Skip to main content

Download Kisi-Kisi Soal Penilaian IPS Kelas 7

Untuk melengkapi administrasi guru IPS SMP, pada postingan kali ini Admin akan berbagi kumpulan kisi-kisi soal penilaian pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2016.

Membuat kisi-kisi bisa dikatakan merupakan suatu kewajiban bagi setiap guru ketika akan melaksanakan suatu penilaian. Kisi-kisi adalah spesifikasi yang memuat kriteria soal yang akan ditulis meliputi KD yang akan diukur, materi, indikator soal, jumlah soal, dan bentuk soal. Kisi-kisi disusun untuk memastikan butir-butir soal mewakili apa yang seharusnya diukur secara proporsional. Pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dengan kecakapan berfikir tingkat rendah hingga tinggi akan terwakili secara memadai. (Buku Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk SMP-Kemendikbud, 2016. Hal:55)

Dalam buku tersebut juga disebutkan bagaimana langkah-langkah dalam pengembangan instrumen penilaian yaitu dimulai dari: menyusun kisi-kisi; menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal; dan terakhir menyusun pedoman penskoran.

Pada waktu tertentu Bapak Kepala Sekolah ataupun Bapak Pengawas Sekolah meminta kelengkapan administrasi ini ketika melaksanakan supervisi. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Admin mau membantu teman-teman guru untuk menyediakan format kisi-kisi tersebut sebagai arsip administrasi guru dengan men-download tautan di bawah ini.

Bentuk dokumen berbentuk aplikasi Ms Word sehingga mudah untuk diedit. Dokumen ini memuat form kisi-kisi, form lembar soal, form pedoman penskoran, dan form lembar jawaban.

KISI-KISI SOAL PENILAIAN IPS KELAS VII SEMESTER GANJIL

1. PENILAIAN HARIAN (PH)
2. PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
  • Penilaian Tengah Semester Ganjil IPS KLS 7. Download
3. PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
  • Latihan Soal Penilaian Akhir Semester I IPS Kls 7. Download

Kolom "Contoh Instrumen" kisi-kisi, silahkan dipetik berdasarkan postingan soal penilaian di dalam blog ini.

KISI-KISI SOAL PENILAIAN IPS KELAS VII SEMESTER GENAP

1. PENILAIAN HARIAN (PH)
2. PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
3 PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

Pada kegiatan pengoreksian lembar jawaban, Admin sendiri biasanya menggunakan sebuah aplikasi yang bernama FLEKSIAN. Aplikasi analisis penilaian ini sangat praktis dipakai dan memberikan hasil yang beragam. Teman-teman bisa memperoleh aplikasi ini pada situs pembuatnya yaitu smpnegeri5martapura.blogspot.com.

Demikian semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar