Skip to main content

Soal PAS Ganjil IPS Kelas 7 Tahun Pelajaran 2019-2020

Pada saat ini guru bersama dengan siswanya sudah mulai sibuk-sibuknya menyiapkan diri dalam menghadapi ujian semester ganjil tahun 2019. Untuk itu Admin sebagai seorang guru telah menyusun contoh instrumen penilaian yang mungkin dapat membantu rekan guru IPS ketika melakukan latihan membahas soal-soal bersama dengan para siswa.

Berikut indikator soal PAS ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dan contoh instrumennya yang dapat dipakai berlatih bagi siswa.

A. Indikator Soal

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mendasari terjadinya interaksi antar ruang
  2. Peserta didik dapat membedakan bentuk interaksi antarruang di wilayah Lombok Timur
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen-komponen pada peta melalui gambar
  4. Peserta didik dapat menyebutkan pengaruh letak astronomis Indonesia
  5. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial dan budaya
  6. Peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab rusaknya hutan di Indonesia
  7. Peserta didik dapat mengidentifikasi usaha pelestarian hutan
  8. Peserta didik dapat menyebutkan daerah penghasil Bauksit dan Batu bara di wilayah Indonesia
  9. Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat Minyak Bumi
  10. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan Magrove
  11. Peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab banyaknya terumbu karang di Indonesia
  12. Peserta didik dapat menganalisis usaha untuk mengatasi illegal fishing di Indonesia
  13. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan jumlah penduduk
  14. Peserta didik dapat mengidentifikasi akibat masalah persebaran penduduk yang tidak merata
  15. Peserta didik dapat menganalisis dampak komposisi penduduk yang tidak seimbang
  16. Peserta didik dapat mendeskripsikan upaya pemerintah mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata
  17. Peserta didik dapat mengidentifikasi usaha pemerintah untuk menurunkan angka pertumbuhan penduduk di Indonesia
  18. Peserta didik dapat mengidentifikasi indikator/tolak ukur kualitas penduduk di Indonesia
  19. Ditampilkan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi rumah adat di Indonesia
  20. Peserta didik dapat mengidentifikasi baju adat di NTB
  21. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak letak geologi Indonesia
  22. Peserta didik dapat mengidentifikasi gunung yang termasuk jalur pegunungan di Indonesia
  23. Peserta didik dapat mengidentifikasi susunan geologi Indonesia
  24. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk fisiografis Indonesia
  25. Peserta didik dapat membedakan ciri-ciri dataran rendah dan dataran tinggi
  26. Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara iklim tropis dengan keadaan geografis Indonesia
  27. Peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya angin
  28. Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik Flora Indonesia bagian Barat
  29. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis fauna Indonesia bagian timur
  30. Peserta didik dapat menganalisis dampak interaksi antar ruang
  31. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses terjadinya interaksi sosial
  32. Peserta didik dapat menganalisis peristiwa terjadinya interaksi sosial
  33. Peserta didik dapat menganalisis syarat-syarat interaksi sosial
  34. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor –faktor penghambat interaksi sosial
  35. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya interaksi sosial
  36. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya interaksi sosial
  37. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh imitasi, empati dan simpati
  38. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial Asosiatif
  39. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial Asosiatif
  40. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial Asosiatif
  41. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial Asosiatif
  42. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial Disosiatif
  43. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial Disosiatif
  44. Peserta didik dapat menganalisis pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial
  45. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri dan fungsi lembaga sosial
  46. Peserta didik dapat menentukan tingkatan norma dalam masyarakat
  47. Peserta didik dapat menjelaskan peranan lembaga keluarga
  48. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi lembaga agama
  49. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh lembaga politik
  50. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi lembaga ekonomi

B. Contoh Instrumen Soal PAS

  1. Terjadinya interaksi antarruang karena didasari faktor infrastruktur yang menghubungkan daerah asal dan tujuan dalam kondisi lebih baik sehingga menghabiskan biaya lebih murah disebut ....
      A. Saling melengkapi
      B. Kesempatan antara
      C. Kemudahan transfer
      D. Kemudahan jangkauan
  2. Perhatikan interaksi antarruang di Wilayah Kabupaten Lombok Timur berikut ini!
    1) Berkembang mini market di berbagai tempat
    2) Dibangun sarana dan prasarana internet
    3) Meningkatnya volume perdagangan daerah
    4) Peningkatan jumlah wisatawan ke Lombok
      Yang menunjukkan terjadinya interaksi keruangan dalam bentuk perpindahan barang terdapat pada nomor ....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)
  3. Perhatikan peta berikut!
      Yang menunjukkan inset peta adalah pada nomor ....
      A. 1
      B. 2
      C. 3
      D. 4
  4. Pengaruh letak astronomis Indonesia yang berada pada garis lintang 6 derajat LU - 11 derajat LS adalah ....
      A. Indonesia terletak pada posisi silang
      B. Indonesia beriklim musim
      C. Wilayah Indonesia bersuhu ekstrim
      D. Indonesia berada di wilayah tropis
  5. Berikut adalah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat Indonesia, kecuali ....
      A. Kebiasaan pesta minman dan p*r*aul*n bebas
      B. Terjadi percampuran bentuk bangunan seperti tempat ibadah dan rumah
      C. Terjadi perkawinan campuran antara penduduk pribumi dan penduduk asing
      D. Dapat dengan mudah menjual berbagai komoditas hasil bumi
  6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
    (1) Banyak terjadi perambahan hutan
    (2) Pembakaran hutan demi perluasan lahan
    (3) Pengurangan area perkebunan
    (4) Munculnya permukiman kumuh
    (5) Penebangan hutan secara liar
      Pernyataan yang merupakan faktor penyebab rusaknya hutan di Indonesia adalah ....
      A. (1), (2), (3)
      B. (1), (2), (5)
      C. (2), (3), (5)
      D. (3), (4), (5)
  7. Berikut adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan, kecuali ....
      A. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali
      B. Menerapkan sistem tebang-pilih
      C. Alih fungsi hutan menjadi pertanian
      D. Tidak membuang sampah secara sembarangan di hutan
  8. Samarinda, Sawahlunto, dan Tanjung Enim merupakan daerah di wilayah Indonesia yang banyak menghasilkan barang tambang ....
      A. Batu bara
      B. Bauksit
      C. Pasir besi
      D. Emas
  9. Potensi minyak bumi Indonesia yang diperkirakan masih cukup besar dapat dimanfaatkan sebagai ....
      A. Bahan baku pembuatan plastik
      B. Bahan bakar industri keramik
      C. Bahan dasar pembuatan aluminium
      D. Bahan campuran pembuatan semen
  10. Perhatikan fungsi hutan Magrove berikut ini!
    (1) Sebagai sumber bahan baku arang
    (2) Sebagai habitat binatang laut untuk berlindung
    (3) Sebagai pelindung dari abrasi
    (4) Sebagai bahan baku kertas
    (5) Sebagai tempat berkembang biak binatang laut
      Fungsi ekologis hutan mangrove ditunjukkan oleh nomor ....
      A. (1), (2), (3)
      B. (1), (3), (4)
      C. (2), (3), (5)
      D. (3), (4), (5)
  11. Baca juga latihan soal PAS IPS Kelas 7 Ganjil VERSI lainnya pada postingan berikut:

  12. Indonesia memiliki potensi terumbu karang terluas di dunia. Faktor penyebab banyaknya terumbu karang di Indonesia adalah ....
      A. Memiliki banyak jenis ikan
      B. Memiliki banyak pantai
      C. Terletak pada iklim tropis
      D. Beriklim tropis dengan air laut yang hangat
  13. Dalam 3 bulan pertama tahun 2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menangkap 14 kapal ikan asing (KIA) dan 4 kapal perikanan Indonesia. Langkah yang tepat untuk mengatasi kasus illegal fishing tersebut adalah ....
      A. Penguatan badan pengawasan laut
      B. Penguatan sarana sistem pengawasan perikanan
      C. Penenggelaman kapal pelaku illegal fishing
      D. Membangun kesepakatan dengan negara tetangga terkait pencurian ikan
  14. Peristiwa kematian, kelahiran, dan migrasi akan mempengaruhi ....
      A. dinamika penduduk
      B. persebaran penduduk
      C. mobilitas penduduk
      D. perpindahan penduduk
  15. Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat persebaran penduduk yang tidak merata, kecuali ....
      A. Tindakan kriminal dalam masyarakat menurun
      B. Budaya dari daerah tertentu bisa terancam punah
      C. Terjadi kesenjangan sosial antar masyarakat
      D. Daerah tertentu kurang terwakili dalam kursi pemerintahan
  16. Kondisi penduduk di daerah A dalam keadaan tumbuh dimana jumlah kelahiran lebih besar daripada jumlah kematian. Dampak negatif komposisi penduduk yang tidak seimbang tersebut adalah ....
      A. Jumlah angkatan kerja menurun
      B. Beban angka ketergantungan meningkat
      C. Angka kriminalitas menurun
      D. Tingkat kesehatan masyarakat meningkat
  17. Upaya-upaya pemerintah berikut ini yang paling tepat untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia adalah ....
      A. Mencanangkan p'og'am K B
      B. Menggalakkan program wajib belajar
      C. Meningkatkan pelayanan kesehatan
      D. Melaksanakan program transmigrasi
  18. Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk menurunkan angka pertumbuhan penduduk melalui ....
      A. Meningkatkan program transmigrasi
      B. Menekan angka kematian ibu dan bayi
      C. Menekan angka ketergantungan
      D. Melaksanakan p'og'am K B
  19. Berikut yang bukan merupakan indikator atau tolak ukur kualitas penduduk di Indonesia adalah ....
      A. Tingkat pendapatan
      B. Tingkat pendidikan
      C. Tingkat migrasi
      D. Tingkat kesehatan
  20. Perhatikan gambar rumah adat dan asal daerahnya berikut ini!
      Pernyataan yang benar berdasarkan gambar di atas adalah ....
      A. Rumah Adat asal Yogyakarta disebut Gadang
      B. Rumah Adat asal Papua disebut Honai
      C. Rumah Adat asal Nangroe Aceh Darussalam disebut Joglo
      D. Rumah Adat asal Sumatera Barat disebut Krong Bade
  21. Pegon dan Lambung merupakan pakaian adat masyarakat NTB tepatnya dari suku ....
      A. Sasak
      B. Sumbawa
      C. Bima
      D. Sumba
  22. Negara Indonesia sangat diuntungkan oleh adanya deretan pegunungan aktif yang melewatinya karena ....
      A. Memiliki banyak pulau
      B. Mempunyai letak yang strategis
      C. Kaya akan binatang bertubuh besar
      D. Kaya barang tambang dan tanah yang subur
  23. Beberapa gunung berapi di Nusantara sangat terkenal di dunia karena letusannya yang sangat dahsyat. Gunung berapi tersebut adalah ....
      A. Kerinci dan Salak
      B. Agung dan Merapi
      C. Krakatau dan Tambora
      D. Semeru dan Rinjani
  24. Secara geologis Indonesia terletak di antara pertemuan 3 lempeng tektonik yaitu ....
      A. Lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Afrika
      B. Lempeng Pasifik, Afrika, dan Eurasia
      C. Lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik
      D. Lempeng Indo-Australia, Pasifik, dan Afrika
  25. Kenampakan di permukaan bumi dengan ketinggian kurang dari 600 mdpal dan memiliki kemiringan 40 derajat disebut ....
      A. Lembah
      B. Ngarai
      C. Perbukitan
      D. Dataran tinggi
  26. Berikut adalah ciri-ciri dataran rendah dan dataran tinggi!
    (1) Memiliki ketinggian dibawah 200 mdpal
    (2) Memiliki kontur wilayah yang tidak rata
    (3) Memiliki kontur wilayah yang lebih rata
    (4) Rawan terkena banjir
    (5) Seringkali terkena erosi
      Yang termasuk ciri-ciri dataran rendah ditunjukkan oleh nomor ....
      A. (1), (2), (3)
      B. (1), (3), (4)
      C. (2), (3), (5)
      D. (3), (4), (5)
  27. Karena Indonesia terletak diantara 0 - 23,5 derajat pada LU dan LS maka seluruh wilayah Indonesia beriklim tropis dengan ciri-ciri berikut kecuali ....
      A. Mengenal dua musim yaitu musim hujan dan kemarau
      B. Memiliki 3 daerah pembagian waktu
      C. Suhu udara tinggi
      D. Curah hujannya tinggi
  28. Antara daerah X dan Y terjadi perbedaan intensitas penyinaran matahari. Wilayah X lebih lama menerima sinar matahari sehingga mengakibatkan suhu udara di wilayah tersebut lebih tinggi dibandingkan wilayah Y. Dari ilustrasi di atas, pernyataan yang benar berikut ini adalah ....
      A. Tekanan udara di wilayah X menjadi lebih rendah sehingga angin bergerak menuju wilayah Y
      B. Tekanan udara di wilayah X lebih rendah sehingga angin bergerak dari wilayah Y menuju wilayah X
      C. Angin bergerak menuju wilayah X karena memiliki tekanan udara lebih tinggi dibandingkan wilayah Y
      D. Angin bergerak menuju wilayah Y karena memiliki tekanan udara lebih rendah dibandingkan wilayah X
  29. Flora di Indonesia dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu Indo-Malayan dan Indo-Australian. Berikut yang merupakan karakteristik Flora Indo-Malayan atau Flora Indonesia bagian Barat adalah ....
      A. Terdapat berbagai jenis nangka
      B. Tidak terdapat jenis nangka
      C. Terdapat hutan kayu putih
      D. Jenis meranti-merantian hanya sedikit
  30. Fauna Indonesia Bagian Timur atau disebut tipe australic tersebar di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Contoh fauna tipe Indonesia Bagian Timur adalah ....
      A. Anoa, babi rusa, kuskus, komodo, dan Maleo
      B. Kuskus, walabi, cendrawasih, dan burung nuri
      C. badak bercula satu, komodo, gajah, dan walabi
      D. harimau, banteng, cendrawasih, dan burung nuri
  31. Berikut merupakan dampak dari interaksi antar ruang, kecuali ....
      A. Perubahan penggunaan lahan
      B. Perubahan sosial budaya
      C. Menurunnya heterogenitas penduduk
      D. Perubahan orientasi mata pencaharian
  32. Seseorang yang mampu memberikan pengaruh kepada orang lain sehingga dapat menggerakkan hatinya merupakan salah satu yang mendasari proses terjadinya interaksi sosial yaitu ....
      A. Imitasi
      B. Sugesti
      C. Indentifikasi
      D. Simpati
  33. Berikut ini yang merupakan contoh terjadinya interaksi sosial adalah ....
      A. Ayah sedang menonton televisi sendiri
      B. Seorang laki-laki memperhatikan seorang gadis
      C. Ratna dan Rudi sedang berdiskusi
      D. Siska sedang membaca buku di perpustakaan
  34. Perhatikan pernyataan berikut!
    (1) Melakukan interaksi sosial melalui surat menyurat, telopon, atau SMS
    (2) Saling bertatapan dan berjabat tangan
    (3) Menjalin pertemanan di media sosial
    (4) Sering update status di media sosial
    (5) Merespons status teman di media sosial
      Yang menunjukkan syarat interaksi sosial bentuk kontak adalah ....
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (2) dan (4)
      C. (3) dan (5)
      D. (4)
  35. Kecurigaan atau prasangka terhadap orang lain merupakan salah satu faktor penghambat dalam interaksi sosial yang disebut ....
      A. Individualisme
      B. Apatis
      C. Anti sosial
      D. Streotip
  36. Berikut ini yang bukan termasuk ciri terjadinya interaksi sosial adalah ....
      A. Jumlah pelaku minimal satu orang
      B. Berlangsung secara timbal balik
      C. Terdapat suatu tujuan interaksi
      D. Adanya komunikasi antar pelaku
  37. Dalam pembelajaran di kelas seorang siswa bertanya kepada guru dengan sopan. Ilustrasi tersebut menunjukkan salah satu ciri terjadinya interaksi sosial yaitu ....
      A. Berlangsung ditempat tertentu
      B. Berlangsung secara timbal balik
      C. Terdapat suatu tujuan interaksi
      D. Adanya komunikasi antar pelaku
  38. Pada saat teman kita mengalami musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya. Tindakan kita tersebut dinamakan ....
      A. Sugesti
      B. Simpati
      C. Imitasi
      D. Empati
  39. Hubungan sosial antar suku dapat mendorong terjadinya pertukaran budaya. Bentuk pertukaran budaya yang dapat terjalin harmonis tanpa menghilangkan unsur salah satu budaya disebut ....
      A. Asimilasi
      B. Kerja sama
      C. Akulturasi
      D. Akomodasi
  40. Menjaga rasa keamanan dan kenyamanan bagi umat agama lain ketika melaksanakan ibadah merupakan bentuk interaksi sosial berupa ....
      A. Kerukunan
      B. Toleransi
      C. Kompromi
      D. Bargaining
  41. Pak Gunawan menyelesaikan perselisihannya dengan Pak Rudi melalui pengadilan atau meja hijau. Tindakan Pak Gunawan tersebut merupakan bentuk akomodasi berupa ....
      A. Ajudikasi
      B. Asimilasi
      C. Mediasi
      D. Toleransi
  42. Suatu bentuk penyelesaian pertentangan oleh pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak disebut ....
      A. Ajudikasi
      B. Konsiliasi
      C. Kompromi
      D. Arbitrasi
  43. Tawuran antar pelajar merupakan salah satu bentuk interaksi sosial berupa ....
      A. Kompetisi
      B. Konflik
      C. Asimilasi
      D. Akomodasi
  44. Turnamen Bulu Tangkis All England Open 2019 merupakan salah satu bentuk interaksi sosial berupa ....
      A. Kompetisi
      B. Kontravensi
      C. Kerja sama
      D. Akomodasi
  45. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu, manusia berinteraksi dengan manusia lain sebagai upaya tukar menukar barang. Proses interaksi tersebut memengaruhi pembentukan lembaga ....
      A. Politik
      B. Sosial
      C. Ekonomi
      D. Keluarga
  46. Perhatikan ciri dan fungsi lembaga sosial berikut!
    (1) Memiliki Alat dan Kelengkapan
    (2) Memberikan pedoman bagi masyarakat
    (3) Memiliki Simbol
    (4) Menjaga keutuhan masyarakat
      Yang termasuk ciri-ciri lembaga sosial adalah ....
      A. (1) dan (2)
      B. (1) dan (3)
      C. (2) dan (3)
      D. (3) dan (4)
  47. Anak mencium tangan orang tuanya sebelum berangkat sekolah merupakan contoh dari tingkatan norma ....
      A. Usage
      B. Folksway
      C. Mores
      D. Customs
  48. Keluarga memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anaknya merupakan salah satu fungsi lembaga keluarga yaitu ....
      A. Sosialisasi
      B. Perlindungan
      C. Pengawasan
      D. Afeksi
  49. Lembaga agama berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam hubungan dengan Tuhan dan sesama. Pada hakekatnya pembentukan lembaga agama tersebut adalah ....
      A. Mencapai kebahagiaan hakiki dalam kehidupan
      B. Meningkatkan kesejahteraan secara material
      C. Mendorong prestasi individu dalam bekerja
      D. Membatasi pengaruh budaya asing
  50. Lembaga sosial berikut yang termasuk lembaga politik adalah ....
      A. Koperasi
      B. Pemerintah Desa
      C. Sekolah
      D. Pengadilan Negeri
  51. Lembaga sosial yang berfungsi memberikan pedoman dalam pengelolaan tenaga kerja adalah ....
      A. Ekonomi
      B. Hukum
      C. Politik
      D. Pendidikan

Demikian, selamat bersiap-siap mensukseskan uji semesteran tahun ini dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar