Satu Halaman RPP untuk 8 Kali Pertemuan Materi Mobilitas Sosial
Berikut adalah RPP 1 lembar IPS Kelas 8 semester ganjil pada materi "Mobilitas Sosial" sub bahasan BAB II Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan.
Sebelum didownload silahkan dibaca terlebih dahulu uraian unit RPP 1 Lembar / halaman berikut ini:
Identitas
Sekolah : SMP Negeri Satu Atap 1 Sakra Timur
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Ganjil
Alokasi Waktu : 16 x 40 menit (8 x Pertemuan)
Sub Materi Pokok: Mobilitas Sosial
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model Problem Based Learning peserta didik diharapkan mampu menjelaskan, mengklasifikasi, menganalisis materi pengertian, bentuk-bentuk, faktor pendorong dan faktor penghambat, saluran-saluran, serta dampak dari mobilitas sosial dengan kerja keras, penuh tanggung jawab, dan rasa syukur; menyajikan hasil analisis tentang mobilitas sosial dengan percaya diri dan santun.
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
2.1 Alat dan Bahan- 2.1.1 Alat dan Media
- LKPD Materi Konsep Mobilitas Sosial IPS Kelas 8
- LKPD Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas 8
- Pendorong dan Penghambat Mobilitas Sosial Kelas 8
- Definisi dan Bentuk-bentuk mobilitas sosial:
- Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial
- Saluran-saluran dan dampak mobilitas sosial
- Apa yang dimaksud dengan mobilitas sosial?
- Apa saja bentuk-bentuk mobilitas sosial?
- Faktor-faktor apa yang mendorong dan menghambat terjadinya mobilitas sosial?
- Apa saja saluran-saluran mobilitas sosial?
- Apa dampak mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat?
Komputer, Android, Proyektor, Fasilitas internet, WA, Google Classroom
2.1.2 Bahan
LKPD:
2.1.3 Pertanyaan (4Cs: Creativity Thinking and Innovation)
- Memotivasi peserta didik mengajukan pertanyaan terkait mobilitas sosial di atas. Misalnya:
- 2.2.1 Guru menjelaskan, menayangkan video, dan membagikan Lembar Kerja kepada peserta didik.
2.2.2 Peserta didik berdiskusi di dalam kelompoknya dalam kegiatan pengumpulan dan analisis data untuk menyelesaikan permasalahan yang telah dirumuskan. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)
- Peserta didik melalui kelompoknya mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
(4Cs: Communication).
3. Kesimpulan dan Penilaian Pembelajaran
3.1 Kesimpulan Pembelajaran- Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
- 3.2.1 Sikap: Observasi/Jurnal;
3.2.2 Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
3.2.3 Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; Membuat Sketsa Wilayah Indonesia.
Download di sini: Satu Halaman RPP untuk 8 Kali Pertemuan Materi Mobilitas Sosial
Itulah tadi RRP 1 Lembar materi Mobilitas Sosial pada pertemuan ke-16 s.d ke-23, semoga bermanfaat dan terima kasih.