LKPD Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas 8
Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
dan salam sejahtera buat semuanya.
Perangkat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang akan Admin bagikan pada kesempatan kali ini adalah membahas tentang "Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial" materi IPS kelas 8. LKPD ini dibuat berfungsi sebagai penuntun peserta didik dalam belajar. Dan pada postingan LKPD kali ini Admin menggunakan pengatus grafis "Berpikir-Berpasangan-Berbagi" atau "Think-Pair-Share".
Sama dengan postingan-postingan sebelumnya, di dalam sebuah LKPD berisi antara lain identitas, petunjuk belajar, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, lembar kerja, dan penilaian. Perangkat LKPD akan dibagikan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok kecuali pada lembar penilaian dipegang oleh guru.
Sebagai gambaran singkat mengenai isi daripada LKPD ini, Admin akan memaparkan sebagiannya yaitu pada tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, serta penilaian.
I. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik diharapkan dapat mengklasifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial dengan benar;
- Peserta didik diharapkan dapat menentukan upaya antisipasi agar seseorang yang telah mengalami kesuksesan tidak mengalami social sinking secara tepat;
- Peserta didik dapat menentukan langah-langkah agar setiap individu dapat mengalami social climbing secara tepat.
II. Langkah-Langkah Kegiatan
Melalui strategi Berpikir-Berpasangan-Berbagi peserta didik akan melaksanakan tahapan berikut:
- Berpikir: Peserta didik berpikir secara mandiri dan individu tentang pertanyaan yang diberikan, dan mencoba membangun ide atau gagasan sendiri.
- Berpasangan: Peserta didik mendiskusikan gagasan masing-masing secara berpasangan.
- Berbagi: Tiap pasangan membagikan gagasan mereka dengan kelompok yang lebih besar, misalnya di depan kelas.
- Peserta didik membentuk kelompok secara berpasangan!
- Bacalah kasus 1, kasus 2, dan kasus 3 yang ada di dalam buku paket IPS kelas 8 revisi 2017 hal. 84-85!
- Kemudian pasangan dalam kelompok tadi mengisi tabel yang tersedia!
III. Kunci Jawaban
Isilah tabel yang tersedia berikut ini!
PERTANYAAN ATAU ISU | APA YANG SAYA PIKIRKAN | APA YANG DIPIKIRKAN TEMAN SAYA | APA YANG AKAN KAMI BAGIKAN DIKELAS |
Apa bentuk mobilitas sosial yang terjadi pada kasus 1, kasus 2, dan kasus 3? | Jawaban peserta didik | Jawaban teman peserta didik | Kesimpulan jawaban peserta didik dan temannya Alternatif Jawaban Pada kasus 3 merupakan contoh mobilitas sosial horizontal |
Apa perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal? | Jawaban peserta didik | Jawaban teman peserta didik | Kesimpulan jawaban peserta didik dan temannya Alternatif Jawaban Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan yang sederajat atau setara. |
Tuliskan masing-masing 3 (tiga) contoh social climbing dan social sinking? | Jawaban peserta didik | Jawaban teman peserta didik | Kesimpulan jawaban peserta didik dan temannya Alternatif Jawaban
|
Apa yang harus dilakukan seseorang yang telah mengalami kesuksesan supaya tidak mengalami social sinking? | Jawaban peserta didik | Jawaban teman peserta didik | Kesimpulan jawaban peserta didik dan temannya Alternatif Jawaban |
Bagaimana setiap individu dapat mencapai social climbing? | Jawaban peserta didik | Jawaban teman peserta didik | Kesimpulan jawaban peserta didik dan temannya Alternatif Jawaban |
Silahkan Bapak/Ibu rekan guru IPS semuanya, download perangkat LKPD ini pada tautan berikut:
Di sini
Akhirnya, dengan keterbatasan dan kekurangan Admin dalam penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini, kritik dan saran dari rekan guru sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan LKPD ini ke depannya.