Skip to main content

Membuat Soal HOTS IPS Kelas 8 Materi Bab II

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Dan salam sejahtera buat rekan guru semuanya.

Pada kesempatan kali ini, Admin akan berbagi contoh soal HOTS pada mapel IPS kelas 8 materi Bab II Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan. Baru-baru ini Admin mulai mencoba untuk membuat contoh soal HOTS dengan maksud melatih dan meningkatkan kemampuan Admin sendiri kemudian membagikannya kepada rekan-rekan guru IPS semuanya melalui media blog ini. Admin mengharapkan kritik dan saran dari Bapak/Ibu rekan guru jika sekiranya contoh soal HOTS ini nantinya terdapat kesalahan dan kekurangan.

Untuk memudahkan pemahaman terhadap perbedaan tingkatan suatu soal, Admin buatkan beberapa contoh soal dari berbagai level pada materi yang sama. Admin juga akan menyertakan link download file bentuk ms.word kisi-kisi soal dan kartu soal yang kita bahas ini di bawah postingan, agar lebih memudahkan bagi rekan-rekan guru semua ketika bermaksud mengembangkan sendiri dalam pembuatan soal-soal HOTS selanjutnya.

Pengertian HOTS

HOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills yang artinya keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir tingkat tinggi/HOTS adalah keterampilan berpikir logis, kritis, kreatif, dan problem solving secara mandiri.

Dalam taksonomi Bloom yang direvisi Anderson dan Krathwohl, dirumuskan 6 level proses berpikir. Dan oleh Puspendik (2015), keenam tingkat taksonomi proses berpikir di atas kemudian dikelompokkan lagi menjadi 3 level, yaitu:

  • Level 1 (Pengetahuan dan pemahaman)
  • Level 1 ini mencakup C1 = mengingat (remembering) dan C2 = memahami (understanding). Ciri-cirinya mengukur pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural.
  • Level 2 (Aplikasi)
  • Level 2 setara dengan C3 = menerapkan (applying). Ciri-cirinya mengukur kemampuan menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu pada konsep lain dalam mapel yang sama atau mapel lainnya. Ciri lainnya adalah mengukur kemampuan menerapkan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu untuk menyelesaikan masalah kontekstual.
  • Level 3 (Penalaran)
  • Level 3 mencakup C4 = menganalisis (analyzing), C5 = mengevaluasi (evaluating) dan C6 = mengkreasi (creating). Ciri-cirinya menuntut kemampuan menggunakan penalaran dan logika untuk mengambil keputusan (evaluasi), memprediksi dan merefleksi, serta kemampuan menyusun strategi baru untuk memecahkan masalah kontesktual yang tidak rutin. Kemampuan menginterpretasi, mencari hubungan antar konsep, dan kemampuan mentransfer konsep satu ke konsep lain.

Kisi-Kisi Soal HOTS

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendorong mobilitas sosial dengan benar;
  2. Peserta didik dapat memberi contoh faktor-faktor yang mendorong mobilitas sosial dengan tepat;
  3. Peserta didik dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan supaya mengalami mobilitas sosial vertikal ke atas;
  4. Disajikan ilustrasi terjadinya konversi lahan dan mobilitas penduduk akibat pemindahan ibu kota negara ke pulau Kalimantan, peserta didik dapat menganalisis pengaruhnya terhadap proses terbentuknya mobilitas sosial bagi masyarakat setempat secara kritis;

Contoh Soal HOTS

  1. Berikut adalah faktor-faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial kecuali ....
      A. keadaan ekonomi
      B. status sosial
      C. diskriminasi
      D. kepribadian

    Penjelasan:
    Soal no.1 merupakan bentuk soal level 1 pengetahuan (LOTS), karena di sini peserta didik dituntut mengingat kembali pengetahuan yang sudah tersimpan dalam memori tentang faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial.

    Jawaban C

  2. Faktor pendorong bagi seorang yang memiliki sikap dan perilaku lebih baik dalam melakukan mobilitas sosial adalah ....
      A. keadaan ekonomi
      B. status sosial
      C. kepribadian
      D. pendidikan rendah

    Penjelasan:
    Soal no.2 merupakan bentuk soal level 1 pemahaman (LOTS), karena di sini peserta didik dituntut untuk menggunakan ingatannya dalam memberikan contoh faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial.

    Jawaban C

  3. Seorang direktur perusahaan membuka peluang sebuah jabatan sebagai manajer bagi setiap karyawan yang memiliki komitmen, disiplin, dan mempunyai integritas yang tinggi. Untuk mendapatkan jabatan tersebut seorang karyawan harus ....
      A. melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan jujur
      B. meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi
      C. meminta dukungan kepada karyawan lainnya supaya diangkat sebagai manajer
      D. menunjukkan identitas dirinya bahwa ia adalah dari keluarga kaya raya

    Penjelasan:
    Soal no.3 merupakan bentuk soal level 2 aplikasi (MOTS), karena di sini peserta didik dituntut untuk melakukan kembali hal-hal yang dipahaminya pada situasi yang baru atau situasi yang berbeda berkaitan dengan faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial.

    Jawaban A

  4. Dalam merealisasikan rencana pemindahan ibu kota negara ke pulau Kalimantan, pemerintah akan banyak melakukan konversi lahan untuk pembangunan sarana dan prasarana umum. Selain itu akan terjadi mobilitas penduduk secara serentak disebabkan pemindahan aparatur negara mulai dari presiden, menteri, hingga pegawai pemerintahan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat adat di pulau Kalimantan.

      Dampak yang akan ditimbulkan dengan pemindahan ibu kota baru tersebut terhadap proses terbentuknya mobilitas sosial pada masyarakat setempat adalah ....
      A. Terjadi mobilitas sosial vertikal ke atas karena tersedia berbagai macam saluran mobilitas sosial
      B. Mengalami mobilitas sosial vertikal ke atas karena tersedia lapangan pekerjaan baru sebagai pegawai pemerintahan
      C. Terjadi mobilitas sosial vertikal ke bawah karena kehilangan pekerjaan sebagai petani
      D. Mengalami mobilitas sosial horizontal karena para petani mendapat pekerjaan baru sebagai pekerja bangunan atau pedagang

    Penjelasan:
    Soal no.4 merupakan bentuk soal level 3 penalaran (HOTS) karena di sini peserta didik dituntut untuk menggunakan kemampuan menginterpretasi, mencari hubungan antar konsep, dan kemampuan mentransfer konsep satu ke konsep lain.

    Jawaban D

Referensi:

  1. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills, dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, oleh Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun 2019.
  2. Video tentang Penulisan Soal HOTS : 1. TINGKAT KOGNITIF HOTS
  3. Situs: greeners.co, dalam postingan "Dampak Sosial Pemindahan Ibu Kota Terhadap Masyarakat Adat" ditulis oleh Dewi Purningsih.

Silahkan download kisi-kisi dan kartu soalnya pada tautan di bawah berikut:
Soal HOTS IPS Kelas 8 Bab II Ganjil

Demikian tadi satu contoh soal HOTS yang dapat Admin bagikan, dan untuk contoh soal lainnya berkaitan dengan materi ini akan di-update di sini. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar