Skip to main content

Contoh Soal Globalisasi dan Perdagangan Internasional

Salam buat adik-adik pelajar SMA/MA yang sedang melakukan persiapan menghadapi UN tahun ini, khususnya adik-adik pelajar yang sedang berusaha mendalami soal-soal UN ekonomi.

Kali ini adik-adik akan dilatih menjawab soal UN ekonomi yang berkaitan dengan globalisasi dan perdagangan internasional. Untuk itulah pelajari baik-baik latihan soal bersama dengan pembahasan soal di bawah ini.

Sebelum terjadi globalisasi, kegiatan ekonomi masyarakat suatu negara masih bersifat tertutup. Barang-barang yang dijual di pasar masih terbatas pada hasil produksi negara sendiri sehingga konsumen tidak memiliki banyak pilihan. Sementara pada sisi produsen keuntungan yang diperoleh lebih sedikit karena banyaknya pesaing sesama produsen dalam negeri yang memproduksi barang/jasa yang serupa.

Namun setelah adanya hubungan dagang luar negeri keadaan menjadi berubah drastis dan banyak manfaat yang bisa diperoleh masyarakat.

Manfaat/keuntungan apa saja yang diperoleh dengan adanya perdagangan internasional ini? Untuk mengetahui jawabannya langsung saja dibaca dan dipelajari latihan soal berikut :

Latihan Soal UN Ekonomi Globalisasi dan Perdagangan Internasional

1. Dengan adanya perdagangan internasional para pengusaha memperbaiki industrinya baik dari segi mutu maupun alat yang digunakan. Keuntungan dengan adanya perdagangan internasional bagi pengusaha adalah ....

    A. sebagai sumber devisa
    B. memperluas kesempatan kerja
    C. mempercepat alih teknologi
    D. meningkatkan kualitas barang
    E. menstabilkan harga-harga
    Pembahasan Soal No. 1

    Banyak manfaat atau keuntungan yang tercipta dengan adanya perdagangan internasional ini baik bagi konsumen, produsen/pengusaha, dan pemerintah. Adapun manfaat yang diperoleh bagi produsen/pengusaha adalah sebagai berikut:

    1. Terjadi efisiensi penggunaan faktor produksi
    2. Meningkatnya kualitas barang yang diproduksi
    3. Daerah pemasaran semakin luas
    4. Meningkatkan keuntungan atau laba

    Jawaban D

2. Indonesia melakukan kerja sama dengan negara lain dalam bentuk mengimpor barang-barang yang belum mampu diproduksi dengan efisien. Dengan demikian, manfaat dari perdagangan internasional adalah ....

    A. memperluas kesempatan kerja
    B. meningkatkan kualitas barang
    C. memperluas pasar barang/jasa
    D. mempercepat alih teknologi
    E. menghemat biaya produksi
    Pembahasan Soal No. 2

    Melalui spesialisasi internasional dan efisiensi produksi dapat memberikan keuntungan lebih bagi suatu negara. Spesialisasi internasional yaitu upaya mengkhususkan diri dalam memproduksi satu jenis barang yang memiliki biaya produksi paling rendah dibandingkan biaya produksi oleh negara lain. Artinya suatu negara akan mengekspor barang yang biaya produksi rendah dan mengimpor barang-barang dengan biaya produksi tinggi.
    Jawaban E

3. Dengan adanya perdagangan internasional, suatu negara dapat memenuhi kebutuhan penduduknya dengan barang-barang yang bermutu tinggi yang tidak dapat dihasilkan oleh negaranya.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, manfaat perdagangan internasional adalah ....

    A. mendapat devisa
    B. menstabilkan harga-harga
    C. percepatan akibat teknologi
    D. memperluas kesempatan kerja
    E. meningkatkan kualitas konsumsi
    Pembahasan Soal No. 3

    Dari ilustrasi soal di atas digambarkan satu manfaat perdagangan internasional bagi konsumen yaitu mendapatkan barang-barang yang bermutu tinggi yang mana di negaranya sendiri tidak diproduksi. Artinya konsumen mendapatkan kualitas konsumsi yang tinggi dengan adanya perdagangan internasional ini.
    Jawaban E

4. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara maju, memberi kesempatan pada generasi muda menjadi paham dan mahir dalam bidang teknologi.
Dari Ilustrasi tersebut, manfaat perdagangan internasional adalah ....

    A. memperoleh devisa
    B. menstabilkan harga-harga
    C. memperluas kesempatan kerja
    D. mempercepat alih teknologi
    E. meningkatkan kualitas konsumsi
    Pembahasan Soal No. 4

    Dengan adanya perdagangan internasional, berbagai negara di dunia berlomba-lomba bersaing di pasar dunia. Efisiensi produksi ditingkatkan demi mendapatkan harga barang yang relatif lebih murah dibandingkan dengan negara lain. Menggunakan mesin dan teknologi dalam kegiatan produksi mampu menciptakan efisiensi produksi. Teknologi produksi terus mengalami perubahan dan perkembangan sehingga diperlukan usaha untuk memperkenalkan dan melatih generasi muda supaya mahir dan terlatih menggunakan teknologi tersebut.
    Jawaban D

5. Perdagangan internasional yang dilakukan antara Indonesia dengan negara-negara sahabat menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya para pengusaha dari negara lain diizinkan membuka usaha di wilayah Indonesia.
Keuntungan yang dirasakan oleh Indonesia dari perdagangan internasional ini adalah ....

    A. memperluas pasar untuk memasarkan barang
    B. meningkatkan kualitas barang konsumsi
    C. membuka lapangan pekerjaan
    D. mempercepat alih teknologi
    E. mengurangi biaya produksi
    Pembahasan Soal No. 5

    Modal merupakan salah satu faktor produksi yang mendukung kegiatan produksi. Masalah yang sering dialami oleh negara berkembang adalah kurangnya modal. Berbagai cara ditempuh untuk mengumpulkan modal ini misalnya menggiatkan tabungan masyarakat oleh bank umum, pinjaman luar negeri, dan investasi dari pengusaha luar negeri. Dengan masuknya investor luar negeri maka berdirilah perusahaan baru. Perusahaan baru membutuhkan tenaga kerja yang baru juga. Artinya investor yang masuk ke dalam negeri dapat membuka dan meningkatkan kesempatan kerja di negara tersebut.
    Jawaban C

Kembali ke : Kisi-Kisi UN Ekonomi IPS Jenjang SMA, MA, dan Sederajat

Demikian tadi beberapa contoh soal UN tentang globalisasi dan perdagangan internasional, semoga ada manfaatnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar