Skip to main content

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) IPS SMP/MTs Kelas 9

Dipetik dari kisi-kisi soal Ujian Sekolah (US) SMP Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2019-2020, Admin secara pribadi mencoba mengembangkan susunan soal sebagai perangkat uji coba dan latihan bagi peserta didik kami di sekolah sebelum mereka mengikuti ujian sekolah yang sebenarnya nanti pada waktu yang telah ditentukan.

Dalam postingan ini disajikan indikator soal, instrumen soal berbagai level (LOTS, MOTS, dan HOTS), lingkup materi, dan rubrik penilaian US. Berikut paparannya:

A. Indikator Soal Ujian Sekolah (US)

  1. Peserta didik dapat menentukan letak Indonesia. (C3)
  2. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi kemaritiman Indonesia. (C4)
  3. Peserta didik dapat menentukan dinamika kependudukan Indonesia. (C3)
  4. Peserta didik dapat menjelaskan Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)
  5. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial. (C4)
  6. Peserta didik dapat menentukan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)
  7. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan kebutuhan manusia. (C4)
  8. Peserta didik dapat membedakan Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)
  9. Peserta didik dapat menganalisis Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)
  10. Peserta didik dapat menjelaskan Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa. (C2)
  11. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)
  12. Peserta didik dapat menjelaskan proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)
  13. Peserta didik dapat menjelaskan proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)
  14. Disajikan Peta peserta didik dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)
  15. Peserta didik dapat mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)
  16. Peserta didik dapat mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara Asean. (C3)
  17. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)
  18. Peserta didik dapat mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)
  19. Peserta didik dapat menjelaskan Dampak mobilitas sosial. (C1)
  20. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)
  21. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)
  22. Peserta didik dapat membedakan Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)
  23. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)
  24. Peserta didik dapat menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)
  25. Peserta didik dapat menentukan reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)
  26. Peserta didik dapat Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)
  27. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  28. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  29. Peserta didik dapat Menjelaskan Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. (C2)
  30. Disajikan peta, peserta didik dapat menunjukkan letak geografis kawasan negara-negara ASEAN. (C2)
  31. Peserta didik dapat menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam kawasan Benua Amerika. (C2)
  32. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Jepang. (C3)
  33. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Australia. (C3)
  34. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Eropa. (C3)
  35. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Afrika. (C3)
  36. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh interaksi ruang antar Negara terhadap kehidupan (Ekonomi, sosial dan Budaya). (C4)
  37. Peserta didik dapat membedakan bentuk perubahan sosial. (C3)
  38. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis dampak globalisasi. (C4)
  39. Peserta didik dapat mengemukakan upaya dalam menghadapi Globalisasi. (C3)
  40. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis faktor Penghambat perdagangan internasional. (C4)
  41. Peserta didik dapat mengklasifikasi manfaat perdagangan Internasional. (C3)
  42. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif. (C4)
  43. Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi Bangsa. (C3)
  44. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pusat keunggulan ekonomi. (C4)
  45. Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan utama MEA. (C1)
  46. Peserta didik dapat membandingkan bentuk globalisasi bidang budaya. (C3)
  47. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. (C2)
  48. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi terpimpin. (C2)
  49. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa Orda Baru. (C2)
  50. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis tentang lahirnya gerakan reformasi. (C4)

B. Contoh Instrumen Soal Ujian Sekolah (US)

  1. Berikut adalah letak geologis Indonesia, kecuali ....(C3)
      A. Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng besar bumi yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik
      B. Indonesia terletak pada posisi silang antara dua benua dan dua samudera
      C. Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania
      D. Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul, dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis
  2. Perhatikan gambar sebaran potensi ikan di Indonesia berikut!
      Potensi ikan cakalang paling banyak dapat ditemukan di ....(C4)
      A. tepi samudera Hindia sebelah barat Indonesia
      B. tepi samudera Hindia sebelah Selatan Indonesia
      C. tepi samudera Pasifik sebelah timur Indonesia
      D. perairan Nusa Tenggara sebelah utara Indonesia
  3. Mengetahui perbandingan penduduk di suatu desa yang didominasi kaum perempuan, pemerintah menggulirkan Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) guna meningkatkan produktivitas ekonomi perempuan. Keputusan pengguliran program pemerintah tersebut didasarkan pada ....(C3)
      A. s ex ratio
      B. life expectancy
      C. dependency ratio
      D. population density
  4. Dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan kemampuan masyarakat di perbatasan, pemerintah meluncurkan program penyediaan layanan dan fasilitas televisi berlangganan. Pernyataan di atas merupakan contoh perubahan akibat interaksi antarruang dalam bentuk ....(C3)
      A. pergerakan orang
      B. pergerakan barang
      C. pergerakan teknologi
      D. pergerakan informasi
  5. Suatu hari Dino melihat kedua temannya Riski dan Ahyar sedang berkelahi. Di antara keduanya terjadi konflik atau pertentangan. Dino berusaha menengahi namun tidak berhasil dan meminta bantuan guru BP. Tindakan Dino meminta bantuan gurunya merupakan bentuk interaksi sosial yang disebut ....(C4)
      A. Koersi
      B. Mediasi
      C. Toleransi
      D. Ajudikasi
  6. Konflik antara perusahaan dan karyawan yang menuntut kenaikan upah mengalami jalan buntu sehingga harus diselesaikan melalui pengadilan industri.
    Pengadilan industri merupakan lembaga sosial yang terbentuk karena pengaruh interaksi sosial yang dikategorikan sebagai lembaga ....(C3)
      A. ekonomi
      B. politik
      C. hukum
      D. agama
  7. Sumber daya alam tanah di perkotaan tersedia terbatas sementara kebutuhan manusia akan tanah terus bertambah. Hal ini menyebabkan terjadi kelangkaan tanah sehingga harganya semakin mahal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelangkaan tanah tersebut adalah dengan ....(C4)
      A. membangun pondasi-pondasi rumah di pinggiran sungai
      B. membangun perumahan sangat sederhana buat penduduk yang perpendapatan rendah
      C. melakukan konversi lahan dari persawahan menjadi lokasi perumahan
      D. membangun kompleks perumahan rakyat berbentuk rumah susun, apartemen, kondominium, ataupun flat
  8. Berikut pernyataan yang benar terkait permintaan, penawaran, pasar dan harga adalah ....(C2)
      A. pada umumnya harga ditentukan oleh kekuatan penawaran
      B. permintaan adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang/jasa
      C. biaya produksi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran
      D. hubungan antara harga dengan permintaan berbanding lurus
  9. Perkembangan Iptek yang semakin canggih membuat aktivitas manusia kian dimudahkan, contohnya online shopping. Yang termasuk peran online shopping terhadap kegiatan distribusi adalah ....(C4)
      A. memperluas dan meningkatkan hasil produk
      B. dapat menjadi sarana penyaluran produk yang efektif
      C. memudahkan akses informasi tentang produk yang dibutuhkan
      D. meningkatkan produktivitas mesin-mesin dan bahan baku
  10. Perbedaan potensi sumber daya yang dimiliki antara wilayah perkotaan dan pedesaan menimbulkan permintaan dan penawaran. Pernyataan yang tepat berdasarkan kondisi di atas adalah ....(C2)
      A. di perkotaan mengalami kelangkaan sumber daya manusia
      B. di pedesaan terjadi permintaan bahan pangan
      C. di perkotaan terjadi permintaan sumber daya manusia
      D. di pedesaan terjadi penawaran bahan pangan
  11. Kehidupan manusia yang ditandai dengan adanya perkampungan-perkampungan terdiri atas tempat tinggal sederhana didiami oleh beberapa keluarga dan dipimpin oleh kepala kampung kemudian dalam hal usaha mencukupi kebutuhan bersama diatur pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan merupakan pola kehidupan masyarakat praaksara pada masa ....(C2)
      A. berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
      B. berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
      C. bercocok tanam
      D. perundagian
  12. Teori yang menyatakan proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia sebagai hasil peran aktif orang-orang Indonesia sendiri setelah belajar agama di India adalah ....(C2)
      A. Teori Waisya
      B. Teori Ksatria
      C. Teori Brahmana
      D. Teori Arus Balik
  13. Proses masuknya Islam di Indonesia menurut pendapat Mouquette, menyatakan bahwa ....(C1)
      A. Islam dibawa oleh orang Arab sendiri negara asal dimana Islam lahir dengan alasan mazhab yang dianut sama
      B. Islam berkembang di Indonesia disebarkan oleh pedagang asal Persia dengan alasan kesamaan tradisi seperti perayaan hari Asyuro
      C. Islam disebarkan oleh orang Arab dengan alasan terdapat permukiman pedagang Arab di Borus, Pantai Barat Sumatera
      D. Islam disebarkan oleh pedagang asal Gujarat India dengan alasan ada kesamaan batu nisan Malik al-Saleh dengan batu nisan yang ada di Cambay, Gujarat
  14. Perhatikan gambar sebagian peta negara-negara ASEAN berikut!
    Lihat gambar!
    Dari gambar di atas, negara yang terletak di sebelah barat negara Laos dan Kamboja adalah... (C3)
    • A. Thailand
      B. Vietnam
      C. Filipina
      D. Myanmar

  15. Salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN untuk menghadapi pasar tunggal ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah kerjasama dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini membuat tiap-tiap negara anggota mengambil berbagai langkah strategis guna mendorong geliat usaha-usaha kecil dan menengah di dalam negeri.
      Dampak positif kerjasama tersebut bagi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia adalah ....(C3)
      A. memperoleh pinjaman modal dengan persyaratan kredit yang lebih mudah dan bunga rendah
      B. meningkatkan jumlah produksi barang dengan harga yang sangat tinggi
      C. lebih mudah mengekspor barang ke negara tetangga walaupun kualitas barang rendah
      D. tidak menghabiskan biaya sama sekali saat mendirikan usaha dan upah tenaga kerja lebih rendah
  16. Menyikapi sengketa wilayah Natuna antara Indonesia - Tiongkok, ASEAN telah mengambil langkah-langkah dalam upaya penyelesaian konflik tersebut diantaranya adalah memaksimalkan fungsi mekanisme kerja lembaga internal ASEAN yang telah disepakati khususnya di bidang maritim serta mengimplementasikannya dilapangan.
      Ilustrasi di atas merupakan salah satu pilar kerjasama ASEAN yaitu dalam bidang ....(C3)
      A. ekonomi
      B. sosial
      C. budaya
      D. politik-keamanan
  17. Perkembangan teknologi komunikasi berpengaruh terhadap perubahan ruang dan berbagai aspek kehidupan manusia. Pernyataan berikut yang tidak menunjukkan pengaruh perkembangan teknologi komunikasi terhadap perubahan ruang adalah ....(C4)
      A. semakin banyak obyek wisata baru yang dikembangkan
      B. komunikasi dan kerjasama antar negara semakin mudah
      C. pembangunan pusat-pusat perbelanjaan semakin menjamur
      D. jarak tidak lagi menjadi penghalang manusia melakukan komunikasi
  18. Berikut adalah faktor-faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial kecuali ....(C2)
      A. keadaan ekonomi
      B. status sosial
      C. diskriminasi
      D. kepribadian
  19. Yang menunjukkan dampak mobilitas sosial bagi percepatan perubahan sosial dalam masyarakat adalah ....(C1)
      A. Indonesia dipersatukan semboyan Bhineka Tunggal Ika
      B. Seseorang yang berpengaruh pada keberhasilan teman-teman lainnya
      C. Terjadi persaingan yang tidak sehat di dalam masyarakat
      D. Menimbulkan motivasi yang tinggi pada seseorang untuk maju
  20. Perhatikan tabel berikut!
    No.Indikator
    1.Meningkatkan sikap toleransi
    2.Mengembangkan budaya nasional
    3.Menggantikan kedudukan budaya lokal
    4.Mendorong persaingan antarbudaya
      Indikator yang menunjukkan peran dan fungsi keragaman kebudayaan bagi pembangunan nasional ditunjukkan oleh angka ....(C4)
      A. 1 dan 2
      B. 2 dan 3
      C. 2 dan 4
      D. 3 dan 4
  21. Pada saat tertentu konflik antarpihak dapat menimbulkan integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Alasan berikut yang mendukung pernyataan tersebut adalah ....(C4)
      A. Salah satu pihak merupakan kelompok kecil didominasi kelompok besar sehingga gampang dipaksa
      B. Kelompok besar yang mendominasi kelompok lainnya yang lebih kecil menyikapi segala perbedaan secara seimbang dan adil
      C. Salah satu pihak mengajukan naik banding sebagai bentuk upaya menarik simpati bahwa ia adalah yang paling benar
      D. Antar kedua belah pihak yang bersengketa tetap mempertahankan pendapat masing-masing dengan kukuhnya
  22. Peran pelaku ekonomi RT Keluarga dalam meningkatkan produk nasional adalah ....(C3)
      A. menggunakan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang/jasa
      B. membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang menganggur
      C. menyerahkan faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal, dan skils
      D. menjual hasil produksi berupa barang/jasa kepada konsumen
  23. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur sangat mendukung penuh perdagangan antar pulau yang gencar dilakukan pemprov. Sekarang Kadin akan fokus dan memastikan barang-barang yang ada di pusat-pusat perbelanjaan harus diisi dengan produk dalam negeri asal berbagai pulau khususnya hasil produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM).
      Berdasarkan ilustrasi di atas, fokus perhatian KADIN terhadap perdagangan antar pulau adalah pada manfaat ....(C4)
      A. peningkatan penyediaan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen
      B. peningkatan produktivitas
      C. perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat
      D. peningkatan pendapatan daerah
  24. Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menilai setidaknya ada lima persoalan petani dan pertanian di Indonesia. Di antaranya persoalan tanah, modal, teknologi, manajerial, dan pascapanen. Pada persoalan tanah, luas tanah petani kita rata-rata hanya punya tanah 0,2 hektare (ha). Sudah begitu kondisi tanahnya rusak karena penggunaan pestisida dan pupuk unorganik yang berlebihan.
      Jika diminta memberikan solusi, yang harus dilakukan terkait persoalan tanah tersebut adalah ....(C4)
      A. tanah yang rusak dikonversi menjadi lahan pemukiman atau lahan industri
      B. memberikan pendampingan, usaha manajemen dan teknologi sehingga petani bertani berteknologi
      C. mengubah metode petanian, tanah yang rusak diabaikan kemudian membuka lahan baru
      D. tanah yang rusak diperbaiki dengan pendekatan organik dan tanah sempit dibuatkan kluster-kluster
  25. Pemberian dana pensiun kepada pekerja yang telah melampaui batas usia kerja di sebuah perusahaan merupakan bentuk ....(C3)
      A. redistribusi vertikal
      B. redistribusi lambat
      C. redistribusi horizontal
      D. redistribusi cepat
  26. Yang melatarbelakangi kedatangan bangsa barat di Indonesia adalah ....(C2)
      A. Menjalin mitra dagang untuk memperjualbelikan rempah-rempah
      B. Melaksanakan semboyan Kekayaan, Kejayaan, dan Penyebaran agama
      C. Menolong keterpurukan dan keterbelakangan bangsa timur termasuk Indonesia
      D. Mencari dukungan politik karena jatuhnya Konstantinopel atas Dinasti Utsmani Turki
  27. Dampak monopoli perdagangan yang dilakukan oleh VOC terhadap kehidupan masyarakat Indonesia adalah ....(C3)
      A. Pendapatan rakyat meningkat disebabkan harga pembelian dari pedagang Belanda lebih tinggi
      B. Pedagang asal pribumi lebih leluasa menentukan harga penjualan rempah-rempah kepada VOC
      C. Rakyat menjadi menderita disebabkan kebebasan berdagangnya dikekang VOC
      D. Rakyat lebih sejahtera akibat perjanjian-perjanjian yang telah disepakati antara raja dan VOC
  28. Kebijakan sistem tanam paksa membuat angka kematian rakyat Indonesia sangat tinggi contohnya di Grobogan Jawa Tengah, 9/10 penduduknya meninggal. Tingginya angka kematian di Grobogan lebih besar disebabkan oleh faktor ....(C3)
      A. peperangan yang terjadi antara Belanda dan rakyat pribumi
      B. kehilangan lahan pertanian untuk menanam tanaman pangan
      C. pemerasan yang dilakukan oleh pegawai pemerintah kolonial
      D. harga beras melambung serta mengalami gagal panen akibat serangan hama belalang
  29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
    (1) Pendidikan hanya dapat diakses oleh golongan bangsawan
    (2) Pendidikan bisa diakses oleh semua kalangan
    (3) Adanya sistem tanam paksa (cultuur Stelsel)
    (4) Adanya Romusha
    (5) Adanya kerja Rodi
      Pernyataan yang merupakan perbedaan kehidupan pada masa kolonial barat dan penjajahan Jepang ditunjukkan pada nomor ....(C2)
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (4)
      D. (3) dan (5)
  30. Perhatikan peta kawasan negara-negara ASEAN di bawah ini!
    Lihat gambar: Peta ASEAN
      Letak geografis negara-negara Asia Tenggara berada di daerah 3 perairan yaitu Samudera Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat, Samudera Pasifik di bagian timur dan ....(C4)
      A. Laut Cina Selatan di sebelah Selatan
      B. Samudera Atlantik di bagian Selatan
      C. Laut Cina Selatan di sebelah Utara
      D. Samudera Atlantik di bagian utara
  31. Argentina, Brazil, Colombia, Venezuela adalah beberapa negara di Benua Amerika yang masuk dalam kawasan ....(C2)
      A. Amerika Selatan
      B. Amerika Utara
      C. Amerika Tengah
      D. Kepulauan Karibia
  32. Memahami bentang alam Negara Jepang yang sebagian besar atau 70 - 80 persen terdiri atas pegunungan dan sekitar 30 persen adalah dataran di sepanjang pantai, maka aktivitas penduduknya lebih banyak berpusat di ....(C3)
      A. pegunungan
      B. dataran rendah
      C. dataran tinggi
      D. gunung
  33. Perhatikan peta kepadatan penduduk Australia berikut!
    Lihat gambar!
    Wilayah dengan penduduk terpadat terdapat di (C3) ....
      A. Dataran pantai sebelah barat Asutralia
      B. Dataran pantai sebelah timur Asutralia
      C. Dataran rendah tengah sebelah barat Asutralia
      D. Plato bagian timur Australia
  34. Pertumbuhan penduduk Benua Eropa menurun dari tahun ke tahun. Faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut yakni ....(C3)
      A. pasokan pangan terbatas
      B. tingkat pendidikan penduduk rendah
      C. keinginan memiliki anak rendah
      D. perkembangan teknologi sangat maju
  35. Pertumbuhan penduduk di Benua Afrika cukup tinggi. Di kawasan sub-Sahara wilayah Afrika Utara rata-rata perempuan mempunyai 5 anak. Secara geo politik, kawasan ini kurang stabil. Kondisi tersebut berimbas terhadap ketersediaan pangan dan air. Permasalahan yang muncul berdasarkan fenomena tersebut adalah ....(C3)
      A. angka kematian anak menurun
      B. munculnya budaya yang sangat tertutup
      C. arus migrasi masuk ke Afrika tinggi
      D. rawan bencana kelaparan dan wabah penyakit
  36. Perhatikan pernyataan berikut!
    (1) Terjadi demoralisasi di kalangan remaja
    (2) Perbedaan kesejahteraan antar penduduk suatu negara terlihat jelas
    (3) Memiliki banyak alternatif pemilihan pemenuhan kebutuhan masyarakat dunia
    (4) Arus masuk wisatawan asing meningkat tajam
    (5) Memberikan bantuan bea siswa bagi penduduk negara berkembang oleh beberapa universitas di dunia
    Yang merupakan pengaruh interaksi ruang antar negara terhadap kehidupan sosial adalah ....(C4)
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (2), dan (4)
      C. (2), (3), dan (5)
      D. (3), (4), dan (5)
  37. Perhatikan bentuk perubahan sosial budaya berikut!
    (1) Penggunaan alat-alat kehidupan secara turun-temurun
    (2) Perkembangan teknologi internet yang menghubungkan antar komputer secara global
    (3) Penggunaan mesin-mesin dalam proses kegiatan produksi
    (4) Launching produk baru Honda Motor
    (5) Penggunaan sistem pemerintahan presidensil oleh suatu negara
      Yang termasuk bentuk perubahan sosial cepat atau revolusi terdapat pada nomor ....(C3)
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (2), dan (4)
      C. (2), (3), dan (5)
      D. (3), (4), dan (5)
  38. Kehilangan nasionalisme dengan meniru aktivitas kebarat-baratan atau yang disebut westernisasi merupakan salah satu dampak globalisasi. Sikap masyarakat terhadap perilaku westernisasi sebaiknya ....(C4)
      A. menutup diri dari budaya barat
      B. membiarkan masyarakat bergaya hidup kebarat-baratan
      C. memupuk sikap nasionalisme serta meminimalisasi dampak negatif westernisasi
      D. membuka ruang seluas-luasnya pada budaya-budaya barat untuk menjadi bagian dan modernisasi
  39. Globalisasi di bidang transportasi terlihat pada semakin berkembangnya alat transportasi modern dan cepat. Dengan pertimbangan kelangsungan alat transportasi lokal dan efisiensi bahan bakar, upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi globalisasi di bidang transportasi adalah ....(C3)
      A. Menggunakan alat transportasi modern untuk meraih status sosial yang lebih tinggi
      B. Memanfaatkan alat transportasi di setiap ada perjalanan atau sedang bepergian
      C. Menggunakan alat transportasi lokal kemanapun akan bepergian agar tidak boros
      D. Menggunakan alat transportasi lokal pada waktu tertentu supaya budaya lokal tetap lestari
  40. Perhatikan pernyataan berikut!
    1) Harga barang ekspor lebih rendah daripada negara lain yang mengekspor barang yang sama
    2) Pemberlakuan perdagangan bebas antar negara-negara dalam kawasan tertentu
    3) Kebijakan harga barang ekspor suatu negara ke luar negeri lebih rendah daripada di dalam negerinya
    4) Kondisi politik suatu negara yang tidak stabil
    5) Pembatasan jumlah ekspor dan impor barang dari suatu negara
      Faktor yang menghambat perdagangan internasional adalah pada angka ....(C4)
      A. 1), 2), dan 3)
      B. 1), 2), dan 4)
      C. 2), 3), dan 5)
      D. 3), 4), dan 5)
  41. Berikut adalah manfaat perdagangan antardaerah dan internasional:
      (1) Persahabatan antarnegara semakin erat
      (2) Memperoleh keuntungan
      (3) Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi melalui impor
      (4) Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi daerah

      Manfaat perdagangan internasional yang paling tepat adalah ....(C3)
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (4)
      D. (4)

  42. Perhatikan pernyataan berikut!
    (1) Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya
    (2) Membuat Road Map Industry
    (3) Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karyawan kreatif
    (4) Membentuk Indonesia Creative Council
      Salah satu satu upaya meningkatkan ekonomi kreatif oleh pemerintah dengan melakukan identifikasi kompetensi inti industri dan identifikasi fasilitas lainnya merupakan penjelasan dari poin ....(C4)
      A. (1)
      B. (2)
      C. (3)
      D. (4)
  43. Salah satu upaya pemanfaatan persaingan yang diperlukan untuk mengembangkan keunggulan ekonomi suatu bangsa adalah dengan ....(C3)
      A. memproduksi barang sebanyak-banyaknya
      B. mengeksplorasi sumber daya alam untuk keunggulan ekonomi
      C. mengimpr barang sebanyak-banyaknya
      D. melakukan spesialisasi dan efisiensi dalam memproduksi barang
  44. Dengan adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi berpengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat. Berikut yang tidak termasuk pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap kehidupan masyarakat setempat adalah ....(C4)
      A. Terbuka lapangan pekerjaan baru dan pada jenis yang lebih beragam
      B. Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana transportasi
      C. Perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya semakin tinggi
      D. Terjadi peningkatan pendapatan dalam keluarga
  45. MEA merupakan pasar bebas di kawasan Asia Tenggara. Pemberlakuan MEA bertujuan ....(C1)
      A. Meningkatkan harga jual produk lokal di pasar Asia Tenggara
      B. Meminimalisasi hambatan dalam kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN
      C. Mewujudkan perdamaian dan kestabilan politik di Asia Tenggara
      D. Mengatasi masalah sengketa perbatasan wilayah Asia Tenggara
  46. Yang bukan merupakan bentuk globalisasi dalam bidang budaya berikut ini adalah ....(C3)
      A. Pengunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
      B. Kesepakatan negara-negara di dunia menjalankan perdagangan bebas
      C. Penyelenggaraan kejuaraan olahraga dunia seperti Olimpiade
      D. Berkomunikasi menggunakan media sosial facebook dan instagram
  47. Ciri kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer yang tepat berikut ini adalah ....(C2)
      A. Dalam dunia pendidikan pemerintah mulai membuka sekolah teknik untuk mengejar ketertinggalan
      B. Dalam bidang seni dan budaya terjadi upaya dominasi oleh PKI
      C. Dalam bidang kesenian banyak muncul lagu bertemakan nasionalisme
      D. Dalam bidang sosial sudah mampu memperbaiki kesejahteraan rakyat
  48. Pada masa demokrasi terpimpin pemerintah menurunkan nilai mata uang Rupiah atau devaluasi yakni dari Rp1.000,00 dan Rp500,00 menjadi Rp100,00 dan Rp50,00. Kebijakan devaluasi bertujuan ....(C4)
      A. Mendorong jumlah ekspor dan menekan jumlah impor
      B. Menurunkan daya beli masyarakat terhadap barang dalam negeri
      C. Mendorong konsumsi barang impor untuk kesejahteraan masyarakat
      D. Meningkatkan jumlah uang yang beredar di masyarakat
  49. Berikut yang tidak menunjukkan perkembangan politik Indonesia pada masa Orde Baru adalah ....(C1)
      A. Pemerintah melakukan penyederhanaan dan fusi partai-partai politik menjadi tiga partai saja
      B. Pemulihan hubungan dengan Malaysia melalui perundingan Bangkok pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1966
      C. Penghapusan Dwi Fungsi ABRI supaya berkonsentrasi hanya pada fungsi pertahanan dan keamanan saja
      D. Kembali menjadi anggota PBB setelah sempat keluar ketika terjadi konflik dengan Malaysia
  50. Perhatikan gambar berikut!
    Lihat gambar!
    Yang menjadi tujuan aksi di atas adalah ....(C4)
      A. menuntut reformasi di Indonesia
      B. menuntut agar Tritura di penuhi
      C. menuntut pembubaran Negara Pasundan
      D. menuntut RUU dan RKUHP yang bermasalah dicabut

C. Lingkup Materi

  1. Letak dan luas Indonesia
  2. Potensi kemaritiman Indonesia
  3. Dinamika Kependudukan Indonesia
  4. Perubahan akibat interkasi antar ruang
  5. Interaksi Sosial
  6. Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial
  7. Kelangkaan dan kebutuhan manusia
  8. Permintaan, penawaran, pasar dan harga
  9. Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi
  10. Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa
  11. Kehidupan manusia pada masa praaksara
  12. Kehidupan masyarakat padsa masa Hindu Budha
  13. Kehidupan masyarakat pada masa Islam
  14. Letak Geografis negara-negara Asean
  15. Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped
  16. Upaya meningkatkan kerjasama di antara negara negara Asean
  17. Pengaruh perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang
  18. Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial
  19. Dampak mobilitas sosial
  20. Pluralitas masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan)
  21. Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial
  22. Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian
  23. Perdagangan daerah/antar pulau
  24. Penguatan ekonomi dan agrikultur di Indonesia
  25. Pendistribusian kembali (retribusi) pendapatan nasional
  26. Latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia
  27. Pengaruh monopoli perdagangan
  28. Pengaruh system tanam paksa
  29. Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
  30. Letak dan Luas Benua Asia
  31. Letak dan Luas Benua Amerika
  32. Kondisi alam negara Jepang
  33. Kondisi alam Australia
  34. Dinamika Penduduk Eropa
  35. Dinamika Penduduk Afrika
  36. Pengaruh intraksi ruang antar Negara terhadap kehidupan ( Ekonomi, social dan Budaya )
  37. Bentuk perubahan sosial budaya
  38. Dampak Globalisasi
  39. Upaya Menghadapi Globalisasi
  40. Paktor pendorong dan Penghambat perdagangan internasional
  41. Manfaat perdagangan internasional
  42. Upaya meningkatkan Ekonomi kreatif
  43. Manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi Bangsa
  44. Pengaruh pusat keunggulan ekonomi
  45. Masyarakat Ekonomi Asia ( ASEAN)
  46. Proklamasi kemerdekaan
  47. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
  48. Perkembangan Ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
  49. Perkembangan Politik Indonesia pada masa Orde Baru
  50. Lahirnya Gerakan Reformasi

Jika Anda pelajar, yuk menguji kompetensi lulusan IPS sendiri dengan mengikuti Tes US (Ujian Sekolah) IPS SMP/MTs Kelas 9 ini secara online di sini:
Tes Online US (Ujian Sekolah) IPS SMP/MTs Kelas 9

D. Rubrik Penilaian US IPS

    No.Kunci JawabanSkorNilai
    1.B12
    2.C12
    3.A12
    4.D12
    5.B12
    6.C12
    7.D12
    8.C12
    9.B12
    10.D12
    11.B12
    12.D12
    13.D12
    14.A12
    15.A12
    16.D12
    17.B12
    18.C12
    19.B12
    20.A12
    21.B12
    22.C12
    23.B12
    24.D12
    25.C12
    26.B12
    27.C12
    28.D12
    29.A12
    30.C12
    31.A12
    32.B12
    33.B12
    34.C12
    35.A12
    36.B12
    37.C12
    38.C12
    39.D12
    40.D12
    41.B12
    42.B12
    43.D12
    44.B12
    45.A12
    46.B12
    47.A12
    48.A12
    49.C12
    50.A12
    Jumlah PG50100

Download kisi-kisi Soal US IPS SMP/MTs Kabupaten Lombok Timur TP. 2019-2020 di dalam postingan ini:
Di sini

Demikian tadi Latihan Soal Ujian Sekolah (US) IPS SMP/MTs Kelas 9, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar