TO PAS Ganjil IPS Kelas 9 Tahun Pelajaran 2019-2020
Untuk membantu persiapan guru IPS dalam melatih anak didik menghadapi penilaian akhir semester ganjil tahun 2019 ini, Admin telah menyusun contoh instrumen penilaian sebagai alat try out (TO) pelaksanaan PAS ganjil di sekolah.
Berikut indikator soal PAS IPS kelas 9 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dan contoh instrumennya yang dapat dipakai berlatih bagi siswa.
A. Indikator Soal
- Disajikan peta dunia peserta didik dapat menentukan letak benua pada peta
- Disajikan data-data geografis, Peserta didik dapat mengidentfikasi letak Benua di dunia
- Disajikan data astronomis, Peserta didik dapat menyimpulkan iklim wilayah Benua Australia
- Peserta didik dapat menentukan urutan benua berdasarkan luasnya
- Peserta didik dapat menjelaskan letak Benua Afrika
- Peserta didik dapat menetukan nama benua berdasarkan karakteristiknya
- Peserta dapat menentukan benua berdasarkan regionnya
- Peserta didik dapat menjelaskan nama negara di benua Asia berdasarkan regionnya
- Peseta didik dapat menjelaskan alasan pemisahan Benua Asia dan Benua Eropa
- Peserta didik dapat menjelaskan iklim Negara Jerman
- Peserta didik dapat menganalisis letak geologis Negara Jepang
- Disajikan gambar flora dan fauna peserta didik menentukan flora dan fauna khas Negara Amerrika Serikat
- Disajikan tabel nama flora dan fauna Peserta didik dapat mentukan flora dan fauna khas Negara Inggris
- Disajikan data astronomis benua Australia peserta didik dapat menganalisis iklim di Benua Australia
- Peserta didik menjelaskan faktor yang mendukung majunya sektor pertanian di Negara Mesir
- Peserta didik dapat menentukan negara-negara di Benua Asia
- Disajikan ilustrasi Peserta didik dapat menentukan dampak positif letak geologi Negara-negara di Benua Asia
- Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan Negara Jepang dengan Negara Indonesia
- Peserta didik dapat mendeskripsikan keuntungan jumlah usia muda di Benua Asia
- Peserta didik dapat menyebutkan Negara-negara di Benua Asia berdasarkan regionnnya
- Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat membedakan penduduk Amerika Utara Amerika Selatan dari segi budaya dan seni
- Disajikan tabel ciri-ciri suku bangsa di Benua Eropa Peserta didik dapat mengklasifikasikan suku bangsa di Benua Eropa
- Peserta didik dapat menentukan faktor yang mendukung kesejahteraan hidup penduduk di Benua Eropa
- Peserta didik dapat menentukan jenis ras penduduk di Benua Afrika
- Peserta dapat menganalisis faktor yang menyebabkan penyebaran penduduk yang tidak merata di Negara Australia
- Peserta didik dapat menganalisa dampak positif dari tingginya migrasi ke Negara Australia
- Peserta didik menjelaskan faktor kemajuan teknologi dalam bidang informatika
- Peserta didik dapat mendeskripsikan dampak kegiatan ekspor impor bagi suatu negara
- Peserta didik dapat menjelaskan dampak interaksi ruang antarnegara dalam bidang pendidikan
- Peserta dapat menganalisis salah satu pengaruh interaksi ruang antarnegara terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dibidang tertentu
- Menentukan pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya
- Peserta didik dapat mendeskrpisikan faktor pendorongperubahan sosial budaya
- Peserta didik dapat mendeskrpisikan faktor penghambat perubahan sosial budaya
- Disajikan pernyataan perubahan sosial budaya, pesereta didik mampu mengalisis faktor penyebab terjadinya perubahan sosial
- Disajikan pernyataan siswa mampu menemukan faktor perubahan sosial budaya
- Disajikan wacana, peserta didik mampu menganalisis faktor penghambat perubahan sosial budaya
- Peserta didik mampu menjelaskan upaya mengatasi terjadinya perubahan sosial budaya
- Disajikan gambar peserta didik mampu menjelaskan contoh pengaruh perubahan sosial budaya
- Disajikan pernyataan-pernyataan, peserta didik mampu menemukan contoh perubahan sosial budaya
- Peserta didik mampu mendeskripsikan proses perpaduan kebudayaan lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya
- Peserta didik mampu menjelaskan proses terjadinya perubahan sosial budaya
- Peserta didik mampu mendeskripsikan upaya mengatasi globalisasi dalam bidang budaya
- Peserta didik mampu menganalisis upaya mengatasi globalisasidalam bidang IPTEK
- Peserta didik mampu menemukan contoh globalisasi dalam bidang sosial
- Peserta didik mampu menjelaskan upaya mengatasi arus globalisasi pada bidang budaya
- Disajikan gambar peserta didik mampu menentukan perkembangan globalisasi
- Peserta didik mampu menjelaskan upaya mengatasi arus globalisasi pada bidang ekonomi
- Peserta didik mampu menjelaskan dampak globalisasi
- Peserta didik mampu menjelaskan arti globalisasi
- Peserta ddik dapat menjelaskan dampak negatif perdagangan bebas
B. Contoh Instrumen
- Perhatikan peta dunia berikut!
- Pada peta di atas, Benua Amerika ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4 - Perhatikan data batas geografis:
(1) Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Arktik
(2) Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik
(3) Sebelah barat berbatasan dengan Selat Bering
(4) Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia- Dari data di atas, batas geografis Benua Asia ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (1) dan (3)
D. (2) dan (4) - Letak astronomis Benua Afrika 17 derajat BB - 52 derajat BT dan 35 derajat LU - 34 derajat LS. Dari sini dapat diketahui bahwa wilayah Benua Afrika bagian utara dan selatan beriklim ....
- A. Tropis
B. Subtropis
C. Mediterania
D. Pegunungan - Perhatikan nama benua berikut ini!
1. Eropa
2. Asia
3. Australia
4. Amerika
5. Afrika- Urutan benua dari wilayah terluas hingga tersempit adalah ....
A. 2 - 1 - 3 - 4 - 5
B. 2 - 4 - 5 - 1 - 3
C. 2 - 5 - 4 - 1 - 3
D. 2 - 5 - 3 - 4 - 1 - Afrika terletak pada 17 derajat BB – 52 derajat BT dan 35 derajat LU – 34 derajat LS. Ini berarti Benua Afrika dilewati oleh ....
- A. Sungai nil
B. garis bujur
C. Garis lintang
D. Garis khatulistiwa - Benua ini mempunyai luas sekitar 8,9 juta km persegi. Wilayahnya sering disebut Oceania yang meliputi kepulauan Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.
- Uraian tersebut menunjukkan ciri-ciri Benua ....
A. Amerika
B. Afrika
C. Eropa
D. Australia - Benua yang hanya memiliki satu region dan terdiri atas sub-sub region adalah ....
- A. Afrika
B. Amerika
C. Asia
D. Australia - Satu-satunya negara yang berada di wilayah Asia Utara dan memiliki luas wilayah paling besar adalah negara ....
- A. Jepang
B. China
C. Rusia
D. Korea Utara - Walaupun Benua Eropa secara fisik merupakan satu daratan bersama dengan Benua Asia namun kedua wilayah tersebut dibagi menjadi dua benua. Alasan pemisahan kedua Benua tersebut adalah karena perbedaan ....
- A. Budaya
B. Suku bangsa
C. Sistem ekonomi
D. Sistem pemerintahan - Jerman terletak pada garis lintang 47 derajat LU - 55 derajat LU. Hal ini menyebabkan di Negara Jerman beriklim ....
- A. Tropis
B. subtropis
C. sedang
D. dingin - Jepang terletak pada daerah perbatasan antara lempeng Benua Asia dan Lempeng Samudera Pasifik. Letak geologis Negara Jepang tersebut dapat membawa pengaruh negatif yaitu ....
- A. Banyak memiliki barang tambang
B. Sering terjadi gempa bumi
C. Menjadi tempat pertemuan arus kuroshio dan arus oyashio
D. Jepang merupakan negara dengan banyak pulau - Perhatikan gambar berikut!
Lihat gambar Pohon- Flora di atas merupakan flora khas Negara Amerika Serikat yaitu ....
A. Pohon Mapel
B. Pohon Ek atau Oak
C. Pohon Elm
D. Pohon Cemara - Perhatikan tabel berikut!
1 2 3 4 Belibis merah Elang merah Rajawali emas Ular berbisa Rajawali emas Beruang Belibis merah Rusa merah Rusa merah Bison Singa Harimau - Fauna yang dapat dijumpai di negara Inggris ditunjukkan pada kolom ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4 - Secara astronomis benua Australia terletak pada 10 derajat LS - 43 derajat LS. Dampak letak astronomis tersebut terhadap keadaan iklim di Benua Australia adalah ....
- A. Memiliki dua wilayah iklim yaitu tropis dan subtropis
B. Terdapat tiga wilayah iklim yaitu tropis, subtropis, dan sedang
C. Memiliki empat wilayah iklim yaitu tropis, subtropis, sedang, dan padang pasir
D. Australia mengalami iklim hujan musim panas dominan tropis (Monsoon) dan iklim padang pasir - Mesir merupakan salah satu negara di benua dengan padang pasir terluas di dunia. Meskipun demikian, sebagian wilayah Mesir termasuk memiliki tanah subur. Kondisi tersebut terjadi karena ....
- A. Dilalui aliran Sungai Nil
B. Terletak di lintang rendah
C. Memiliki gunung api aktif
D. Dekat dengan laut merah - Salah satu negara di wilayah Asia Barat dan berbatasan langsung dengan benua Eropa yaitu ....
- A. Jepang
B. Turki
C. Arab Saudi
D. India - Di sebelah timur Benua Asia terdapat tumbukan lempeng yaitu Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Hal ini membuat di wilayah tersebut banyak memiliki gunung api. Dampak positif letak geologis tersebut adalah ....
- A. Beragamnya potensi sumber energi dan mineral
B. Rawan terjadi gempa bumi dan tsunami
C. Curah hujan tinggi sepanjang tahun
D. Jarang mengalami bencana kekeringan - Perhatikan pernyataan berikut!
1) Bentuk sungai
2) Kondisi iklim
3) Kepulauan
4) Rawan gempa
5) Terletak di Benua Asia- Perbedaan Negara Jepang dengan Negara Indonesia ditunjukkan oleh angka ....
A. 1), dan 2)
B. 1), dan 3)
C. 2), dan 4)
D. 4), dan 5) - Pada tahun 2015 WPDS mencatat sekitar 65% dari populasi Benua Asia terdiri dari penduduk berusia muda. Keuntungan yang diperoleh dengan banyaknya jumlah usia muda tersebut adalah ....
- A. Jumlah penduduk usia produktif yang besar
B. Menambah angka beban ketergantungan
C. Meningkatnya tindakan kriminalitas
D. Kualitas penduduk menurun - Kelompok negara di benua Asia berikut yang termasuk ke dalam wilayah Asia Barat adalah ....
- A. Filipina, Singapura, Brunei Darussalam
B. Cina, Korea, Jepang
C. Pakistan, Bangladesh, India
D. Iran, Arab Saudi, Palestina - Perbedaan antara Amerika Utara dengan Amerika Selatan terletak pada ....
Kategori Amerika Utara Amerika Selatan A. Bahasa utama Inggris Portugis, Spanyol B. Agama Katolik Roma Kristen Protestan C. Tarian Samba Tanggo D. Makanan Arepa Hamberger - Perhatikan ciri-ciri suku bangsa di Benua Eropa berikut!Yang menunjukkan ciri-ciri suku bangsa Nordik adalah nomor ....
Ciri-ciri suku bangsa di Benua Eropa 1. Memiliki rambut hitam, mata hitam, tengkorak lebar, dan tidak terlalu tinggi 2. Memiliki rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka sempit 3. Mereka banyak tinggal di Eropa Barat dan Eropa Utara 4. Mereka banyak tinggal di Eropa Timur - A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4 - Penduduk Eropa umumnya memiliki kualitas penduduk yang sangat tinggi dan tinggi. Faktor yang mendukung kesejahteraan hidup penduduk di Benua Eropa yaitu ....
- A. Angka kelahiran cukup tinggi
B. Angka beban ketergantungan tinggi
C. Tingkat pendidikan penduduk tinggi
D. Angka kematian tinggi - Jenis ras penduduk di Benua Afrika yang merupakan penduduk mayoritas di daerah selatan Gurun Sahara seperti Suku Masai, Suku Kikuyu, Suku Zulu, Suku Sudan, dan Suku Bantu yaitu ....
- A. Ras Negro
B. Suku Pribumi
C. Ras Kaukasoid
D. Ras Mongoloid - Meskipun wilayah Australia sangat luas namun kepadatan dan persebaran penduduknya tidak merata. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut adalah ....
- A. Mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan
B. Karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata
C. Pemerintah Australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing
D. Keadaan alam dan iklim Australia membuat tidak semua wilayahnya cocok sebagai tempat tinggal penduduk - Berikut adalah dampak positif dari tingginya migrasi ke negara Australia, kecuali ....
- A. Meningkatnya keberagaman di Australia
B. Pertumbuhan ekonomi berkembang pesat
C. Meningkatnya angka pengangguran
D. Kualitas penduduk sangat tinggi - Berikut yang termasuk faktor pendorong kemajuan teknologi dalam bidang informatika adalah ....
- A. Penggunaan internet oleh masyarakat yang semakin banyak dan meluas
B. Kualitas pendidikan masyarakat yang masing sangat rendah
C. Meningkatnya kuantitas dan kualitas konsumsi masyarakat
D. Pola pikir masyarakat yang masih tradisional - Interaksi ruang antarnegara dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup penduduknya terwujud dalam kegiatan ekspor impor atau perdagangan internasional. Dampak positif kegiatan ekspor impor bagi suatu negara adalah ....
- A. Memperoleh barang dan jasa yang tidak mampu diproduksi di dalam negeri
B. Semakin bergantung terhadap produk asal luar negeri
C. Dapat mengkosumsi barang dan jasa sepuas-puasnya
D. Devisa negara semakin berkurang karena habis untuk membiayai kegiatan impor - Berikut yang merupakan dampak interaksi ruang antarnegara dalam bidang pendidikan adalah ....
- A. Perayaan menyambut tahun baru di tempat-tempat umum dan terbuka
B. Mengimpor barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri
C. Meniru gaya rambut dan fashion dari negara-negara luar
D. Memberikan bantuan beasiswa bagi penduduk negara berkembang dan beberapa universitas di dunia - Pertikaian antara Israel dan Palestina mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam melakukan hubungan dengan Israel maupun Palestina. Indonesia mendukung perjuangan Palestina dan tidak melakukan hubungan diplomatik dengan Israel. Pengaruh yang ditimbulkan akibat perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara di atas merupakan pengaruh dalam bidang kehidupan ....
- A. Ekonomi
B. Sosial
C. Budaya
D. Politik - Perhatikan aktivitas masyarakat dunia berikut ini!
1. Memberikan bantuan beasiswa bagi penduduk negara berkembang oleh beberpa universitas dunia
2. Perayaan menyambut tahun baru di tempat-tempat umum dan terbuka
3. Mengimpor barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri
4. Meniru gaya rambut dan fashion dari negara-negara luar- Yang merupakan pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya adalah pada nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4 - Jika perubahan sosial budaya pada masyarakat seolah-olah tidak terjadi perubahan seperti halnya pada masyarakat tradisional, hal ini menunjukkan ciri perubahan ....
- A. Inovasi
B. Evolusi
C. Akulturasi
D. Revolusi - Salah satu faktor penghambat perubahan sosial budaya adalah ....
- A. Adanya konflik dan peperangan
B. Adanya penemuan-penemuan baru
C. Sikap masyarakat yang tradisional
D. Bertambah dan berkurangnya penduduk - Ketika agama Islam masuk ke Indonesia, telah berkembang terlebih dahulu agama Hindu dan agama Budha. Masuk dan berkembangnya unsur agama Islam menyebabkan perubahan sosial budaya yang sangat luas di kalangan masyarakat Indonesia.
- Perubahan sosial budaya pada ilustrasi di atas disebabkan oleh faktor ....
A. Terjadinya pemberontakan
B. Pengaruh budaya luar
C. Perubahan lingkungan
D. Penemuan baru - Penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat berkaitan dengan demografi adalah ....
- A. Bertambahnya penduduk
B. Pengaruh masyarakat lain
C. Lingkungan alam
D. Peperangan - Perhatikan wacana berikut!!
Baduy adalah salah satu kelompok masyarakat dari suku Sunda di Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Mata pencaharian mayarakat Suku Baduy umumnya berladang dan bertani. Alamnya yang subur dan berlimpah mempermudah suku ini dalam menghasilkan kebutuhan sehari-hari. Hasil berupa k*pi, padi, dan umbi-umbian menjadi komoditas yang paling sering ditanam oleh masyarakat Baduy.Namun dalam praktek berladang dan bertani, Suku Baduy tidak menggunakan kerbau atau sapi dalam mengolah lahan mereka karena dilarang. Apalagi menggunakan alat modern seperti traktor pasti akan ditolak masuk ke Desa Kanekes demi menjaga kelestarian alam. Sikap masyarakat Baduy ini tentu dapat menghambat perubahan sosial budaya di desa tersebut.
Sumber: https://www.indonesiakaya.com/, dalam tajuk "Suku Baduy, Bersinergi Dengan Alam Menjaga Aturan Adat".- Faktor penghambat perubahan sosial budaya di atas adalah ....
A. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
B. Adanya prasangka terhadap hal-hal baru atau asing
C. Sikap masyarakat tradisional
D. Kehidupan masyarakat terasing - Terjadinya perubahan sosial budaya dapat menimbulkan dekadensi atau merosotnya moral masyarakat. Upaya yang tepat untuk mengatasi dampak negatif perubahan sosial budaya tersebut adalah ....
- A. Membiasakan hidup hemat dan tidak boros
B. Melaksanakan pembangunan ekonomi secara merata
C. Meningkatkan nilai kegotongroyongan antar warga masyarakat
D. Meningkatkan pemahaman terhadap pendidikan agama, pancasila dan kewarganegaraan - Perhatikan gambar berikut!
Model Pakaian- Berkenaan dengan perubahan sosial budaya, model pakaian seperti gambar di atas termasuk dalam perubahan yang ....
A. Datangnya secara tiba-tiba
B. Tidak diketahui masyarakat
C. Besar pengaruhnya dalam masyarakat
D. Kecil pengaruhnya dalam masyarakat - Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan
2) Pembangunan jalan raya dan infrastruktur lainnya
3) Perkembangan industri di Inggris dan negara lainnya
4) Perkembangan fashion anak muda masa kini
5. Penemuan listrik oleh Michael Faraday- Contoh perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar terdapat pada nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5 - Proses perembesan unsur budaya kepada suatu masyarakat baik secara damai ataupun paksaan merupakan proses perubahan sosial budaya yang disebabkan pengaruh kebudayaan masyarakat lain, yaitu ....
- A. Difusi
B. Invasi
C. Penetrasi
D. Milenarisme - Perpaduan antara kebudayaan tertentu dengan kebudayaan asing tanpa menghilangkan ciri kebudayaan lama (asli) merupakan salah satu proses terjadinya perubahan sosial budaya yang disebut ....
- A. Penetrasi
B. Difusi
C. Asimilasi
D. Akulturasi - Salah satu upaya mengatasi globalisasi dalam bidang budaya adalah ....
- A. Meniru budaya-budaya asing dengan bebas
B. Menolak setiap budaya asing yang ingin masuk
C. Mempromosikan budaya asli Indonesia ke kancah internasional
D. Membuka ruang masuknya budaya asing seluas-luasnya - Berikut ini yang tidak termasuk upaya menghadapi globalisasi dalam bidang IPTEK adalah ....
- A. Memupuk dorongan berprestasi
B. Berkompetisi dalam kemajuan IPTEK
C. Meningkatkan penguasaan terhadap teknologi modern
D. Mendorong munculnya produk-produk kreatif dan inovatif - Yang termasuk contoh globalisasi dalam bidang sosial berikut ini adalah ....
- A. Perdagangan bebas
B. Federasi Sepak Bola Internasional
C. Interaksi menggunakan media seperti facebook dan whatsapp
D. Penggunaan teknologi komputer dan internet - Globalisasi dalam bidang budaya memberikan manfaat misalnya memperkaya budaya bangsa. Namun di sisi lain dapat memberikan ancaman terhadap keberadaan budaya lokal bangsa. Berikut upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi arus globalisasi pada bidang budaya kecuali ....
- A. Memfilter setiap budaya asing yang masuk
B. Mengadopsi setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia
C. Mematenkan setiap budaya Indonesia
D. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri - Perhatikan gambar berikut ini!
Belanja online dan Konsep pembayaran menggunakan kartu kredit- Gambar di atas merupakan bagian dari perkembangan globalisasi dalam bidang ....
A. Budaya
B. Ekonomi
C. IPTEK
D. Transportasi - Dalam globalisasi ekonomi berbagai negara di dunia terintegrasi menjadi pasar yang satu tanpa mengenal batasan wilayah. Hal ini akan menganggu stabilitas perekonomian suatu negara apabila tidak mampu bersaing. Salah satu upaya mengatasi arus globalisasi pada bidang ekonomi adalah ....
- A. Mendorong munculnya produk-produk kreatif dan inovatif
B. Meningkatkan penguasaan terhadap teknologi modern
C. Berkompetisi dalam kemajuan IPTEK
D. Menjaga keutuhan NKRI - Perhatikan dampak globalisasi berikut!
1. Demoralisasi
2. Pencemaran lingkungan
3. Individualisme semakin tinggi
4. Berkembangnya dunia pariwisata
5. Komunikasi semakin cepat dan mudah
6. Kesenjangan ekonomi semakin meningkat- Dampak negatif globalisasi ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 6 - Cara pandang, cara berpikir, atau proses masuk ke ruang lingkup yang mendunia disebut ....
- A. Modernisasi
B. Globalisasi
C. Modern
D. Global - Dampak negatif perdagangan bebas bagi produsen adalah ....
- A. Meningkatnya sifat konsumerisme
B. Masuknya barang asing yang lebih berkualitas dan murah
C. Menurunnya tingkat pertumbuhan ekonomi
D. Meningkatnya angka pengangguran
Untuk dimaklumi, beberapa soal dalam postingan ini dipetik dari arsip soal PAS ganjil di lingkungan Dinas Dikbud Lombok Timur. Terima kasih.