Skip to main content

Slide Presentasi Periodisasi Masa Praaksara Materi IPS Kelas 7

Berikut ini merupakan slide pembelajaran Periodisasi Masa Praaksara materi IPS kelas 7 pada pertemuan kedua semester genap. Sebelumnya telah dipelajari materi tentang pengertian masa praaksara lalu sekarang dilanjutkan dengan pelajaran bagaimana pembabakan atau periodisasi masa praaksara.

Aktivitas masa lalu manusia beragam, baik jumlah maupun jenisnya. Untuk itu, perlu dibagi-bagi ke dalam periode-periode agar mudah dipahami. Periodisasi itu sendiri berasal dari asal kata periode yang berarti masa, kurun, babak, dan zaman. Periode adalah satu kesatuan yang isi, bentuk, maupun waktunya tertentu (Gazalba, 1981: 75).

Sebenarnya, dalam kenyataan hidup manusia di dunia antara manusia itu sendiri dengan lingkungan, benda-benda, dan aktivitasnya adalah satu kesatuan yang berlangsung secara alami dan berkesinambungan. Pembagian zaman tersebut hanya bersifat teoritis artinya pembuatan periodisasi dalam konteks keilmuan saja karena masa lampau tidak terbagi-bagi.

Bagaimanakah periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti geologis? Bagaimanakah pembabakan masa praaksara berdasarkan bukti arkeologis? Bagaimanakah pembabakan masa praaksara berdasarkan perkembangan kehidupan? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan kita pelajari dalam kesempatan kali ini.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti geologis;
  2. Menjelaskan periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti arkeologis;
  3. Menjelaskan periodisasi masa praaksara berdasarkan perkembangan kehidupan masyarakat di Indonesia.

B. Periodisasi Masa Praaksara

Periodesasi masa praaksara merupakan sarana penting untuk memahami kehidupan praaksara. Dengan periodesasi ini diharapkan kehidupan praaksara dapat dijelaskan dalam dimensi ruang dan waktu. Periodisasi masa praaksara didasarkan dari 3 (tiga) aspek yaitu berdasarkan geologis, arkeologis, dan perkembangan kehidupan.

  1. Periodisasi Secara Geologis

    Periodisasi secara geologis adalah pembabakan zaman berdasarkan fase-fase atau tahap-tahap proses perubahan bumi mulai dari bumi masih dalam keadaan panas dan pijar sehingga belum ada kehidupan di atasnya sampai dengan bumi dalam keadaan sudah mulai mendingin dan terdapat kehidupan di atasnya

    Menurut ahli geologi, fase-fase perubahan bumi terbagi menjadi 4 macam periode yaitu zaman arkaikum, palaeozoikum, mesozoikum, dan neozoikum.

  2. Periodisasi Secara Arkeologis

    Periodisasi secara arkeologis adalah pembabakan zaman berdasarkan pada hasil-hasil temuan benda-benda peninggalan yang dihasilkan oleh manusia yang hidup pada masa praaksara.

    Berdasarkan penelitian terhadap benda-benda peninggalan tersebut ahli arkeologi membagi masa praaksara menjadi 2 macam zaman yaitu zaman batu, dan zaman logam.

  3. Periodisasi Berdasarkan Perkembangan Kehidupan

    Periodisasi berdasarkan perkembangan kehidupan adalah pembabakan zaman yang didasarkan pada perubahan-perubahan yang terjadi pada berbagai bidang kehidupan manusia misalnya dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

    Berdasarkan perkembangan kehidupan masyarakatnya, masa praaksara terbagi menjadi 3 macam yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian.

Baca juga materi pertemuan ketiga pada postingan berikut:
Slide Presentasi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia Materi Kelas 7

Untuk mempelajari lebih detail lagi silahkan dilihat video slide sekaligus link download format file ppt.nya di bawah ini:

Kegiatan selanjutnya peserta didik dalam kelompoknya bekerja bersama-sama mengumpulkan informasi/data, mengolah, dan menganalisis data untuk memecahkan permasalahan periodisasi masa praaksara tersebut.

Baca juga materi pertemuan pertama pada postingan berikut:
Rumusan Konsep Masa Praaksara

Demikian tadi postingan slide pembelajaran periodisasi masa praaksara materi IPS kelas 7 semester genap, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar