Skip to main content

TO PAS Ganjil IPS Kelas 8 Tahun Pelajaran 2019-2020

Untuk membantu persiapan guru IPS dalam melatih anak didik menghadapi penilaian akhir semester ganjil tahun 2019 ini, Admin telah menyusun contoh instrumen penilaian sebagai alat try out (TO) pelaksanaan PAS ganjil di sekolah.

Berikut indikator soal PAS IPS kelas 8 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dan contoh instrumennya yang dapat dipakai berlatih bagi siswa.

A. Indikator Soal

  1. Peserta didik dapat menentukan letak geografis wilayah ASEAN
  2. Melalui pengamatan peta, peserta didik dapat menentukan ciri negara ASEAN berdasarkan bentuk wilayahnya
  3. Peserta didik dapat menganalisa iklim negara ASEAN berdasarkan letak astronomis dan geografisnya
  4. Peserta didik dapat menentukan batas negara Laos
  5. Peserta didik dapat menentukan bentuk Negara tertentu ASEAN
  6. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis hutan yang ada di negara ASEAN tertentu (Indonesia)
  7. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan perekenomian Thailand dan Brunei Darussalam
  8. Peserta didik dapat menyebutkan hasil perkebunan utama negara ASEAN tertentu (Malaysia)
  9. Peserta didik dapat mengidentifikasi corak perekonomian Singapura dan Brunei Darussalam
  10. Peserta didik dapat mengidentifikasi sektor perekonomian Singapura
  11. Peserta didik dapat mengidentifikasi wilayah Thailand yang padat penduduknya
  12. Peserta didik dapat menjelaskan karakeristik Negara ASEAN tertentu (Vietnam)
  13. Peserta didik dapat menyebutkan batas Negara Filipina
  14. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kerjasama bidang sosial budaya
  15. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kerjasama bidang politik
  16. Peserta didik dapat menjelaskan faktor pendorong kerjasama ASEAN
  17. Di sajikan gambar peserta didik dapat menjelaskan peran ASEAN dalam menghadapi masalah manusia perahu
  18. Peserta didik dapat menjelaskan beberapa kasus sengketa perbatasan wilayah di kawasan Asia
  19. Peserta didik dapat menjelaskan peran ASEAN dalam menanggulangi bencana yang diakibatkan faktor iklim
  20. Disajikan daftar, peserta didik dapat mengidentifikasi cara menanggulangi kerusakan lingkungan tertentu
  21. Peserta didik dapat menjelaskan kaitan letak ASEAN dengan potensi bencana
  22. Peserta didik mampu menganalisa dampak alih fungsi lahan
  23. Peserta didik mampu menganalisa dampak alih fungsi lahan
  24. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai macam alat komunikasi
  25. Peserta didik dapat menganalisa kelemahan alat transportasi tertentu
  26. Disajikan daftar peserta didik dapat mengidentifikasi dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang ekonomi
  27. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dibentuknya MEA
  28. Peserta didik dapat menganalisa tindakan tepat dalam menghadapi AFTA
  29. Peserta didik dapat menganalisa alasan pemilihan lokasi industri di tempat tertentu
  30. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mobilitas sosial
  31. Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisa mobilitas sosial tertentu
  32. Peserta didik dapat menyebutkan contoh mobilitas sosial tertentu
  33. Peserta didik dapat menyebutkan contoh mobilitas sosial tertentu
  34. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat dapat menganalisa faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial
  35. Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial
  36. Disajikan gambar peserta didik dapat mengidentifikasi saluran mobilitas sosial
  37. Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisa dampak mobilitas sosial
  38. Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisa dampak mobilitas sosial
  39. Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisa dampak mobilitas sosial
  40. Disajikan daftar peserta didik dapat mengidentifikasi sikap masyarakat dalam menyikapi pluralitas
  41. Disajikan table, peserta didik dapat mengidentifikasi keragaman suku di Indonesia
  42. Peserta didik dapat menyebutkan wujud budaya menurut ahli tertentu
  43. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisa faktor penyebab terjadinya konflik sosial
  44. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisa faktor penyebab terjadinya konflik sosial
  45. Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisa jenis konflik sosial menurut cakupan wilayahnya
  46. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mnganalisa dampak konflik sosial
  47. Disajikan ilustrasi peserta didik dapat mengidentifikasi cara menangani konflik sosial
  48. Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang dapat mendorong integrasi bangsa
  49. Peserta didik dapat menyebutkan contoh integrasi sosial dalam masyarakat
  50. Peserta didik dapat menyebutkan contoh integrasi sosial dalam masyarakat

B. Contoh Instrumen

  1. Berikut yang merupakan letak geografis wilayah ASEAN adalah ....
      A. Terletak pada garis lintang antara 11 derajat LS - 28 derajat LU
      B. Terletak pada posisi silang antara 2 benua dan 2 samudera
      C. Berada dalam wilayah iklim tropis dan subtropis
      D. Terletak pada pertemuan 3 lempeng aktif dunia yaitu indo Australia, Eurasia dan pasifik
  2. Perhatikan gambar peta sebagian ASEAN berikut!
    Gambar peta sebagian ASEAN
      Berdasarkan gambar peta di atas, negara Laos memiliki bentuk wilayah ....
      A. Compact
      B. Protruded
      C. Elongated
      D. Fragmented
  3. Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di antara garis lintang 0 - 23,5 derajat dan diapit oleh dua benua dan dua samudera adalah ....
      A. Iklim tropis dan iklim muson
      B. Iklim tropis dan iklim laut
      C. Iklim laut dan iklim hutan hujan
      D. Iklim kemarau dan iklim musim penghujan
  4. Batas timur negara Laos adalah ....
      A. Laut Cina Selatan
      B. Vietnam
      C. Tiongkok dan Vietnam
      D. Thailand dan Birma
  5. Negara ASEAN berikut yang memiliki bentuk pemerintahan republik komunis adalah ....
      A. Filipina, Indonesia, dan Singapura
      B. Kamboja, Laos, dan Vietnam
      C. Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura
      D. Myanmar, Thailand, dan Filipina
  6. Hutan di Indonesia berikut yang memiliki ciri berkembang di sepanjang tepian pantai dan hutan yang banyak ditumbuhi ilalang, semak-semak serta terdapat hanya beberapa pohon besar adalah ....
      A. Hutan hujan tropis dan rawa
      B. Hutan hujan tropis dan sabana
      C. Hutan mangrove dan sabana
      D. Hutan bakau dan musim
  7. Perbedaan perekenomian Thailand dengan Brunei Darussalam adalah ...

      Perekenomian ThailandPerekenomian Brunei Darussalam
      A.Perekonomian ditopang dari sektor pertanianPerekonomian ditopang dari sektor industri
      B.Pendapatan perkapita terendah se-Asia TenggaraPendapatan perkapita tertinggi se-Asia Tenggara
      C.Mengimpor mesin-mesin dan peralatan transportasiMengimpor semen, kertas, dan gula
      D.Komoditas utama adalah beras dan karetKomoditas utama adalah minyak bumi dan gas
  8. Berikut yang merupakan hasil perkebunan utama negara Malaysia adalah ....
      A. Teh dan karet
      B. Tebu dan jagung
      C. Karet dan kelapa sawit
      D. Teh dan kelapa sawit
  9. Pernyataan berikut yang sesuai dengan corak perekonomian Singapura dan Brunei Darussalam adalah ....
      A. Perekonomian Singapura ditopang dari hasil-hasil pertanian sementara Brunei Darussalam pertambangan
      B. Singapura terkenal dengan sebutan negara Petro dolar Asia Tengara sedangkan Brunei Darussalam terkenal sebagai raja industri Asia Tenggara
      C. Pendapatan rata-rata penduduk negara Singapura lebih rendah dari Brunei Darussalam
      D. Industri di Singapura meliputi elektronika, bahan kimia, keuangan dan perbankan sementara Brunei Darussalam tekstil, makanan dan minuman, serta bahan bangunan
  10. Sektor perekonomian yang menghantar Singapura hingga menjadi bagian dari kelompok negara besar dunia adalah ....
      A. Pertambangan
      B. Perikanan
      C. Pertanian
      D. Industri
  11. Pada tahun 2002 jumlah penduduk negara Thailand mencapai lebih dari 62 juta jiwa dan di Asia Tenggara jumlah penduduknya menempati urutan ke- ....
      A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4
  12. Vietnam memiliki dua daerah iklim yang berbeda yaitu iklim sedang di utara dan iklim tropis di bagian selatan. Musim di daerah yang beriklim tropis adalah ....
      A. hujan dan kemarau
      B. dingin dan panas
      C. hujan, panas, dan semi
      D. dingin, panas, dan hujan
  13. Di sebelah barat negara Filipina berbatasan dengan ....
      A. Samudera Pasifik
      B. Malaysia
      C. Laut Sulawesi dan Laut Sulu
      D. Laut Cina Selatan
  14. Salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN di bidang sosial budaya adalah ....
      A. Penyelesaian sengketa Laut Cina Selatan
      B. Membantu kepada kaum wanita dan pemuda dalam usaha-usaha pembangunan
      C. Pertemuan para menteri pertahanan
      D. Memberikan beasiswa pendidikan
  15. Yang merupakan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik yaitu ....
      A. Membentuk Pusat Informasi Pariwisata
      B. Pemberantasan kriminalitas lintas negara
      C. Menyelenggarakan festival seni ASEAN
      D. Membangun pupuk urea di Malaysia
  16. Timbulnya kerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan antarnegara yang terletak di kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu faktor pendorong kerjasama ASEAN yang didasari ....
      A. Kesamaan sumber daya alam
      B. Perbedaan sumber daya alam
      C. Kesamaan letak geografis
      D. Perbedaan letak geografis
  17. Perhatikan gambar berikut!
    Manusia perahu - Etnis Rohingya
      Peran ASEAN dalam menghadapi masalah manusia perahu di atas adalah ....
      A. Mengecam pemerintah Myanmar yang berbuat semena-mena terhadap rakyatnya
      B. Segera mengembalikan pengungsi ke negara Myanmar secara paksaan
      C. Menghimbau negara-negara anggotanya untuk menampung sementara pengungsi demi kemanusiaan
      D. Menghimbau pemerintah Myanmar mengakui kewarganegaraan etnis Rohingya
  18. Berdasarkan keputusan Mahkamah Internasional, Pulau Ligitan dan Sipadan diberikan kepada negara ....
      A. Indonesia
      B. Singapura
      C. Filipina
      D. Malaysia
  19. Contoh kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana klimatik yang pernah dilakukan antar negara-negara ASEAN adalah ....
      A. Bantuan dana ketika meletusnya Gunung Mayon dan Parker di Filipina
      B. Bantuan dana bagi korban gempa di Lombok NTB dari ASEAN Humanitarian Assistance Center
      C. Bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan fasilitas kesehatan untuk korban tsunami Aceh
      D. Peminjaman pesawat pemadam kebakaran di Sumatera oleh Malaysia dan Singapura
  20. Perhatikan pernyataan berikut!
    (1) Mengurangi penggunaan bahan-bahan kayu
    (2) Menanam pohon mangrove
    (3) Mengembangbiakkan terumbu karang
    (4) Mengadakan penanaman kembali atau reboisasi
    (5) Membersihkan laut dari sampah dan minyak yang tumpah
      Yang termasuk cara menanggulangi kerusakan laut adalah ....
      A. (1), (2), (3)
      B. (1), (2), (5)
      C. (2), (3), (5)
      D. (3), (4), (5)
  21. Negara-negara ASEAN terletak di antara dua Benua dan dua samudera yang menyebabkan wilayah ini memiliki iklim muson. Terkadang kondisi iklim mengalami perubahan sehingga berpotensi terjadi bencana alam ....
      A. Angin topan
      B. Gempa bumi
      C. Tsunami
      D. Likuifaksi
  22. Konversi lahan dari lahan pertanian menjadi industri menimbulkan dampak berikut, kecuali ....
      A. Produktivitas pangan hasil pertanian meningkat
      B. Lahan pertanian semakin berkurang
      C. Lahan pertanian sekitar industri terkena pencemaran akibat limbah
      D. Lahan pertanian disekitar petak tersebut juga rawan dikonversi
  23. Saat ini banyak lahan pertanian yang dialihfungsikan ke usaha industri. Kondisi ini menyebabkan lahan pertanian menjadi sempit sehingga berdampak pada berkurangnya ....
      A. Ketersediaan air bersih
      B. Ketersediaan pangan
      C. Sawah perkotaan
      D. Daerah resapan air
  24. Yang termasuk sarana komunikasi berikut ini adalah ....
      A. Surat, HP, Kapal
      B. Media sosial, surat, televisi
      C. Pesawat, kereta listrik, smartphone
      D. Perahu dayung, delman, kereta api
  25. Perhatikan tabel kelemahan-kelemahan alat transportasi berikut!
    ABC
    1.Bergantung terhadap ketersediaan listrikAktivitas terhenti jika kondisi cuaca burukMuatan barang sedikit
    2.Ongkos mahalJarak tempuh pendekWaktu tempuh lambat
    3.Jumlah penumpang yang diangkut sedikitMembutuhkan banyak bahan bakarResiko kecelakaan lebih tinggi
      Berdasarkan tabel di atas, yang termasuk kelemahan alat transportasi Kereta api adalah ....
      A. A1, B1, dan C1
      B. A1, B2, dan C1
      C. A2, B1, dan C3
      D. A3, B2, dan C1

  26. Perhatikan dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berikut!
    (1) Terjadi akulturasi secara sadar atau tidak
    (2) Barang-barang asing semakin mudah dijangkau
    (3) Nilai barang dalam negeri meningkat
    (4) Kerja sama luar negeri semakin mudah
    (5) Bertambahnya pendapatan negara dari pajak
      Yang termasuk dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang ekonomi adalah ....
      A. (1), (2), (3)
      B. (1), (2), (5)
      C. (2), (3), (5)
      D. (3), (4), (5)
  27. MEA merupakan pasar bebas di kawasan Asia Tenggara. Pemberlakuan MEA bertujuan ....
      A. Meminimalisasi hambatan dalam kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN
      B. Mengatasi masalah sengketa perbatasan wilayah Asia Tenggara
      C. Mewujudkan perdamaian dan kestabilan politik di Asia Tenggara
      D. Meningkatkan harga jual produk lokal di pasar Asia Tenggara
  28. Setelah penerapan AFTA barang-barang asal luar negeri akan bebas masuk ke Indonesia dan bersaing dengan barang sejenis yang diproduksi anak bangsa. Hal ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan barang dan dengan harga yang lebih murah. Namun keadaan ini juga akan berdampak negatif terhadap kestabilan perekonomian dalam negeri apabila tidak mampu bersaing.
    Langkah tepat yang seharusnya dilakukan konsumen dalam menghadapi AFTA agar perekonomian dalam negeri tetap stabil adalah ....
      A. Lebih memilih untuk membeli produk-produk dalam negeri
      B. Meningkatkan kualitas barang dan patokan harga yang bersaing
      C. Sering membeli barang dari luar negeri karena harganya lebih murah
      D. Membangun infrastruktur sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi
  29. Perhatikan kondisi sebuah pabrik berikut!
    1) Pabrik terletak di tengah-tengah kota
    2) Pabrik berada dekat dengan bahan baku
    3) Pabrik dibangun di atas lahan pertanian karena harga relatif murah
    4) Kondisi infrastruktur jalan raya di sekitar pabrik kurang baik
      Yang termasuk alasan tepat pemilik pabrik mendirikan industri di tempat tertentu terdapat pada nomor ....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)
  30. Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lain. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
      A. Paul B. Horton
      B. Kimball Young
      C. H. Edward Ransford
      D. William Komblum
  31. Perhatikan pernyataan berikut!
    (1) Pak Yudi naik jabatan dari guru menjadi kepala sekolah karena prestasinya
    (2) Setelah tidak menjabat sebagai kepala desa, Pak Gito menjadi ketua RT
    (3) Setelah lulus SD Pancasila. Susi melanjutkan pendidikan ke SMP Pancasila
    (4) Bu Nurmala mengajar di MTs setelah sebelumnya mengajar di SMP
      Contoh mobilitas vertikal naik ditunjukkan oleh angka ....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)
  32. Arman mendapat kesempatan kembali memimpin kepengurusan partai dari ketua cabang menjadi ketua daerah di tingkat provinsi. Pernyataan di atas merupakan contoh ....
      A. Social sinking
      B. Social climbing
      C. Mobilitas sosial vertikal
      D. Mobilitas sosial horizontal
  33. Sebelumnya pak Teguh adalah seorang peternak sapi. Sekarang ia sudah beralih pekerjaan sebagai petani bawang. Kasus tersebut merupakan contoh ....
      A. Social sinking
      B. Social climbing
      C. Mobilitas sosial vertikal
      D. Mobilitas sosial horizontal
  34. Direktur perusahaan mencari seorang karyawan yang memiliki komitmen, disiplin, dan mempunyai integritas yang tinggi untuk diangkat sebagai manajer. Akhirnya Rudi yang terpilih karena ia selalu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan jujur.
      Dari ilustrasi di atas, yang mendorong Rudi dapat melakukan mobilitas sosial adalah karena faktor ....
      A. Individu
      B. Ekonomi
      C. Politik
      D. Sosial
  35. Perhatikan tabel berikut!
    No.Pernyataan
    1.Ketidakpuasan seseorang akan status sosialnya
    2.Tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah
    3.Melakukan diskriminasi terhadap orang lain atau kelompok tertentu
    4.Kondisi ekonomi masyarakat yang baik
      Yang termasuk faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial terdapat pada nomor ....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)
  36. Jenis saluran mobilitas sosial berdasarkan gambar berikut adalah ....
    Lihat gambar berikut: Gedung DPR - Organisasi Politik
      A. Lembaga pendidikan
      B. Lembaga ekonomi
      C. Organisasi politik
      D. Organisasi profesi
  37. Dampak positif mobilitas sosial adalah ....
      A. Munculnya berbagai konflik
      B. Munculnya keretakan dalam hubungan
      C. Timbul ketegangan karena tuntutan pekerjaan
      D. Mendorong seseeorang untuk lebih maju
  38. Indonesia sedang mengalami perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri. Jenis pekerjaan masyarakat di desa tidak hanya sebagai petani saja namun lebih beragam.
    Kasus di atas merupakan salah satu dampak mobilitas sosial yaitu ....
      A. Mendorong sesesorang untuk lebih maju
      B. Mempercepat tingkat perubahan sosial
      C. Meningkatkan integrasi sosial
      D. Meningkatkan pendapatan masyarakat
  39. Berikut ini merupakan dampak negatif adanya mobilitas sosial, kecuali ....
      A. Terjadinya konflik antarpartai dalam merebut kekuasaan
      B. Timbul perasaan takut, gelisah kehilangan pekerjaan atau jabatan
      C. Menimbulkan penyakit darah tinggi, insomnia, dan asam lambung
      D. Adanya persaingan antarkaryawan berdasarkan kinerja
  40. Perhatikan tabel berikut!
    No.Sikap
    1.Mengakui adanya perbedaan dalam setiap kebudayaan
    2.Tidak menerima perilaku kebudayaan dari suku bangsa lain
    3.Meningkatkan toleransi dalam kehidupan berbangsa
    4.Menanyakan suku bangsa tetangga kemudian mau bergaul
      Sikap yang seharusnya dimiliki masyarakat dalam menyikapi pluralitas di Indonesia adalah ....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)
  41. Perhatikan tabel suku bangsa Indoneisa berikut!
    ABC
    1.SundaJawaBetawi
    2.OsingTenggerSamin
    3.KarimunBatakMadura
      Berdasarkan tabel di atas, yang termasuk suku bangsa Jawa Timur ditunjukkan pada nomor ....
      A. A1, B1, dan C1
      B. A1, B2, dan C1
      C. A2, B1, dan C3
      D. A3, B2, dan C1
  42. Berikut yang bukan termasuk wujud budaya menurut J.J. Hoenigman adalah ....
      A. Karya
      B. Gagasan
      C. Aktivitas
      D. Benda
  43. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya konflik sosial adalah ....
      A. Perbedaan kepentingan
      B. Perbedaan latar belakang kebudayaan
      C. Perubahan nilai yang cepat
      D. Adanya proses asimilasi dan akulturasi
  44. Konflik antara buruh dan pengusaha kerap kali naik ke pengadilan. Pemberian upah yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan.
      Kasus di atas menggambarkan konflik terjadi karena faktor ....
      A. Perbedaan budaya
      B. Perbedaan kepribadian
      C. Perbedaan kasta
      D. Perbedaan kepentingan
  45. Perhatikan gambar berikut!

    Sumber gambar:
    1. infoana.com; 2. wartanasional.com; 3. m.inilah.com; 4. perpusku.com
      Dari gambar di atas, yang merupakan konflik nasional terdapat pada nomor ....
      A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4
  46. Berikut ini merupakan dampak negatif terjadinya konflik sosial dalam masyarakat yaitu ....
      A. Munculnya norma baru dalam masyarakat
      B. Mendorong munculnya dominasi kelompok pemenang
      C. Meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok
      D. Mendorong kesadaran kelompok untuk melakukan kompromi
  47. Dua belah pihak yang terlibat konflik dilakukan upaya penyelesaian ketegangan dengan cara masing-masing pihak mengorbankan sebagian tujuannya. Ilustrasi di atas merupakan salah satu cara menangani konflik sosial yaitu ....
      A. Memaksakan kehendak
      B. Tawar-menawar
      C. Kolaborasi
      D. Menghindar
  48. Berikut ini yang bukan merupakan sikap yang dapat mendorong integrasi bangsa adalah ....
      A. Menyesuaikan dengan budaya sekitar
      B. Berpegang teguh pada nilai-nilai sosial
      C. Menyesuaikan gaya hidup hedonisme
      D. Mematuhi norma-norma yang berlaku
  49. Masyarakat Indonesia dipersatukan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan contoh integrasi ....
      A. Normatif
      B. Koersif
      C. Fungsional
      D. Asimilasi
  50. Rama sering melanggar peraturan dan tata tertib di sekolah. Walaupun ia diberi peringatan dan dinasehati guru masih saja melakukan pelanggaran. Dikhawatirkan perbuatan Rama ini dapat mempengaruhi siswa lainnya. Akhirnya guru melakukan pemanggilan orang tua dan membuat kesepakatan bahwa apabila Rama mengulangi perbuataannya akan diberikan sanksi dikeluarkan dari sekolah tersebut. Ilustrasi di atas merupakan contoh integrasi dalam bentuk ....
      A. Normatif
      B. Koersif
      C. Fungsional
      D. Asimilasi

Demikian, selamat bersiap-siap mensukseskan uji semesteran tahun ini dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar