Skip to main content

Uji Coba Kelompok Kompetensi D IPS

Assalamu'alaikum wr.wb.
Salam sejahtera kepada rekan guru semuanya. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi soal latihan UKG Kelompok Kompetensi D bidang studi IPS SMP. Soal latihan ini disusun berdasarkan pemahaman admin sendiri setelah mempelajari buku "Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran IPS SMP Kelompok Kompetensi D" yang ditulis oleh Dra. Hj. Widarwati, M.S.Ed., M.Pd dkk terbitan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk dapat menyandang gelar profesional, kita sebagai guru wajib berupaya meningkatkan dan mengembangkan kompetensi diri sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Terdapat 4 standar kompetensi yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang guru profesional yaitu kompetensi akademik/profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

Di dalam soal latihan IPS SMP KK D ini membahas dua macam kompetensi sesuai dengan yang ada pada buku modul di atas yaitu profesional dan pedagogik. Kompetensi profesional membahas kajian geografi dalam IPS Terpadu sementara Pedagogik membahas pendekatan dan model-model pembelajaran.

Setelah mempelajari soal latihan ini diharapkan kita semua guru IPS dapat memahami konsep, prinsip, ruang lingkup, dan pendekatan kajian geografi dan posisinya sebagai paltform dalam IPS Terpadu. Kemudian pada kompetensi pedagogik dapat menguasai bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran yang mendukung pembelajaran berbasis keilmuan tersebut.

Baiklah tanpa berpanjang-panjang kata silahkan langsung dipelajari soal latihan di bawah ini:

    Soal Profesional: Kajian Geografi Dalam IPS Terpadu

  1. Perhatikan fenomena geosfer berikut!
    • Bagian lapisan kulit bumi yang bersifat keras dan batu dengan ketebalan 35 km yang disebut lapisan sial
    • Lempeng bumi yang tersusun atas batuan granit dan batuan beku basalt
    • Lempeng bumi yang tersusun atas endapan, batuan vulkanik, batuan beku gabro dan peridolit
    • Kenaikan 100 m ke atas permukaan bumi suhu udara turun 0,5-0,6 derajat celsius
    • Air di permukaan bumi terdiri dari air tanah, danau, rawa, sungai, lapisan es (gletser), dan laut
    • Yang merupakan bagian dari fenomena lithosfer adalah ...
      A. 1, 2, dan 3
      B. 1, 3, dan 4
      C. 2, 3, dan 5
      D. 3, 4, dan 5

  2. Ibu kota Jakarta menjadi pusat bisnis dan pemerintahan. Apakah memungkinkan apabila Jakarta menjadi pusat bisnis saja atau lainnya.
    Konsep geografi yang digunakan terhadap fenomena antroposfer di atas adalah ...
    • A. differensiasi area
      B. interaksi dan interdependensi
      C. aglomerasi
      D. keterjangkauan

  3. Perpindahan penduduk dari desa ke kota secara bertahap mengalami peningkatan. Peningkatan angka urbanisasi ini terjadi karena areal pertanian yang tersedia di desa semakin menyempit.
    • Prinsip geografi yang dipakai dalam menjelaskan contoh fenomena geosfer di atas adalah ...
      A. sebaran
      B. interrelasi
      C. deskripsi
      D. korologi

  4. Dalam sebuah artikel dipaparkan bagaimana menyikapi suatu fenomena geosfer dan tindakan riil apa saja yang sebaiknya harus dilaksanakan untuk membenahi fenomena tersebut.
    Berdasarkan penjelasan isi artikel tersebut, penulis mencoba menjelaskan suatu fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan ...
    • A. kelingkungan
      B. keterkaitan
      C. keruangan
      D. kompleks wilayah

  5. Atlas memiliki pengertian ...
    • A. gambaran permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar dengan menggunakan skala
      B. kumpulan berbagai macam peta dan dibukukan dalam simbol, tulisan, dan bahasa yang sama
      C. replika bumi berbentuk bulat dalam ukuran yang kecil
      D. gambar sederhana mengenai letak suatu objek tanpa menggunakan skala

  6. Guru menggelar Peta Dunia di depan kelas guna memudahkan peserta didik mempelajari materi keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia. Kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan pemanfaatan peta yaitu ...
    • A. Untuk menyajikan bentuk-bentuk permukaan bumi
      B. Sebagai sumber dan media dalam pendidikan geografi
      C. Untuk menunjukkan letak suatu tempat
      D. Untuk menunjukkan jarak antar tempat

  7. Posisi suatu objek (wilayah) yang dapat dilihat dari aspek geografis, geologis, dan astronomis dengan perbedaan karakteristik yang dimiliki di antara wilayah lainnya disebut ...
    • A. Peta
      B. Globe
      C. Letak
      D. Atlas

  8. Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Hal ini disebabkan karena pengaruh Indonesia yang terletak di ...
    • A. antara dua pegunungan muda yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
      B. antara dua dangkalan besar yaitu dangkalan sunda dan dangkalan sahul
      C. dalam wilayah tropis antara 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS
      D. antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Hindia dan Pasifik)

  9. Arti kata potensi yang paling tepat adalah ...
    • A. kekayaan
      B. kekuatan
      C. keberlangsungan
      D. kekekalan

  10. Intan, mutiara, emas, dan perak merupakan contoh potensi sumber daya alam (SDA). Apabila dilihat dari segi nilai kegunaannya benda tersebut termasuk SDA ...
    • A. tidak dapat diperbaharui
      B. penghasil bahan baku
      C. tidak hidup
      D. ekonomis tinggi

    Kunci Jawaban Soal No.1-10
    No.KunciNo.Kunci
    1.A6.B
    2.C7.C
    3.B8.B
    4.A9.B
    5.B10.D

  11. Berikut adalah upaya pelestarian SDA secara in situ dan ex situ!
    • Guna melestarikan binatang Komodo di daerah NTT pemerintah menetapkan Pulau Komodo sebagai wilayah Suaka Margasatwa
    • Pengelolaan Kebun Raya Bogor Jawa Barat oleh LIPI
    • Pemerintah mendirikan Taman Nasional Ujung Kulon guna melestarikan Badak Jawa Bercula dan binatang lainnya
    • Pemerintah menetapkan Hutan Lindung di daerah Sumatera Barat guna menjaga keseimbangan ekosistem
    • Pemerintah meresmikan Kebun Binatang Ragunan di Ragunan, Jakarta
    • Yang termasuk upaya pelestarian in situ terdapat pada nomor ...
      A. 1, 2, dan 3
      B. 1, 3, dan 4
      C. 2, 3, dan 5
      D. 3, 4, dan 5

  12. Bentuk kegiatan pemanfaatan SDA yang biasa dilakukan masyarakat yang tinggal pada ketinggian kurang dari 300 m di atas permukaan laut adalah ...
    • A. Pertanian
      B. Perkebunan
      C. Pertambangan
      D. Kehutanan

  13. Teori yang menjelaskan asal mula segala sesuatu adalah dari satu ruang yang berisi berbagai macam gas dikemukakan oleh ...
    • A. Hoyle
      B. Jeans dan Jeffries
      C. Chamberlin dan Moulton
      D. Immanuel Kant dan Pierre de Lapplace

  14. Pada awalnya bentuk muka bumi itu adalah satu massa daratan yang sangat luas berlangsung sekitar 250 juta tahun yang lalu. Dalam kurun waktu yang panjang daratan tersebut pecah dan bergeser secara perlahan-lahan hingga menjadi beberapa benua seperti sekarang ini. Teori tentang pembentukan permukaan bumi yang dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener ini dikenal dengan teori ...
    • A. Continental Drift
      B. Tektonik Lempeng
      C. Bintang Kembar
      D. Planetesimal

  15. Bagian bumi termasuk lapisan selubung bumi yang berada di atas lapisan inti luar bumi dengan ketebalan 2.900 km adalah ...
    • A. lithosfer
      B. barisfer
      C. asthenosfer
      D. atmosfer

  16. Di sebuah pegunungan dengan pemukiman penduduk yang terhampar di sekitar lembah telah mengalami perubahan bentuk muka bumi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Pemukiman penduduk tertimpa tanah longsor yang luas setelah terjadi hujan besar yang berlangsung lama. Sebagian besar penduduk kampung bermata pencaharian sebagai pengusaha kayu.
    • Dari ilustrasi di atas perubahan bentuk muka bumi dipengaruhi oleh tenaga ...
      A. endogen dari siraman air hujan
      B. endogen bentuk seisme
      C. eksogen bentuk vulkanisme
      D. eksogen dari organisme

  17. Bentuk muka bumi atau relief yang terdiri atas bentuk shelf, bekken, dan trog adalah ...
    • A. daratan
      B. lautan
      C. datar
      D. kasar

  18. Segala tumbuh-tumbuhan baik endemik maupun hasil budidaya yang hidup di suatu daerah pada masa tertentu disebut ...
    • A. fauna
      B. food
      C. fish
      D. flora

  19. Jenis hutan yang tumbuh di pegunungan-pegunungan tinggi yang selalu berkabut sehingga udaranya menjadi lembab serta bersuhu sangat rendah adalah ...
    • A. Hutan lumut
      B. Hutan rawa
      C. Hutan hujan tropis
      D. Hutan musim

  20. Salah seorang ahli binatang yang mengklasifikasi persebaran fauna di Indoensia berdasarkan garis kontur dan mengikuti kedalaman laut antara 180 - 200 m di sekitar Dangkalan Sahul dan Dangkalan Sunda adalah ...
    • A. Wallace
      B. Weber
      C. Lydekker
      D. Johnson

    Kunci Jawaban Soal No.11-20
    No.KunciNo.Kunci
    11.B16.D
    12.A17.B
    13.D18.D
    14.A19.A
    15.C20.C

  21. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep penduduk adalah...
    • A. Dicatat sebagai penduduk setelah tinggal sekurang-kurangnya selama 6 bulan
      B. Dapat diakui sebagai penduduk kurang dari 6 bulan asalkan bertujuan menetap
      C. Orang asing yang tinggal sementara untuk bekerja di wilayah geografis Indonesia
      D. Tinggal berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia dalam waktu tertentu

  22. Negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 dunia ditempati oleh ...
    • A. Indonesia
      B. India
      C. Cina
      D. Amerika Serikat

  23. Kelompok penduduk dengan perbandingan usia muda lebih sedikit dibandingkan usia tua adalah ...
    • A. Konstruktif
      B. Ekspansif
      C. Statis
      D. Regresif

  24. Kegiatan pencatatan setiap penambahan dan pengurangan penduduk pada tingkat RT/RW merupakan usaha memperoleh informasi kependudukan melalui ...
    • A. sensus penduduk
      B. registrasi penduduk
      C. survey penduduk
      D. kontrol penduduk

  25. Sebagian besar penduduk yang bekerja di luar negeri sebagai TKI rata-rata berpendidikan rendah. Walaupun kualitas pendidikan yang rendah, pada sisi yang lain kualitas penduduk tetap saja meningkat.
    • Peran TKI terhadap peningkatan kualitas penduduk adalah sebagai berikut, kecuali
      A. Pendapatan penduduk meningkat
      B. Kesehatan terjamin
      C. Memiliki pekerjaan tetap
      D. semakin rendahnya tingkat kematian

    Soal Pedagogik: Pendekatan dan Model-Model Pembelajaran

  26. Pernyataan yang tidak benar terhadap konsep pendekatan saintifik berikut ini adalah ...
    • A. Lebih mengutamakan penalaran induktif daripada penalaran deduktif
      B. Penelitian diawali dengan aktivitas pengumpulan data melalui observasi/eksperimen
      C. mengambil kesimpulan dengan melihat gejala umum untuk diuraikan secara spesifik
      D. Metode pencarian berdasarkan bukti-bukti dari objek yang dapat diobservasi

  27. Bu Nurjanah melakukan bimbingan kepada peserta didik dalam aktivitas meninjau hasil pengamatan untuk diklasifikasi, dihubungkan, dan atau menghitung. Proses pembelajaran saintifik yang dibawakan Bu Nurjanah termasuk pada tahap
    • A. menanya
      B. mengumpulkan data
      C. mengasosiasi
      D. mengkomunikasikan

  28. Dalam suatu kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning materi pengertian ruang dan interaksi antarruang, Pak Hidayat mau melatih dan membiasakan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan proses pada sebuah penelitian. Berikut yang menunjukkan latihan pengembangan keterampilan merumuskan hipotesis kepada peserta didik adalah ...
    • A. peserta didik mengamati pengertian dan karakteristik ruang dan proses interaksi antarruang
      B. peserta didik membuat pernyataan bahwa terdapat keterkaitan antara karakteristik ruang dan interaksi antarruang
      C. peserta didik merumuskan masalah bagaimanakah kaitan antara karakteristik ruang dan interaksi antarruang
      D. peserta didik mencatat informasi tentang karakteristik ruang dan proses interaksi antarruang

  29. Perhatikan kegiatan pembelajaran di bawah ini!
    1) Stimmulasi
    2) Orientasi permasalahan
    3) Identifikasi masalah
    4) Pengumpulan data
    5) Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
    6) Pengolahan data
    • Tahap-tahap pembelajaran Discovery Learning terdapat pada nomor ...
      A. 1), 2), 3) dan 4)
      B. 1), 3), 4) dan 6)
      C. 2), 3), 4) dan 5)
      D. 3), 4), 5) dan 6)

  30. Model pembelajaran yang berguna memberikan ruang bagi peserta didik menemukan sendiri suatu konsep, teori, aturan dan pemahaman sehingga sejak dini mereka terlatih untuk menjadi seorang ilmuan, sejarawan, atau ahli matematika adalah ...
    • A. discovery learning (DL)
      B. Inquiry Learning (IL)
      C. Problem Based Learning (PBL)
      D. Project Based Learning (PjBL)

    Kunci Jawaban Soal No.21-30
    No.KunciNo.Kunci
    21.C26.C
    22.A27.C
    23.A28.B
    24.B29.B
    25.D30.A

  31. RPP yang dikembangkan guru sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran disusun dengan mengacu pada ...
    • A. Kompetensi Inti
      B. Kompetensi Dasar
      C. Silabus
      D. Program Semester

  32. Pak Rasyid lebih memilih menggunakan pendekatan saintifik dengan metode diskusi dalam RPP yang dikembangkannya daripada menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode ceramah. Tindakan yang dilakukan Pak Rasyid tersebut sesuai dengan prinsip penyusunan RPP yaitu ...
    • A. Berorientasi kekinian
      B. Berpusat pada peserta didik
      C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
      D. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

  33. Dalam penyusunan RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tidak mencantumkan tujuan pembelajaran sebagai bagian dari komponen RPP, namun sangat dianjurkan untuk menambah komponen tersebut terutama pada mata pelajaran ...
    • A. Pendidikan Agama dan PPKn
      B. Seni Budaya dan Prakarya
      C. IPS dan IPA
      D. Keterampilan dan Mulok

  34. Perhatikan kegiatan guru berikut!
    1) Merumuskan indikator pencapaian KD pada KI-3 dan KI-4
    2) Mengkaji bagian silabus seperti KI KD, materi, proses, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar
    3) Menjabarkan Kegiatan Pembelajaran yang ada dalam silabus menjadi lebih operasional
    4) Menyusun materi pembelajaran reguler sekaligus materi persiapan untuk kegiatan remedial dan pengayaan
    • Urutan langkah penyusunan RPP yang benar adalah ...
      A. 1 - 2 - 3 - 4
      B. 2 - 1 - 4 - 3
      C. 2 - 4 - 3 - 1
      D. 3 - 1 - 2 - 4

  35. Sebuah RPP mata pelajaran IPS Terpadu yang dibuat Pak Agus tersusun sebagai berikut!
    • I. Identitas
      II. Alokasi Waktu
      III. Kompetensi Inti
      IV. Kompetensi Dasar
      V. Indikator Pencapaian Kompetensi
      VI. Tujuan Pembelajaran
      VII. Kegiatan Pembelajaran
      VIII. Penilaian
      IX. Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

      Pernyataan yang benar terhadap sistematika penyusunan RPP di atas adalah ...
      A. Tujuan pembelajaran tidak perlu dicantumkan
      B. Penilaian seharusnya menetapkan program remedial dan pengayaan
      C. Untuk komponen penilaian dicantumkan paling akhir
      D. Materi pembelajaran telah tersirat dalam indikator

    Kunci Jawaban Soal No.31-35
    No.KunciNo.Kunci
    31.C34.B
    32.B35.B
    33.C

Demikian sajian latihan soal UKG IPS untuk Kelompok Kompetensi D pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Supaya lebih lengkap dan sempurnanya pengetahuan Bapak/Ibu rekan guru tentang Kelompok Kompetensi D ini silahkan dipelajari langsung pada buku modulnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar