Skip to main content

TTS Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia Kelas 8

Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat TTS buat rekan guru IPS kelas 8 yang mungkin bisa menjadi alternatif penilaian di kelas dalam upaya memperkuat ingatan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari. Tema TTS kali ini adalah membahas tentang Pluralitas Masyarakat Indonesia. Seperti biasa di bawah postingan ini Admin telah menyediakan link download perangkat TTS lengkap beserta kunci jawabannya.

Tapi sebelumnya silahkan dibaca-baca terlebih dahulu gambaran perangkat penilaian tersebut di bawah ini.

A. Form Teka Teki Silang Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia

I. Mendatar

    Berikut pertanyaan mendatar:
    1. Bidang pekerjaan yang paling banyak digeluti bangsa Indonesia.
    4. Segala daya upaya serta tindakan manusia untuk mengolah tanah dan mengubah alam.
    5. Salah satu suku/etnik yang tinggal di daerah Kalimantan Barat.
    6. Wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya manusia berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan.
    8. Budaya yang dihasilkan manusia selalu berubah karena dikaruniai akal untuk berpikir dalam rangka memperbaiki taraf hidupnya. Berbeda dengan hewan yang bersifat menetap (statis). Hal tersebut menandakan manusia bersifat ...
    10. Hari Raya umat Islam yang memiliki makna kemenangan iman dan ilmu atas nafsu di medan jihad Ramadhan sehingga kembali suci.
    12. Sikap yang perlu dimiliki warga negara yakni saling menghormati dan membantu menciptakan keamanan dan kenyamanan umat beragama lain dalam beribadah.
    14. Salah satu etnik yang tinggal di daerah Nusa Tenggara Timur.
    16. Perayaan atas kelahiran, penerangan sempurna atau tercerahkan, dan mangkatnya Buddha.
    18. Tarian daerah asal Aceh ini membawa pesan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.
    20. Bangsa asing yang datang berkunjung karena terpikat dengan daya tarik kekayaan budaya nasional Indonesia.
    23. Pulau tempat asal dari suku Batak.
    25. Salah satu pakaian daerah yang kemudian menjadi budaya nasional yang memberikan identitas bangsa Indonesia dan sekarang sudah diakui dunia.
    27. Kitab suci umat Hindu.
    28. Memiliki lebih dari dua kebudayaan.

II. Menurun

    Berikut pertanyaan menurun:
    1. Memiliki arti kemajemukan.
    2. Wujud kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak atau tidak nyata, tidak dapat diraba atau disentuh.
    3. Merupakan kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi.
    6. Mengenalkan sesuatu yang bersifat baru
    7. Suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh tertentu.
    7. Pasar di Solo yang terkenal dengan produk batiknya sehingga banyak dikunjungi masyarakat daerah lain dan mancanegara untuk berbelanja
    9. Perayaan Tahun Baru oleh umat agama Konghucu.
    11. Bangunan tempat ibadah umat Buddha.
    13. Hari Raya yang dirayakan umat Hindu Bali setiap 210 hari atas kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).
    15. Arti buddhayah asal kata dari bahasa Sansekerta yang juga berarti kekal.
    17. Suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.
    19. Kitab suci umat Kristen.
    20. Hari Raya yang dirayakan umat Hindu Bali setiap 210 hari untuk memperingati turunnya ilmu pengetahuan.
    22. Salah satu etnik yang tinggal di Sulawesi Utara.
    23. Agama di Indonesia yang beribadah di Kelenteng.
    24. Salah satu dari 7 (tujuh) unsur kebudayaan.
    26. Bangunan tempat ibadah umat Hindu.

Kembali ke postingan :
Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.

B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi TTS Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia

    Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
    Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 30 kunci jawaban masing-masing 15 mendatar dan 15 menurun maka skornya menjadi 30. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100

Silahkan download perangkat TTS beserta kunci jawabannya: Di sini!

Demikianlah tadi contoh TTS Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia Kelas 8, mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar