Contoh Instrumen Penilaian Harian 1 IPS Kelas 8 Semester Ganjil
Sebagai upaya mempersiapkan pelaksanaan penilaian harian pertama pada mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 yang akan dilaksanankan sekitar bulan Oktober mendatang admin telah menyusun sebuah perangkat instrumen penilaian. Kisi-kisi soal dirancang berdasarkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) pada Kompetensi Dasar (KD) 3.1 tentang "Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik".
Penilaian harian kali ini menggunakan teknik Tes Tulis bentuk instrumen Pilihan Ganda dan jumlah soal 40 butir. Kunci jawaban telah admin sediakan di bawahnya sekaligus pedoman untuk memberikan skor.
Perangkat penilaian ini mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan guru IPS kelas 8 ketika menyusunan soal di sekolah masing-masing atau buat peserta didik bisa menjadi bahan ekstra latihan soal di rumah.
Langsung saja dibaca perangkat penilaian harian 1 di bawah ini!
- Jumlah negara yang bergabung dalam ASEAN adalah sebanyak ... (C1)
- Secara geografis negara-negara ASEAN terletak di ... (C1)
- Negara Thailand dan Myanmar memiliki bentuk geografis yang kompleks dan beragam biasanya terdapat 'tangan' yang memanjang.
Bentuk geografis wilayah seperti ciri yang digambarkan di atas disebut ... (C2) - Perhatikan gambar sebagian peta negara-negara ASEAN berikut!
Lihat gambar!
Dari gambar di atas, negara yang terletak di sebelah timur negara Laos dan Kamboja adalah... (C3) - Perhatikan tabel letak astronomis negara-negara ASEAN di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas, pernyataan berikut yang tidak benar adalah ... (C3)Negara Letak Lintang Letak Bujur Filipina 5 LU - 21 LU 117 BT - 126 BT Thailand 6 LU - 21 LU 97 BT - 106 BT Kamboja 10 LU - 15 LU 102 BT - 108 BT Myanmar 11 LU - 28 LU 92 BT - 101 BT - Berikut ini yang bukan merupakan dampak perbedaan iklim negara-negara ASEAN terhadap budaya dan interaksi manusianya adalah ... (C1)
- Sumber daya alam unggulan Brunei Darussalam adalah ... (C1)
- Persamaan potensi sumber daya alam yang dimiliki negara-negara ASEAN rata-rata di sektor ... (C1)
- Berikut adalah peran Kerja sama antar negara-negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN, kecuali ... (C3)
- Kondisi alam dengan hamparan dataran serta lautan, rangkaian pegunungan yang menjulang tinggi, dan keanekaragaman hayati di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja sama antar negara-negara anggota ASEAN yaitu di sektor ... (C3)
- Upaya menjalin hubungan antara dua negara atau lebih untuk mencapai kesepakatan disebut ... (C1)
- Kebutuhan tiap-tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Kondisi ini menyebabkan tiap-tiap negara ... (C2)
- Perhatikan faktor pendorong dan faktor penghambat kerja sama berikut!
1) Perbedaan sumber daya alam
2) Kesamaan letak geografis
3) Perbedaan ideologi
4) Perbedaan kepentingan
5) Konflik dan peperangan
Yang dapat menjadi penghambat terjadinya kerja sama adalah ... (C3) - ASEAN Council Teachers Convention merupakan salah satu bentuk kerja sama di bidang ... (C3)
- Menghadapi pasar tunggal atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang penuh dengan persaingan sehingga negara Indonesia khususnya, melakukan reformasi menyeluruh dalam sistem pendidikannya. Dampak positif dari hasil interaksi antarrurang ASEAN di atas adalah ... (C4)
- Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN di bidang politik adalah ... (C3)
- Bentuk iklim yang dipengaruhi oleh arah angin yang berubah setiap enam bulan sekali yaitu iklim ... (C2)
- Perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah ... (C1)
- Perubahan iklim akan memicu terjadinya bencana alam ... (C2)
- Badai Haiyan, Angin Topan, Kekeringan, dan banjir merupakan contoh bencana ... (C3)
- Contoh kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana klimatik yang pernah dilakukan antar negara-negara ASEAN adalah ... (C3)
- Terdapat tiga tumbukan lempeng besar yang mengapit negara-negara anggota ASEAN. Ketiga lempengan tersebut bergerak pada arah dan kecepatan berbeda-beda. Pernyataan yang tidak sesuai berdasarkan ilustrasi di atas adalah ... (C3)
- Pergerakan lempeng-lempeng bumi sewaktu-waktu akan bertumbukkan sehingga mengakibatkan terjadinya ... (C1)
- Perhatikan matrik nama-nama gunung di kawasan Aisa Tenggara berikut!
Yang termasuk nama-nama gunung di Malaysia adalah pada... (C2)A B C 1 Kinabalu Krakatau Bukit Timah 2 Bukit Pagon Maria Gamalama 3 Lonkrumadin Phnom Aural Tambuyokon - Deklarasi Jakarta yang merupakan pernyataan bersama atas hasil pertemuan para pemimpin ASEAN yang membahas tentang bagaimana merespon masalah penanganan bencana di kawasan regional ASEAN diselengarakan pada tanggal ... (C1)
- Satu-satunya negara anggota ASEAN yang tidak memiliki potensi sumber daya alam berupa barang tambang adalah ... (C1)
- Barang tambang jenis Tungsten berguna sebagai ... (C1)
- Salah satu cara menanggulangi kerusakan laut berbentuk abrasi adalah ... (C3)
- Perusahaan manufaktur Singapura mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku pada setiap kegiatan produksi sehingga harus mengimpor dari negara-negara tetangga. Tindakan Singapura sesuai dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang, yaitu ... (C4)
- Berikut ini yang termasuk sarana dan prasarana penunjang perkembangan teknologi transportasi ... (C1)
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa kemudahan bagi manusia dalam segala aktivitasnya seperti perkembangan teknologi transportasi, komunikasi, dan produksi. Berikut yang merupakan kegunaan teknologi komunikasi adalah ... (C2)
- Pada zaman digital sekarang ini manusia dimanjakan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat. Jarak dan waktu bukan lagi menjadi faktor penghalang dalam melakukan interaksi contohnya melalui media sosial. Disamping memudahkan manusia, penggunaan media sosial juga memiliki kekurangan yaitu ... (C1)
- Perhatikan contoh pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang berikut!
1) Bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat
2) adanya kencenderungan gaya hidup hedonis
3) Perubahan sistem nilai dan norma
4) Semakin maraknya tindakan yang melanggar hukum
5) Masuknya aliran-aliran yang bertentangan dengan kebiasaan masyarakat
Yang merupakan dampak negatif perubahan ruang dan interaksi antarruang sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dalam aspek budaya adalah ... (C2) - Pengaruh jalinan kerja sama antar negara anggota ASEAN terhadap kegiatan produksi adalah ... (C2)
- Kegiatan perdagangan dengan menjual barang/komoditas ke negara lain disebut ... (C1)
- Kesepakatan diantara negara-negara kawasan Asia Tenggara untuk menerapkan perdagangan bebas adalah dalam ... (C1)
- Berikut adalah dampak negatif diterapkannya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kecuali ... (C4)
- Perubahan sebagian atau seluruh fungsi lahan dari fungsi semula menjadi fungsi yang lain dan mempengaruhi lingkungan dan potensi lahan itu sendiri disebut ... (C1)
- Pemilik perusahaan lebih memilih mendirikan industri di pinggir kota daripada di pusat kota yang memiliki pemukiman padat dan sering mengalami masalah kemacetan. Alasan yang sesuai berdasarkan pemilihan lahan di pinggir kota tersebut adalah karena ... (C3)
- Berikut adalah dampak negatif konversi lahan pertanian menjadi lahan industri, kecuali ... (C4)
Soal Pilihan Ganda
- A. 5
B. 10
C. 11
D. 12
- A. antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta dua samudra yaitu samudra Hindia dan Pasifik
B. wilayah dengan dua macam iklim yaitu tropis dan subtropis
C. daerah pertemuan antara dua deretan pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania
D. daerah pertemuan antara lempeng Asia, lempeng dasar Samudra Pasifik, dan lempeng Indo-Australia
- A. Compact
B. Fragmented
C. Elongated
D. Protruded
- A. Thailand
B. Vietnam
C. Filipina
D. Myanmar
- A. Filipina beriklim tropis
B. Thailand beriklim tropis
C. Kamboja beriklim subtropis
D. Myanmar beriklim tropis dan subtropis
- A. bentuk rumah
B. cara berpakaian
C. jenis makanan
D. upacara perkawinan
- A. Minyak dan Gas
B. Padi dan Sagu
C. Kelautan dan Budi Daya Ikan
D. Kayu dan Kapas
- A. Pertambangan
B. Pertanian
C. Hasil hutan
D. Hasil laut
- A. Mengurangi tingkat pengangguran melalui pasar tenaga kerja
B. Terciptanya stabilitas keamanan regional
C. Meningkatkan jumlah cadangan devisa negara anggota
D. Membuka peluang mengeksploitasi para pekerja migran
- A. industri
B. pertanian
C. Budi daya ikan
D. pariwisata
Dapatkan file doc. kisi-kisi contoh instrumen penilaian ini dan kisi-kisi soal penilaian lainnya:
Buka Di sini!
- A. komunikasi
B. interaksi
C. kerja sama
D. resolusi
- A. meminta bantuan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya
B. berperan aktif untuk melaksanakan kerja sama dengan negara lain
C. berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri
D. meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri
- A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 3), 4), dan 5)
- A. politik
B. sosial
C. ekonomi
D. pendidikan
- A. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia
B. Terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor
C. Adanya kesadaran pentingnya mempertahankan budaya sendiri
D. Usaha menginventarisasi batas wilayah secara tegas dan tertib
- A. mengatasi tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat
B. melalui peningkatan kemampuan pemerintahan dan pelibatan masyarakat madani dalam pengambilan keputusan
C. upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lingkungan hidup
D. mewariskan sebuah kawasan yang aman, damai, dan makmur kepada generasi penerus
- A. fisis
B. matahari
C. muson
D. campuran
- A. membangun pabrik dan perumahan di atas lahan pertanian
B. melakukan reboisasi atau kegiatan penanaman pohon kembali
C. perilaku hemat dalam menggunakan listrik
D. penebangan pohon di hutan yang memperhatikan keseimbangan
- A. gempa bumi
B. klimatik
C. gunung meletus
D. tsunami
- A. geologis
B. buatan
C. klimatik
D. musiman
- A. Peminjaman pesawat pemadam kebakaran di Sumatera oleh Malaysia dan Singapura
B. Bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan fasilitas kesehatan untuk korban tsunami Aceh
C. Bantuan dana ketika meletusnya Gunung Mayon dan Parker di Filipina
D. Bantuan dana bagi korban gempa di Lombok NTB dari ASEAN Humanitarian Assistance Center
- A. Lempeng Eurasia bergerak ke arah Barat Laut dengan kecepatan 0,4 cm pertahun
B. Lempeng Pasifik bergerak ke arah Barat Laut dengan kecepatan 8 - 10,2 cm pertahun
C. Lempeng Indo-Australia bergerak ke arah Timur Laut dengan kecepatan 7 cm pertahun
D. Lempeng Eurasia bergerak ke arah Tenggara dengan kecepatan 0,4 cm pertahun
- A. Tsunami
B. Badai Topan
C. Gempa Bumi
D. Kekeringan
- A. A1, B2, dan C3
B. A2, B1, dan C3
C. A2, B3, dan C2
D. A3, B3, dan C3
- A. 26 Desember 2004
B. 30 Desember 2004
C. 6 Januari 2005
D. 26 Januari 2006
- A. Laos
B. Kamboja
C. Thailand
D. Singapura
- A. bahan bakar pada industri pupuk
B. campuran obat penyakit kulit
C. bahan membuat tabung elektron dan televisi
D. bahan membuat kabel listrik dan kabel konduktor
- A. washing oil, membersihkan limbah minyak di laut
B. mengambil sampah di tengah laut
C. in-situ burning, yaitu pembakaran minyak di permukaan laut
D. menanam hutan mangrove di pinggir laut
- A. kondisi iklim
B. ketersediaan sumber daya
C. perkembangan teknologi
D. kondisi geologis
- A. Mercususar, Dermaga Pelabuhan, Terminal
B. Kantor Pos, Bandara, Satelit
C. Jalan Raya, Dermaga Pelabuhan, Terminal
D. Menara jaringan, Satelit, Mercusuar
- A. untuk menghasilkan pangan, sandang, dan papan
B. sebagai alat untuk pemindahan barang dan manusia
C. sarana untuk saling tukar informasi
D. untuk memperlancar proses belajar mengajar
- A. dapat menciptakan ide kreatif
B. akses informasi semakin cepat
C. mengurangi biaya dalam berkomunikasi
D. mengurangi kontak sosial secara langsung
- A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 5)
D. 3), 4), dan 5)
- A. Pilihan penggunaan barang dan jasa beragam
B. luas jangkauan wilayah pemasaran meningkat
C. kualitas dan kuantitas barang yang dihasilkan meningkat
D. mendorong peningkatan jumlah permintaan barang
- A. eksport
B. import
C. supply
D. demand
- A. ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT)
B. ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM)
C. ASEAN Free Trade Area (AFTA)
D. ASEAN Council of Teachers Convention (ACT)
- A. Dapat merugikan produsen dalam negeri yang memproduksi barang yang sama dengan negara lain
B. Mempermudah masuknya barang-barang yang tidak diizinkan pemerintah
C. Meningkatnya perilaku konsumtif oleh masyarakat
D. Munculnya persaingan antar produsen negara-negara ASEAN
- A. konversi tanah
B. konversi lahan
C. pembebasan tanah
D. penurunan lahan
- A. letaknya yang stategis
B. kemudahan akses
C. harga relatif murah
D. dekat dengan bahan baku
- A. banyak petani dan buruh tani kehilangan mata pencahariannya
B. dapat menciptakan pencemaran tanah, air, dan udara di sekitarnya
C. konversi lahan yang sudah ada menambah konversi yang baru lagi
D. rendahnya kreatifitas dan inovasi dari masyarakat
Baca juga : Contoh Instrumen PH-2 IPS Kelas 8 Semester Ganjil
Kunci Jawaban
No. | Kunci | No. | Kunci |
1. | B | 21. | A |
2. | A | 22. | A |
3. | D | 23. | C |
4. | B | 24. | B |
5. | C | 25. | C |
6. | D | 26. | D |
7. | A | 27. | C |
8. | B | 28. | D |
9. | D | 29. | B |
10. | D | 30. | C |
11. | C | 31. | C |
12. | B | 32. | D |
13. | D | 33. | C |
14. | D | 34. | C |
15. | A | 35. | A |
16. | B | 36. | C |
17. | C | 37. | D |
18. | A | 38. | B |
19. | B | 39. | B |
20. | C | 40. | D |
Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 40 ) x 100 |
Demikianlah tadi contoh instrumen penilaian harian 1 IPS semester ganjil untuk kelas 8 mudah-mudahan ada manfaatnya.