Skip to main content

RPP IPS Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional Kelas 8

Baik rekan-rekan guru IPS semuanya, RPP IPS yang akan Admin bagikan kali ini merupakan bagian terakhir pada pembahasan Bab III IPS kelas 8 yakni tentang pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional. Dalam RPP ini pembelajaran direncanakan akan tuntas dalam 3 kali pertemuan (tatap muka) dan non tatap muka.

Model pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan tema penelitian "Pendistribusian Kembali Pendapatan Nasional". Secara umum kegiatan pembelajaran pada model PjBL terdiri atas tiga bagian yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Pada RPP kali ini bagian persiapan dan pelaporan dilaksanakan melalui tatap muka sedangkan pelaksanaan kegiatan penelitian melalui non tatap muka.

Tugas Penelitian

Tema:
Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional

  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan penelitian sederhana tentang redistribusi pendapatan nasional di tempat tinggal peserta didik sendiri dan dideskripsikan menjadi sebuah laporan proyek dengan pokok-pokok uraian materi sebagai berikut:
    (1) Bagaimana lokasi pelelangan ikan/industri pengolahan hasil pertanian dibangun?
    (2) Apakah para nelayan/petani pernah menerima bantuan dari pemerintah berkaitan program redistribusi pendapatan?
  • Batas waktu pengumpulan tugas 1 minggu

Jadwal Pelaksanaan Penelitian

Berikut jadwal kegiatan membuat laporan penelitian tentang pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional di tempat tinggal peserta didik:

No.KegiatanWaktu
1.Merancang bahan persiapan untuk penelitian pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional di tempat pelelangan ikan/industri pengolahan hasil pertanian80 menit (Pertemuan ke-13)
2.Melaksanakan penelitian tentang pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional di tempat pelelangan ikan/industri pengolahan hasil pertanian berdasarkan bahan yang dipersiapkanNon tatap muka
3.Menyusun laporan hasil penelitian tentang pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional di tempat pelelangan ikan/industri pengolahan hasil pertanian80 menit (Pertemuan ke-15)
4.Mempresentasikan laporan hasil penelitian tentang pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional di tempat pelelangan ikan/industri pengolahan hasil pertanian80 menit (Pertemuan ke-15

Baiklah, link download RPP IPS pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional yang dimaksud tersemat pada tautan berikut.
Di sini

Demikian RPP IPS pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional kelas 8 yang dapat Admin bagikan semoga bermanfaat dan sampai ketemu kembali pada RPP-RPP Bab IV lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar