50 Soal Latihan Kompetensi Kelompok B IPS
Bertemu kembali kita di sini, di tempat rekan-rekan guru IPS dapat saling berbagi informasi kaitannya dengan tugas dan fungsi kita sebagai seorang guru. Pada kesempatan kali ini saya sebagai admin dalam blog ini akan berbagi soal latihan UKG IPS yang disusun berdasarkan hasil pemahaman admin selama mempelajari salah satu modul pelatihan guru mata pelajaran IPS tepatnya pada Kelompok Kompetensi B.
Pada akhir tahun 2015 yang lalu telah dilaksanakan uji kompetensi guru (UKG) pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional bagi semua guru dalam rangka pemetaan kompetensi guru oleh direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Peta kompetensi yang dimaksud terdiri atas 10 (sepuluh) peta kompetensi. Hasil dari pelaksanaan UKG tersebut akan dijadikan sebagai dasar pelatihan kepada guru melalui program Guru Pembelajar (GP) yang dilaksanakan baik melalui tatap muka, on line (daring) dan campuran. Tujuan dari program ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik.
Oleh karena itu, berikut ini saya mau membagikan 50 butir soal latihan UKG IPS KK B kepada Bapak/Ibu rekan guru IPS yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi dalam mempelajari modulnya lebih mendalam lagi. Di setiap akhir 10 butir soal saya juga sediakan kunci jawaban untuk memudahkan Bapak/Ibu rekan guru. Langsung saja dibaca soalnya di bawah ini:
- Bidang studi yang menjadi landasan (flatform) seluruh kajian dalam pembelajaran IPS Terpadu adalah...
- Cermatilah pernyataan berikut ini:
- Berikut yang menjadi tujuan utama pembelajaran IPS adalah...
- Kehidupan manusia dilihat dari aspek dimensi mata pelajaran IPS diikat oleh ruang, waktu, dan nilai/norma. Apabila waktu dihubungkan dengan pembelajaran IPS maka konsep yang terkait adalah ...
- Berikut adalah prinsip-prinsip pemilihan tema dalam pembelajaran IPS ... kecuali
- Pembelajaran IPS dirancang dengan memadukan empat macam kajian ilmu. Yang menjadi pemersatu dari keempat kajian ilmu tersebut adalah ...
- Berikut yang bukan merupakan konsep-konsep dalam kajian sejarah adalah ...
- Yang termasuk dalam konsep ekonomi di bawah ini adalah ...
- Perhatikan beberapa sub-tema berikut ini!
- Dalam mengembangkan tema pada pembelajaran IPS diupayakan adanya keterpaduan antar keempat kajian ilmu baik itu geografi, sejarah, sosiologi, maupun ekonomi. Pada saat memasukkan konsep sejarah dalam tema maka hal yang perlu diingat adalah ...
- Perhatikan tema berikut!
"Keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia".
Materi yang tidak sesuai ketika mengembangkan tema di atas adalah ... - Hal yang dilakukan guru setelah menganalisis hasil pengembangan tema adalah ...
- Pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai pada kegiatan pengembangan bahan ajar oleh guru adalah ...
- Prinsip yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan bahan ajar/materi pembelajaran adalah prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan. Pemilihan bahan ajar dengan memperhatikan prinsip relevansi artinya ...
- Langkah awal yang dilakukan guru dalam pemilihan bahan ajar adalah ...
- Perhatikan kompetensi dasar (KD) berikut:
"Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat".
Alur prosedur dalam pemilihan bahan ajar yang benar berdasarkan kompetensi dasar di atas adalah ... - Cakupan atau ruang lingkup materi perlu ditentukan untuk mengetahui apakah materi yang harus dipelajari oleh siswa terlalu banyak, terlalu sedikit, atau telah memadai sehingga sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Apabila kegiatan tersebut belum memenuhi persyaratan pembelajaran IPS yang kajiannya harus tampak secara terpadu maka yang harus dilakukan adalah ...
- Urutan materi dalam bahan ajar penting diperhatikan karena beberapa materi merupakan prasyarat (prerequisite) untuk materi berikutnya. Di bawah ini yang merupakan urutan materi yang benar dalam membelajarkan bidang studi IPS terpadu dengan tema "Keadaan alam dan aktivitas penduduk Indonesia" adalah ...
- Materi pembelajaran yang sudah ditentukan ruang lingkup serta kedalamannya dapat diurutkan melalui dua pendekatan pokok yaitu pendekatan prosedural dan pendekatan hierarkis. Yang dimaksud urutan materi secara hierarkis adalah ...
- Pernyataan yang tepat pada kegiatan mencari sumber bahan ajar oleh guru sesuai proses pembelajaran kurikulum 2013 di bawah ini adalah ...
- Menyampaikan materi satu per satu secara mendalam oleh guru merupakan bentuk strategi membelajarkan bahan ajar ...
- Bahan ajar yang memperlakukan peserta didik untuk menggeneralisasi dan membedakan suatu konsep yang telah dikuasai merupakan satu strategi mempelajari bahan ajar oleh peserta didik yakni pada kegiatan ...
- Sikap pasif seorang siswa dalam kegiatan diskusi di kelas merupakan perilaku yang muncul dalam strategi mempelajari bahan ajar oleh peserta didik yaitu ...
- Pada kondisi tertentu guru harus memberikan materi atau bahan pembekalan (matrikulasi) kepada peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan apabila ...
- Apabila siswa mengalami hambatan dan kesulitan untuk mencapai kompetensi dasar maka guru harus menyediakan modul yang berisi materi perbaikan (remedial). Berikut adalah hal yang harus dihindari dalam menyusun materi pembelajaran remedial ...
- Sebuah instrumen atau prosedur sistematis untuk memberikan gambaran atas seorang siswa baik dengan menggunakan skala angka maupun dengan klasifikasi atau kategori tertentu disebut ...
- Pemberian pretest dan postest kepada siswa, melakukan penilaian ketika proses diskusi dan presentasi berlangsung merupakan contoh penilaian ...
- Penilaian yang ditujukan untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa pada kurun waktu tertentu misalnya penilaian harian, penilaian mid semester, dan penilaian akhir semester disebut ...
- "Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku". Pernyataan tersebut merupakan salah satu prinsip penilaian yaitu ...
- Berikut adalah prinsip-prinsip dalam penilaian hasil belajar siswa, kecuali ...
- Menjelaskan merupakan contoh dari penilaian pada level ...
- Perhatikan materi penilaian berikut ini!
(1) Menunjukkan hubungan antara aktivitas perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia
(2) Menyebutkan benda-benda peninggalan manusia pada zaman neolithikum
(3) Mengelompokkan jenis-jenis artefak hasil kebudayaan manusia pada masa palaeolithikum, mesolithikum, dan neolithikum
(4) Menemukan persamaan dan perbedaan antara Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya
(5) Menjelaskan kehidupan manusia pada masa palaeolithikum (zaman batu tua)Yang termasuk contoh materi penilaian pada level analisis ... - Urutan tingkat kemampuan berfikir (taxonomi) hasil revisi oleh Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl yang benar adalah ...
- "Siswa mensimulasikan interaksi antarruang yang menunjukkan saling ketergantungan". Tingkatan proses berpikir dan dimensi pengetahuan yang tepat pada indikator penilaian tersebut adalah ...
- Kata kerja yang tepat untuk mengukur ranah kognitif level sintesis adalah ...
- Kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan merupakan indikator-indikator penilaian pada ranah ...
- Perhatikan matriks kata kerja operasional pada tiga dimensi penilaian berikut ini!
Yang termasuk kata kerja operasional dimensi afektif (sikap/perilaku) adalah ...A B C 1. Menjunjung nilai-nilai 1. Membedakan 1. Menanya 2. Mengelompokkan 2. Menyebutkan 2. Menghargai 3. Memperhatikan 3. Memberi respon 3. Mempresentasikan - "Menguraikan keterkaitan antara keberadaan kerajaan-kerajaan dan kesultanan-kesulatanan di Nusantara dan letaknya yang berdekatan dengan sungai dan pantai". Pernyataan di atas adalah contoh indikator untuk ...
- Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran,
(2) Menerima kekurangan teman,
(3) Memaafkan kesalahan orang lain,
(4) Kemauan menyelesaikan tugas tepat waktuDari keempat pernyataan di atas, yang merupakan indikator untuk aspek sikap disiplin adalah ... - Siswa membuat pertanyaan dari hasil pengamatan gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Ranah penilaian yang paling tepat dinilai untuk kegiatan siswa di atas adalah ...
- Yang menjadi dasar atau acuan dalam menulis soal adalah ...
- Berikut adalah syarat-syarat indikator soal yang baik, kecuali ...
- Penulisan indikator yang lengkap mencakup 4 unsur yaitu ...
- Berikut adalah jenis-jenis pemanfaatan hasil penilaian yang telah dilaksanakan, kecuali ...
- Hasil penilaian pada seorang siswa menunjukkan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Berdasarkan pernyataan tersebut hasil penilaian dapat bermanfaat untuk ...
- Apa yang menjadi kriteria ketuntasan belajar seorang siswa?
- Alasan pentingnya validitas dalam hal memanfaatkan hasil penilaian untuk mengukur keberhasilan belajar siswa adalah karena...
- Berikut adalah tindak lanjut yang dapat dilakukan guru jika sebagian besar siswa gagal menjawab pada materi soal tertentu...
- Perhatikan bobot setiap komponen penilaian di bawah ini!
Penilaian Skala Penilaian Bobot pada Nilai Akhir Tugas Individu dan Kelompok 1 - 5 15% Penilaian Harian 0 - 10 25% Penilaian Mid Semester 0 - 100 30% Penilaian Akhir Semester 0 - 100 30% - Tugas Individu dan Kelompok = 4
- Penilaian Harian = 9
- Penilaian Mid Semester = 85
- Penilaian Akhir Semester = 82
- Berikut ini indikator-indikator dari aspek penilaian sikap:
Soal Profesional: Pengembangan Tema IPS Terpadu
- A. Geografi
B. Ekonomi
C. Sejarah
D. Sosiologi
- (1) Pemisahan antar bidang studi sudah jelas
(2) Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran
(3) Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
(4) Bersifat luwes sehingga memungkinkan bagi siswa memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam
(5) Agak kaku karena pembelajaran IPS terdiri dari gabungan beberapa disiplin ilmu Yang tergolong karakteristik mata pelajaran IPS adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
- A. Membantu anak didik mengembangkan kemampuan membuat keputusan untuk bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang diberikan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab
B. Membantu anak didik mengembangkan kemampuan membuat keputusan untuk menjadi warga negara yang baik yang memiliki budaya yang berbeda, masyarakat yang demokratis pada dunia yang saling ketergantungan
C. Membiasakan anak didik melakukan gerak jasmani secara senang hati dan menyadari akan arti pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang mempengaruhinya
D. Mendorong anak didik menjadi kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya dan memunculkan keunggulan yang ada di daerah masing-masing
- A. Geografi
B. Sejarah
C. Sosiologi
D. Ekonomi
- A. Tema tidak terlalu luas namun dapat dengan mudah untuk mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu
B. Tema yang dipilih harus dapat memberikan bekal bagi siswa untuk belajar selanjutnya
C. Pemilihan tema menyesuaikan pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar rentang waktu belajar siswa
D. Tema disesuaikan dengan tingkat perkembangan psikologis siswa
- A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi dasar
C. Sumber belajar
D. Tema
- A. Interdependensi
B. periodisasi
C. Kritisisme
D. Generasi
- A. Lokasi/keruangan
B. Aktivitas/kegiatan manusia
C. Waktu, perubahan, dan keberlanjutan
D. Hubungan manusia dengan manusia
- (1) Asal-usul penduduk Indonesia
(2) Ciri atau karakteristik penduduk Indonesia
(3) Mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia
(4) Pengertian dan Jenis lembaga sosialBentuk tema yang tepat berdasarkan sub-sub tema di atas adalah...
A. Keadaan alam dan aktivitas penduduk Indonesia
B. Keadaan penduduk Indonesia
C. Potensi dan pemanfaatan SDA
D. Keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia
- A. Hubungan manusia dengan manusia
B. Waktu, perubahan, dan keberlanjutan
C. Aktivitas/kegiatan manusia
D. Lokasi/keruangan
No. | Kunci | No. | Kunci |
1. | A | 6. | D |
2. | C | 7. | A |
3. | B | 8. | B |
4. | B | 9. | C |
5. | C | 10. | B |
- A. Keunggulan Geostrategis di Indonesia
B. Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Transportasi
C. Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
D. Fungsi dan Peran SDA dalam Kehidupan Manusia
- A. Menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran
B. Menganalisis tema-tema dalam IPS
C. Menganalisis keterpaduan 4 kajian ilmu dalam tema tersebut
D. Menentukan kompetensi dasar yang berkaitan dengan tema
- A. Memperhatikan materi sehingga dapat menunjang tercapainya kompetensi dasar dan kompetensi inti
B. Membatasi sumber bahan ajar hanya pada buku teks dan buku penunjang lainnya
C. Bahan ajar disusun mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan
D. Memperhatikan urutan penyajian bahan ajar secara tepat
- A. Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan
B. Hendaknya materi pembelajaran ada kaitan dengan pencapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar
C. Keajegan antara bahan ajar dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik
D. Bahan ajar yang dipilih mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik
- A. Memilih bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
B. mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar
C. Mengidentifikasi jenis-jenis materi bahan ajar
D. Memilih sumber bahan ajar
- A. kognitif - fakta - lembaga sosial - lingkungan sekitar
B. kognitif - fakta - lingkungan sekitar - lembaga sosial
C. lingkungan sekitar - kognitif - fakta - lembaga sosial
D. fakta - kognitif - lembaga sosial - lingkungan sekitar
- A. Diserahkan kepada pemerintah untuk melengkapi cakupan materi pada buku pelajaran yang diterbitkan
B. Membiarkannya karena pada tema tertentu tidak bisa dipadukan menjadi empat kajian ilmu
C. Tugas guru menambahkan materi pembelajaran sehingga sesuai pada keempat kajian
D. Mengganti tema agar dapat dibuatkan bahan ajar yang mencakup empat kajian ilmu
- A. Keadaan iklim - Letak geografis - Keragaman flora dan fauna - Kehidupan masyarakat
B. Keadaan iklim - Keragaman flora dan fauna - Letak geografis - Kehidupan masyarakat
C. Keragaman flora dan fauna - Keadaan iklim - Letak geografis - Kehidupan masyarakat
D. Letak geografis - Keadaan iklim - Keragaman flora dan fauna - Kehidupan masyarakat
- A. materi pembelajaran yang menggambarkan langkah-langkah secara urut sesuai dengan langkah-langkah melaksanakan suatu tugas
B. materi pembelajaran yang menggambarkan urutan yang bersifat berjenjang dari sederhana ke kompleks atau dari kompleks ke sederhana
C. materi pembelajaran yang menggambarkan pemisahan materi secara jelas dari masing-masing empat kajian ilmu
D. materi pembelajaran yang menggambarkan hubungan yang erat antara materi dan intake siswa
- A. Buku teks dijadikan sebagai satu-satunya sumber bahan ajar
B. Setiap pergantian semester atau pergantian tahun mengganti buku teks
C. Memakai buku teks, buku penunjang, dan internet sebagai sumber materi
D. Guru mencari sendiri sumber bahan ajar tanpa melibatkan siswa
No. | Kunci | No. | Kunci |
11. | D | 16. | A |
12. | A | 17. | C |
13. | B | 18. | D |
14. | B | 19. | B |
15. | B | 20. | C |
- A. urutan
B. suksesif
C. fakta
D. prinsip
- A. menghafal
B. menggunakan
C. menemukan
D. memilih
- A. menghafal
B. menggunakan
C. menemukan
D. memilih
- A. peserta didik belum memiliki pengetahuan prasyarat
B. peserta didik mengalami kesulitan belajar
C. peserta didik dengan cepat menguasai materi pembelajaran
D. peserta didik tidak memiliki motivasi belajar
- A. materi lebih luas
B. banyak diberikan contoh
C. materi lebih rinci
D. materi disederhanakan
Soal Pedagogik: Penilaian Pembelajaran
- A. pengujian
B. evaluasi
C. penilaian
D. pengukuran
- A. Diagnostik
B. Formatif
C. Sumatif
D. Penempatan
- A. Diagnostik
B. Formatif
C. Sumatif
D. Penempatan
- A. Holistik
B. Terpadu
C. Terbuka
D. Sistematis
- A. Shahih, artinya penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
B. Adil, artinya penilaian yang tidak menguntungkan atau merugikan satu atau beberapa siswa dikarenakan adanya suatu perbedaan
C. Subjektif, artinya penilaian yang didasarkan pada interpretasi dari guru/penilai sendiri
D. Akuntabel, artinya penilaian yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasil
No. | Kunci | No. | Kunci |
21. | B | 26. | A |
22. | B | 27. | B |
23. | D | 28. | C |
24. | A | 29. | D |
25. | A | 30. | C |
- A. pengetahuan
B. pemahaman
C. aplikasi
D. analisis
- A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
- A. mengaplikasikan - menganalisis - mengingat - mengerti - mengevaluasi - merekayasa
B. mengerti - mengingat - mengaplikasikan - menganalisis - mengevaluasi - merekayasa
C. mengingat - mengerti - mengaplikasikan - menganalisis - mengevaluasi - merekayasa
D. mengingat - mengaplikasikan - menganalisis - mengevaluasi - merekayasa - mengerti
- A. memahami - pengetahuan faktual
B. aplikasi - pengetahuan konseptual
C. aplikasi - pengetahuan prosedural
D. memahami - pengetahuan metakognitif
- A. mengenali
B. menilai
C. mendesain
D. memisahkan
- A. sikap
B. pengetahuan
C. pemahaman
D. keterampilan
- A. A1, B1, dan C1
B. A1, B2, dan C1
C. A2, B2, dan C3
D. A3, B3, dan C2
- A. pengetahuan
B. pemahaman
C. aplikasi
D. analisis
- A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
- A. keterampilan
B. sintesis
C. sikap
D. aplikasi
No. | Kunci | No. | Kunci |
31. | B | 36. | D |
32. | B | 37. | D |
33. | C | 38. | D |
34. | C | 39. | B |
35. | C | 40. | A |
- A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Materi Pembelajaran
D. Indikator
- A. Memungkinkan dibuatkan beberapa pengecoh soal
B. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat
C. Menyatakan secara jelas kandungan materi yang telah dipelajari siswa
D. Dapat menggunakan dua kata kerja operasional baik untuk soal objektif maupun soal uraian
- A. peserta didik, tujuan, kekhususan materi, dan hasil
B. peserta didik, perilaku, kondisi, dan tingkatan
C. peserta didik, tingkat kesulitan, terdapat kunci, dan terdapat skor
D. peserta didik, dimensi/ranah, waktu, dan tempat
- A. Untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
B. Untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan siswa
C. Untuk memperbaiki metode dan strategi pembelajaran
D. sebagai acuan program peningkatan kualitas pengajaran
- A. meningkatkan kualitas pengajaran
B. memperbaiki kekurangan dan kelemahan siswa
C. memperbaiki metode dan strategi pembelajaran
D. mengukur keberhasilan belajar siswa
- A. Seluruh materi pelajaran telah disampaikan semuanya
B. Pemahaman siswa atas semua materi pelajaran
C. Penguasaan substansi dan kurun waktu
D. Tercapainya seluruh kompetensi dasar
- A. Hasil penilaian berpengaruh besar terhadap masa depan siswa
B. Menjadi dasar dalam upaya memperbaiki kekurangan atau kelemahan siswa
C. Materi Pembelajaran disesuiakan dengan tingkat kemampuan siswa
D. Indikator dijabarkan berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa
- A. Memberikan tugas terstruktur kepada siswa pada materi tersebut
B. Melakukan tes ulang bagi seluruh siswa
C. Menyampaikan kepada siswa jawaban yang benar dari soal tersebut
D. Melanjutkan pembelajaran ke materi selanjutnya
- Jika Budi berhasil mengumpulkan nilai pada:
Maka nilai akhir yang diperoleh Budi adalah ...
A. 3,38
B. 3,50
C. 3,57
D. 3,66
- (1) Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
(2) Melaksanakan tugas individu dengan baik
(3) Tidak menyontek pada saat melaksanakan ulangan
(4) Tidak mudah putus asa atau pantang menyerah
(5) Mampu membuat keputusan dengan cepat
Yang termasuk aspek sikap percaya diri adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
No. | Kunci | No. | Kunci |
41. | D | 46. | D |
42. | D | 47. | A |
43. | B | 48. | A |
44. | D | 49. | B |
45. | D | 50. | B |
Demikian sajian latihan soal UKG IPS KK B pada kesempatan kali ini mudah-mudahan bermanfaat.