Alternatif Kedua Latihan Soal PAS IPS Kelas 7 Ganjil
Pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi alternatif lainnya tentang latihan soal atau try out pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) IPS kelas 7 ganjil. Buat teman-teman guru IPS yang berminat sangat dipersilahkan untuk menggunakan latihan soal ini di kelas masing-masing.
Baiklah, langsung saja dilihat perangkat latihan soal penilaian akhir semester di bawah ini:
Penilaian Akhir Semester (PAS) IPS Kelas 7 Ganjil
A. Indikator Soal
- Siswa dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang
- Siswa dapat mengidentifikasi pernyataan yang menunjukkan peristiwa interaksi antarruang
- Siswa dapat menyebutkan faktor yang mendorong perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan
- Siswa dapat menganalisa bagan/ilustrasi tentang faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial
- Siswa dapat menjelaskan aktivitas penduduk dalam konteks ruang
- Siswa dapat menyebutkan letak astronomis Indonesia
- Siswa dapat menganalisa gambar peta dunia dan mengidentifikasi ciri-ciri iklim tropis
- Siswa dapat mengidentifiksi dampak positif letak geografis Indonesia di bidang ekonomi
- Siswa dapat menganalisa penyebab Indonesia memiliki tanah yang subur berdasarkan letak geologis
- Siswa dapat mengidentifikasi simbol warna
- Siswa dapat menyebutkan batas-batas Indonesia
- Siswa dapat menyebutkan daerah-daerah pembagian waktu di Indonesia
- Siswa dapat mengidentifikasi gambar komponen peta
- Siswa dapat mengidentifikasi pernyataan tentang manfaat potensi sumber daya laut
- Siswa dapat menyebutkan usaha memperbaiki kerusakan lingkungan hutan
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan barang tambang batu bara dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menyebutkan salah satu jenis barang tambang yang terdapat di daerah Lombok
- Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan dari barang tambang bauksit
- Siswa dapat menyebutkan manfaat terumbu karang bagi kehidupan makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi manfaat ekonomis hutan mangrove
- Siswa dapat menjelaskan tujuan p'ogram K B di Indonesia
- Siswa dapat mengidentifikasi tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu negara
- Siswa dapat menyebutkan nama rumah adat di suatu daerah Indonesia
- Siswa dapat mengidentifikasi upaya pemerintah mengatasi masalah persebaran penduduk Indonesia
- Siswa dapat menganalisa gambar tentang kesenian/budaya dari daerah Lombok
- Siswa dapat menganalisa dampak yang ditimbulkan dari keragaman sosial budaya di Indonesia jika tidak disikapi secara bijak
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri rumah penduduk di daerah dataran rendah
- Siswa dapat mengidentifikasi gambar yang menunjukkan jenis fauna tipe peralihan
- Siswa dapat menjelaskan penyebab berkembang pesatnya kegiatan perdagangan dengan negara asing
- Siswa dapat menyebutkan angin yang menyebabkan terjadinya musim hujan di Indonesia
- Siswa dapat menjelaskan alasan pengolahan lahan pertanian dengan sistem terassering
- Siswa dapat menjelaskan keuntungan pariwisata akibat perubahan interaksi antarruang di bidang ekonomi
- Siswa dapat menyebutkan contoh interaksi keruangan
- Siswa dapat menyebutkan dampak positif interaksi antarruang di bidang sosial budaya
- Siswa dapat menjelaskan dampak positif interaksi antarruang di bidang perdagangan
- Siswa dapat menjelaskan dampak negatif kepadatan penduduk di perkotaan terhadap lingkungan
- Siswa dapat menyebutkan syarat terjadinya proses interaksi sosial
- Siswa dapat memberikan contoh peristiwa interaksi soaial
- Siswa dapat mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya interaksi sosial
- Siswa dapat menganalisa gambar tentang macam-macam interaksi sosial
- Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam akomodasi berdasarkan soal cerita
- Siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
- Siswa dapat mengidentifikasi proses interaksi yang melatarbelakangi pembentukan lembaga ekonomi
- Siswa dapat mengidentifikas interaksi sosial yang melatarbelakangi pembentukan lembaga ekonomi
- Siswa dapat menyebutkan contoh ciri lembaga sosial yang berupa simbol
- Siswa dapat menyebutkan lembaga sosial yang berperan dalam pembentukan kepribadian anak
- Siswa dapat menganalisa macam lembaga sosial berdasarkan gambar
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pendidikan informal
- Siswa dapat menjelaskan peran dari lembaga agama
- Siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembaga hukum
B. Soal Pilihan Jamak
- Perhatikan gambar berikut!
- Pernyataan berikut yang menunjukkan interaksi antarruang adalah ....
- Salah satu bentuk interaksi antarruang adalah migrasi. Faktor pendorong perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan adalah ....
- Budi seorang pedagang Alat Tulis Kantor (ATK). Semula Budi membeli barang di pasar A dengan kondisi jalan raya sudah rusak. Karena di pasar B kondisi jalan rayanya lebih baik, maka Budi beralih membeli ATK di pasar B. Berdasarkan ilustrasi di atas, faktor yang memengaruhi adalah ...
- Aktivitas penduduk tidak dapat terlepas dari konteks ruang. Artinya, aktivitas tersebut ....
- Letak astronomis Indonesia adalah ....
- Perhatikan peta dunia berikut!
- Dilihat dari letak geografis, wilayah Indonesia berada di jalur persimpangan dunia. Posisi ini membawa dampak positif bagi Indonesia di bidang ekonomi yaitu ....
- Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Keadaan ini membawa pengaruh positif terhadap wilayah Indonesia karena ....
- Perhatikan tabel di bawah ini!
No. A B 1 Merah Perairan 2 Hijau Jalan 3 Biru Daratan - Indonesia berbatasan dengan 10 negara tetangga baik berupa batas darat maupun batas laut. Berikut yang merupakan batas negara Indonesia bagian selatan adalah ....
- Pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur berada pada wilayah pembagian waktu yang sama yaitu ....
- Gambar berikut menunjukkan bahwa peta meiliki skala ....
- Perhatikan keterangan berikut!
- Sebagai bahan baku agar-agar
- Sebagai bahan baku pembuatan kosmetik
- Sebagai penyedap makanan
- Usaha pemerintah dalam memperbaiki kerusakan lingkungan hutan adalah ....
- Perhatikan pernyataan berikut!
- Bahan bakar pembangkit listrik
- Bahan dasar tinta kering
- Produksi besi dan baja
- Molding Sand (cetakan pasir dan pengecoran logam)
- Logam, kimia, dan metalergi
- Bahan dasar pembuatan keramik
- Salah satu barang tambang yang terdapat di daerah Lombok ....
- Sumber daya tambang bauksit dapat dimanfaatkan untuk ....
- Indonesia memiliki kekayaan terumbu karang yang melimpah, salah satu manfaat terumbu karang bagi makhluk hidup Secara Ekologi adalah ....
- Manfaat ekonomis hutan mangrove adalah ....
- P'og'am K B yang dilaksanakan pemerintah bertujuan mengatasi permasalahan kependudukan yaitu ....
- Tingkat harapan hidup, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan merupakan tolak ukur dari ....
- Nama rumah adat dari daerah Aceh adalah ....
- Upaya pemerintah dalam mengatasi masalah persebaran penduduk yang tidak merata adalah dengan ....
- Perhatikan gambar berikut!
Sumber: Screenshoot video "Rudat Borok Terbaru di Legu Lombok Tengah Full Video" Oleh Temu Karya 05 Official.
- Indonesia merupakan Negara yang memiliki keragaman sosial budaya. Keragaman sosial budaya di Indonesia menjadi harta yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Jika keragaman sosial budaya tersebut tidak disikapi secara bijak, akibatnya akan terjadi ....
- Yang bukan termasuk ciri-ciri rumah di daerah dataran rendah adalah ....
- Dari gambar berikut yang termasuk jenis fauna tipe peralihan adalah ....
- Kegiatan perdagangan antara penduduk lokal dan penduduk asing dapat berkembang pesat di wilayah Indonesia karena letak Indonesia yang sangat strategis di jalur perdagangan dunia karena wilayah Indonesia diapit oleh dua Benua dan dua Samudera. Dua Benua tersebut adalah ....
- Berlangsungnya musim hujan di Indonesia sebagai akibat dari pergerakan angin ....
- Lahan pertanian di daerah perbukitan dikembangkan dengan sistem terasering karena ....
- Kegiatan pariwisata menimbulkan interaksi antar daerah dengan datangnya wisatawan. Kondisi tersebut menguntungkan daerah wisata secara ekonomi. Contoh keuntungannya adalah ....
- Berikut yang merupakan contoh bentuk interaksi keruangan adalah ....
- Perhatikan dampak interaksi sosial berikut!
- Meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat
- Semakin dikenalnya kesenian daerah
- Meningkatnya kerja sama antar daerah
- Berkurangnya rasa toleransi dan saling menghormati
- Interaksi antar daerah dalam kegiatan perdagangan menimbulkan berbagai dampak. Satu dampak positifnya adalah ....
- Kepadatan penduduk di perkotaan menyebabkan perubahan lingkungan. Salah satu perubahan lingkungan yang berdampak negatif yaitu ....
- Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memenuhi syarat ....
- Berikut ini contoh terjadinya interaksi sosial ....
- Pada saat teman kia mengalami musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya. Tindakan tersebut dinamakan ....
- Perhatikan gambar berikut!
- Pak Gunawan menyelesaikan perselisihannya dengan Pak Rudi melalui pengadilan atau meja hijau. Tindakan Pak Gunawan tersebut merupakan bentuk akomodasi yaitu ....
- Hubungan sosial antar suku dapat mendorong terjadinya pertukaran budaya. Bentuk pertukaran budaya yang dapat terjalin harmonis tanpa menghilangkan unsur salah satu budaya disebut ....
- Perhatikan proses interaksi proses interaksi sosial berikut!
- Keinginan melanjutkan keturunan
- Sosialisasi nilai sosial dalam keluarga
- Kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli
- Mengangkat pemimpin dalam masyarakat
- Tukar menukar barang antar individu
- Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu, manusia berinteraksi dengan manusia lain sebagai upaya tukar menukar barang. Proses interaksi sosial tersebut mempengaruhi pembentukan lembaga ....
- Contoh simbol dalam lembaga sosial tampak pada pernyataan ....
- Lembaga sosial yang berperan dalam pembentukan kepribadian anak adalah ....
- Bentuk lembaga sosial berdasarkan gambar berikut adalah ....
- Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri pendidikan informal adalah ....
- Lembaga agama memiliki ajaran yang dijadikan pedoman hidup masyarakat. Pedoman tersebut dimaksudkan agar masyarakat memperoleh keselamatan dalam menjalani hidup. Berdasarkan uraian tersebut, sikap yang tepat dilakukan oleh masyarakat adalah ....
- Perhatikan fungsi lembaga sosial berikut!
- Melindungi masyarakat dari tindakan kejahatan
- Mengembangkan kreativitas masyrakat
- Memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar hukum
- Menumbuhkan sikap demokratis
Pilihlah opsi A, B, C, atau D yang kamu anggap paling benar !
- Dari gambar di atas, interaksi antarruang terjadi karena dipengaruhi oleh faktor ...
A. Saling melengkapi
B. Kesempatan antara
C. Kemudahan transfer
D. Kemudahan jangkauan
- A. Petani mengembangkan tanaman padi di tanah irigasi
B. Pengembangan jaringan internet di pedesaan
C. Penduduk perkotaan membeli bahan pokok ke penduduk desa
D. Di daerah perkotaan tersedia banyak fasilitas umum
- A. Di daerah perkotaan bentuk reliefnya datar
B. Di daerah perkotaan terdapat tanah yang relatif subur
C. Penduduk perkotaan lebih beragam
D. Di perkotaaan tersedia banyak lapangan kerja
- A. Dapat dipindahkan (transferability)
B. Keterhubungan (connectivity)
C. Kesempatan antara (intervening opportunity)
D. Saling melengkapi (complementarity)
- A. Berlangsung pada lokasi tertentu
B. Memerlukan ruang yang terbatas
C. Melibatkan manusia dari berbagai ruang
D. Memerlukan tempat untuk beraktivitas
- A. 6 LU - 11 LS dan 95 BT - 141 BT
B. 6 LU - 11 LS dan 95 BB - 141 BB
C. 6 LS - 11 LS dan 95 BT - 141 BB
D. 6 LS - 11 LU dan 95 BT - 141 BT
- Daerah yang diarsir adalah daerah-daerah yang mengalami iklim tropis dengan ciri-ciri berikut ini, kecuali ....
A. Mengenal dua musim yaitu musim hujan dan kemarau
B. Memiliki 3 daerah pembagian waktu
C. Suhu udara tinggi
D. Curah hujannya tinggi
- A. Budaya asing semakin berkembang di Indonesia
B. Interaksi penduduk antarnegara semakin intens
C. Kondisi berpolitik dalam negeri semakin stabil
D. Kegiatan ekspor dan impor semakin meningkat
- A. Indonesia sering mengalami bencana tsunami
B. Indonesia kaya berbagai potensi SDA dan mineral
C. Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif
D. Indonesia seringkali terjadi gempa bumi tektonik
- Pasangan yang tepat antara keterangan warna objek dengan objeknya ditunjukkan oleh kombinasi ....
A. (A1;B1) dan (A2;B2)
B. (A1;B2) dan (A2;B3)
C. (A2;B3) dan (A3;B2)
D. (A3;B1) dan (A1;B3)
Baca juga latihan soal PAS IPS Kelas 7 Ganjil VERSI lainnya pada postingan berikut:
A | B | C | D |
Malaysia | Papua Nugini | Timor Leste | Samudera Hindia |
Singapura | Samudera Pasifik | Australia | Selat Benggala |
Filipina | Timor Leste | Samudera Hindia | Papua Nugini |
- A. Greenwich Mean Time (GMT)
B. Waktu Indonesia Barat (WIB)
C. Waktu Indonesia Tengah (WITA)
D. Waktu Indonesia Timur (WIT)
- A. 1 : 5.000.000
B. 1 : 500.000
C. 1 : 50.000
D. 1 : 5.000
- Potensi sumber daya laut yang dapat dimanfaatkan untuk tiga hal di atas adalah ....
A. Rumpu laut
B. Ikan Cakalang
C. Kerang
D. Udang
- A. Pembangunan infrastruktur perhubungan seperti jalan, lapangan udara, dan pelabuhan kapal
B. Perladangan berpindah
C. Perambahan hutan oleh masyarakat untuk membuka lahan pertanian dan perkebunan
D. Pengendalian terhadap penggunaan sumber daya alam secara berlebihan
- Dari pernyataan di atas, yang termasuk kegunaan sumber daya tambang batubara ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 4, dan 6
D. 4, 5, dan 6
- A. Bauksit
B. Pasir besi
C. Batu bara
D. Minyak bumi
- A. Bahan bakar pembangkit listrik
B. Sumber energi rumah tangga
C. Pembuatan badan pesawat terbang
D. Industri produksi semen
- A. Penunjang Kegiatan Pendidikan dan Penelitian
B. Sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat
C. Pelindung pantai dan pesisir
D. Sumber makanan bagi berbagai biota laut
- A. Sumber bahan kayu untuk bangunan dan kayu bakar
B. Sebagai habitat satwa untuk berlindung dan mencari makan
C. Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian
D. Melindungi pantai dari abrasi air laut
- A. Komposisi penduduk yang tidak seimbang
B. Persebaran penduduk yang tidak merata
C. Kualitas penduduk yang rendah
D. Pertumbuhan penduduk yang tinggi
- A. Pertumbuhan penduduk suatu wilayah
B. Kuantitas penduduk suatu wilayah
C. Kualitas penduduk suatu wilayah
D. Struktur penduduk suatu wilayah
- A. Joglo
B. Krong Bade
C. Rumah gadang
D. Honai
- A. Meningkatkan pendidikan masyarakat
B. Meningkatkan infrastruktur di daerah
C. Menyelenggarakan p'og'am K B
D. Menyelenggarakan program transmigrasi
- Gambar di atas merupakan kesenian budaya dari Lombok yang dikenal dengan nama ....
A. Peresean
B. Rudat
C. Kelentang
D. Jangger
Baca juga: Latihan Soal Penilaian Akhir Semester I IPS Kls 7
- A. Penindasan
B. Perpecahan
C. Kerja sama
D. Penyatuan
- A. Langit-langit rumah tinggi
B. Ventilasi lebar
C. Ventilasi banyak
D. Atap terbuat dari seng
- A. Benua Asia dan Benua Afrika
B. Benua Asia dan Benua Australia
C. Benua Asia dan Benua Eropa
D. Benua Asia dan Benua Amerika
- A. Muson Timur
B. Muson Selatan
C. Muson Utara
D. Muson Barat
- A. Terdapat banyak lahan miring sehingga mudah terkena erosi
B. Terdapat banyak sumber mata air sehingga membentuk pola aliran sungai
C. Sebagian besar penduduknya petani sehingga membutuhkan banyak sawah
D. Hanya jenis tanaman pangan yang dapat tumbuh sehingga memerlukan banyak air
- A. Menurunnya tindakan kriminal
B. Menyebarnya pengaruh daerah lain di sekitar lokasi wisata
C. Meningkatnya jumlah restoran dan penginapan
D. Meningkatnya angka partisipasi penduduk untuk sekolah
- A. Seseorang pergi berbelanja ke kota
B. Makanan khas Jepang banyak disukai di Indonesia
C. Rumah permanen dari beton abanyak dibangun di pedesaan
D. Banyak lahan pertanian berubah menjadi pemukiman
- Dampak positif interaksi antarruang di bidang sosial budaya ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
- A. Daya saing produk meningkat
B. Kebutuhan hidup sulit terpenuhi
C. Kondisi perekonomian memburuk
D. Penjualan produk perdagangan menurun
- A. Meluasnya lahan pertanian di sekitar daerah perkotaan
B. Munculnya pemukiman kumuh di bantaran sungai
C. Meningkatnya kondisi perekonomian penduduk
D. Menurunnya kebutuhan pangan penduduk perkotaan
- A. kontak dan komunikasi
B. Hubungan dan akibat
C. Aksi dan reaksi
D. Proses dan tindakan
- A. Ayah sedang menonton televisi sendiri
B. Seorang laki-laki memperhatikan seorang gadis
C. Ranta dan Rudi sedang berdiskusi
D. Siska sedang membaca buku di perpustakaan
- A. Simpati
B. Sugesti
C. Imitasi
D. Identifikasi
- Gambar di atas menunjukkan interaksi sosial berupa ....
A. Pertikaian
B. Akomodasi
C. Kompetisi
D. Akulturasi
- A. Ajudikasi
B. Asimilasi
C. Mediasi
D. Toleransi
- A. Asimilasi
B. Kerja sama
C. Akulturasi
D. Akomodasi
- Proses interaksi yang melatarbelakangi pembentukan lembaga ekonomi ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 4 dan 5
- A. Politik
B. Budaya
C. Ekonomi
D. Keluarga
- A. Setiap hari senin seluruh peserta didik wajib mengikuti upacara bendera
B. Ali menggunakan baju yang berlogo OSIM di saku kirinya
C. Setiap sore Ani membantu ibu mencuci piring
D. Masyarakat membeli kebutuhan sehari hari di pasar
- A. Hukum dan adat
B. adat dan politik
C. Hukum dan politik
D. Keluarga dan pendidikan
- A. Pendidikan
B. Keluarga
C. Ekonomi
D. Agama
- A. Pendidikan berlangsung dalam lembaga pemerintah
B. Terdapat kepemimpinan yang jelas
C. Adanya batasan lama studi
D. Pendidikan berlangsung di keluarga
- A. Menghindari diri dari ajaran agama
B. Memaksa setiap orang beribadah
C. Menjalankan ajaran agama dengan baik
D. Membiarkan setiap umat menjalankan ibadah
- Fungsi lembaga hukum ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
C. Rubrik Penilaian
Soal | Kunci Jawaban | Skor | Nilai |
Pilihan Jamak | |||
1. | A | 1 | 2 |
2. | C | 1 | 2 |
3. | D | 1 | 2 |
4. | A | 1 | 2 |
5. | A | 1 | 2 |
6. | A | 1 | 2 |
7. | B | 1 | 2 |
8. | D | 1 | 2 |
9. | B | 1 | 2 |
10. | B | 1 | 2 |
11. | C | 1 | 2 |
12. | C | 1 | 2 |
13. | B | 1 | 2 |
14. | A | 1 | 2 |
15. | D | 1 | 2 |
16. | A | 1 | 2 |
17. | B | 1 | 2 |
18. | C | 1 | 2 |
19. | D | 1 | 2 |
20. | A | 1 | 2 |
21. | D | 1 | 2 |
22. | C | 1 | 2 |
23. | B | 1 | 2 |
24. | D | 1 | 2 |
25. | B | 1 | 2 |
26. | B | 1 | 2 |
27. | D | 1 | 2 |
28. | C | 1 | 2 |
29. | B | 1 | 2 |
30. | D | 1 | 2 |
31. | A | 1 | 2 |
32. | C | 1 | 2 |
33. | A | 1 | 2 |
33. | C | 1 | 2 |
35. | A | 1 | 2 |
36. | B | 1 | 2 |
37. | A | 1 | 2 |
38. | C | 1 | 2 |
39. | A | 1 | 2 |
40. | A | 1 | 2 |
41. | A | 1 | 2 |
42. | C | 1 | 2 |
43. | C | 1 | 2 |
44. | C | 1 | 2 |
45. | B | 1 | 2 |
46. | D | 1 | 2 |
47. | B | 1 | 2 |
48. | D | 1 | 2 |
49. | C | 1 | 2 |
50. | B | 1 | 2 |
Jumlah PJ | 50 | 100 |
Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik:
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / Total Skor ) x 100 |
Sumber soal: Arsip soal dari "Pemerintah Kabupaten Lombok Timur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS-SMP) - Penilaian Akhir Semester (PAS) Bersama Tingkat SMP Kabupaten Lombok Timur TP. 2017/2018" dengan beberapa perubahan.
Demikian tadi latihan soal penilaian akhir semester I IPS kelas 7 semoga bermanfaat.