuk-bentuk mobilitas sosial?

Bentuk mobilitas sosial dikelompokkan menjadi 2 (dua) macam, yaitu mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal. Berikut penjelasan masing-masing bentuk mobilitas sosial:

a. Mobilitas Vertikal

Yang dimaksud mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan seseorang atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat, baik pindah ke tingkat yang lebih tinggi (social climbing) maupun turun ke tingkat yang lebih rendah (social sinking).
1) Mobilitas vertikal ke atas (Social climbing) adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang atau naiknya orang-orang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi. Misalnya: Seorang pensiunan pegawai pemerintahan yang beralih menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.

2) Mobilitas vertikal ke bawah (Social sinking) adalah proses penurunan status atau kedudukan seseorang. Misalnya: Seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil, lalu membuka usaha lain, namun gagal dan akhirnya jatuh miskin.

b. Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama/sederajat. Mobilitas horizontal merupakan peralihan individu atau objek-objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Pada mobilitas horizontal, tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang. Misalnya: Seorang pegawai perusahaan yang dipindahkan ke salah satu cabang di daerah lain dengan tetap menjadi pegawainya di sana.

Berikut pemaparan materinya dalam bentuk tayangan video:

Link download RPP 1 halaman terkait materi ini: Satu Halaman RPP untuk 8 kali Pertemuan Materi Mobilitas Sosial

Demikian pemaparan materi pengertian dan bentuk-bentuk mobilitas sosial, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar