Skip to main content

Keadaan Flora dan Fauna Indonesia IPS Kelas 7

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
dan salam sejahtera buat semuanya.
Perangkat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang akan Admin bagikan pada kesempatan kali ini adalah membahas tentang "Keadaan Flora dan Fauna Indonesia" materi kelas 7. LKPD ini dibuat berfungsi sebagai penuntun peserta didik dalam belajar.

Sama dengan postingan-postingan sebelumnya, di dalam sebuah LKPD berisi antara lain identitas, petunjuk belajar, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, lembar kerja, dan penilaian. Perangkat LKPD akan dibagikan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok kecuali pada lembar penilaian dipegang oleh guru.

Sebagai gambaran singkat mengenai isi daripada LKPD ini, Admin akan memaparkan sebagiannya yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, serta penilaian.

I. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menjelaskan keragaman flora di Indonesia dengan tepat;
  2. Peserta didik dapat menjelaskan keragaman fauna di Indonesia dengan tepat.
  3. Peserta didik dapat menemukan kondisi keragaman flora dan fauna Indonesia saat ini dengan teliti.

II. Langkah-Langkah Kegiatan

Melalui alur proses pembelajaran TIP (Tahu, Ingin, Pelajari) peserta didik membaca materi dalam:

  1. Buku paket IPS kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2016 hal 67-74;
  2. Situs News.Detik.com bertajuk: Miris! Ada Banyak Satwa Endemik Indonesia yang Terancam Punah;
  3. Kemudian mengisi tabel yang telah tersedia!
    Dalam tabel tersebut berisi baris isian:
  • Tahu:
    Menjelaskan apa yang telah diketahui peserta didik dari bacaan materi tersebut!
  • Ingin:
    Peserta didik menuliskan pertanyan-pertanyaan yang ingin ditemukan jawabannya di dalam teks yang telah dibaca!
  • Pelajari:
    Kemudian pada baris pelajari ini, peserta didik menjawab pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya untuk menunjukkan hal-hal yang sudah dipelajari didalam teks!

III. Kunci Jawaban

Tahu:

    Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berbagai jenis flora dan fauna tersebar banyak di seluruh wilayah Indonesia. Namun karena aktivitas manusia yang tidak bertanggungjawab menyebabkan habitat atau tempat tinggal flora dan fauna menjadi rusak dan hilang.

Ingin:

    Bentuk pertanyaan misalnya:
  • Mengapa Indonesia kaya akan keanekaragaman flora dan fauna?
  • Bagaimanakah sebaran flora dan fauna di Indonesia?
  • Bagaimanakah kondisi keragaman flora dan fauna di Indonesia saat ini?

Pelajari:

  1. Mengapa Indonesia kaya akan keanekaragaman flora dan fauna?
  2. Jawaban: Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat besar dan menempati posisi ketiga besar dunia dengan keanekaragaman hayatinya. Keanekaragaman hayati di Indonesia disebabkan karena kondisi iklim dan kondisi fisik wilayahnya yang memungkinkan berbagai jenis tumbuhan dan hewan dapat hidup dan berkembang biak dengan baik. Indonesia termasuk wilayah yang memiliki curah hujan tinggi sehingga sumber kehidupan berupa air tersedia banyak bagi tumbuh-tumbuhan dan hewan. Wilayah Indonesia juga mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun dengan suhu udara sekitar 27 derajat C, tidak terlalu panas ataupun dingin. Dengan kondisi suhu udara sedang seperti itu tumbuh-tumbuhan dan hewan mendapat sumber energi yang cukup untuk bertahan hidup.

  3. Bagaimanakah sebaran flora dan fauna di Indonesia?
  4. Jawaban:
    a. Persebaran Flora di Indonesia

      Flora di Indonesia dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu:
    • Flora Indo-Malayan, yaitu jenis flora yang secara dominan hidup di wilayah Indonesia bagian Barat seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Flora yang banyak ditemukan di Indonesia bagian Barat yaitu berbagai jenis meranti-merantian, rotan, dan nagka.
    • Flora Indo-Australian, yaitu jenis flora yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian Timur termasuk Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua . Flora yang banyak tersebar di kawasan ini adalah kayu putih, sagu, dan berbagai jenis matoa.

    b. Persebaran Fauna di Indonesia

      Fauna di Indonesia dibedakan menjadi tiga kelompok yang didasarkan pada perbedaan tipe/coraknya, yaitu tipe asiatis di bagian barat Indonesia, tipe peralihan di bagian tengah, dan tipe australis di bagian timur. Pengelompokan sebaran fauna ini dibuat oleh penemunya yaitu Alfred Russel Wallace dan disempurnakan lagi oleh Weber sehingga dalam pembagian ketiga tipe sebaran fauna tersebut dibatasi dengan garis Wallace dan garis weber. Garis Wallace membatasi fauna bagian barat dan bagian tengah sedangkan garis Weber memisahkan fauna bagian tengah dan bagian timur.

      Berikut ketiga tipe fauna di Indonesia, yaitu:

    • Fauna Asiatis (Tipe Asia), menempati bagian barat Indonesia sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. Jenis fauna tipe Asiatis ini antara lain binatang jenis mamalia seperti gajah, beruang, macan tapir, banteng kerbau, rusa, babi hutan, badak bercula satu, dan lain-lain. Kemudian binatang jenis reptil seperti ular, buaya, tokek, kadal, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling. Sementara binatang jenis burung dapat ditemui seperti burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas.
    • Fauna Peralihan, menempati di antara Indonesia bagian timur dan bagian barat, yaitu Sulawesi, Timor, Nusa Tenggara, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini merupakan binatang asli daerah atau disebut fauna endemis. Dari fauna jenis mamalia, terdapat anoa, kuskus, babi rusa, kuda, sapi, banteng, monyet hitam, monyet saba, beruang, dan tarsius. Kemudian dari fauna jenis reptil antara lain komodo, biawak, buaya, kura-kura, dan ular. Fauna jenis burung antara lain maleo, burung dewata, kakatua, nuri, raja udang, rangkong serta angsa. Pada wilayah ini juga terdapat amfibi seperti katak pohon, katak terbang, dan katak air.
    • Fauna Australis (Tipe Australia), menempati bagian timur Indonesia meliputi Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Fauna jenis mamalia yang mendiami wilayah ini antara lain kanguru, walabi, beruang, nokdiak (landak Papua), opossum layang (pemanjat berkantung), kuskus, dan kanguru pohon. Dari jenis reptil, terdiri atas buaya, biawak, kadal, dan kura-kura. Kemudian jenis burung, terdiri atas cenderawasih, kasuari, nuri dan raja udang.

  5. Bagaimanakah kondisi keragaman flora dan fauna di Indonesia saat ini?
  6. Jawaban: Saat ini sekitar 294 jenis flora dan fauna Indonesia yang masuk dalam daftar spesies terancam punah. Beberapa penyebab semakin banyaknya jenis flora dan fauna yang mulai punah adalah pembukaan lahan perkebunan, pembakaran hutan, dan perburuan liar. Jenis fauna yang terancam punah seperti Orangutan, Badak, Bekantan, Gajah, Harimau, dan lain-lain.

Silahkan didownload perangkat LKPD materi Keadaan Flora dan Fauna Indonesia berikut :
Di sini

Akhirnya, dengan keterbatasan dan kekurangan Admin dalam penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini, kritik dan saran dari rekan guru sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan LKPD ini ke depannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar