Skip to main content

Contoh Soal Pretest Seleksi PPGJ IPS

Salam kenal kepada Bapak atau Ibu rekan guru IPS, bertemu dengan saya di sini, Admin blog ini, untuk bersama-sama kita belajar demi meningkatkan kemampuan dan kualitas diri kita sebagai guru IPS dalam menjalankan tugas dan fungsi yang kompleks yakni membentuk generasi yang intelektual dan bermoral.

Pada kesempatan kali ini Admin akan mengulas kisi-kisi pretest PPGJ penyelenggaraan tahun 2018. Maksud mengulas kisi-kisi pretest disini adalah jadi Admin telah menyusun contoh-contoh soal berdasarkan kisi-kisi pretest PPG dalam Jabatan Mata Pelajaran IPS untuk Admin jadikan sebagai referensi pribadi dan membagikannya di sini buat rekan guru IPS semuanya.

Dalam latihan soal ini Admin juga menyediakan kunci jawaban pada tiap-tiap 10 soalnya. Untuk itu langsung saja dibaca kisi-kisi pretest dan contoh soalnya berikut ini:

A. Kisi-kisi Pretest PPGJ IPS

  1. Membandingkan corak kehidupan masyarakat praaksara
  2. Membandingkan peralatan yang digunakan dalam berbagai masa pra-aksara
  3. Membandingkan budaya yang membedakan zaman pra-aksara dan sesudahnya
  4. Mengkonstruksi kehidupan kerajaan Hindu awal
  5. Membedakan kehidupan masyarakat berdasar peralatan yang digunakan
  6. Menganalisis keadaan ekonomi masa pra-aksara
  7. Membandingkan hunting, fishing dan foodgathering
  8. Membandingkan palaeolith, mesolith dan neolith
  9. Menjelaskan keadaan sosial pada masa Hindu
  10. Menganalisis peradaban pada masa Hindu
  11. Menjelaskan keadaan sosial pada masa Buddha
  12. Membandingkan antara kebudayaan Hindu dan Buddha
  13. Menjelaskan relief yang dominan pada jaman Hindu dan Buddha
  14. Membedakan karakteristik budaya Hindu dan Buddha
  15. Bentuk-bentuk peninggalan pada jaman Hindu
  16. Bentuk-bentuk peninggalan pada jaman Buddha
  17. Menganalisis situs-situs peninggalan Hindu Buddha di Indonesia
  18. Menjelaskan peranan perdagangan dan maritim bagi persebaran Islam
  19. Mengidentifikasikan bentuk-bentuk peninggalan masa Islam
  20. Menyimpulkan makna kebudayaan pada masa Islam
  21. Membandingkan asal usul bangsa/penduduk Indonesia
  22. Menganalisis pendapat yang menentang tentang asal-usul bangsa Indonesia
  23. Menganalisis pendapat yang mendukung asal-usul bangsa Indonesia
  24. Memahami berbagai jenis lembaga sosial
  25. Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan
  26. Menganalisis fungsi keragaman sosial budaya dalam pembangunan
  27. Menganalisis peran kelembagaan sosial budaya dalam pembangunan
  28. Menganalisis bentuk-bentuk perubahan sosial
  29. Menjelaskan perubahan sosial asosiatif
  30. Menjelaskan perubahan sosial dan bentuk disosiatif
  31. Menganalisis berbagai akibat dari hubungan sosial
  32. Menentukan upaya pengendalian penyimpangan sosial dalam kehidupan masyarakat
  33. Menganalisis latar belakang terjadi perubahan sosial
  34. Menentukan berbagai faktor penyebab terjadinya perubahan sosial
  35. Menganalisis orde baru dan dampak reformasi terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia
  36. Menganalisis pelaksanaan Pemerintahan dan kehidupan masyarakat masa Reformasi
  37. Memberi contoh jenis-jenis kegiatan produksi
  38. Mengidentifikasi sumber daya produksi yang berasal dari alam
  39. Mengidentifikasi jenis-jenis faktor produksi tenaga kerja
  40. Menentukan jenis faktor produksi modal
  41. Mengidentifikasi bentuk kegiatan produksi yang memiliki fungsi distribusi
  42. Mengidentifikasi kegiatan konsumsi oleh rumah tangga, perusahaan, atau negara
  43. Menganalisis dampak dari kelangkaan (scarcity)
  44. Membedakan motif dan prinsip ekonomi
  45. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa
  46. Menjelaskan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang
  47. Mengidentifikasi konsep merkantilisme dalam perdagangan internasional
  48. Memberi contoh tindakan yang menggunakan prinsip ekonomi
  49. Menjelaskan posisi disiplin Geografi dalam IPS Terpadu
  50. Mengklasifikasi jenis-jenis peta
  51. Menghitung skala peta
  52. Menganalisis dampak letak dan iklim terhadap kehidupan sosial ekonomi
  53. Mengidentifikasi dampak iklim di Indonesia terhadap kehidupan sosial ekonomi
  54. Mengidentifikasi flora dan fauna di Indonesia berdasarkan tipe asiatis, australia, dan tipe peralihan dengan pembagian wilayah Weber dan Wallacea
  55. Menjelaskan dampak dari letak astronomis Indonesia
  56. Menghitung tingkat pertumbuhan, kepadatan, kelahiran, dan kematian penduduk
  57. Menganalisis masalah kependudukan di Indonesia
  58. Mengdentifikasi dampak letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial ekonomi
  59. Mengidentifikasi potensi SDA bagi pembangunan
  60. Mengidentifikasi bentuk muka bumi terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat
  61. Menganalisis langkah-langkah dalam penelitian kuantitatif
  62. Membedakan hipotesis penelitian, tujuan penelitian, dan batasan masalah
  63. Menidentifikasi jenis analisis kuantitatif yang sesuai
  64. Mengidentifikasi syarat-syarat analisis kuantitatif dengan statistika parametrik
  65. Membedakan statistika deskriptif dan statistika inferensial
  66. Mengidentifikasi jenis-jenis data kuantitatif
  67. Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian kualitatif
  68. Menganalisis langkah-langkah analisis kualitatif
  69. Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian studi kasus
  70. Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian naratif

B. Contoh Soal Pretest PPGJ IPS

  1. Manusia hidup secara berkelompok dan tersusun dari keluarga-keluarga kecil. Dalam hal mata pencaharian terdapat pembagian tugas yang jelas yaitu anggota kelompok laki-laki pergi melakukan perburuan dan menangkap ikan sementara perempuan mengumpulkan makanan dari tumbuh-tumbuhan disekitar lingkungan tempat tinggal. Corak kehidupan manusia masa pra-aksara yang digambarkan tersebut berlangsung pada masa ....
  2. A. palaeolithikum
    B. mesolithikum
    C. neolithikum
    D. megalithikum

  3. Peralatan berikut ditemukan di daerah Pacitan dan Ngandong, terbuat dari batu biasa dengan ukuran kecil-kecil dan berfungsi untuk menguliti hewan, mengiris daging atau memotong umbi-umbian. Nama peralatan yang dimaksud adalah ....
    • A. chopper
      B. chopper-tool
      C. hand-axe
      D. flakes

  4. Hasil kebudayaan manusia yang dapat menunjukkan kehidupan zaman pra-aksara sudah berakhir di Indonesia adalah ....
      A. kemahiran manusia membuat berbagi peralatan dan perkakas dari logam
      B. tradisi pendirian bangunan dari batu yang berukuran besar
      C. kebudayaan abris sous roche yang ditemukan di Besuki, Bojonegoro
      D. penemuan prasasti Yupa yang menerangkan awal mula kerajaaan Kutai

  5. Kehidupan kerajaan Hindu awal di Indonesia di tandai dengan ....
    • A. penobatan Kudungga sebagai raja pertama Kutai
      B. nama raja Kutai Aswawarman yang berasal dari bahasa sansekerta
      C. ditemukannya Yupa sebagai penanda raja Mulawarman telah memberikan hadiah
      D. rakyat Kutai secara umum telah menganut agama Hindu

  6. Jenis peralatan terbuat dari batu kasar dan belum diasah digunakan pada masa paleolithikum adalah ....
    • A. kapak sepatu, kapak corong, nekara
      B. kapak penetak, kapak perimbas, alat serpih
      C. kapak lonjong, kapak persegi, pemukul kulit kayu
      D. kapak sumatera, serpih bilah, tulang sampung

  7. Manusia sudah mengenal cara bercocok tanam dengan sistem berladang. Setiap kali dirasakan kesuburan lahan ladang sudah berkurang maka pindah ke tempat lain. Selain berladang, manusia juga mulai memelihara dan mengembangbiakkan binatang. Corak kehidupan ekonomi manusia praaksara di atas terjadi pada masa ....
    • A. palaeolithikum
      B. mesolithikum
      C. neolithikum
      D. megalithikum

  8. Kebiasaan kehidupan manusia praaksara yang masih menggantungkan hidupnya dari alam dengan mengumpulkan umbi-umbian, buah-buahan, dan dedaunan disebut ....
    • A. hunting
      B. fishing
      C. foodgathering
      D. foodproducing

  9. Masa di Indonesia tempat perkembangan tiga tradisi alat manusia praaksara yaitu tradisi serpih bilah (Toala Culture), tradisi alat tulang (Sampung Bone Culture), dan tradisi kapak perimbas Sumatra (Sumatralith) adalah ....
    • A. palaeolith
      B. mesolith
      C. neolith
      D. megalith

  10. Kehidupan sosial pada masa Hindu terjadi pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat yang disebut dengan sistem kasta. Pada sistem kasta ini masyarakat dibedakan berdasarkan fungsinya. Fungsi masyarakat yang paling tinggi dijalankan oleh golongan ....
    • A. ksatria
      B. brahmana
      C. waisya
      D. sudra

  11. Nama raja yang disamakan dengan Indra sebagai dewa perang serta memiliki sifat sebagai dewa matahari yang tertulis pada prasasti Jambu adalah ....
    • A. Aswawarman
      B. Mulawarman
      C. Purnawarman
      D. Balaputradewa

    No.KunciNo.Kunci
    1.A6.B
    2.A7.C
    3.D8.B
    4.B9.B
    5.B10.C

  12. Keadaan kehidupan sosial masyarakat pada zaman Buddha adalah ...
    • A. kedudukan antar manusia sama
      B. melaksanakan upacara korban
      C. kepercayaan pada adanya reinkarnasi
      D. memuja banyak dewa

  13. Perhatikan data candi berikut!
    1. Bentuk bangunan ramping
    2. Puncak berbentuk kubus
    3. Umumnya candi mengahadap timur
    4. reliefnya timbul agak tinggi dan lukisann naturalis
    5. Gawang pintu dan reung berhiaskan kala makara
    • Yang termasuk ciri candi Jawa Tengah adalah ....
      A. 1, 2, dan 3
      B. 1, 3, dan 5
      C. 2, 3, dan 4
      D. 3, 4, dan 5

  14. Relief pada candi prambanan menceritakan ....
    • A. cerita Sudamala yang diperankan Sadewa anak bungsu Pandawa
      B. usaha Sudhana mencari ilmu yang tinggi sampai bersumpah mengikuti Bodhisattva Samanthabhadra
      C. kisah Ramayana dan Kresnayana yang dipahatkan pada pagar Langkan candi
      D. riwayat Sang Budha sejak lahir sampai turunnya amanat pertama di Taman Rusa

  15. Perbedaan budaya Hindu dan Buddha adalah ....
    • HinduBudha
      A.Kehidupan telah ditentukan sejak lahirKehidupan ditentukan oleh darma baik di dunia
      B.Tidak dibenarkan melakukan upacara korbanDibenarkan melaksanakan upacara korban
      C.Mempercayai adanya karmaMempercayai adanya reinkarnasi
      D.Kedukan manusia samaKedudukan manusia bertingkat-tingkat

  16. Bentuk umum candi borcorak Hindu adalah ...
    • A. terdiri dari kaki, tubuh dan atap
      B. arca dengan perwujudan tiga dewa
      C. pada dinding candi terdapat relief
      D. terdiri atas tiga bagian jeroan, tengahan, dan jaba

  17. Bangunan candi hasil peninggalan agama Budha adalah ....
    • A. Prambanan
      B. Gedongsongo
      C. Borobudur
      D. Dieng

  18. Prasasti Canggal hasil kebudayaan terkenal Mataram Hindu yang berasal dari halaman percandian di Gunung Wukir berisi tentang ....
    • A. peringatan atas didirikannya sebuah lingga oleh raja Sanjaya di atas bukit yang kaya akan hasil bumi
      B. gambar tapak kaki gajah sang raja yang disamakan sebagai tapak kaki gajah Airawata
      C. lukisan 2 tapak kaki raja yang diterangkan seperti tapak kaki Wisnu
      D. keterangan silsilah raja yang dimulai dari raja Kudunga yang mempunyai anak bernama Aswawarman, dan Mulawarman

  19. Yang berpendapat bahwa penyebar agama Islam di Indonesia pertama dilakukan oleh pedagang dari Gujarat India adalah ....
    • A. HAMKA
      B. Hoesein Djajadiningrat
      C. Soetjipto Wirjosoeparto
      D. Snuck Hurgronye

  20. Karya sastra berupa cerita atau dongeng yang dibuat sebagai pelipur lara atau pembangkit semangat disebut ....
    • A. Babad
      B. Hikayat
      C. Syair
      D. Suluk

  21. Peninggalan hasil kebudayaan Islam di Indonesia terlihat ada perpaduan dengan kebudayaan asli masyarakat Indonesia. Kebudayaan asli masyarakat dihormati dan dibiarkan berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa dalam Islam kebudayaan bermakna ....
    • A. hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang tidak dapat dirubah
      B. adat kebiasaan masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun
      C. sarana strategis untuk menyebarkan pengaruh Islam di Indonesia
      D. hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang berlandaskan nilai-nilai ke-esa-an tuhan

    No.KunciNo.Kunci
    11.A16.C
    12.D17.A
    13.C18.D
    14.A19.B
    15.B20.D

  22. Teori yang menyatakan asal usul penduduk Indonesia dari wilayah Indonesia sendiri didukung oleh ....
    • A. Sutan Takdir Alisjahbana
      B. RH. Geldern
      C. J.H. Ckern
      D. Slamet Muljana

  23. Yang menjadi alasan penolakan terhadap pendapat yang menyatakan bahwa asal-usul bangsa Indonesia dari daratan asia adalah ....
    • A. ditemukannya situs palaeotologi di daerah Bumiayu, Jawa Tengah
      B. adanya suku Anak Dalam atau Kubu di Sumatera Utara dan Indonesia bagian timur
      C. ditemukannya fosil Homo Soloensis dan Homo Wajakensis di Jawa
      D. keberadaan ras mongoloid yang tersebar di Indonesia sebelah barat

  24. Terdapat beberapa ahli yang menyatakan bahwa nenek moyang Indonesia berasal dari Daratan Yunan. Pendapat para ahli ini didasarkan atas alasan-alasan sebagai berikut, kecuali ....
    • A. kapak tua yang memiliki kemiripan dengan yang ada di Asia Tengah
      B. bangsa Melayu dan bangsa Jawa mempunyai tingkat peradaban yang tinggi
      C. kemiripan bahasa Melayu dengan bahasa Kamboja
      D. adanya perpindahan penduduk melalui tiga gelombang utama

  25. Bentuk lembaga sosial yang dikenal hanya oleh sebagian masyarakat saja disebut ....
    • A. Enacted Institutions
      B. Unsanctioned Institutions
      C. Restricted Institutions
      D. Cooperative Institutions

  26. Cara-cara bersikap dan bertingkah laku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan merupakan bentuk interaksi sosial asosiatif yaitu ....
    • A. kerja sama
      B. akomodasi
      C. asimilasi
      D. kompetisi

  27. Keragaman sosial budaya di Indonesia yang dapat mendorong pembangunan nasional akan terwujud apabila terdapat ....
    • A. penolakan terhadap pemasukan unsur-unsur kebudayaan dari luar
      B. partisipasi aktif warga masyarakat tanpa membedakan agama, suku, golongan, dan tempat tinggal
      C. sikap intoleransi terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaan
      D. rasa integrasi nasional yang mulai terkikis

  28. Dalam kehidupan bernegara terdapat norma atau aturan-aturan yang harus dipatuhi dan ditaati warga masyarakat demi terwujudnya keadilan. Tegaknya nilai keadilan dalam kehidupan bermasyarakat akan membawa pengaruh positif terhadap pembangunan.
    • Ilustrasi di atas menunjukkan peran dari lembaga ....
      A. agama
      B. ekonomi
      C. politik
      D. pendidikan

  29. Pencapaian kesepakatan damai antara Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) atas terjadinya konflik antar kedua belah pihak sejak tahun 1976 telah membawa pengaruh positif terhadap perubahan sosial budaya di Aceh misalnya kewenangan menjalankan syariat Islam secara menyeluruh di Aceh.
    • Berdasarkan waktunya, bentuk perubahan sosial budaya yang terjadi di Aceh tergolong ....
      A. cepat
      B. lambat
      C. sekarang
      D. masa lalu

  30. Perubahan sosial budaya dalam masyarakat yang membawa dampak positif terhadap kesatuan antar kelompok masyarakat merupakan bentuk perubahan sosial budaya ....
    • A. terencana
      B. tak terencana
      C. asosiatif
      D. disosiatif

  31. Sikap mental yang tersembunyi terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu merupakan bentuk ....
    • A. pertentangan
      B. kontravensi
      C. kompetisi
      D. asimilasi

    No.KunciNo.Kunci
    21.A26.B
    22.C27.C
    23.B28.A
    24.C29.C
    25.D30.B

  32. Berikut adalah dampak positif sebagai akibat hubungan sosial, kecuali ....
    • A. timbul kelompok-kelompok majemuk
      B. mendorong penemuan baru
      C. terbentuk solidaritas dalam masyarakat
      D.terjadi keteraturan sosial

  33. Peserta didik yang sering melanggar tata tertib sekolah dan sulit dibina sehingga pada titik akhir terpaksa mengeluarkannya dari sekolah termasuk bentuk pengendalian penyimpangan sosial dengan cara ....
    • A. kompulsi
      B. pervasi
      C. persuasif
      D. koersif

  34. Berikut adalah latar belakang terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat, kecuali ....
    • A. paksaan anggota kelompok masyarakat elit terhadap anggota masyarakat rendahan
      B. adanya dorongan dari masyarakat yang ingin merubah kehidupannya menjadi lebih baik
      C. kehidupan manusia yang dinamis yang selalu berusaha memenuhi semua kebutuhan hidupnya
      D. tradisi masyarakat tradisional yang menjalankan hidup sehari-hari mengikuti cara hidup pendahulunya

  35. Bentuk bangunan masjid yang memiliki unsur bangunan Hindu dalam struktur pembuatannya merupakan bentuk perubahan sosial budaya yang disebabkan ....
    • A. penemuan baru
      B. pengaruh kebudayaan masyarakat lain
      C. perubahan lingkungan alam
      D. peperangan

  36. Perubahan yang terjadi di masa reformasi terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia adalah ....
    • A. penghapusan dwi fungsi ABRI
      B. penyelenggaraan pemilu dilakukan secara langsung
      C. pengangkatan kepala daerah secara pemilihan langsung
      D. penyelenggaran negara secara bersih dan bebas KKN

  37. Perubahan tata penyelenggaraan pemerintahan di masa reformasi adalah ....
    • A. pelaksanaan pembangunan yang tersentralisasi
      B. menerbitkan kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah
      C. penyederhanaan dan penggabungan partai-partai politik
      D. pelaksanaan rencana pembangunan jangka panjang yaitu 25 tahunan

  38. Beternak hewan atau usaha budidaya ikan dikategorikan sebagai jenis kegiatan produksi dalam bidang ....
    • A. pengambilan kekayaan alam yang telah tersedia secara utuh
      B. pengolahan alam untuk menghasilkan barang baru
      C. pengolahan bahan sehingga menjadi bentuk/barang lain
      D. pembelian dan penjualan barang dengan tanpa merubah bentuk

  39. Berikut ini yang merupakan faktor produksi alam pada kegiatan industri adalah ....
    • A. uang, tenaga manusia
      B. tenaga manusia, tenaga mesin
      C. bahan baku, uang
      D. lokasi, bahan baku

  40. Unit usaha pengepakan barang pada perusahaan makanan ringan lebih cocok dikerjakan oleh tenaga kerja ....
    • A. terdidik
      B. harian
      C. terlatih
      D. kasar

  41. Yang tergolong faktor produksi modal di bawah ini adalah ....
    • A. bahan baku
      B. mesin-mesin
      C. pegawai
      D. kesuburan tanah

    No.KunciNo.Kunci
    31.A36.B
    32.D37.B
    33.D38.D
    34.B39.C
    35.C40.B

  42. Kegiatan produksi berikut yang sekaligus memiliki fungsi distribusi adalah usaha ....
    • A. perdagangan
      B. pertanian
      C. bengkel
      D. pabrikan

  43. Di samping melakukan kegiatan produksi pemerintah juga mengeluarkan biaya untuk konsumsi. Yang merupakan kegiatan konsumsi pemerintah berikut ini adalah ....
    • A. membeli barang kebutuhan pokok
      B. permintaan terhadap barang modal
      C. memberikan subsidi BBM
      D. meningkatkan komoditas ekspor

  44. Dampak yang timbul dari kelangkaan (scarcity) sumber daya bagi kehidupan ekonomi masyarakat adalah ....
    • A. terjadi kelebihan permintaan barang
      B. penawaran barang bertambah
      C. harga barang meningkat
      D. pendapatan masyarakat menurun

  45. Konsep ekonomi yang menyatakan dengan pengorbanan tertentu memperoleh hasil yang maksimal adalah ....
    • A. tindakan ekonomi
      B. prinsip ekonomi
      C. motif ekonomi
      D. kegiatan ekonomi

  46. Permintaan terhadap barang dan jasa akan banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini ....Kecuali
    • A. selera konsumen terhadap barang dan jasa
      B. pendapatan yang diterima masyarakat
      C. biaya untuk menghasilkan barang dan jasa
      D. ketersediaan barang atau jasa substitusi

    No.Kunci
    41.C
    42.C
    43.C
    44.B
    45.C

  47. Berdasarkan hukum penawaran meningkatnya harga cabai mengakibatkan jumlah cabai yang ditawarkan mengalami ....
    • A. pengurangan
      B. penambahan
      C. kelangkaan
      D. tidak laku

  48. Konsep perdagangan internasional yang berpandangan bahwa kemakmuran suatu negara dapat diukur melalui jumlah emas dan perak yang dimiliki oleh negara tersebut adalah ....
    • A. keunggulan komparatif
      B. merkantilisme
      C. ekonomi klasik Adam Smith
      D. keuntungan mutlak

  49. Contoh tindakan yang menggunakan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
    • A. memproduksi barang/jasa sebanyak-banyaknya
      B. menggunakan barang/jasa dengan akal sehat
      C. memberikan upah tinggi kepada setiap karyawan
      D. membeli semua barang yang diinginkan

  50. Disiplin keilmuan yang memiliki kedudukan sebagai landasan (flatform) dalam pembelajaran IPS terpadu adalah ....
    • A. sejarah
      B. ekonomi
      C. sosiologi
      D. geografi

  51. Kelompok peta yang dibedakan berdasarkan bentuknya adalah peta ....
    • A. topografi, korografi, dan tematik
      B. digital, relief, dan datar
      C. skala besar, skala menengah, dan skala kecil
      D. dunia, nasional, dan daerah

    No.Kunci
    46.B
    47.B
    48.B
    49.D
    50.B

  52. Jika diketahui jarak sebenar antara Kota Yogyakarta menuju kota Jakarta adalah 550 km, maka panjang garis yang menunjukkan jarak antara kedua kota tersebut pada peta dengan skala 1 : 12.500.000 adalah ....
    • A. 12,5 cm
      B. 27 cm
      C. 28 cm
      D. 44 cm

  53. Sejak dahulu Indonesia merupakan inti jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan antar negara di dunia. Para pedagang luar negeri singgah di Indonesia kemudian berinteraksi dan menjalin hubungan dagang dengan masyarakat pribumi sehingga mendatangkan banyak devisa negara. Keuntungan ekonomis ini disebabkan karena faktor ....
    • A. astronomis
      B. geografis
      C. geologis
      D. iklim tropis

  54. Dampak iklim di Indonesia terhadap kehidupan ekonomi bangsa adalah ....
    • A. menghasilkan hasil bumi dan perkebunan komoditas ekspor
      B. mendatang devisa negara dari ekpsor minyak bumi dan mineral lainnya
      C. memiliki keberagaman budaya sebagai sumber pendapatan dari sektor pariwisata
      D. terjadi hubungan kerja sama dengan negara-negara berkembang lainnya

  55. Jenis fauna seperti anoa, buaya, dan katak terbang serta jenis flora seperti yang banyak tersebar di sebelah barat garis weber adalah ....
    • A. asiatis
      B. Indonesiatis
      C. australis
      D. asiatis-australis

  56. Pernyataan berikut yang bukan termasuk dampak letak astronomis Indonesia adalah ....
    • A. Berdasarkan posisi Indonesia terhadap garis lintang, wilayah Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu
      B. Indonesia mengalami iklim tropis karena wilayahnya terhampar pada garis khatulistiwa
      C. Berdasarkan posisi terhadap garis lintang, wilayah Indonesia mengalami musim hujan dan kemarau
      D. berdasarkan posisi Indonesia terhadap garis bujur, wilayah Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu

  57. Jika diketahui jumlah penduduk wilayah X pada tahun 2015 sebanyak 100.000 jiwa, jumlah kelahiran 1.500 jiwa, dan jumlah kematian 250 jiwa maka besar tingkat kelahiran penduduknya adalah ....
    • A. 12,5
      B. 15
      C. 17,5
      D. 25

  58. Grafik kependudukan di Indonesia yang menggambarkan bentuk limas mengindikasikan ....
    • A. adanya angka ketergantungan yang tinggi
      B. penurunan penduduk yang disebabkan peperangan
      C. tingkat pendidikan dan kesehatan tinggi
      D. jumlah penduduk muda dan dewasa relatif sama

  59. Berikut merupakan dampak letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, kecuali ....
    • A. Aktivitas perdagangan masyarakat menjadi ramai karena Indonesia merupakan jalur utama pelayaran dunia
      B. Bangsa Indonesia sebagian besar hidup pada sektor pertanian karena lahannya yang subur
      C. Pendapatan masyarakat Indonesia meningkat melalui hubungan dagang serta banyak mendatangkan devisa negara
      D. Kebudayaan masyarakat banyak dipengaruhi kebudayaan asing sehingga meningkatkan khazanah budaya Indonesia

  60. Sinar matahari dan air jika dilihat dari kegunaan atau penggunaannya termasuk jenis sumber daya ....
    • A. dapat diperbaharui
      B. tidak dapat diperbaharui
      C. penghasil energi
      D. penghasil bahan baku

  61. Bentuk permukaan bumi dapat berupa gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, dan ngarai. Sebaran bentuk muka bumi ini membawa pada corak kehidupan masyarakat yang tinggal di atasnya berbeda-beda. Perbedaan yang dimaksud misalnya dari mata pencaharian, ciri fisik penduduk, kebudayaan, dan bentuk rumahnya. Yang menggambarkan ciri kehidupan pada masyarakat pegunungan adalah ....
    • A. sebagian besar penduduk bekerja sebagai pekebun
      B. menggunakan pakaian berwarna putih dan tipis
      C. bentuk rumah tinggi dan berventilasi besar
      D. biasanya dalam berkomunikasi mengeluarkan suara dengan keras

    Baca juga soal uji coba yang membahas kajian geografi dalam IPS Terpadu lainnya: Uji Coba Kelompok Kompetensi D IPS

    No.KunciNo.Kunci
    51.D56.B
    52.B57.A
    53.A58.B
    54.D59.C
    55.D60.A

  62. Perhatikan langkah-langkah penelitian berikut:
    1. Pengumpulan data
    2. Rumusan masalah
    3. Landasan teori
    4. Perumusan hipotesis
    5. Analisis data
    6. Kesimpulan dan saran
    • Urutan langkah-langkah dalam penelitian kuantitatif yang benar adalah ....
      A. 1-2-3-4-5-6
      B. 2-3-4-1-5-6
      C. 3-2-4-1-5-6
      D. 4-1-2-3-5-6

  63. Pernyataan yang memberikan jawaban sementara terhadap rumusan masalah disebut ....
    • A. latar belakang
      B. rumusan masalah
      C. hipotesis
      D. analisis data

  64. Kegiatan pengolahan data sebagai langkah akhir dalam penelitian untuk menarik suatu kesimpulan umum lebih tepat menggunakan analisis kuantitatif statistika ....
    • A. inferensial
      B. parametrik
      C. deskriptif
      D. non parametrik

  65. Syarat analisis kuantitatif dengan statistika parametrik antara lain ....
    • A. adanya saling ketergantungan di antara objek pengamatan
      B. pengambilan objek pengamatan dari populasi yang berdistribusi normal
      C. variabel-variabel yang terlibat adalah variabel dalam skala nominal
      D. rata-rata populasi normal dan bervarians sama tidak diharuskan linier

  66. Perhatikan aktivitas pengolahan data berikut:
    1. menyajikan dan menganalisis data agar lebih bermakna dan komunikatif
    2. pengolahan data tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis
    3. Bersifat menggambarkan dan menjelaskan suatu kondisi
    4. Menyajikan data penelitian ke dalam bentuk tabel frekuensi atau grafik
    • Aktivitas di atas termasuk pengolahan data dengan menggunakan sistem statistika ....
      A. inferensial
      B. parametrik
      C. deskriptif
      D. non parametrik

  67. Data kuantitatif yang berasal dari suatu objek atau kategori tertentu disusun berdasarkan tingkatannya misalnya rangking 1, 2, dan 3 disebut ....
    • A. nominal
      B. rasio
      C. ordinal
      D. interval

  68. Perhatikan ciri-ciri penelitian kualitatif dan kuantitatif berikut!
    1. Mengutamakan teknik pengumpulan data kuesioner
    2. Analisis data secara deduktif
    3. Mengutamakan perspektif emic
    4. Peneliti sebagai instrumen kunci
    5. Mengadakan analisis sejak awal penilitian
    • Yang merupakan ciri-ciri penelitian kualitatif adalah ....
      A. 1, 2, dan 3
      B. 1, 2, dan 4
      C. 2, 3, dan 5
      D. 3, 4, dan 5

  69. Perhatikan proses analisis data berikut!
    1. Sejak awal berusaha mengambil kesimpulan hingga sampai pada titik kesimpulan yang valid
    2. Menyeleksi ketat atas data, meringkas, dan menggolongkannya dalam pola yang lebih luas
    3. Menyajikan data dengan bentuk atau pola tertentu sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan
    4. Memberikan makna atas data, menjelaskan polanya, dan mencari hubungan antar dimensi data tersebut
    • Urutan langkah-langkah dalam analisis data kualitatif adalah ....
      A. 1-2-3-4
      B. 2-3-4-1
      C. 3-2-4-1
      D. 4-1-2-3

  70. Meneliti dan mempelajari kasus kehidupan nyata yang mutakhir terhadap individu, kelompok kecil, organisasi atau kemitraan yang sedang berlangsung sehingga mereka dapat mengumpulkan informasi akurat tanpa kehilangan waktu merupakan ciri-ciri penelitian kualitatif studi ...
    • A. grounded theory
      B. etnografi
      C. fenomenologis
      D. studi kasus

  71. Suatu penelitian terhadap pengalaman pribadi seseorang secara kronologis dengan mengumpulkan cerita dari individu tentang pengalaman individual yang dituturkan merupakan salah satu ciri penelitian kualitatif dengan pendekatan studi ....
    • A. naratif
      B. etnografi
      C. fenomenologis
      D. studi kasus

    No.KunciNo.Kunci
    61.B66.C
    62.C67.D
    63.A68.B
    64.B69.D
    65.C70.A

Itulah tadi 70 butir contoh soal pretest PPGJ IPS, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar