Skip to main content

RPP IPS Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia Kelas 8

Link download RPP penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia segera dapat diakses sebentar lagi. RPP yang akan Admin bagi ini merupakan RPP yang ketiga pada mata pelajaran IPS kelas 8 semester genap. Pembelajaran direncanakan akan berlangsung dalam 4 kali pertemuan yaitu pertemuan ke-9 s.d ke-12.

Model pembelajaran menggunakan model pembelajaran penemuan atau (Discovery Learning) yang terdiri dari 5 langkah yaitu melakukan stimmulasi dan mengajukan pertanyaan, pernyataan/identifikasi masalah (hipotesis), pengumpulan data dan pengolahan/analisis data, pembuktian, dan generalisasi/menarik kesimpulan.

Tujuan pembelajaran yang ditargetkan adalah melalui model pembelajaran penemuan diharapkan peserta didik dapat menganalisis model penguatan ekonomi maritim dan menganalisis model penguatan agrikultur dengan kritis.

Link download RPP IPS penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia yang akan Bapak dan Ibu rekan guru peroleh dapat dibuka di sini.

Di bawah ini adalah rubrik penilaian pengetahuan yang dapat dipakai oleh rekan-rekan:

  1. Ekonomi maritim adalah kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, pembangunan pelabuhan dan pengoperasiannya, industri galangan kapal beserta perawatannya, serta industri-industri dan jasa-jasa lainnya yang terkait. Nilai dan skor (2) (20)


  2. Potensi ekonomi maritim yang dimiliki Indonesia, yaitu dari sektor pelayaran, perikanan, dan pariwisata bahari. Nilai dan skor (2) (20)
  3. Strategi yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi maritim antara lain: (1) memacu percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim, membangun jalur tol laut, pelabuhan laut dalam, logistik; (2) untuk menyambut ASEAN Connectivity, Indonesia menyiapkan lima pelabuhan besar; (3) penerbitan regulasi yang sesuai dengan semua pihak.Nilai dan skor (2) (20)
  4. Strategi yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengembangkan sektor agrikultur antara lain: (1) ekofarming; (2) distribusi pupuk secara merata; dan (3) perbaikan irigasi. Nilai dan skor (2) (20)
  5. Potensi agrikulrut yang dimiliki Idonesia, antara lain: (1) produk pertanian segar dalam bentuk buah-buahan dan sayuran; dan (2) produk rempah-rempah dan Bahan Bakar Nabati (BBN). Nilai dan skor (2) (20)

Demikian perangkat RPP sub materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia yang sederhana ini yang dapat Admin bagikan dan mudah-mudahan dapat bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar