Skip to main content

Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 (Uji Kompetensi)

Bagaimanakah pembelajaran abad 21? Seperti apa karakteristik guru abad 21? Dan bagaimanakah karakteristik siswa pada abad 21 sekarang ini? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Pada abad 21 sekarang ini peradaban manusia sudah berkembang menjadi masyarakat informasi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi sangat cepat. Berbagai penemuan-penemuan baru bermunculan di segala bidang tidak terkecuali dalam dunia pendidikan sehingga dengan kondisi ini secara linier mempengaruhi perubahan karakter masyarakat.

Selengkapnya silahkan menjawab soal uji kompetensi karakteristik guru dan siswa abad 21 berikut!

A. Uji Kompetensi Pembelajaran Abad 21

1. Sekarang ini manusia berada pada situasi abad 21 dengan ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....

    A. awal mula revolusi industri 4.0
    B. terjadi fenomena masyarakat digital
    C. persaingan jumlah produksi industri
    D. berkembang masyarakat informasional

2. Masa revolusi industri 4.0 ditandai dengan penemuan ....

    A. mesin uap dan kereta api
    B. listrik, alat komunikasi, kimia, dan minyak
    C. kecerdasan buatan, sensor miniatur, dan Internet of Thing
    D. komputer pribadi, internet, dan telepon genggam

3. Masyarakat Indonesia menunjukkan terjadi berbagai macam karakter dalam fase perkembangannya yang terlihat dari adanya masyarakat primitif, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan masyarakat digital pada era yang sama. Fase perkembangan masyarakat seperti ini artinya berlangsung secara ....

    A. linier
    B. paralel
    C. luas
    D. sempit

4. Perbedaan kondisi jangkauan internet di berbagai satuan pendidikan berimplikasi terhadap ....

    A. karakteristik guru dan siswanya
    B. ketersediaan media pembelajaran di sekolah
    C. kurikulum yang dipakai sekolah
    D. tata tertib masing-masing sekolah

5. Berikut adalah karakteristik dasar kemunculan masyarakat informasional menurut Manuel Castell, kecuali ....

    A. Teknologi-teknologi bertindak berdasarkan informasi
    B. informasi adalah bagian dari seluruh kegiatan manusia sehingga teknologi-teknologi mempunyai efek yang meresap
    C. semua sistem yang menggunakan teknologi informasi didefinisikan oleh logika jaringan
    D. teknologi-teknologi bersifat statis dengan ditunjang pada kreativitas manusia dalam penggunaannya

6. Menurut Scoth Lash ciri-ciri masyarakat informasi itu adalah ....

    A. kekuasaan menjadi suatu ideologi
    B. dihadapkan pada kemampatan ruang dan waktu
    C. mengklaim sesuatu secara universal
    D. dalam hidup disediakan waktu untuk refleksi

7. Informasi itu bersifat statis komunikasilah yang membuat informasi menjadi dinamik, kuat, dan sumber energi. Pernyataan tersebut disampaikan oleh ....

    A. Bell
    B. Manuel Castell
    C. Scott Lash
    D. Touraine

8. Generasi pertama perkembangan ICT secara fundamental adalah informasional, dengan sektor kuncinya adalah semikonduktor, sofware (sistem operasi dan aplikasi), dan ....

    A. komputer
    B. internet
    C. cisco systems
    D. sektor jaringan

9. Yang menjadi dasar analisis Scoth Lash dalam menjelaskan karakteristik masyarakat informasi pada masa sekarang ini adalah ....

    A. informasi
    B. komunikasi
    C. ruang
    D. waktu

10. Berikut adalah karakteristik masyarakat informasional menurut Scott Lash, kecuali ....

    A. komunikasi terjadi secara intens dalam durasi pendek
    B. hubungan-hubungan sosial diletakan pada suatu tempat pada jarak jauh
    C. hubungan-hubungan sosial diletakan pada suatu tempat dengan prinsip kedekatan
    D. komunikasi memecah naratif menjadi pesan pendek/ringkas

11. Outsorcing dalam dunia pendidikan sekarang ini dapat kita saksikan pada kegiatan ....

    A. musyawarah guru mata pelajaran (MGMP)
    B. lokakarya/workshop dan seminar
    C. program pengalaman lapangan (PPL)
    D. pembelajaran daring

12. Fokus utama masyarakat informasional adalah ....

    A. berusaha bagaimana masyarakat mengolah bahan baku menjadi komoditas yang dapat meningkatkan kualitas hidup
    B. berusaha bagaimana masyarakat mengolah informasi sebagai sumber daya utama untuk meningkatkan kualitas hidup
    C. berusaha bagaimana mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kualitas hidup
    D. berusaha bagaimana memproduksi informasi dalam bentuk lirik puisi, wacana, dan lukisan

13. Dalam masyarakat informasional dan komunikasional pengetahuan-pengetahuan mewujud dalam bentuk ....

    A. media cetak
    B. kode-kode
    C. simbol
    D. digital

14. Era media yang berlangsung pada era digital dengan karakter informasi desentralistik dan komunikasi dua arah adalah ....

    A. the first media age
    B. the second media age
    C. the third media age
    D. the fourth media age

15. Kemunculan media baru (new media) yang mendorong terjadinya luapan konten informasi dan teknologi adalah seperti ....

    A. film, radio programs, dan television
    B. blogs, website, dan citizen journalism
    C. books, magazine, dan newspaper
    D. pamphlet, brochure, dan postcard

16. ICT literacy skills atau keterampilan abad 21 yang harus dikembangkan untuk membangun masyarakat berpengetahuan adalah ....

    A. menggunakan angka-angka dan simbol-simbol, memecahkan masalah praktis, menganalisis informasi, menginterpretasikan, dan mengambil keputusan
    B. memperhitungkan, mempersepsikan informasi, mengkomunikasikan, dan menggambarkan informasi
    C. mengidentifikasi masalah, menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti, dan mengambil keputusan
    D. melek teknologi dan media, melakukan komunikasi efektif, berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi

17. Bentuk kebijakan pemerintah melalui kementerian pendidikan Indonesia terkait pemanfaatan Information and communication Technologies (ICT) dalam proses pembelajaran misalnya adalah ....

    A. penerapan kurikulum 2013
    B. gerakan literasi dasar bagi siswa
    C. bantuan dana operasional sekolah (BOS)
    D. pembentukan komite sekolah

18. Peran TIK yang diprioritaskan sebagai media pembelajaran jarak jauh diarahkan untuk menunjang satu pilar kebijakan pendidikan nasional yaitu ....

    A. penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan
    B. peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
    C. perluasan dan pemerataan akses pendidikan
    D. penyelenggaraan pendidikan yang murah dan terjangkau

19. Dampak positif kehadiran media baru dalam proses pembelajaran adalah ....

    A. menjadi sumber belajar utama bagi siswa
    B. meringankan peran guru dalam proses pembelajaran
    C. mengurangi ketergantungan pada internet
    D. cara belajar lebih efisien

20. Satu persoalan yang dihadapi sebagian guru dengan kehadiran media baru dalam pembelajaran adalah ....

    A. terjebak sebagai generasi digital imigrant menghadapi siswa yang masuk kategori digital native
    B. berkurangnya peran guru dalam proses pembelajaran
    C. merupakan generasi digital native menghadapi siswa yang masuk kategori digital imigrant
    D. keterbatasan media yang mendukung proses pembelajaran di sekolah

No.KunciNo.Kunci
1.C11.D
2.C12.B
3.B13.D
4.A14.B
5.D15.B
6.B16.D
7.C17.A
8.A18.C
9.B19.D
10.C20.A

B. Uji Kompetensi Karakteristik Guru Abad 21

21. Dalam pandangan progresif, sikap guru terhadap perubahan karakteristik masyarakat yang memasuki masyarakat digital adalah ....

    A. menolak perubahan untuk mempertahankan kultur guru yang telah lama melekat
    B. akan mentransformasikan diri baik secara teknik maupun sosio-kultural
    C. merasa pesimis jika perubahan karakteristik masyarakat akan membawa pengaruh positif
    D. bersikap apatis karena peran guru tidak akan tergantikan oleh apapun

22. Pada era abad 21 sekarang ini, guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif yaitu dengan cara ....

    A. mengembangkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru
    B. meningkatkan kemampuan akademik guru
    C. memperkuat pedagogi siber pada diri guru
    D. mengkondisikan pembelajaran yang nyaman bagi siswa

23. Pada abad 21 sekarang ini guru tidak lagi bergantung pada buku paket sebagai satu-satunya sumber belajar dikarenakan ....

    A. konten pembelajaran pada buku paket sering kali tidak lengkap
    B. konten pembelajaran secara luas dan beragam tersedia di internet
    C. adanya tuntutan kepada guru untuk membuat modul sendiri
    D. buku paket tidak disediakan materi yang menuntut proses berpikir kritis

24. Dalam proses pembelajaran guru mengarahkan siswa pada diskusi dan pemecahan masalah, hingga melakukan proyek guna melatih mereka berpikir kritis.

    Ilustrasi di atas sesuai dengan karakteristik guru abad 21, yaitu ....
    A. sebagai pengajar, pendidik, dan penasehat
    B. sebagai pelatih, pembimbing, dan pengawas
    C. sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator
    D. sebagai pemimpin, pengarah, dan penilai

25. Untuk mengembangkan profesionalitasnya, guru abad 21 harus memiliki minat baca yang tinggi. Berikut yang tidak menunjukkan minat baca tinggi pada guru adalah ....

    A. banyak mencetak buku-buku digital
    B. browsing di internet ketika mengalami masalah pembelajaran
    C. banyak membeli buku sebagai tambahan koleksi
    D. menggunakan tambahan gaji sertifikasi untuk gaya hidup konsumtif

26. Memiliki kredibilitas tinggi dan berwibawa sehingga disegani siswanya adalah guru yang ....

    A. gemar membaca dan menulis karya ilmiah
    B. disiplin dan memiliki integritas tinggi
    C. tidak pernah berlaku keras terhadap anak didik
    D. ditakuti oleh murid-muridnya di sekolah

27. Berikut adalah contoh guru yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran berkualitas dengan berbasis TIK, kecuali ....

    A. menerapkan pola pembelajaran hibrida yang mengkombinasikan pertemuan tatap muka dengan pembelajaran berbasis online
    B. menerapkan atau membuat aplikasi pembelajaran berbasis permainan yang disebut gamification
    C. meningkatkan keterampilan merakit perangkat komputer dalam pembelajaran
    D. memanfaatkan media baru (new media) untuk pembelajaran berbasis web

28. Kesediaan guru menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam aktivitas pembelajaran merupakan salah satu karakteristik guru abad 21 yaitu ....

    A. kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar
    B. mampu melakukan transformasi kultural
    C. peran penting guru sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator
    D. memiliki minat baca tinggi dan menghasilkan karya tulis ilmiah

29. Proses terjadinya alih ubah nilai, sikap, dan praksis lama menuju yang baru disebut ....

    A. inisiatif fleksibel
    B. inisiatif adaptif
    C. transformasi kultural
    D. kreativitas dan inovasi

30. Perhatikan jenjang kompetensi TIK berikut!
(1) Menjadi tenaga pengajar TIK
(2) Guru yang melek TIK (ICT literate)
(3) Mampu mensinergikan melek TIK dalam penyajian di kelas konvensional
(4) Menjadi perancang atau desainer pembelajaran berbasis TIK

    Tahapan kompetensi yang sebaiknya dimiliki guru dalam menerapkan model e-learning secara berurutan adalah ....
    A. 1 - 2 - 3 - 4
    B. 1 - 3 - 4 - 2
    C. 2 - 1 - 4 - 3
    D. 2 - 3 - 1 - 4

No.KunciNo.Kunci
21.B26.A
22.C27.C
23.B28.B
24.C29.C
25.D30.D

C. Uji Kompetensi Karakteristik Siswa Abad 21

31. Perilaku belajar yang menonjol pada siswa abad 21 sekarang ini adalah ....

    A. menyerap ilmu pengetahuan hasil informasi dari guru
    B. siswa belajar hanya pada lembaga sekolah
    C. proses belajar banyak bergantung pada mesin pencari
    D. ketika belajar siswa bersikap pasif dan bergantung pada guru

32. Berikut adalah kecakapan yang harus dimiliki generasi abad 21, kecuali ....

    A. kebergantungan
    B. keberanian
    C. kepercayaan diri
    D. rasa keingintahuan tinggi

33. Penerapan model pembelajaran konstruktivistik seperti diskusi, curah pendapat, dan debat dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan siswa yaitu ....

    A. berpikir kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi, kreativitas kolaboratif dan inovatif
    B. kelancaran membaca, menulis, mengingat, dan menghafal materi pembelajaran
    C. keterampilan menyiapkan diri menghadapi ujian dan keterampilan menjawab tes
    D. terampil berinteraksi antarbudaya, menjadi pemimpin yang produktif dan bertanggung jawab

34. Untuk membentuk karakter siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis, dalam proses pembelajaran guru sebaiknya menggunakan pendekatan yang berpusat pada ....

    A. siswa
    B. guru
    C. metode
    D. sumber belajar

35. Berdasarkan logika berpikir sekuensial keahlian literasi ICT lebih tinggi dimiliki oleh ....

    A. guru
    B. siswa
    C. masyarakat kaya
    D. masyarakat terpelajar

36. Berikut adalah contoh adanya kemampuan literasi ICT pada siswa, kecuali ....

    A. memanfaatkan televisi sebagai media pembelajaran instruksional
    B. terlibat dalam proses pembelajaran berbasis web
    C. melakukan studi kepustakaan di perpustakaan sekolah
    D. menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran

37. Pada zaman digital sekarang ini, penemuan baru pada aplikasi pembelajaran terus terjadi dalam jangka waktu pendek. Kemampuan yang dibutuhkan siswa yang dibutuhkan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih tersebut adalah ....

    A. kemampuan selektif
    B. kemampuan adaptif
    C. kemampuan inovatif
    D. kemampuan kreatif

38. Perhatikan kecakapan siswa abad 21 berikut!
(1) kecakapan interaksi antarbudaya
(2) berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam komunikasi
(3) kecakapan kepemimpinan produktif dan akuntabel
(4) literasi media baru dan literasi ICT
(5) kecakapan inisiatif fleksibel dan inisiatif adaptif

    Kecakapan yang tergolong kacakapan hidup dan karir yaitu nomor ....
    A. (1), (2), dan (3)
    B. (1), (3), dan (5)
    C. (2), (4), dan (5)
    D. (3), (4), dan (5)

39. Siswa berbagi (sharing) pengetahuan dan keterampilan, dan keahlian yang sesuai dengan minatnya dengan berbagai siswa di seluruh dunia. Keterampilan abad 21 yang tunjukkan siswa tersebut adalah ....

    A. kemampuan bekerjasama dalam tim
    B. kecakapan sosial
    C. kecakapan kepemimpinan produktif dan bertanggung jawab
    D. kecakapan kreatif dan inovatif

40. Dengan media baru tersedia berbagai macam informasi yang begitu melimpah sehingga siswa dapat ....

    A. menyelesaikan tugas rumah
    B. menghabiskan waktu bermain game
    C. saling chatting bersama teman-teman
    D. belajar secara mandiri

No.KunciNo.Kunci
31.C36.C
32.A37.B
33.A38.B
34.A39.B
35.B40.D

Demikian contoh soal menguji kompetensi guru dalam pemahaman dan penguasaanya tentang konsep karakteristik guru dan siswa abad 21, semoga ada manfaatnya buat kita semua.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar