RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Salam dan selamat berjumpa kembali di blog Shmady Web ini. Di sini Admin akan melanjutkan kegiatan pengembangan RPP 1 lembar pada kelas 9.
Unit RPP 1 lembar / halaman IPS kelas 9 yang akan Admin bagikan kali ini merupakan perangkat rencana pembelajaran pada pertemuan ke-14 yang membahas materi Bab 4 tentang "Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi".
Sebelum didownload silahkan dibaca terlebih dahulu uraian unit RPP 1 Lembar / halaman IPS Kelas 9 semester genap berikut ini:
Identitas
Sekolah : SMP Negeri 1 Sakra Timur
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX ( Sembilan )/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-14)
Sub Materi Pokok:
Proklamasi Kemerdekaan
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan melalui model problem based learning peserta didik mampu menjelaskan persiapan proklamasi kemerdekaan; menganalisis kronologi tercapainya proklamasi kemerdekaan Indonesia; menjelaskan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan; menemukan tokoh yang turut serta dalam persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan; menjelaskan sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerekaan Indonesia; menyajikan hasil analisis peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia; menampilkan sikap kerja keras, tanggung jawab, peduli, dan santun, serta rasa syukur.
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
2.1 Pendahuluan (10 menit)
Guru mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi lanjut menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian.
2.2 Kegiatan Inti (@ 40 menit)
Guru menyajikan masalah dengan menampilkan gambar atau tayangan video tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan. Kemudian guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
Pertanyaan:
- Apa saja persiapan yang dilakukan untuk kemerdekaan Indonesia?
- Peristiwa apa yang terjadi menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia?
- Bagaimana perumusuan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung?
- Bagaimana kronologi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia?
- Bagaimana sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerekaan Indonesia?
Membagi kelas menjadi 5 kelompok dengan anggota 4–6 orang perkelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk menyelidiki, mengumpulkan dan menganalisis informasi/data tentang salah satu permasalahan di atas dari buku paket, internet atau sumber lainnya kemudian menyajikan hasil diskusi semenarik mungkin untuk ditampilkan di sekeliling kelas melalui metode windows shopping.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)
2.3 Penutup (30 menit)
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitan peristiwa proklamasi kemerdekaan, menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan berdoa.
3. Penilaian
3.1 Sikap: Observasi/Jurnal;
3.2 Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
3.3 Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi.
Download di sini: RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Demikian tadi RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk pertemuan ke-14, semoga bermanfaat dan terima kasih.