Contoh Instrumen PH-2 IPS Kelas 8 Semester Ganjil
Assalamu'alaikum Wr. Wb.? Salam sejahtera untuk semuanya, kembali pada Label Penilaian di blog ShmadyWeb ini Admin akan berbagi perangkat penilaian harian. Kali ini adalah penilaian harian kedua pada mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 yang akan dilaksanankan sekitar bulan Nopember mendatang. Kisi-kisi soal dirancang berdasarkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) pada Kompetensi Dasar (KD) 3.2 tentang "Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan".
Penilaian harian kali ini menggunakan teknik Tes Tulis dengan bentuk instrumen Pilihan Ganda dan jumlah soal 30 butir. Untuk sekarang ini Admin tidak menyediakan Kunci jawaban namun ada disediakan indikator soal di bawahnya.
Perangkat penilaian ini mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan guru IPS kelas 8 ketika menyusunan soal di sekolah masing-masing atau buat peserta didik bisa menjadi bahan ekstra latihan soal di rumah.
Langsung saja dibaca perangkat penilaian harian 2 di bawah ini!
Soal Pilihan Ganda
- Berikut ini adalah arti mobilitas sosial, kecuali ...
- Contoh berikut yang mengalami mobilitas sosial vertikal naik adalah ...
- Semula Ferry adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan asuransi kemudian pindah bekerja ke perusahaan jasa travel sebagai kasir.
Contoh kasus di atas termasuk bentuk mobilitas sosial ... - Perhatikan faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial di bawah ini!
1. Faktor struktural
2. Faktor ekonomi
3. Faktor kemiskinan
4. Faktor individu
5. Faktor diskriminasi
Yang termasuk faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial yaitu nomor ... - Wakil kepala bagian kesiswaan mengumumkan akan dilaksanakan pemilihan pengurus OSIS dalam waktu dekat ini dan bagi siswa-siswi yang berminat dipersilahkan secara terbuka untuk mencalonkan diri. Kegiatan pemilihan pengurus OSIS di atas termasuk salah satu yang dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial yaitu dari faktor ...
- Arman gagal mendapatkan pekerjaan yang ia cita-citakan sejak belajar di bangku SMP. Pekerjaan itu berhasil didapat oleh Zaki teman sekelasnya dulu dikarenakan riwayat pendidikan Zaki yang lebih tinggi. Arman hanya mampu melanjutkan sekolahnya sampai tingkat SMA. Faktor penghambat kegagalan mobilitas sosial pada Arman disebabkan karena ...
- Yang termasuk contoh saluran mobilitas sosial pada bidang ekonomi berikut ini adalah ...
- Penduduk suatu desa telah menyadari arti pentingnya pendidikan sehingga berdampak terhadap peningkatan gaya hidup dan mata pencaharian mereka. Kondisi tersebut menunjukkan hasil positif mobilitas sosial yaitu ...
- Berikut ini merupakan dampak negatif adanya mobilitas sosial adalah, kecuali ...
- Perayaan Waisak untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting merupakan Hari Raya Keagamaan ...
- Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar di atas merupakan contoh hasil kebudayaan masyarakat yang berwujud ... - Berikut adalah faktor yang mempengaruhi keberagaman budaya masyarakat di Indonesia, kecuali ...
- Suku Jawa, Samin, dan Karimun berasal dari daerah ...
- Faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia adalah ...
- Segala bentuk pekerjaan dan profesi adalah sama mulianya tidak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi, karena ...
- Penemuan cara baru dan khas dalam mengelola lahan pertanian merupakan salah satu peran dan fungsi keragaman budaya dalam pembangunan nasional yaitu ...
- Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan ...
- Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan pengertian konflik adalah ...
- Yola adalah penduduk pendatang di Desa Permai. Usulannya untuk membuka usaha hiburan menuai protes dari penduduk karena dianggap dapat mengganggu aktivitas masyarakat.
Kasus di atas menunjukkan terjadinya konflik dikarenakan ... - Kegiatan demonstrasi persatuan buruh kepada pengelola perusahaan yang menuntut gajinya dinaikkan termasuk ke dalam konflik antara ...
- Pertengkaran antar teman di sekolah tergolong konflik antara ...
- Terkadang konflik membawa pengaruh positif terhadap kedua belah pihak seperti ...
- Tipe penyelesaian konflik dengan mengorbankan tujuan pribadi untuk mempertahankan hubungan dengan orang lain adalah ...
- Proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan disebut ...
- Berikut yang bukan merupakan syarat terjadinya integrasi sosial menurut William F. Ogborn dan Meyer Nimkoff adalah ...
- Masyarakat yang memiliki homogenitas tinggi cenderung mengakibatkan ...
- Perhatikan pernyataan berikut!
- Rata-rata anggota kelompok masyarakat memiliki pekerjaan yang sama
- Adanya komunikasi antar anggota masyarakat secara rutin
- Desa Permai lebih besar mengalami penambahan penduduk dari arus pendatang
- Jumlah penduduk Kelurahan Agung tercatat yang terpadat
- Bangsa Indonesia yang dipersatukan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan bentuk integrasi ...
- Perpaduan dua kebudayaan yang saling mempengaruhi satu sama lain tanpa menghilangkan sifat asli pada tiap-tiap kebudayaan merupakan proses integrasi sosial ...
- Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong integrasi sosial adalah ...
- A. Suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya
B. Gerakan dari orang perorang dan kelompok-kelompok pada kedudukan sosial ekonomi yang berbeda
C. Gerakan perpindahan orang atau kelompok orang dari suatu tempat ke tempat lainnya
D. Perubahan strata seseorang dari satu lapisan ke lapisan yang lain
- A. Parhan semula tinggal di kota dan sekarang pindah ke desa
B. Satria semula pedagang kaki lima dan sekarang memiliki toko sendiri
C. Bayu berhenti menjalankan usahanya karena terbelit hutang
D. Etik pindah rumah ke daerah lain karena ikut program transmigrasi
- A. verikal naik
B. vertikal turun
C. horizontal
D. diagonal
- A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
- A. struktural
B. sosial
C. politik
D. pendidikan
- A. kemiskinan
B. kekeluargaan
C. kedekatan
D. diskriminasi
- A. Koperasi sekolah, OSIS, dan PGRI
B. Koperasi nelayan, BUMN, dan PT
C. Partai, IDI, dan HIPMI
D. Sekolah, BLK, dan Universitas
- A. Mendorong seseorang untuk maju
B. Meningkatkan integrasi sosial
C. Mempercepat tingkat perubahan sosial
D. Meningkatkan hasil budaya masyarakat
- A. Terjadinya konflik antarpartai dalam merebut kekuasaan
B. Timbul perasaan takut, gelisah kehilangan pekerjaan atau jabatan
C. Menimbulkan penyakit darah tinggi, insomnia, dan asam lambung
D. Adanya persaingan antarkaryawan berdasarkan kinerja
- A. Islam
B. Hindu
C. Buddha
D. Konghucu
- A. gagasan
B. tindakan
C. karya
D. warisan
- A. Perbedaan lokasi
B. Perbedaan agama
C. Perbedaan adat-istiadat
D. Perbedaan individu
- A. Jawa Barat
B. Jawa Tengah
C. Jawa Timur
D. Yogyakarta
- A. Tingkatan sosial
B. Tingkatan ekonomi
C. Tempat kelahiran
D. Sejarah nenek moyang
- A. Jumlah pendapatan yang diperoleh besarnya sama
B. Sama-sama untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga
C. Semua profesi saling membutuhkan satu sama lain
D. Pekerja dan profesional sama-sama memiliki kewajiban membayar pajak
- A. Sebagai daya tarik bangsa asing
B. Saling melengkapi hasil budaya
C. Tertanamnya sikap toleransi
D. Mendorong inovasi kebudayaan
- A. Perbedaan budaya harus dihapus dan membentuk kebudayaan yang universal
B. Kebudayaan nenek moyang diganti dengan kebudayaan baru yang lebih maju
C. Saling mendukung serta kebersamaan dalam mengembangkan kebudayaan nasional
D. Kebudayaan daerah adalah kebudayaan kuno yang lambat laun akan hilang
- A. Perjuangan memperoleh status dan kekuasaan dengan cara menundukkan pesaingnya
B. Benturan kekuatan dan kepentingan antar satu kelompok dengan kelompok lainnya untuk memperebutkan sumber-sumber kemasyarakatan
C. Persaingan antar individu, antara individu dengan kelompok, dan antar kelompok untuk meraih tujuan tertentu yang dilakukan secara sehat
D. Proses sosial yang bersifat antagonistik dengan bentuk perilaku melawan dan melakukan kekerasan
- A. Perbedaan individu
B. Perbedaan kepentingan
C. Perbedaan kebudayaan
D. Perbedaan pendidikan
- A. individu dengan individu
B. individu dengan kelompok
C. kelompok dengan kelompok
D. kemajuan dengan keadilan
- A. kemajuan dengan keadilan
B. kelompok-dengan kelompok
C. individu dengan kelompok
D. individu dengan individu
- A. Masing-masing pihak mempertahankan kebenaran yang diyakini
B. Meningkatnya solidaritas sesama anggota kelompok
C. Dapat saling menaklukkan antar kedua belah pihak
D. Keretakan hubungan antar individu atau kelompok
- A. Tawar-menawar dengan lawan konflik
B. Kolaborasi antar kedua belah pihak
C. Menghindari terjadinya sebuah konflik
D. Menyesuaikan kepada keinginan lawan konflik
- A. mobilitas sosial
B. integrasi sosial
C. perubahan sosial
D. nilai-nilai sosial
- A. Adanya rasa saling mengisi kebutuhan-kebutuhan antar anggota masyarakat
B. Terdapat konsensus bersama mengenai nilai dan norma dalam masyarakat
C. Nilai dan norma sosial yang berlaku telah lama dijalankan secara konsisten
D. Ada satu kelompok yang memegang fungsi penting dalam masyarakat secara turun menurun
- A. integrasi masyarakat semakin cepat
B. integrasi masyarakat menjadi lambat
C. Terwujudnya keselarasan dalam masyarakat
D. Nilai dan norma dijalankan secara konsisten
- A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
- A. koersif
B. normatif
C. fungsional
D. mutlak
- A. akulturasi
B. asimilasi
C. kompromi
D. kolaborasi
- A. Adanya toleransi terhadap kebudayaan yang berbeda
B. Terdapat sikap terbuka dari kelompok penguasa
C. Adanya musuh yang berbeda-beda dari luar
D. Mendapatkan hak yang sama dalam bidang ekonomi
Baca juga: Soal PAS IPS Kelas 8 Semester Ganjil)
Indikator Soal
Indikator soal memberikan arahan atau penanda ketercapaian kompetensi yang diharapkan terhadap peserta didik. Indikator soal pada penilaian harian 2 di atas adalah, diharapkan peserta didik dapat:
- Menjelaskan pengertian mobilitas sosial. (C1)
- Memberi contoh bentuk mobilitas sosial. (C2)
- Mengklasifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial. (C3)
- Membedakan faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C3)
- Menganalisis faktor pendorong mobilitas sosial. (C4)
- Menganalisis faktor penghambat mobilitas sosial. (C4)
- Mencontohkan saluran-saluran mobilitas sosial. (C2)
- Menganalisis dampak positif mobilitas sosial. (C4)
- Menganalisis dampak negatif mobilitas sosial. (C4)
- Mengidentifikasi perbedaan hari raya keagamaan di Indonesia. (C1)
- Mencontohkan wujud pluralitas budaya di Indonesia. (C2)
- Menebutkan faktor yang mempengaruhi keragaman budaya di Indonesia. (C1)
- Mengidentifikasi bentuk pluralitas suku bangsa di Indonesia. (C1)
- Menjelaskan perbedaan pekerjaan di Indonesia. (C2)
- Menganalisis cara menyikapi perbedaan pekerjaan bangsa Indonesia. (C4)
- Menyimpulkan peran dan fungsi keragaman budaya dalam pembangunan nasional. (C2)
- Menganalisis cara menyikapi perbedaan budaya bangsa Indonesia. (C4)
- Menguraikan pengertian konflik. (C2)
- Menganalisis faktor penyebab terjadinya konflik. (C4)
- Mengklasifikasi bentuk-bentuk konflik. (C3)
- Mengklasifikasi bentuk-bentuk konflik. (C3)
- Menguraikan akibat atau dampak konflik. (C2)
- Menjelaskan cara penyelesaian konflik. (C2)
- Menjelaskan pengertian integrasi sosial. (C1)
- Menjelaskan syarat terjadinya integrasi sosial. (C1)
- Menyimpulkan faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi sosial. (C4)
- Menganalisis faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi sosial. (C4)
- Mendeskripsikan sarana proses integrasi sosial. (C2)
- Menyimpulkan bentuk-bentuk integrasi sosial. (C3)
- Menganalisis faktor-faktor pendorong integrasi sosial. (C4)
Update (7/12/2018): Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
SOAL | KUNCI JAWABAN | SKOR | NILAI |
PILIHAN GANDA | |||
1. | C | 1 | 3,33 |
2. | B | 1 | 3,33 |
3. | C | 1 | 3,33 |
4. | B | 1 | 3,33 |
5. | A | 1 | 3,33 |
6. | A | 1 | 3,33 |
7. | B | 1 | 3,33 |
8. | C | 1 | 3,33 |
9. | D | 1 | 3,33 |
10. | C | 1 | 3,33 |
11. | B | 1 | 3,33 |
12. | D | 1 | 3,33 |
13. | B | 1 | 3,33 |
14. | C | 1 | 3,33 |
15. | C | 1 | 3,33 |
16. | D | 1 | 3,33 |
17. | C | 1 | 3,33 |
18. | C | 1 | 3,33 |
19. | C | 1 | 3,33 |
20. | B | 1 | 3,33 |
21. | D | 1 | 3,33 |
22. | B | 1 | 3,33 |
23. | D | 1 | 3,33 |
24. | C | 1 | 3,33 |
25. | D | 1 | 3,33 |
26. | B | 1 | 3,33 |
27. | A | 1 | 3,33 |
28. | B | 1 | 3,33 |
29. | A | 1 | 3,33 |
30. | C | 1 | 3,33 |
JUMLAH PG | 30 | 100 |
Demikianlah tadi Contoh Instrumen Penilaian Harian II Mata Pelajaran IPS kelas 8 semester ganjil, mudah-mudahan bermanfaat.