Skip to main content

Soal AKM Online IPS: Mengatasi Kelangkaan Energi

Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter (AKM-SK) adalah model penilaian pengganti Ujian Nasional (UN) yang menitikberatkan pada dua kompetensi penalaran peserta didik yakni literasi (membaca) dan numerasi (matematika) serta penanaman nilai-nilai Pancasila melalui survei karakter.

Ujian Nasional (UN) tahun 2020 saat ini merupakan UN terakhir yang akan diselenggarakan pemerintah, kemudian pada tahun 2021 nanti akan diganti dengan model penilaian AKM yang ditujukan kepada peserta didik yang berada di pertengahan jenjang sekolah yakni kelas 4, kelas 8, dan kelas 11.

Sebagai perkenalan bagaimana model penilaian AKM ini telah dilaksanakan simulasi bagi peserta didik dan guru yang digandeng dengan penyelenggaran Gladi Bersih UNBK sejak tanggal 2-4 Maret tahun 2020 kemarin.

Didasarkan pada pengalaman mengikuti simulasi pengenalan bentuk soal AKM kemarin, Admin telah membuat contoh soal AKM seperti yang terpapar dalam bentuk soal online berikut:

Berdasarkan wacana dan infografis yang tersaji dirumuskan 3 butir pertanyaan, yaitu:

  1. Berdasarkan wacana dan infografis di atas, tentukan benar - salah pada pernyataan-pernyataan berikut!
    • Pemerintah sampai saat ini lebih mengandalkan produksi energi terbarukan sebagai sumber energi pertama daripada paradigma global yang lebih mengandalkan pada penghematan energi
    • Penghematan 50% pada sektor rumah tangga berarti terjadi penghematan konsumsi energi sebesar 47 Twh setahun
    • Cadangan energi fosil di Indonesia masih stabil bahkan meningkat
    • Gerakan hemat energi "Potong 10%" dapat dikatakan sebagai suatu kebijakan pemerintah dalam mengatasi kelangkaan energi
    • Sehari terjadi listrik padam di rumah setara dengan memberikan akses listrik kepada 24 rumah tangga di daerah terpencil
  2. Dari infografis di atas, berapakah jumlah Rumah Tangga di Jawa-Bali yang mematikan lampu dan peralatan elektronik selama 1 jam sehari? (tanpa titik atau koma)
    ..................
  3. Jika mematikan lampu dan peralatan elektronik di rumah selama satu jam per hari akan menghemat konsumsi listrik setara 600 Watt, dimana 1 megawatt (MW) = 1.000 kwh = 1.000.000 watt, berapa MW penghematan konsumsi listrik rumah tangga yang ada di Jawa-Bali? (hasil dibulatkan tanpa desimal, titik, dan koma)
    ..................

Contoh Soal AKM Online

Silahkan kerjakan soal AKM di bawah ini!

Tes kembali kemampuan IPS-mu dengan menjawab soal online berikut:
Kumpulan Soal Tes Online IPS SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9

Demikian tadi postingan "Soal AKM Online: Mengatasi Kelangkaan Energi", semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar